Biaya Peluang : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya dalam Sebuah Bisnis

Pengertian Biaya Peluang

Apakah Anda sering mendengar mengenai biaya peluang? Apa pentingnya dalam bisnis? Biaya peluang pada dasarnya merupakan sebuah teori tentang pilihan perilaku ekonomi dengan jumlah uang tertentu. Misalnya, Anda punya uang Rp100.000,00. Dengan uang itu, Anda bisa memilih membeli paket data atau membeli makanan cepat saji.

Jika Anda membeli paket data, maka Anda kehilangan peluang buat menikmati lezatnya makanan cepat saji. Namun, apabila Anda memutuskan membeli makanan cepat saji, Anda akan kehilangan peluang untuk punya paket data.

Baca juga : Pengertian Lengkap Manajemen Risiko, Komponen, Jenis, Dan Tujuannya Dalam Bisnis

Konsep

Konsep yang satu ini tidak hanya berhubungan dengan uang dan barang yang mau dibeli, lho. Konsep ini juga erat hubungannya dengan waktu, kebahagiaan, investasi masa depan, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh konsep ini ditinjau dari beberapa aspek:

Konsep waktu

Anda memutuskan buat tidak berjualan di car free day Hari Minggu. Anda mendapatkan waktu luang, tetapi potensi keuntungan tentu hilang.

Konsep masa depan

Anda bermaksud buat mengambil S2 jurusan komunikasi agar menjadi dosen. Potensi Anda buat jadi dosen lebih terbuka lebar. Risikonya, Anda kehilangan sejumlah uang di masa kini, dan kehilangan waktu.

Konsep kebahagiaan

Anda harus lembur di kantor. Sebagai gantinya, Anda mendapatkan uang lembur. Namun, kebahagiaannya akan hilang.

Baca juga : Apa itu Manajemen Pemasaran? Mari Ketahui Lebih Jauh dan Lengkap

Contoh dalam Bisnis

Konsep biaya peluang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnis. Misalnya, Anda memutuskan buat membuka usaha minuman boba dan meninggalkan pekerjaan dengan gaji Rp4.000.000,00.

Maka, biaya peluangnya adalah Rp4.000.000,00 apabila ditinjau dari gaji yang ditinggalkan demi membuka usaha boba.

Nah, berpatokan dari hasil tersebut, Anda akan berusaha keras buat dapat lebih banyak dari Rp4.000.000,00 sebagai kompensasi dari peluang yang ditinggalkan.

Dalam kasus yang sama, misalnya Anda mengeluarkan uang Rp15.000.000,00 untuk buka usaha boba. Maka, Anda meninggalkan potensi buat liburan ke Singapura dengan uang itu misalnya, demi buka usaha.

Contoh dalam Usaha Properti

Usaha properti adalah sebuah hal yang begitu luas. Peminatnya pun banyak. Apakah Anda salah satunya? Memahami biaya peluang cukup berguna, lho.

Misalnya, Anda punya rumah tak terpakai. Anda memutuskan untuk menyewakannya. Anda akan mendapatkan uang sewa. Sebagai gantinya, Anda tak akan bisa menempati rumah itu. Belum lagi jika ada kerusakan.

Atau, Anda mau membangun bisnis kos. Anda membuka peluang terhadap income alias pendapatan bulanan rutin yang cukup besar. Namun, Anda akan butuh biaya buat renovasi, menyewa pengawas, dan sebagainya.

Baca juga : Mengenal Manajemen Rantai Pasokan Untuk Kemudahan Pemantauan Stok Pada Bisnis

Fungsi Memahami Biaya Peluang

Berikut hal-hal yang akan Anda dapatkan:

  • Membantu perhitungan dalam modal usaha. Dengan mempertimbangkan biaya peluang, maka Anda dapat menebak modal yang harus dimiliki, serta membantu Anda dalam membuat perencanaan bisnis matang dari modal tersebut.
  • Menentukan prioritas. Prioritas terbaik adalah hal yang harus diputuskan dengan matang dalam bisnis. Jangan sampai memprioritaskan hal salah yang justru merugikan Anda.
  • Menghemat kas bisnis. Biaya peluang terjadi karena tidak semua hal bisa diraih. Maka, dengan menerapkan teori ini (walaupun Anda punya uang untuk membeli semua pilihan), Anda bisa menghemat kas bisnis dan fokus pada hal-hal penting.
  • Mencari alternatif terbaik untuk bisnis Anda

Baca juga : Pengertian Influencer dan Hubungannya Terhadap Pengembangan Bisnis

Kesimpulan

Jadi, sebetulnya konsep biaya peluang ini tidak sulit bukan? Sebelum memulai bisnis atau karier di dunia profesional, pahami hal ini supaya Anda bisa mengambil keputusan paling baik dan paling menguntungkan. Catat juga setiap biaya yang Anda keluarkan dan setiap pendapatan pada sistem pembukuan yang baik agar Anda bisa memantau keseluruhan arus keuangan perusahaan Anda secara faktual.

Untuk memudahkan semua itu, Anda bisa mengguanakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai kebutuhan pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja yang sesuai dengan segala jenis bisnis yang ada di Indonesia. Terbukti telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 untuk kategori software akuntansi terbaika di Indonesia.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.