Brand Awareness: Pengertian, Fungsi, Strategi dan Contohnya

Pernah bertanya-tanya fenomena apa yang membuat Anda memikirkan Coca Cola atau Pepsi setiap kali ditanya minuman ringan yang Anda inginkan? Apa yang membuat satu merek itu membanjiri pikiran Anda setiap kali seseorang mengajukan pertanyaan tak terduga tentang kategori atau niche-nya? Ini adalah brand awareness dan semua ini tidak dibuat secara otomatis.

Perusahaan menghabiskan milyaran rupiah untuk menanamkan merek mereka di benak pelanggan. Banyak yang bahkan berhasil menjadi kata kerja dalam kosa kata sehari-hari kita. Kami tidak memesan ojek; kami memesan Gojek. Tidak percaya kami tentang ini? Googlinglah untuk mencari hal tahu.

Brand awareness atau kesadaran merek adalah langkah pertama untuk memposisikan merek Anda. Ini adalah proses berkelanjutan yang tidak hanya membantu mendapatkan lebih banyak pelanggan tetapi juga membawa kembali pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak.

Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memahami apa itu brand awareness sebenarnya, apa jenisnya, dan bagaimana Anda dapat mengukur dan meningkatkannya.

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana merek dikenali oleh kelompok sasaran dan dikaitkan dengan produk atau kategori produk.

Itu adalah kesadaran pelanggan terhadap merek saat dia-

  • Menyaksikan merek bersama dengan merek lain saat berbelanja,
  • Berbicara dengan teman-temannya tentang kategori produk,
  • Membaca atau mendengar iklan merek,
  • Membaca atau mendengar tentang berita merek, dll.
  • Membeli produk merek,
  • Memiliki pertemuan lain dengan merek atau kategori produk.

Kesadaran merek adalah tahap pertama untuk secara strategis memengaruhi proses pengambilan keputusan pelanggan. Perusahaan menghabiskan jutaan hanya untuk membuat pelanggan mereka sadar akan merek mereka.

Namun, ini masih merupakan metrik yang tidak dapat diukur dengan sempurna, dan memiliki kesadaran tidak selalu berarti bahwa orang akan membeli produk merek Anda. Namun demikian, Brand awareness sangat penting bagi perusahaan, terutama yang baru.

Baca juga: Personal Selling: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Contoh, dan Prosesnya

Apa Fungsi Brand Awareness?

Ini adalah fakta yang terbukti bahwa pelanggan lebih menyukai merek yang dikenal daripada yang tidak dikenal. Kesadaran merek adalah langkah pertama untuk membuat merek dikenal. Tetapi pentingnya kesadaran merek tidak berhenti di situ. Brand awareness seperti berlian, semakin banyak Anda memoles, semakin bersinar.

Berikut adalah beberapa fungsi Brand awareness bagi bisnis atau produk Anda:

Menciptakan Persepsi

Brand awareness menyebar melalui channel seperti referral, PR, berita, media sosial, dll. Jika berjalan sesuai rencana perusahaan, maka tercipta persepsi positif di benak pelanggan.

Misalkan seorang teman memberi tahu Anda tentang sebuah restoran Jepang di mana dia memiliki pengalaman yang luar biasa. Meskipun Anda tidak pergi ke restoran, ada kemungkinan Anda akan merekomendasikannya secara positif kepada siapa pun yang menerima saran Anda tentang restoran Jepang.

Menumbuhkan Kepercayaan

Kesadaran merek menumbuhkan kepercayaan. Saat Anda melihat orang-orang berinteraksi dengan merek dan mendapatkan pengalaman yang baik, hal itu membangun kepercayaan Anda pada merek tersebut meskipun Anda belum mencobanya.

Misalkan Anda mengunjungi negara Somalia dan menemukan tiga restoran berbeda; dua menjadi restoran lokal dan satu lagi adalah McDonald’s. Ada kemungkinan besar Anda akan pergi ke McDonald’s meskipun Anda belum makan di sana di negara Anda. Itu hanya karena Anda tahu tentang merek dan memercayai praktik kebersihannya.

Menciptakan Jaringan

Jika direncanakan dengan baik, kesadaran akan menyebar seperti api. Merek menjadi topik diskusi dan menciptakan jaringan yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi lebih lanjut.

Misalnya, TikTok tidak pernah mengiklankan dirinya sendiri. Para penggunanya menyebarkan kesadaran melalui videonya dan juga dari mulut ke mulut.

Baca juga: Segmentasi Psikografis yang Tepat Demi Kegiatan Marketing Efektif

Menciptakan Asosiasi

Jika dilakukan dengan benar, kesadaran merek menghasilkan asosiasi. Asosiasi ini hadir dalam dua jenis –

  • di mana orang memikirkan merek saat mereka menemukan kategori produk.
  • di mana mereka menggunakan nama merek untuk menyampaikan kategori produk.

Sementara prestasi kedua sangat sulit dicapai, banyak perusahaan seperti Google, Xerox, Band-Aid, dll. Telah berhasil mencapainya.

Membangun Ekuitas Merek

Semakin banyak orang menyadari suatu merek, semakin berharga merek tersebut. Inilah konsep di balik ekuitas merek. Ekuitas merek adalah nilai merek sebagai aset terpisah. Itu membuat penawaran umum menjadi menonjol hanya karena ditawarkan oleh merek tertentu. Brand awareness membangun nilai merek yang dirasakan.

Jenis Brand Awareness

Kesadaran merek dapat dikategorikan menjadi tiga jenis tergantung pada persepsi pentingnya merek oleh kelompok sasaran.

Mengetahui tentang jenis kesadaran merek adalah yang paling penting bagi pemasar karena strategi pemasaran saat ini dan masa depan dirancang sesuai dengan kesadaran merek saat ini di antara pasar sasarannya.

Tiga jenis kesadaran merek adalah –

Pengakuan Merek

Pengenalan merek adalah ketika pelanggan dapat mengenali merek dan membedakannya dari merek lain ketika dia bersentuhan dengannya. Jenis Brand awareness ini tidak mengharuskan pelanggan untuk mengingat namanya. Ini hanya berfokus pada apakah pelanggan dapat mengenalinya ketika disajikan di tempat penjualan atau ketika dia menyaksikan kemasan visual.

Brand Recall

Brand recall adalah penarikan kembali merek secara spontan dari ingatan ketika pelanggan diminta oleh kategori produk. Sebagian besar pengguna tidak dapat mengingat lebih dari 3-5 nama merek.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor individu dan merek seperti tingkat pendidikan, penggunaan, strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan, dll. Merek-merek ini merupakan bagian dari kumpulan pelanggan yang dibangkitkan.

Top-Of-Mind Awareness

Top-of-mind awareness adalah sekumpulan 3 merek yang selalu dibeli pelanggan. Ini adalah pertimbangan pelanggan. Memasukkan merek ke dalam perangkat pertimbangan ini adalah tujuan akhir dari setiap pemasar.

Baca juga: BCG Matrix: Pengertian, Kuadran, dan Strategi Mengembangkannya

Brand Awareness 2

Bagaimana Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness?

Brand awareness dibangun dengan membangun hubungan dengan pelanggan yang baik dan berkelanjutan. Fokuskan strategi kesadaran merek Anda dengan cara di mana penawaran Anda memenuhi kebutuhannya tanpa banyak usaha dari pihaknya.

1. Fokus Pada Produk

Strategi Brand awareness  yang kuat berkisar pada produk yang kuat. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan pelanggan Anda tanpa dia berusaha keras.

Fokus pada membuat proposisi nilai yang unik, menarik, dan merupakan sesuatu yang memaksa pelanggan untuk berbagi secara sukarela.

Whatsapp, misalnya, membangun aplikasi pesan instan gratis di tahun 2009 ketika sebagian besar target audiens biasa berkomunikasi melalui pesan teks berbayar. IM gratis ini membuat mereka berbagi produk dengan semua teman mereka tanpa memaksa WhatsApp.

2. Fokus Pada Positioning dan Personalitas

Memposisikan itu penting. Berbagai merek menggunakan strategi positioning yang cerdas untuk meningkatkan kesadaran merek mereka. Mereka mungkin memposisikan diri sebagai produk premium di pasar yang penuh dengan produk penggunaan sehari-hari, atau produk ekonomi di pasar yang penuh dengan produk premium.

Carilah posisi yang diinginkan tetapi belum dijelajahi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek Anda.

Contoh sempurna dalam membangun kesadaran merek dengan bantuan pemosisian dan kepribadian adalah Apple. Perusahaan memposisikan dirinya sebagai merek paling premium yang dapat dipilih siapa pun di industri ponsel cerdas. Ini menciptakan pengikut sekte yang bertindak sebagai fanboy merek dan menyebarkan pesan merek.

3. Berikan Sesuatu Secara Gratis (Tapi Tetap Terbatas)

Spread gratis seperti api. Ini bukan hanya indikator harga. Ini adalah pemicu emosional yang sangat kuat yang sering kali begitu menarik sehingga membuat orang mencoba apa pun yang ditawarkan secara gratis, tidak peduli mereka menginginkannya atau tidak.

Menawarkan sesuatu secara gratis adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek. Tapi, jika dicampur dengan prinsip kelangkaan, dampaknya berlipat ganda.

Berikan sesuatu secara gratis tetapi tetap terbatas untuk meningkatkan dampak karena hal itu menciptakan rasa urgensi dan membuat pelanggan Anda berpikir bahwa penawaran Anda lebih berharga daripada penawaran yang berlimpah.

App sumo menjadi startup bernilai jutaan dolar hanya dengan memanfaatkan dua strategi ini.

Baca juga: Niche Market: Pengertian dan 11 Rencana dalam Membuat Niche Marketing

4. Bermitra Dengan Merek Terkenal

Cara yang baik untuk membangun brand awarenes adalah dengan membiarkan merek terkenal lainnya membicarakan Anda kepada audiens mereka.

Bermitra dengan merek mapan yang kami maksud dengan merek adalah perusahaan, pemberi pengaruh, selebriti, dll. yang memiliki pengikut yang baik.

Facebook menggunakan strategi ini dan bermitra dengan banyak influencer khusus untuk meningkatkan kesadaran akan produknya yang baru diluncurkan – Facebook Watch.

5. Gunakan Banyak Media Sosial

Sulit bagi audiens target untuk mengenal Anda kecuali jika Anda bertemu mereka di mana pun mereka berada. Gunakan media sosial dan manfaatkan tren untuk membangun citra di antara audiens target Anda.

Berperilaku seperti manusia dan bukan robot, buat postingan yang ingin dilihat dan berinteraksi dengan pengguna Anda, tawarkan hadiah untuk dibagikan, dan gunakan media sosial untuk menyebarkan pesan merek Anda.

Durex adalah contoh sempurna dari perusahaan yang menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran mereknya.

6. Gunakan Kombinasi Inbound & Outbound Marketing

Tidak diragukan lagi, beriklan adalah cara yang sangat bagus untuk meningkatkan kesadaran akan merek. Namun, ini adalah teknik push dan tidak semua orang membentuk perspektif positif dari merek karena iklan dan bentuk pemasaran keluar lainnya.

Di sinilah inbound marketing masuk. Inbound marketing adalah teknik pull marketing yang menggunakan strategi non-intrusif dan bertarget seperti pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran acara, dan pengoptimalan mesin pencari, dll. Untuk menciptakan kesadaran merek, menarik klien potensial, dan mengubahnya menjadi prospek dan pelanggan aktual.

Gunakan perpaduan inbound marketingn dan outbound marketing untuk mendapatkan hasil terbaik. Menjalankan iklan sambil memiliki blog yang berfokus pada lalu lintas mesin pencari bisa menjadi strategi yang bagus untuk memulai.

7. Permudah untuk Berbagi

Ada kalanya Anda dapat menyerahkan pekerjaan kesadaran kepada pelanggan Anda yang sudah ada. Lihat saja kebiasaan mereka dan manfaatkan apa yang mereka butuhkan.

Banyak aplikasi eCommerce memiliki pilihan ‘berbagi produk ini dengan teman’ atau ‘meminta rekomendasi dari teman’ yang memungkinkan pelanggan mereka berbagi produk yang mereka minati. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan kesadaran merek karena lebih banyak orang mengetahui tentang persembahan Anda dari orang yang mereka percayai.

8. Berikan Insentif untuk Menyebarkan Merek

Memulai program rujukan atau berinvestasi dalam strategi afiliasi sering kali merupakan ide yang bagus. Strategi semacam itu mendelegasikan pekerjaan menyebarkan kesadaran merek kepada orang lain biasanya dengan biaya lebih rendah daripada yang akan dikeluarkan jika Anda melakukannya sendiri. Selain itu, referal memiliki kekuatan yang lebih meyakinkan daripada iklan Anda.

Siapkan program rujukan yang menarik di mana pelanggan Anda yang sudah ada mendapatkan sesuatu yang berharga saat mereka merujuk merek atau produk Anda ke orang lain. Demikian pula, memberikan tingkat komisi yang baik menarik banyak afiliasi berbakat yang memiliki pengikut yang baik.

Selain itu, insentif lain seperti menawarkan versi tanpa iklan jika pengguna berbagi merek, memberinya nyawa ekstra dalam game, dan memberikan diskon khusus jika dia mendapatkan lebih banyak pengguna, juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek.

Baca juga: Mengenal Media Promosi dan Metode Periklanan untuk Bisnis Anda

Bagaimana Mengukur Brand Awareness?

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, brand awareness tidak dapat diukur sepenuhnya. Tetapi Anda masih dapat meninjau aktivitas dan mengumpulkan beberapa data untuk mendukung strategi Anda dan membentuk yang baru. Berikut adalah beberapa cara untuk mengukur apakah strategi kesadaran merek Anda berhasil atau tidak.

Survei

Cara terbaik untuk mengukur kesadaran merek Anda adalah menjangkau kelompok sasaran dan mengajukan pertanyaan tentang merek Anda. Anda dapat melakukan outsourcing ke ahlinya atau melakukannya sendiri melalui kontak langsung atau dengan bantuan alat online seperti SurveyMonkey, Google Formulir, dll.

Pengukuran Trafic & Analisis

Pengukuran trafic bisa menjadi ukuran yang bagus untuk kesadaran merek. Gunakan analitik untuk mencari tahu dari mana Anda mendapatkan lalu lintas paling banyak.

Strategi kesadaran merek Anda dianggap bekerja dengan baik jika Anda mendapatkan sebagian besar lalu lintas Anda baik secara langsung (orang mengetik URL Anda dan mengunjungi situs web Anda), melalui rujukan (situs web lain yang menyebutkan merek Anda dan / atau menautkan ke Anda), atau melalui berbagi sosial (Facebook, Twitter, Pinterest, dll.).

Gunakan alat seperti Google Analytics, Semrush, Ahrefs, dll. Untuk menganalisis kemajuan Anda.

Google Alerts

Google Alerts adalah cara yang baik untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali seseorang menyebut merek Anda. Ini adalah alat pengukuran kesadaran merek gratis yang mengirimi Anda email setiap kali nama merek Anda disebutkan di situs web.

Social Mentions & Shares

Social Mentions & Shares organik juga merupakan ukuran kesadaran yang baik. Banyak alat seperti Buzzsumo, Twitcount, dll. Dapat membantu Anda mengukur sebutan dan pembagian sosial.

Keterlibatan Sosial

Peningkatan organik dalam jumlah pengikut media sosial juga merupakan hasil dari kesadaran merek yang baik. Ini adalah cerminan dari seberapa banyak orang yang menyadari merek dan ingin bersosialisasi dengannya.

Analisis Media yang Diperoleh

Media yang diperoleh pada dasarnya adalah dari mulut ke mulut dan promosi merek dilakukan secara sukarela oleh pihak ketiga seperti saluran berita, influencer, orang-orang yang termasuk dalam kelompok sasaran, dan lain-lain.

Hubungan masyarakat atau PR perusahaan yang baik dapat membantu Anda memanfaatkan dan mengukur kesadaran merek melalui media yang diperoleh.

Baca juga: Asosiasi Merek: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Contoh Brand Awareness

Berikut adalah dua perusahaan yang menggunakan cara kreatif untuk membangun dan meningkatkan kesadaran merek mereka.

Burger King

Perusahaan telah mulai memanfaatkan perang Burger King vs McDonald’s yang tak pernah berakhir untuk meningkatkan kesadaran mereknya. Baru-baru ini mereka meluncurkan ‘unhappy meal‘ untuk mengolok-olok makanan bahagia McDonald’s dan untuk berkontribusi pada bulan kesadaran kesehatan mental.

Durex

Durex mencuri perhatian dalam hal meningkatkan kesadaran melalui media sosial. Perusahaan memanfaatkan tren saat ini dan menciptakan materi iklan yang dapat dibagikan yang senang berinteraksi dengan audiens target.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai brand awareness yang bisa menambah pengetahuan Anda untuk menciptakan kesadaran mereka yang baik bagi bisnis dan produk Anda.

Menciptakan kesadaran merek memang hal menantang dan dibutuhkan upaya dan biaya yang sangat besar agar kampanye yang Anda rencanakan berhasil dijalankan.

Untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis, Anda harus menggunakan sistem akuntansi yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan pencatatan keuangan dan pemanatauan finansial bisnis secara menyeluruh.

Masih menggunakan proses pencatatan dan pembukuan manual? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi yang akan memudahkan alur pembukuan dan pencatatan setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak lebih dari 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu