Pengertian Brand Perception dan 7 Cara Ampuh Menerapkannya

oleh | Jul 24, 2023

source envato.

Pengertian Brand Perception dan 7 Cara Ampuh Menerapkannya

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, citra merek atau brand perception memiliki peranan pentingdalam membentuk keberhasilan suatu perusahaan. Brand perception akan melibatkan persepsi, keyakinan, dan penilaian yang dibentuk oleh konsumen, calon konsumen, serta pelaku industri terkait.

Dalam artikel ini, mari kita bahas lebih dalam tentang brand perception dan mengapa metode ini sangat penting. Kita akan melihat bagaimana perusahaan dapat membangun citra merek yang positif, mengelola perubahan persepsi, serta mengatasi tantangan yang mungkin muncul sepanjang perjalanan.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang brand perception, perusahaan dapat memaksimalkan potensi mereka untuk meraih keberhasilan dan keunggulan kompetitif dalam pasar yang semakin kompleks ini.

Pengertian Brand Perception

accurate.id Pengertian Brand Perception

Berdasarkan laman Hubspot, brand perception atau persepsi brand adalah pandangan, keyakinan, dan penilaian yang dimiliki oleh konsumen, calon konsumen, serta pelaku industri terkait terhadap suatu brand. Persepsi ini berkaitan dengan bagaimana mereka melihat, menilai, dan memahami suatu brand berdasarkan pengalaman, informasi, dan komunikasi yang diterima.

Pengertian brand perception mencakup berbagai aspek, termasuk citra merek, reputasi, kualitas, keandalan, kepuasan pelanggan, asosiasi brand, dan perbedaan yang dirasakan dibanding brand lain dalam industri yang sama.

Persepsi merek dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas produk atau layanan, pengalaman pelanggan, ulasan dan rekomendasi dari orang lain, nilai-nilai merek yang disampaikan melalui kegiatan marketing, dan citra yang terbentuk dari interaksi merek dengan konsumen.

Brand perception sangat penting bagi suatu perusahaan karena dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Jika konsumen memiliki persepsi positif terhadap suatu brand, mereka akan cenderung lebih memilih dan membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh merek tersebut.

Sebaliknya, persepsi negatif dapat menghambat pertumbuhan brand, mengurangi kepercayaan konsumen, dan merugikan reputasi perusahaan.

Dalam upaya membangun brand perception yang positif, perusahaan harus secara aktif mengelola pesan dan nilai-nilai brand mereka. Mereka perlu menjaga kualitas produk atau layanan, menginformasikan manfaat unik dan nilai tambah yang ditawarkan oleh brand, serta berinteraksi secara positif dengan konsumen.

Selain itu, perusahaan juga perlu mengatasi isu-isu atau krisis yang dapat mempengaruhi persepsi merek mereka dengan respons yang cepat dan efektif.

Dengan pemahaman yang baik tentang brand perception, perusahaan dapat mengoptimalkan kegiatan pemasaran dan branding mereka, memperkuat brand image yang diinginkan, dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

Baca juga: Pengertian Upselling dan 11 Cara Ampuh Menerapkannya

Peran Penting Brand Perception

accurate.id Peran Penting Brand Perception

Brand perception memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis dan pemasaran. Berikut adalah beberapa peran penting dari brand perception:

1. Memengaruhi Keputusan Pembelian

Brand perception dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Jika konsumen memiliki persepsi positif terhadap suatu brand, mereka akan cenderung lebih condong untuk memilih dan membeli produk atau layanan dari brand tersebut.

Persepsi brand yang positif juga akan menciptakan kepercayaan, keandalan, dan keyakinan bahwa produk atau layanan dari brand tersebut akan memenuhi atau melebihi harapan konsumen.

2. Menciptakan Nilai Brand

Brand perception membantu perusahaan dalam menciptakan nilai brand yang kuat. Ketika suatu brand memiliki citra yang positif di mata konsumen, aka hal tersebut bisa membawa manfaat seperti, diferensiasi dari pesaing, kemampuan untuk meminta harga yang lebih tinggi, dan kepercayaan pelanggan yang memungkinkan brand tersebut mempertahankan pangsa pasar yang loyal.

3 Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Brand perception yang positif juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika konsumen memiliki persepsi yang baik terhadap suatu merek, mereka cenderung akan tetap setia dan kembali membeli produk atau layanan dari merek tersebut.

Hal ini mengurangi risiko kehilangan pelanggan kepada pesaing dan menghasilkan nilai jangka panjang bagi perusahaan.

4. Memperkuat Identitas dan Diferensiasi Brand

Persepsi brand yang kuat akan membantu memperkuat brand identity dan membedakan brand dari kompetitornya pasar. Jika suatu brand memiliki citra yang konsisten dan positif, konsumen dapat mengidentifikasikan brand tersebut dengan nilai-nilai, gaya hidup, atau kualitas tertentu.

Hal ini memungkinkan brand untuk menarik segmen pasar yang tepat dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan konsumen.

5. Pengaruh Terhadap Reputasi Perusahaan

Brand perception juga berperan penting dalam membentuk reputasi perusahaan. Persepsi merek yang positif dapat menciptakan reputasi yang baik di mata konsumen dan industri.

Reputasi yang kuat akan membawa banyak keuntungan, seperti kepercayaan pelanggan, kemampuan untuk menarik bakat terbaik, dan hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan perusahaan.

6. Menarik Pelanggan Baru

Brand perception yang positif dapat menjadi daya tarik bagi pelanggan baru. Konsumen yang melihat brand dengan citra yang baik cenderung tertarik untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan oleh brand tersebut.

Dengan memiliki brand perception yang kuat, perusahaan dapat memperluas basis pelanggannya dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Secara keseluruhan, brand perception memainkan peran penting dalam membentuk persepsi konsumen, memengaruhi keputusan pembelian, dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Mengelola brand perception dengan baik adalah strategi penting bagi perusahaan untuk mencapai keberhasilan dalam pasar yang kompetitif.

Baca juga: Pengertian Brand Reputation dan 10 Strategi Ampuh Menerapkannya

Strategi Ampuh dalam Menerapakan Brand Perception

accurate.id Strategi Ampuh dalam Menerapakan Brand Perception

Menerapkan strategi yang efektif dalam mengelola brand perception dapat membantu membangun brand image yang kuat dan positif di mata konsumen. Berikut ini adalah beberapa strategi ampuh yang dapat Anda terapkan:

1. Memahami Target Pasar

Penting untuk memahami siapa target pasar Anda dan apa yang mereka harapkan dari brand Anda. Lakukanlah riset yang mendalam tentang preferensi, kebutuhan, dan berbagai nilai dari konsumen Anda.

Dengan pemahaman yang baik tentang target pasar, Anda dapat mengarahkan upaya branding Anda sesuai dengan apa yang diinginkan dan dihargai oleh konsumen.

2. Menyampaikan Brand Messaging secara Konsisten

Brand messaging yang konsisten akan membantu menciptakan persepsi merek yang kuat. Untuk itu, pastikanlah pesan brand Anda telah terintegrasi dengan baik dalam semua aspek komunikasi, mulai dari iklan, media sosial, konten pemasaran, hingga pengalaman pelanggan. Pesan yang konsisten akan membantu Anda dalam membangun brand image yang jelas dan mudah diingat oleh konsumen.

3. Fokuslah pada Keunikan dan Nilai Tambah

Identifikasikanlah keunikan dan nilai tambah yang ditawarkan oleh brand Anda dan komunikasikan hal tersebut dengan jelas kepada konsumen. Apa yang membedakan merek Anda dari kompetitor? Mengapa konsumen harus memilih Anda? Fokus pada keunggulan dan manfaat unik akan membantu membangun persepsi positif terhadap merek Anda.

4. Kualitas Produk atau Layanan yang Unggul

Kualitas produk atau layanan yang baik sangat penting dalam membentuk brand perception yang positif. Jadi, pastikanlah produk atau layanan yang Anda tawarkan mampu memenuhi atau melebihi harapan konsumen. Berikanlah pengalaman pelanggan yang memuaskan dan bangunlah reputasi merek sebagai penyedia produk atau layanan yang berkualitas.

5. Menggunakan Influencer dan Advocates Merek

Kerjasama dengan influencer atau brand advocacy dapat membantu memperkuat brand perception. Carilah influencer yang sesuai dengan nilai brand Anda dan memiliki audiens yang relevan. Mereka dapat membantu menyampaikan brand messaging Anda pada target pasar dengan cara yang autentik dan meyakinkan.

6. Terlibat dengan Konsumen

Interaksi langsung dengan konsumen dapat membantu Anda dalam membangun hubungan yang kuat dan mempengaruhi brand perception. Terlibatlah dalam media sosial, tanggapi pertanyaan dan feedback konsumen secara cepat, dan adakan kegiatan atau acara yang melibatkan konsumen.

Hal ini akan membantu menciptakan pengalaman positif dan mengindikasikan bahwa brand Anda peduli terhadap kebutuhan konsumen.

7. Mengelola Isu dan Krisis dengan Baik

Ketika menghadapi isu atau krisis yang dapat mempengaruhi brand perception, respons yang cepat, transparansi, dan komunikasi yang efektif akan menjadi sangat penting.

Tanganilah isu secara jujur, berikanlah penjelasan yang komprehensif, dan ambil langkah-langkah yang konkret untuk memperbaiki situasi. Sehingga, hal tersebut akan membantu Anda dalam mempertahankan kepercayaan konsumen dan meminimalisir dampak negatif.

Menerapkan strategi ini secara konsisten dan berkelanjutan akan membantu Anda dalam membangun brand perception yang kuat dan positif. Ingatlah bahwa brand perception membutuhkan waktu untuk dibangun, tetapi dengan ketekunan dan dedikasi yang tinggi, Anda dapat memperkuat brand image Anda di mata konsumen.

Baca juga: Pengertian Brand Visibility dan 8 Strategi Jitu Melakukannya

Tantangan Dalam Menerapkan Brand Perception

accurate.id Tantangan Dalam Menerapkan Brand Perception

Dalam menerapkan brand perception,terdapat beberapa tantangan yang mungkin dihadapi. Mengetahui tantangan-tantangan ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah beberapa tantangan yang mungkin akan Anda hadapi:

1. Perubahan Persepsi

Persepsi konsumen terhadap brand dapat berubah seiring berjalannya waktu. Tantangan utamanya adalah menjaga persepsi yang positif dan relevan di mata konsumen.

Perubahan tren, preferensi konsumen, atau kejadian eksternal dapat mempengaruhi persepsi merek Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk terus memantau perubahan tersebut dan beradaptasi dengan cepat.

2. Persaingan yang Ketat

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, membangun dan mempertahankan brand perception yang positif dapat menjadi lebih sulit. Persaingan dengan berbagai brand lainnya untuk mendapatkan perhatian dan preferensi konsumen dapat membutuhkan upaya yang lebih besar.

Anda perlu menemukan cara untuk membedakan diri Anda dari kompetitor dan membangun keunggulan kompetitif yang unik.

3. Pengaruh Media Sosial

Media sosial memiliki peran yang besar dalam membentuk brand perception. Konsumen bisa dengan mudah berbagi pendapat, pengalaman, dan ulasan tentang brand Anda.

Hal ini dapat memberikan keuntungan dalam memperkuat brand perception positif, tetapi juga dapat menjadi tantangan jika ada komentar negatif atau konten yang merugikan brand Anda. Memantau dan mengelola reputasi brand di platform media sosial menjadi sangat penting.

4. Ketidakpastian Lingkungan

Lingkungan bisnis dan sosial yang penuh ketidakpastian dapat menjadi tantangan dalam mengelola brand perception. Peristiwa tak terduga seperti krisis ekonomi, bencana alam, atau situasi politik dapat mempengaruhi persepsi merek Anda.

Mengatasi tantangan ini akan membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, mengkomunikasikan branding message yang relevan dengan sensitivitas terhadap konteksnya, dan menjaga kepercayaan konsumen.

5. Kesalahan atau Kontroversi

Kesalahan atau kontroversi yang melibatkan brand Anda dapat berdampak besar pada brand perception. Tanggapan yang tidak tepat atau kurangnya transparansi dapat merusak brand image Anda.

Mengatasi tantangan ini membutuhkan respons yang cepat, komunikasi terbuka, dan langkah-langkah konkret untuk memperbaiki kesalahan atau memulihkan reputasi yang terganggu.

6. Perubahan Demografi atau Generasi

Perubahan demografi atau generasi dapat mempengaruhi brand perception Anda. Setiap generasi atau kelompok demografi mungkin memiliki preferensi, nilai-nilai, atau kebutuhan yang berbeda. Nah, Anda perlu mengikuti perubahan ini dan memastikan bahwa brand perception Anda relevan dan menarik bagi kelompok target yang baru.

Dalam menghadapi tantangan-tantangan ini, penting sekali untuk memiliki rencana yang matang, komunikasi yang efektif, dan kesiapan untuk beradaptasi dengan perubahan.

Untuk itu, Anda harus terus memantau, mendengarkan, dan merespons kebutuhan dan feedback konsumen akan membantu Anda membangun dan mempertahankan brand perception yang kuat di pasar serta dinamis.

Baca juga: Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya

Penutup

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, brand perception atau persepsi merek memiliki peran penting dalam membentuk keberhasilan sebuah perusahaan. Brand perception ini mencakup pandangan, keyakinan, dan penilaian yang dibentuk oleh konsumen, calon konsumen, serta pelaku industri terkait terhadap suatu merek.

Kesimpulannya, berikut adalah beberapa poin penting terkait brand perception:

  • Brand perception memengaruhi keputusan pembelian konsumen dan dapat menciptakan nilai merek yang kuat.
  • Memahami target pasar dan menyampaikan pesan merek yang konsisten menjadi langkah awal yang penting.
  • Kualitas produk atau layanan yang unggul dan nilai tambah yang ditawarkan oleh merek membantu membangun persepsi positif.
  • Menggunakan influencer dan brand advocacy dapat memperkuat brand perception secara autentik.
  • Terlibat dengan konsumen dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan membantu membangun hubungan yang kuat.
  • Tantangan dalam menerapkan brand perception meliputi perubahan persepsi, persaingan yang ketat, pengaruh media sosial, ketidakpastian lingkungan, kesalahan atau kontroversi, serta perubahan demografi atau generasi.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, penting sekali untuk memiliki strategi yang matang, respons yang cepat, dan adaptasi yang kontinu.

Dengan membangun dan mempertahankan brand perception yang positif, perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memperkuat reputasi merek dalam pasar yang dinamis.

Namun, untuk menciptakan dan mempertahankan brand perception yang positif, Anda harus memiliki dan mengelola anggaran dengan baik. Nah, Anda bisa lebih mudah melakukannya dengan menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini mampu membantu Anda dalam mengelola seluruh anggaran yang dibutuhkan oleh seluruh pos usaha Anda, sehingga operasional bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Setiap anggaran yang keluar dan masuk pun akan tercatat secara otomatis, Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan tersebut secara akurat.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

13 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait