Brand Equity: Pengertian, Keuntungan dan Cara Meningkatkanya

Terdapat banyak sekali pengetahuan yang harus diketahui oleh setiap marketer atau pemasar, namun beberapa dari mereka terkadang menyepelekan brand equity.

Padahal, mereka harus mengetahui bagaimana membangun dan juga meningkatkan kekuatan suatu brand, karena dengan itulah bisnis apapun menjadi sukses untuk dijalankan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan brand equity, berikut ini kami berikan ulasan lengkapnya khusus untuk Anda.

Pengertian Brand Equity

Terdapat banyak sekali ahli marketing atau pemasar yang menjelaskan tentang brand equity. Namun, terdapat dua peran penting pada suatu brand. Pertama, brand sebagai suatu identitas. Saat ini, masyarakat sudah tidak lagi harus berpikir panjang saat mereka melihat lambang “F” berwarna biru pada internet, karena mereka sudah mengetahui bahwa lambang tersebut adalah Facebook.

Hal tersebut hanyalah salah satu contoh kenapa pendirinya sangat memerhatikan brand equity, karena dirinya tidak bisa terus-terusan menjelaskan apa itu facebook ke banyak masyarakat. Setiap orang harus tahu meskipun hanya ada satu huruf F. Itulah kenapa brand dianggap sebagai suatu identitas.

Fungsi brand yang kedua adalah sebagai pengendali pasar. Tahukah Anda, kebanyakan para wisatawan yang berlibur di Jogja saat ini akan memburu pakaian Dagadu. Karena, masyarakat sudah tahu bahwa pakaian dagadu adalah brand pakaian asli dari Jogjakarta. Padahal, ada banyak sekali brand yang tidak kalah bagus selain Dagadu.

Atau, apakah Anda tahu brand kaos lain dari Bali selain Joger? Nah, itu artinya kedua brand ini memiliki brand equity yang sudah sangat kuat. Hal ini senada dengan penjelasan dari Prof. Kevin Keller yang menyatakan bahwa brand equity adalah keinginan dari seseorang untuk lanjut menggunakan suatu brand ataukah tidak.

Nah, dari penjelasan diatas, sudah jelas bahwa brand equity memiliki peran yang sangat penting. Seorang pakar pemasaran dari Indonesia bernama Hermawan Kertajaya bahkan menjelaskan bahwa brand equity adalah aset yang menciptakan nilai lebih untuk pelanggan dengan cara meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas produk.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dalam hal ini ada dua hal yang harus selalu  Anda ingat. Pertama, meningkatkan kepuasan konsumen, dan kedua menghargai kualitas konsumen. Meningkatkan kepuasan konsumen artinya bagi pemilik brand atau pebisnis, tidak ada kata sudah atau cukup untuk terus berinovasi, karena hanya dengan terus berinovasi lah mereka akan selalu bisa memuaskan pelanggannya.

Kedua, menghargai kualitas. Artinya, pemilik brand, pebisnis, dan pelanggan mengetahui betul produk mana saja yang berkualitas baik dan tidak hanya dilihat dari nama brand nya saja.

Itulah pengertian lengkap dari brand equity. Dalam hal ini, Anda para pemasar harus mengetahui berapa pentingnya brand itu. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan kekuatan suatu brand. Agar lebih semangat lagi untuk membangun suatu brand, maka Anda harus tahu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari meningkatkan suatu brand.

Pengertian lain dari brand equity adalah suatu nilai yang menggambarkan berapa kuatnya atau berapa terkenalnya suatu brand berdasarkan teori memiliki nama brand yang kuat akan lebih banyak mampu menghasilkan suatu penjualan dari nilai produknya.

Karena, sebagian konsumen akan lebih memilih dan juga percaya brand yang lebih terkenal daripada brand yang kurang terkenal.

Baca juga: Sales Adalah: Istilah, Pekerjaan, dan Fungsi Sales dalam Perusahaan

Keuntungan Memiliki Brand Kuat

Sebenarnya, Anda bisa merasakan banyak sekali manfaat saat sudah memiliki brand yang kuat. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan banyak tidak orang ketahui tentang bagaimana brand yang saat ini sudah besar bisa tetap bertahan ditengah persaingan bisnis yang semakin kuat. Apa saja hal tersebut? Ini alasannya.

1. Tahan Terhadap Persaingan

Tahukah Anda alasan masih banyaknya pecinta gadget yang lebih senang dengan iPhone atau Samsung? Padahal diluar sana sudah banyak sekali smartphone baru yang bermunculan. Itu karena iPhone dan Samsung adalah dua brand yang paling banyak dipercaya oleh pelanggan.

Lantas, apa yang bisa kita simpulkan dari kedua hal tersebut? Artinya, dengan membangun brand yang kuat, Anda akan bisa mendapatkan loyalitas pelanggan. Apapun yang akan terjadi, bisnis Anda akan bisa tetap beroperasi tanpa harus mengkhawatirkan banyaknya kompetitor, karena Anda memiliki pelanggan setia.

2. Tidak Perlu Takut Menaikkan Harga

Pebisnis yang takut meningkatkan harga produknya bisa dipastikan pebisnis tersebut masih ragu dengan produknya sendiri. Akan beda cerita pada brand yang sudah terkenal akan kualitasnya. Walaupun harga jual ditingkatkan, setiap orang akan rela untuk membayar lebih besar karena mereka sudah mengetahui kualitas produk buatannya.

Oleh karena itu, brand sangat erat sekali hubungannya dengan kepercayaan pelanggan. Dengan membangun suatu brand yang baik, maka Anda akan memperoleh kepercayaan dari pelanggan Anda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lag bila suatu saat Anda harus meningkatkan harga jual.

3. Melakukan Diferensiasi Produk

Perusahaan besar yang mampu mengalahkan pesaingnya adalah perusahaan yang mampu melakukan diferensiasi produk. Saat sudah ada rasa kepercayaan dari pelanggan, maka mereka tidak hanya bisa meningkatkan harga demi keuntungan yang semenatar.

Namun, mereka membuat diferensiasi produk, sehingga mereka akan menjadi perusahaan yang semakin menguasai pasar dan mengalahkan semua pasangannya.

Sampai sini, apa lagi yang membuat Anda merasa ragu? Walaupun fakta terkait keuntungan dari brand equity di atas masih jauh dari apa yang selama ini sudah Anda bayangkan. Namun, saat ini Anda harus segera membangun brand agar tidak kalah dengan pesaing lainnya yang berkompetisi pada bidang yang sama.

Nah, berikut ini adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan kekuatan brand Anda.

Cara Menaikkan Kekuatan Merek

Sebelum membahas cara meningkatkan kekuatan pada suatu brand, perlu Anda ketahui bahwa ada empat dimensi ekuitas suatu brand. Pengetahuan terkait dimensi ekuitas pada brand ini sangat penting agar Anda bisa lebih memahami cara terbaik untuk bisa memperkuat brand dan tidak berimbas ke arah yang negatif.

Ke empat dimensi brand tersebut adalah kualitas brand, asosiasi, dan juga kesetiaan brand. Dimensi pertama hingga yang ketiga menentukan seberapa kuatkah brand Anda saat pelanggan membeli produk Anda. Jika ketiga dimensi tersebut sudah berhasil Anda lakukan, maka dimensi yang keempat adalah bonus.

Keempat dimensi dari brand equity tersebut adalah hal yang paling dasar dalam meningkatkan brand equity. Berikut ini adalah cara menerapkannya.

  • Variasi dalam Hal Aktivitas Marketing

Cara yang pertama ini adalah saran yang diberikan langsung oleh Prof. Kevin Keller dalam sebuah seminar yang bernama Indonesia Brand Summit 2014. Dalam seminar tersebut, Prof. Kevin mengatakan akan pentingnya melakukan beberapa jenis marketing, mulai dari marketing konvensional hingga marketing modern dengan menggunakan media sosial.

Satu hal yang harus terus diingat dalam melakukan marketing adalah Anda harus bisa memastikan nilai yang bisa diperoleh konsumen bila mereka membeli produk yang Anda tawarkan. Jadi, kegiatan marketing bukan hanya digunakan agar semakin banyaknya orang tahu, tapi juga menarik minat banyak orang.

  • Membangun Networking

Meningkatkan kekuatan brand tidak selalu harus dilakukan dengan kegiatan marketing, tapi juga bisa dengan networking. Artinya, Anda harus bisa berinteraksi dengan banyak orang tanpa ada niatan untuk menawarkan produk. Karena jika Anda melakukan interaksi, secara tidak langsung akan banyak orang yang tahu tentang Anda dan juga bisnis yang Anda jalankan.

  • Membuat Event

Membuat event adalah cara yang paling halus dan juga paling ampuh untuk meningkatkan suatu brand. Anda bisa membuat suatu brand yang mampu membuat banyak orang tertarik untuk datang. Nah pada saat itulah banyak masyarakat yang sadar dengan brand yang Anda bawakan.

Baca juga: Moment Marketing: Mengetahui Pemasaran yang Baik di Waktu yang Tepat

Tolak Ukur Kekuatan Merek (Brand equity)

Nah, apakah Anda sudah melakukan kegiatan branding? Jika sudah, Anda harus lebih bisa melakukan evaluasi apakah kegiatan yang Anda lakukan memiliki pengaruh yang kuat pada brand atau tidak.

Tolak ukur yang bisa Anda gunakan untuk mengukurnya sangat mudah untuk diketahui, jika terjadi keberagaman respon, maka Anda bisa senang. Karena, produk dari brand Anda sudah menawarkan hal yang berbeda daripada brand yang lainnya.

Namun, bila masyarakat belum memberikan respon, maka Anda harus lebih keras lagi untuk melakukan tiga cara diatas dalam meningkatkan brand equity Anda.

Jadi bagaimana, jangan menganggap remeh pentingnya brand equity lagi yah. Semoga informasi ini bisa semakin meningkatkan kesadaran Anda betapa pentingnya membangun suatu brand agar bisnis atau apapun yang Anda lakukan bisa semakin dikenal, semakin dipercaya oleh masyarakat dan semakin berkembang.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan jika ingin terus berkembang adalah mengelola keuangan perusahaan rapi, tepat dan akurat. Untuk urusan yang satu ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan dan membuat laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dll. Sehingga akan semakin memudahkan bisnis online atau offline Anda dalam berkembang.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah