Moment Marketing: Mengetahui Pemasaran yang Baik di Waktu yang Tepat

oleh | Feb 16, 2021

source envato.

Moment Marketing: Mengetahui Pemasaran yang Baik di Waktu yang Tepat

Pernah mendengar tentang moment marketing? Ini adalah salah satu rahasia di balik mengapa beberapa kampanye mendapatkan daya tarik lebih dari yang lain. Mereka berkomunikasi saat konsumen paling bersedia untuk mendengarkan dan berinteraksi.

Dan percayalah, pemasar di balik kampanye ini bukanlah psikolog. Mereka hanya memahami situasi dan perilaku konsumen lebih baik dari yang lain. Mereka tahu pentingnya momen dan kapan bermanfaat untuk memanfaatkannya.

Lagipula, di dunia yang padat informasi ini, bisnis yang menonjol adalah bisnis yang tahu bagaimana mengkomunikasikan hal yang benar di waktu yang tepat. Ini membawa kita pada konsep moment marketing.

Apa itu Moment Marketing?

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan istilah tersebut, moment marketing memanfaatkan pesan yang tepat di saat yang tepat. Meskipun tampaknya ajaib secara spontan, namun ada juga beberapa kampanye yang direncanakan berminggu-minggu sebelumnya.

“Ajaib” dan “spontanitas” ini menghasilkan potensi virus yang besar, tetapi risiko yang sama juga menciptakan kemungkinan kesalahan yang sangat besar.

Moment marketing menggunakan pengalaman offline, terutama di acara TV dan acara olahraga, untuk mendorong atau memicu interaksi online. Jenis pemasaran ini menghubungkan orang dengan sebuah merek seolah-olah mereka semua duduk bersama di ruangan yang sama.

Tetapi untuk berhasil melakukannya, Anda harus menyelaraskan konten dan konteksnya dengan sempurna, dan ini tidak selalu mudah dilakukan.

Baca juga: Integrated Marketing Communication untuk strategi pemasaran yang lebih maksimal, Ini penjelasannya!

Hal yang Tepat di Waktu yang Tepat

Moment marketing adalah tentang menemukan waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan yang tepat.

Yang terpenting adalah Anda berada di sana untuk mengomunikasikan pesan Anda saat pelanggan sangat bersedia mendengarkan.

Pemasaran konten adalah contoh sempurna untuk menangkap momen. Misalnya jika Anda mencari kata kunci di Google tentang “inbound marketing” untuk mempelajari lebih lanjut tentang istilah tersebut seperti yang dilakukan oleh banyak pemasar yang ingin tahu.

Hasil pertama adalah Hubspot. Hubspot adalah perusahaan yang mengembangkan alat untuk membantu inbound marketing.

Yang menarik adalah bahwa hasilnya bukanlah iklan untuk mempromosikan produk Hubspot. Itu adalah artikel yang komprehensif untuk mendidik pembaca tentang manfaat inbound marketing. Perusahaan benar-benar memanfaatkan momen ini.

Sekarang jika Anda akan mencari alat untuk membantu melakukan inbound marketing, Hubspot sudah menjadi salah satu pertimbangan utama sebagian orang, karena mereka sudah mengetahui perusahaan tersebut dan mendapatkan kepercayaan dengan artikel itu.

Baca juga: Esensi Merek: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Contohnya

Micro Moment

Dengan banyaknya perangkat seluler yang menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, ada perubahan mendasar dalam cara kita mengonsumsi media sekarang. Kemungkinan besar Anda membaca artikel ini di smartphone Anda atau akan memeriksa ponsel cerdas Anda di lain waktu… katakanlah 5 menit.

Dahulu, hal ini tidak dapat diprediksi, namun sekarang interaksi kita dengan dunia online hampir sepanjang hari. Yang diperlukan hanya beberapa ketukan… untuk memeriksa waktu, mengirim email ke klien, mengirim SMS ke teman, atau mengobrol di media sosial.

Dan kemudian ada momen penting lainnya seperti – Saya ingin tahu, saya ingin pergi, saya ingin membeli, dll. Yang memaksa Anda untuk memilih ponsel dan membuka aplikasi atau mencari di internet.

Semua ini dianggap sebagai micro moment atau momen mikro yang terbukti menjadi pengubah permainan bagi merek dan konsumen.

Misalnya, setiap kali Anda membaca novel dan menemukan kata baru, Anda akan mengambil smartphone Anda, membuka Google dan mencari artinya.

Saya yakin Anda melakukannya!

Menurut WSJ, 91% pengguna smartphone mencari informasi di smartphone mereka saat sedang mengerjakan tugas. Meskipun ini terlihat seperti momen kecil, ini bergandengan tangan dengan momen lain dan mengakibatkan membentuk preferensi kita.

69% wisatawan menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mencari ide perjalanan selama waktu luang seperti berdiri dalam antrean atau menunggu makanan di restoran. Hampir setengah dari mereka kemudian menggunakan saluran yang sepenuhnya terpisah untuk akhirnya memesan perjalanan.

Demikian pula, 82% pengguna smartphone berkonsultasi dengan ponsel mereka sebelum memutuskan produk apa yang akan dibeli di supermarket.

Sekarang, jika Anda tidak memanfaatkan momen-momen awal, akan sangat sulit bagi Anda untuk memulai pada tahap selanjutnya dari sales funnel mereka. Fokus Anda di sini harus mengembangkan saluran pemasaran yang mencakup semua momen mikro ini.

Banyak perusahaan melakukan hal yang sama.

Ambil contoh perusahaan eCommerce. Ada banyak orang yang biasanya membeli pakaian dari Tokopedia. Dan biasanya mencari kupon diskon atau potongan dari situs kupon. Dan jika mereka tidak mendapatkan kupon atau potongan harga, mereka akan meninggalkan keranjang belanja meraka

Beberapa minggu kemudian, perusahaan menjalankan iklan di Google yang menargetkan kata kunci ‘diskon tokopedia’ dan memberi Anda kupon sehingga mencegah Anda  meninggalkan keranjang dan menyimpan komisi yang dibayarkan ke situs web mitra.

Mereka berhasil memanfaatkan momen itu.

Baca juga: Manajemen Merek: Pengertian, Strategi dan Contohnya

moment marketing 2

Tips Sukses Melakukan Moment Marketing

Perjelas tujuan Anda

Sangat penting bahwa langkah pertama dalam setiap kampanye pemasaran adalah menetapkan seperti apa kesuksesan itu. Tanpa pengaturan yang jelas untuk seluruh tim, agensi, dan pembeli media, Anda tidak akan dapat memastikan bahwa Anda memiliki strategi terpadu. Setelah tujuan Anda jelas, Anda dapat membangun strategi untuk memastikannya tercapai.

Kampanye pemasaran yang paling sukses harus selarasd engan tujuan pemasaran yang lebih luas. Kampanye moment marketing Anda dapat membantu memperkuat pesan merek Anda dan meningkatkan jangkauan, melengkapi iklan yang ada untuk membantu menciptakan hubungan emosional dengan merek Anda, atau dapat digunakan untuk melibatkan dan memikat audiens utama Anda pada saat-saat yang paling penting bagi mereka.

Ketahui apa yang memengaruhi merek Anda

Apakah merek Anda berfokus pada TV? Atau apakah tren media sosial sangat penting bagi Anda?

Ini adalah pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memulai kampanye moment marketing. Setelah Anda mengidentifikasi faktor eksternal yang memiliki dampak terbesar pada merek Anda, Anda melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mulai merencanakan momen Anda.

Rencanakan sebelumnya

Banyak sekali event dan moment yang bisa anda manfaatkan untuk memicu moment marketing Anda. Membuat kalender acara taktis yang akan datang sangat penting untuk memastikan suara merek Anda didengar selama momen besar ini. Peristiwa ini sering kali dikenal luas dan oleh karena itu dapat direncanakan.

Bergantung pada merek Anda, Anda mungkin ingin fokus pada acara olahraga besar seperti Piala Dunia, Thomas Uber, FA Cup, atau acara olahraga lainnya. Namun, merek elegan mungkin ingin fokus pada acara seperti Oscar, Festival Film Cannes, atau Ascot, dan merek otomotif ingin meluncurkan iklan untuk mobil convertible saat cuaca cerah dan hangat.

Baca juga: Apa itu Analisis Kompetitif dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Sesuaikan dengan musim

Setelah Anda memperhitungkan peristiwa yang Anda tahu akan terjadi atau moment penting kedepannya, sekarang saatnya untuk mulai merencanakan momen yang tidak dapat Anda prediksi.

Perubahan suhu, naik turunnya serbuk sari dan tingkat polusi, curah hujan dan bahkan waktu matahari terbenam dan terbit semuanya mempengaruhi perilaku konsumen dan harus diperhitungkan dalam rencana. Menggunakan platform moment marketing akan memungkinkan Anda meluncurkan kampanye pemasaran digital berdasarkan elemen-elemen ini.

Baca juga: Brand Awareness: Pengertian, Fungsi, Strategi dan Contohnya

Tetapkan aturan dan pilih inventori

Setelah mengidentifikasi momen terbaik dan faktor lain yang memengaruhi penggemar, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah menetapkan aturan untuk membuat kampanye yang efektif.

Misalnya, merek produk liburan mungkin ingin meluncurkan kampanye iklan penelusuran setelah hujan turun selama lebih dari 20 menit, karena Anda menginginkan konversi segera.

Namun, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, maka perusahaan losion berjemur dapat meluncurkan kampanye sosial setiap kali suhu lebih tinggi dari 16 derajat.

Kampanye penelusuran sering kali paling baik diterapkan saat Anda ingin meyakinkan konsumen untuk membeli suatu produk. Namun, kampanye sosial seringkali paling baik untuk membangun merek Anda dan memperdalam hubungan antara nilai-nilai inti Anda dan momen tertentu.

Pantau dan optimalkan

Seperti halnya dengan semua strategi pemasaran lainnya, penting untuk meninjau setiap kampanye dan menilai dampaknya pada konsumen. Kinerja harus dibagikan dengan seluruh tim sehingga pembelajaran ini dapat dimasukkan dalam perencanaan kampanye Anda berikutnya.

Melihat ke belakang dalam jangka waktu yang lama berarti Anda dapat melacak dan menangkap tren apa pun yang Anda lihat. Anda mungkin melihat bahwa iklan berdasarkan acara olahraga adalah yang paling sukses, oleh karena itu Anda ingin berinvestasi lebih banyak pada hal ini di masa mendatang.

Baca juga: TAM SAM SOM: Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya

Kesimpulan

Moment marketing adalah cara ideal untuk mendapatkan perhatian dan terhubung dengan audiens, terutama dalam acara atau momen tertentu. Tetapi untuk menjadi sukses, Anda perlu mengenali peluang sempurna dan memasangkannya dengan konten yang tepat waktu.

Potensi untuk menjadi viral ada di sini tetapi risiko besar selalu datang dengan potensi kerugian besar. Terkadang perubahan mendadak atau momen yang tidak sesuai kampanye dapat menjadi bumerang, tetapi jika Anda tetap mengingat audiens, Anda akan bisa mencapai target dan pulang sebagai pemenang.

Proses pemasaran atau marketing adalah salah satu proses dalam bisnis yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengetahui keberhasilan kampanye pemasaran dalam bisnis, ada baiknya Anda mencatat setiap pengeluaran yang terjadi, termasuk biaya pemasaran.

Untuk memudahkan Anda dalam memantau setiap biaya dan pemasukan dalam bisnis serta pembukuan yang sesuai standar, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Jadikan proses pembukuan dan pemantauan kesehatan finansial bisnis Anda lebih mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

https://accurate.id/lp/marketing-form/

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

marketingmanajemenbanner
Cinthya

Artikel Terkait