Bundling Adalah Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Tingkatkan Penjualan

Pada dasarnya bundling adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan dua produk berbeda dalam satu paket promosi. Promosi ini lebih sering disebut sebagai promosi paket hemat.

Umumnya, promosi seperti ini terdapat pada berbagai event tertentu seperti promo awal bulan Ramadhan atau promo hari Natal. Strategi pemasaran seperti ini mampu mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak produk dari satu brand yang sama. Sehingga bisa meningkatkan adanya penjualan produk yang sudah dipromosikan.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas terlengkap tentang produk bundling dan juga cara menggunakan strategi pemasaran seperti ini.

Pengertian Bundling Adalah

Seperti yang sebelumnya telah kita sebutkan bahwa produk bundling adalah suatu pengelompokan dua atau lebih produk dalam satu SKU. Jadi, pelanggan hanya harus membayar 1 item saja.

Produk akan dikemas atau dipaket dengan cara yang berbeda baik itu dalam bentuk kotak kado ataupun suatu pembungkus khusus.

Strategi promosi ini adalah suatu peluang yang mampu meningkatkan nilai pesanan secara rata-rata. Berdasarkan suatu perkiraan yang dinyatakan oleh Mc. Kinsey dan dilansir dari CXL, sebanyak 35% dari seluruh pembelian website Amazon berasal dari rekomendasi produk bundling.

Baca juga: Flash Sale Adalah Strategi Pemasaran Untuk Mempercepat Pembelian

Awal Mula Hadirnya Paket Bundling

Awal mula terjadinya paket bundling adalah saat dunia telekomunikasi menghadirkan suatu ponsel CDMA di tahun 1995.

Agar bisa menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan pulsa dengan jaringan baru yaitu jaringan CDMA maka para vendor dan juga operator menghadirkan jaringan CDMA ini melakukan paket strategi bundling. Dengan menggunakan strategi ini maka pembeli akan menjadi lebih banyak menggunakan ponsel CDMA.

Meningkatnya pembelian ponsel CDMA ini karena konsumen banyak mendapat keuntungan, seperti aplikasi untuk membuka facebook, twitter, dan berbagai sosial media lainnya dengan harga yang sangat murah.

Penerapan strategi paket ini pun lalu dicontoh oleh berbagai produsen asal china dengan memberikan paket perdana secara gratis lagu setinggi ini pun dilakukan oleh beberapa ponsel asal tiongkok yang juga berhasil secara lebih sukses.

Jenis-Jenis Produk Bundling

1. Mixed Bundling

Mixed bundling adalah salah satu jenis yang paling umum dari produk bundling seperti ini didasari pada produk yang seringkali dijual bersama berdasarkan data pesanan historis penjualan.

Umumnya produk  ini akan menggabungkan beberapa produk yang biasa digunakan konsumen secara bersamaan. Berbagai produk tersebut bisa dibeli secara terpisah namun ada diskon khusus bila Anda membelinya secara bersamaan.

2. Pure Bundling

Lain halnya dengan mixed bundling, pure bundling adalah jenis produk bundling yang hanya bisa dibeli secara bersamaan. Itu artinya, Anda sudah tidak bisa membeli produk yang ditawarkan secara terpisah. Namun masalahnya, pure bundling membatasi pilihan bagi pelanggan untuk membeli barang secara individual, yang bisa menyebabkan adanya penurunan penjualan seiring berjalannya waktu

3. Same Produk Bundling

Same Produk Bundling adalah cara yang paling bagus guna menawarkan diskon ketika pelanggan memesan beberapa produk  yang sama secara sekaligus. Ada banyak sekali brand dengan label direct to consumer atau DTG yang menjual produk esensial atau perawatan pribadi berhasil menggunakan jenis strategi ini secara baik.

Jenis bundling ini pada dasarnya mirip dengan model langganan, dimana produk yang sama mampu memberi insentif pada pelanggan yang membeli dalam jumlah yang lebih besar di tahap awal daripada membayar untuk mengirimkan pesanan baru setiap waktunya.

4. Kelebihan Persediaan

Paket bundling adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dan adalah cara yang paling bagus untuk membersihkan inventaris yang lama dan juga tidak diperlukan agar bisa memberi ruang pada produk baru.

Suatu produk yang pergerakannya lambat bisa dengan cepat meningkatkan biaya penyimpanan inventaris, yang bisa mempengaruhi keuntungan. Bila Anda mempunyai produk yang bisa dijual secara lebih cepat maka Anda bisa lebih mudah memaketkan nya dengan produk yang sama yang baru, terjual lebih tepat, atau mempunyai permintaan yang lebih tinggi lagi.

Sehingga, Anda bisa lebih menghabiskan persediaan untuk memberikan ruang bagi persediaan baru yang memiliki pergerakan lebih cepat.

Keuntungan Produk Bundling

1. Meningkatkan Nilai Pesanan Secara Rata-Rata

Dengan menerapkan produk bundling maka Anda bisa meningkatkan keuntungan penjualan item individu dari waktu ke waktunya. Dengan mengelompokkan suatu produk secara bersamaan, maka Anda bisa membuat konsumen membeli lebih dari satu produk selama masih satu pembelian, yang akan meningkatkan nilai pesanan secara rata-rata

2. Mengurangi Biaya Pesanan dan juga Biaya Distribusi

Produk bundling akan memungkinkan Anda untuk menjual lebih banyak tunjukkan mengurangi biaya pemasaran seperti distribusi.

Daripada memasarkan setiap produk baru Anda bisa mengelompokkan produk terlengkap dan juga memasukkannya sebagai suatu produk dengan mengemas suatu ekosistem yang berbeda secara bersamaan ,maka Anda tidak perlu lagi mengirimkan lebih sedikit kotak barang individual dan juga akan menghemat uang dalam ongkos kirim.

Anda bisa menampilkannya sebagai satu paket yang bisa membuat Anda menjadi lebih hebat pada biaya pemasaran dan juga pada saat yang bersamaan Anda bisa membesarkan seluruh produk Anda

3. Mengurangi Pemborosan Inventaris

Produk bundling adalah salah satu cara untuk bisa membersihkan stok mati sebelum menjadi suatu masalah. Bila Anda menggabungkan produk yang lama terjual dengan produk yang lebih cepat, maka pelanggan akan melihat produk bundling itu sebagai barang yang lebih mudah atau lebih cenderung mereka akan membelinya.

Hal ini tentu akan membantu mengurangi pemborosan inventaris, membebaskan ruang hutang dan juga mengurangi biaya penyimpanan pada inventaris Anda.

4. Meningkatkan Pengalaman Para Pelanggan

Para pelanggan akan lebih senang bila bisa memilih produk dan jasa sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan mereka. Untuk itu memberikan pelanggan pilihan dalam menambah menghapus atau mengedit product penting untuk membuat proses pemilihan menjadi  lebih mudah dan juga lebih memuaskan

5. Mengurangi Kebingungan yang Dialami Pelanggan

Konsumen akan suka dengan banyak pilihan tapi mereka tidak suka bila pilihan tersebut sangatlah banyak. Oleh karena itu, Netflix dan juga Amazon menggunakan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi para penggunanya.

Mereka akan diarahkan ke pilihannya sesuai dengan keperluan mereka agar bisa membantu mengurangi tingkat ketimpangan atau penjumlahan dalam memilih produk dari sekian banyaknya pilihan produk.

Tantangan Dalam Melakukan Produk Bundling

Selain bisa memperoleh keuntungan dalam menerapkan strategi produk bundling pasti tidak akan luput dari adanya tantangan ataupun resiko yang nantinya bisa muncul sewaktu-waktu. Beberapa tantangan yang mungkin bisa terjadi saat melakukan bundling adalah sebagai berikut.

1. Keliru Membundling Suatu Produk

Ketika Anda sebagai pebisnis membendung suatu produk maka tidak semuanya akan memperoleh respon yang baik pada percobaan pertama.

Umumnya hal ini terjadi karena penggabungan produk yang keliru atau tidak sesuai sehingga minat konsumen pun nantinya akan berperan penting.

Untuk itu disarankan sebelum melakukan dan link Anda lakukan terlebih dahulu Anda bisa menggunakan berbagai tools atau alat untuk melakukan riset dan melihat produk yang saat ini sedang meningkat. Sehingga, Anda bisa meningkatkan volume penjualan dan juga meningkatkan minat beli pelanggan.

2. Kehabisan Salah Satu Produk Bundling

Pastikanlah produk bundling Anda setiap produknya memiliki persediaan yang memang cukup. Jika persediaannya memang terbatas, maka Anda akan kehilangan peluang untuk memiliki pemasaran produk paling tersebut.

Cara yang paling baik adalah saat Anda sebagai pebisnis memberikan penawaran berbagai produk bundling berbeda bagi konsumen untuk bisa dipilih oleh mereka acara ini akan mengurangi risiko kehabisan stok produk baru.

Selain itu, pasti karena setiap tim bisa bekerjasama dengan tim marketing dan kegiatan operasional  setiap tim harus bisa saling bersinergi, tanpa adanya kerjasama dan juga dukungan antartim maka resikonya pun bisa tidak akurat dan mengarah pada kehabisan stok produk baru.

Baca juga: Canvassing Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Sales Canvassing

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang produk bundling. Pemahaman tentang produk bundling ini harus bisa dipahami secara menyeluruh oleh para tim marketing ataupun pebisnis.

Kenapa? Karena bila dilakukan secara tepat maka strategi pemasaran ini bisa mendatangkan keuntungan yang sangat banyak untuk para pebisnis.

Hal terpenting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mencatat  keuntungan Anda secara lebih cepat dan juga efisien serta akurat untuk memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi akuntansi ini mampu menyediakan pada Anda lebih dari 200 laporan keuangan. Selain itu laporan keuangan tersebut bisa diakses dimana saja dan juga kapan saja, karena software akuntansi ini dikembangkan dengan basis cloud system.

Seluruh fitur tersebut bisa Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan cara klik tautan gambar dibawah ini.

accurate1