5 Cara Membuat Iklan yang Menarik

Selain pandai memperhitungkan untung dan rugi, seorang pebisnis juga dituntut untuk bisa berpikir secara kreatif dalam upayanya memasarkan produk-produknya. Dalam hal ini, salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk adalah dengan memasang iklan. Namun, apakah semua pebisnis tahu cara membuat iklan yang menarik?

Saat ini, telah tersedia banyak media atau instrumen untuk memasang iklan. Namun, beberapa di antara iklan yang terpasang masih belum cukup menarik ataupun efektif dalam menarik perhatian audiens. Akibatnya, iklan hanya akan diabaikan atau dilewati.

Sebenarnya, ada beberapa tips dan cara membuat iklan yang menarik. Apa sajakah itu?

Cara Membuat Iklan yang Menarik

1. Pilih Tempat Beriklan yang Tepat

Sebelum membuat iklan yang menarik, Anda perlu memikirkan terlebih dahulu tempat atau media beriklan apa yang tepat untuk digunakan, apakah media offline atau online. Media offline yang dimaksud dapat berupa koran, tabloid, dan billboard. Sedangkan media online seperti media sosial dan website.

Contoh sederhana dari pemilihan tempat atau media beriklan ini adalah apabila target produk Anda merupakan remaja berusia 15-21 tahun, maka pemasangan iklan melalui media sosial, seperti Instagram Ads dan Youtube Ads akan lebih menarik perhatian mereka.

Lain halnya apabila target pemasaran Anda adalah karyawan dengan usia 25 hingga 35 tahun, akan lebih menarik perhatian mereka apabila menggunakan media koran dan billboard. Hal ini karena sebagian besar usia produktif masih membaca koran dan hampir setiap hari melewati jalan raya yang dipenuhi billboard berukuran besar. Sehingga, saat Anda memasang iklan pada billboard di jalan raya yang ramai, iklan Anda dapat dilihat oleh para karyawan saat pulang maupun berangkat kerja.

2. Buat Judul atau Slogan yang Unik

Dalam cara membuat iklan yang menarik, penting untuk membuat judul atau slogan yang unik. Pada dasarnya, sebagian besar audiens kurang tertarik membaca iklan dan memilih untuk melewatinya, terlebih jika kalimat yang digunakan bertele-tele.

Agar menarik minat baca mereka, gunakanlah bahasa yang lugas, unik, dan persuasif. Dalam hal ini, judul atau slogan adalah poin yang bisa Anda tonjolkan, baik dari segi kata maupun kalimat secara keseluruhan. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk membaca iklan lebih lanjut.

Baca juga: Contoh Iklan Permintaan, Pengertian dan Media yang Sesuai

3. Perhatikan Detail Desain

Desain adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam cara membuat iklan yang menarik. Visualisasi di dalam sebuah iklan memegang peranan penting, terlebih karena banyak orang yang kini lebih tertarik dengan gambar dan video daripada tulisan.

Karena itu, pemilihan font, gaya penulisan, hingga kombinasi warna, semuanya perlu diperhatikan secara mendetail.

Apabila Anda ingin membuat banyak iklan secara berkelanjutan, maka Anda harus konsisten menggunakan warna tertentu, jenis font, serta logo produk agar lebih mudah diingat masyarakat.

4. Berikan Penawaran Menarik

Tips dan cara membuat iklan yang menarik berikutnya yaitu memberikan penawaran menarik. Dalam sebuah iklan, penawaran menarik merupakan hal yang dapat menarik perhatian audiens. Oleh karena itu, Anda perlu mencantumkan penawaran yang menarik agar audiens melirik iklan Anda.

Adapun penawaran menarik ini dapat berupa pemberian potongan harga, promo cashback, buy 1 get 1, special gift, hingga gratis ongkos kirim.

Namun, penawaran menarik sebenarnya tidak hanya dalam bentuk diskon dan semacamnya, melainkan juga bisa dari keunggulan produk Anda. Tinggal bagaimana Anda mengolahnya menjadi satu hal yang bisa dipromosikan kepada konsumen.

5. Tampilkan Tokoh Penting atau Terkenal

Jika ingin lebih cepat menjangkau pasar yang luas, Anda bisa juga menggunakan influencer atau orang terkenal di dalam iklan Anda. Saat ini, cukup banyak influencer yang tersebar di berbagai macam media sosial, khususnya di Instagram.

Dengan memakai jasa mereka, iklan Anda bisa menjadi lebih menarik dan lebih cepat diperhatikan oleh banyak orang. Terlebih apabila pengaruh dari influencer bisa membuat orang-orang membeli produk Anda.

Seperti diketahui, jika Anda perhatikan, cukup banyak orang yang kini memanfaatkan ikon yang dicintai masyarakat agar produk atau jasa yang ditawarkannya mudah diterima oleh masyarakat. Dalam hal ini, Anda perlu bijak dalam memilih tokoh penting atau influencer yang akan Anda gunakan jasanya dalam memasarkan produk Anda.

Baca juga: Media Planning: Pengertian Dan Cara Membuat Media Planning

Penutup

Demikianlah beberapa tips dan cara membuat iklan yang menarik, yang bisa diterapkan untuk menarik perhatian audiens terhadap produk yang Anda pasarkan. Beberapa cara membuat iklan yang menarik tersebut meliputi pemilihan tempat beriklan yang tepat sasaran, pembuatan judul atau slogan yang unik, desain yang detail, pemberian penawaran menarik, hingga penggunaan jasa influencer atau tokoh penting.

Adapun dalam sebuah bisnis, hal lain yang juga tak kalah pentingnya dengan pemasaran produk adalah pengelolaan keuangan. Sebab, pengelolaan keuangan yang buruk bukan tidak mungkin akan mengantarkan bisnis pada kegagalan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan metode pembukuan dan pembuatan laporan keuangan yang lebih cepat, akurat, dan otomatis melalui software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Ratusan ribu pebisnis di Indonesia juga telah menggunakan Accurate Online yang terbukti membantunya mencapai kesuksesan. Tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.