Bagaimana Cara Menjadi Pengambil Keputusan yang Baik?

Membuat dan menjadi pengambil keputusan yang baik adalah keterampilan kunci untuk kesuksesan pribadi dan profesional. Membuat keputusan yang logis dan masuk akal dalam kehidupan profesional Anda dapat berdampak positif bagi Anda, kolega, dan organisasi Anda.

Menerapkan strategi dan teknik yang efektif dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan. Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana Anda bisa menjadi pembuat keputusan yang lebih baik.

Apa itu Pembuat Keputusan yang Baik?

Seorang pembuat keputusan yang baik memilih tindakan yang memberikan hasil terbaik untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

Mereka masuk ke dalam proses pengambilan keputusan dengan pikiran terbuka dan tidak membiarkan bias mereka sendiri mempengaruhi mereka. Mereka membuat keputusan secara rasional, setelah meneliti alternatif dan memahami konsekuensinya.

Pengambil keputusan yang baik melibatkan orang lain bila diperlukan dan menggunakan pengetahuan, data, dan pendapat untuk membentuk keputusan akhir mereka.

Mereka tahu mengapa mereka memilih pilihan tertentu daripada yang lain. Mereka percaya diri dengan keputusan mereka dan jarang ragu setelah mencapai kesimpulan.

Siapapun bisa menjadi pengambil keputusan yang baik. Membuat keputusan adalah bagian integral dari pekerjaan apa pun, apakah Anda berada di posisi entry-level atau Anda membuat pilihan penting atas nama perusahaan Anda sebagai seorang eksekutif.

Baca juga: Ingin Memotivasi Tim Penjualan? Berikut 10 Tipsnya

Bagaimana Cara Menjadi Pengambil Keputusan yang Lebih Baik?

Menerapkan strategi pengambilan keputusan yang terbukti akan membantu Anda menjadi pembuat keputusan yang lebih baik. Ketika Anda harus memutuskan pekerjaan, lakukan langkah-langkah berikut untuk menentukan pilihan terbaik:

1. Pertimbangkan sifat dan karakteristik kepribadian Anda

Orang-orang memiliki karakteristik alami yang dapat membentuk pengambilan keputusan mereka. Memahami kepribadian Anda dapat membantu untuk mengidentifikasi bagaimana Anda saat ini membuat keputusan dan bagaimana Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Beberapa ciri kepribadian yang dapat memengaruhi pengambilan keputusan Anda adalah:

Terlalu percaya diri

Ini adalah sifat umum yang dapat membahayakan pengambilan keputusan. Banyak orang melebih-lebihkan kinerja dan pengetahuan mereka.

Mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dapat membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih realistis tentang kinerja Anda, dan pengetahuan ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang jumlah tugas yang dapat Anda terima dalam periode tertentu.

Membuat keputusan menjadi proses kolaboratif dapat memperbaiki rasa percaya diri yang berlebihan. Mencari pendapat orang lain akan meningkatkan pengetahuan Anda dan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik daripada yang Anda bisa sendiri.

Mengambil risiko atau menghindari risiko

Pengambil risiko alami dapat membuat keputusan tanpa mempertimbangkan bahaya secara menyeluruh, sementara orang yang lebih waspada terhadap risiko mungkin lebih suka membuat keputusan yang aman.

Memahami kecenderungan alami Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis keputusan yang Anda buat dan belajar bagaimana melawan naluri Anda.

Bias alami

Setiap orang memiliki bias dan kekhawatiran yang dapat memengaruhi pengambilan keputusan. Mungkin Anda telah membuat asumsi tentang orang-orang tertentu di lingkungan profesional atau pribadi Anda.

Anda mungkin merasa takut akan situasi tertentu, seperti berbicara di depan umum di rapat atau terbang untuk perjalanan bisnis.

Media dan opini orang lain juga dapat membentuk pemikiran. Misalnya, menonton berita terbaru tentang kecelakaan mobil mungkin membuat Anda lebih gugup mengemudi untuk bertemu klien.

Pikirkan baik-baik apakah Anda membiarkan bias dan kekhawatiran memengaruhi penilaian Anda dan mengganggu pengambilan keputusan Anda.

2. Ketahui tujuan Anda

Keputusan yang Anda buat akan membantu Anda atau perusahaan Anda mencapai tujuan. Mengidentifikasi tujuan individu dan tujuan bisnis Anda dapat mengarahkan Anda menuju pilihan terbaik. Ketika Anda tahu hasil apa yang Anda inginkan, membuat keputusan bisa lebih mudah.

Misalnya, bayangkan Anda sedang mempertimbangkan apakah akan memperoleh kualifikasi lebih lanjut. Mengidentifikasi tujuan profesional Anda dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk masa depan Anda.

Baca juga: Ingin Melakukan Pengembangan Tim? Berikut 5 Tahapannya

3. Kumpulkan informasi

Memahami mengapa Anda membuat keputusan, apa pilihan Anda dan dampak dari memilih setiap opsi membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat dan lebih baik.

Kolega, pakar industri, teman tepercaya, dan anggota keluarga Anda mungkin juga dapat memandu Anda mengambil keputusan terbaik. Meskipun mereka bisa menjadi sumber pengetahuan yang berharga, Anda pada akhirnya harus membuat keputusan sendiri.

Pembuat keputusan yang paling sukses tahu kapan mereka telah mengumpulkan cukup informasi untuk membuat keputusan terbaik. Begitu mereka melakukannya, mereka bertindak tegas dan melanjutkan, yakin pilihan mereka adalah yang terbaik yang bisa mereka buat.

4. Pertimbangkan semua pilihan yang ada

Semakin banyak alternatif yang Anda pertimbangkan, semakin besar kemungkinan Anda membuat keputusan yang berhasil. Hati-hati mempertimbangkan berbagai pilihan potensial adalah yang terbaik.

Berbicara kepada orang lain selama proses pengambilan keputusan Anda dapat menawarkan perspektif baru yang mungkin menghadirkan alternatif yang belum Anda pertimbangkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Email Penawaran Penjualan yang Efektif?

pengambil keputusan yang baik 2

5. Bayangkan skenario yang berbeda

Membayangkan apa yang bisa terjadi sebelum Anda bertindak dapat membantu membimbing Anda menuju keputusan terbaik.

Pertimbangkan bagaimana keputusan Anda akan meningkatkan kehidupan Anda dan kehidupan orang lain yang dekat dengan Anda. Pendekatan ini bisa lebih efektif daripada membuat daftar pro dan kontra, karena mengakui tidak setiap keuntungan atau kerugian memiliki bobot yang sama.

6. Tetap berpikiran terbuka

Menahan dorongan untuk menarik kesimpulan dan tetap berpikiran terbuka sampai mencapai keputusan akhir dapat membantu Anda mengatasi bias konfirmasi dan membuat keputusan yang lebih baik.

Adalah kecenderungan alami untuk menarik kesimpulan terlebih dahulu, kemudian mencari bukti yang mendukungnya. Namun, metode ini dapat menyebabkan mengabaikan informasi penting.

7. Hilangkan pilihan sebelum mencapai keputusan akhir

Memiliki berbagai pilihan di awal proses pengambilan keputusan adalah penting, tetapi pada waktunya berbagai pilihan bisa sangat banyak dan membingungkan.

Menghilangkan pilihan selama proses pengambilan keputusan mengurangi perasaan ini. Pilihan diskon ketika Anda mengetahui bahwa itu bukan pilihan yang tepat daripada menelitinya lebih lanjut. Saat Anda mempersempit pilihan Anda, Anda dapat lebih fokus pada setiap pilihan yang tersedia dan pada akhirnya membuat keputusan terbaik.

Baca juga: Decision Tree: Pengertian, Cara Buat, Kelebihan dan Kekurangannya

8. Pahami beberapa opsi yang memiliki nilai yang sama

Kecenderungan alami untuk menimbang dan memberi peringkat pada opsi melemahkan konsep bahwa terkadang opsi memiliki nilai yang relatif sama.

Anda dapat meneliti pilihan Anda selama berhari-hari atau berminggu-minggu dan masih belum jelas proposisi mana yang lebih baik. Memahami hal ini dan berkomitmen pada satu opsi atau lainnya sangat penting untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Setelah Anda yakin pilihan Anda relatif sama, Anda dapat menggunakan pembuat keputusan acak atau roda pemilihan. Hanya gunakan alat pembuat keputusan yang mudah ketika Anda merasa semua pilihan Anda sama karena mereka tidak dapat menggantikan pengetahuan Anda sendiri.

Baca juga: 4 Tips dalam Membangun Sebuah Brand yang Sukses

9. Gunakan waktu yang tersedia

Keputusan yang terburu-buru jarang merupakan keputusan terbaik. Ketika seseorang membuat keputusan terlalu cepat, mereka sering dipandu oleh bias dan kecenderungan alami daripada informasi objektif. Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk membuat keputusan.

Jika seseorang menginginkan jawaban cepat, tanyakan apakah Anda dapat memiliki lebih banyak waktu. Meskipun hal ini tidak selalu memungkinkan, waktu ekstra untuk mengumpulkan informasi dan refleksi biasanya menghasilkan keputusan yang lebih baik.

Jika Anda memiliki waktu terbatas, cobalah mengembangkan argumen tandingan untuk keputusan yang Anda pertimbangkan. Berdebat dengan diri sendiri, bahkan untuk waktu yang singkat, dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik saat ini.

10. Terima konsekuensinya

Setiap keputusan yang Anda buat memiliki konsekuensi bagi Anda, dan berpotensi bagi orang lain juga. Cobalah untuk menyesuaikan pemikiran Anda untuk membuat keputusan tanpa khawatir membuat kesalahan.

Meskipun Anda perlu mempertimbangkan hasil potensial, opsi teraman tidak selalu yang terbaik. Jika Anda memilih dengan hati-hati tanpa rasa takut menahan Anda, Anda dapat menerima konsekuensinya untuk membuat keputusan sebaik mungkin.

11. Belajar dari keputusan masa lalu

Setiap kali Anda membuat keputusan, Anda bisa menjadi lebih baik dalam hal itu. Renungkan pilihan yang Anda buat dan hasilnya.

Perhatikan apakah hasilnya sepenuhnya menguntungkan atau keadaan bisa berjalan lebih baik. Identifikasi area untuk perbaikan, dan pertimbangkan bagaimana Anda bisa memperbaiki hasilnya di lain waktu. Setiap keputusan yang Anda buat memberikan kesempatan belajar yang seharusnya membuat Anda menjadi pembuat keputusan yang lebih baik.

Baca juga: Perencanaan Strategis: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Kesimpulan

Menjadi pengambil keputusan yang baik memerlukan waktu dan pengalaman, dan tentu ini bukanlah hal mudah. Keputusan yang baik datang dari pribadi yang baik, namun bakat ini dapat dilatih, terutama jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang terbiasa dihadapkan dalam pengambilan keputusan yang sulit.

Contohnya adalah saat Anda memilih software akuntansi, Anda harus mengambil keputusan yang bijak agar software yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memudahkan bisnis Anda bukan malah menyusahkan Anda.

Pilihlah software akuntansi yang sudah berpengalaman dan tidak banyak biaya tambahan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan memiliki fitur terbaik juga harga yang paling terjangkau.

Hanya dengan harga 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan semua fitur yang Anda perlukan, baik untuk bisnis skala UMKM sampai perusahan nasional. Tidak ada perbedaan harga!

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu