Bagaimana Cara Membuat Email Penawaran Penjualan yang Efektif?

Banyak profesional menggunakan email penawaran penjualan untuk menarik pelanggan baru dan membangun hubungan yang kuat dengan klien yang sudah ada.

Metode komunikasi ini efektif dalam berbagai peran pengembangan bisnis dan pemasaran. Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam pemasaran email dan hubungan pelanggan dengan menyempurnakan strategi email penjualan Anda.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu email penawaran penjualan dan bagaimana menulis email penawaran yang paling efektif untuk membangun dan memelihara jaringan pelanggan Anda.

Apa itu Email Penawaran Penjualan?

Email penawaran penjualan adalah jenis korespondensi penjangkauan bisnis yang memperkenalkan produk atau layanan kepada calon pelanggan.

Tenaga penjualan juga mengirim email ini ke pelanggan saat ini untuk mendorong hubungan baik dengan mereka, memperkenalkan mereka pada produk atau layanan baru, dan memperkuat loyalitas mereka terhadap merek.

Ada banyak situasi berbeda di mana Anda akan mengirim email penjualan, termasuk:

Sebagai perkenalan atau introduction

Banyak orang menyebut email pengantar penjualan sebagai “cold email” karena pengirim melakukan kontak pertama dengan penerima.

Anda dapat mengirim email penawaran penjuaan ke daftar calon pelanggan baru yang diperiksa untuk memperkenalkan diri Anda sebagai perwakilan dari produk atau layanan yang dapat menguntungkan mereka.

Jika Anda adalah kontak penjualan baru untuk sejumlah pelanggan yang sudah ada, Anda dapat mengirim email perkenalan, yang sering disebut sebagai “warm email“, untuk mengumumkan peran Anda dalam mengelola kontrak bisnis mereka.

Untuk menjadwalkan pertemuan penjualan

Tenaga penjual sering mengirim email dengan tujuan meminta waktu penerima untuk mendiskusikan detail tentang bagaimana suatu produk atau layanan dapat membantu meningkatkan kehidupan atau bisnis mereka.

Email penawaran penjualan juga dapat mengundang calon konsumen untuk mempertimbangkan pertemuan tentang kemungkinan proposal bisnis.

Dalam jenis email ini, Anda dapat meminta untuk menjadwalkan panggilan telepon atau pertemuan informasi untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dan memulai hubungan yang saling menguntungkan dengan mereka.

Baca juga: Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Strategi Ampuh dalam menerapkannya

Untuk menindaklanjuti setelah pertemuan penjualan

Di banyak pengaturan bisnis, mengirim email setelah bertemu dengan kontak profesional dianggap sopan. Anda dapat mengirim email setelah pertemuan lapangan untuk berterima kasih kepada pelanggan saat ini atau calon pelanggan atas waktu dan pertimbangan mereka.

Ini juga dapat memberi mereka detail tambahan yang dapat membantu mereka membuat keputusan berdasarkan informasi tentang proposal.

Sebagai upaya lain untuk saling terhubung

Mungkin perlu mengirim email penjualan lain setelah email pertama Anda untuk memeriksa apakah penerima menerima pesan Anda dan apakah mereka tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang penawaran Anda.

Mengirim email ini dapat menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam memulai atau mempertahankan hubungan bisnis dengan mereka dan bersedia untuk berbicara jika mereka merasa produk atau layanan Anda bermanfaat di masa mendatang.

Saat menawarkan penawaran khusus

Anda juga dapat mengirim email untuk berbagi penawaran khusus dengan pelanggan guna membujuk mereka untuk mendiskusikan proposal bisnis baru.

Untuk pelanggan baru, ini mungkin cara yang ampuh untuk menarik perhatian mereka dan meyakinkan mereka bahwa produk atau layanan Anda layak dipertimbangkan.

Untuk pelanggan saat ini, kesepakatan khusus dapat menjadi cara untuk berterima kasih dan menghargai mereka atas dukungan mereka yang berkelanjutan atau untuk meningkatkan kontrak yang mereka miliki dengan Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Budget Iklan? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Cara menulis email penjualan yang menarik

Berikut adalah lima bagian dari email penawaran dan penjualan dan cara menulisnya:

1. Baris subjek

Baris subjek adalah pernyataan singkat tentang maksud email. Baris ini adalah kesan pertama dari pesan Anda, dan dapat mempengaruhi apakah penerima melihat dan membaca email Anda ketika mereka melihatnya di kotak masuk mereka.

Baris subjek Anda harus menyertakan kalimat atau pernyataan singkat yang membangkitkan minat tetapi tetap jujur ​​untuk meningkatkan kepercayaan.

Pertimbangkan untuk menggunakan pertanyaan singkat yang mengundang percakapan atau kalimat pendek yang merangkum tujuan email Anda. Untuk mengoptimalkan baris subjek Anda, gunakan bahasa yang menunjukkan nilai langsung kepada penerima.

2. Pernyataan pembuka

Pernyataan pembukaan secara langsung menyampaikan maksud dari email tersebut. Setelah penerima membuka email Anda, itu akan segera memberi tahu mereka mengapa Anda menghubungi.

Langkah ini adalah kesempatan pertama bagi penerima untuk memutuskan apakah mereka ingin terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda tawarkan.

Nyatakan tujuan pesan Anda segera, lebih spesifik daripada baris subjek. Beberapa pernyataan pembuka yang paling efektif dimulai dengan hubungan pribadi, sering kali menggunakan pernyataan “Saya”.

Koneksi pribadi lainnya mungkin termasuk menyebutkan orang yang merujuk Anda kepada mereka atau pencapaian baru-baru ini yang mereka peroleh. Karena email mencantumkan nama Anda di atas baris subjek, Anda tidak perlu memperkenalkan diri di awal email penjualan Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Budget Iklan? Berikut Pembahasan Lengkapnya

3. Paragraf isi

Seperti email bisnis lainnya, isi adalah tempat Anda memberikan detail yang diperlukan, seperti yang menjelaskan apa penawaran Anda dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan penerima.

Bagian email penjualan ini adalah kesempatan Anda untuk meyakinkan pembaca agar mempertimbangkan proposal awal Anda dan menanggapi Anda untuk mempelajari lebih lanjut.

Isi email penawaran atau penjualan Anda harus menguraikan secara lebih spesifik apa yang ditawarkan produk atau layanan Anda, menunjukkan nilainya kepada pelanggan, dan menyajikan penelitian yang mendukung klaim Anda.

Bagian body yang efektif harus tetap sederhana dan singkat, hanya berfokus pada informasi paling berharga yang membangkitkan minat dan membujuk mereka untuk memikirkan dampak potensial dari tawaran Anda pada kehidupan atau bisnis mereka.

4. Penutup

Bagian penutup email penjualan adalah tempat Anda dapat langsung mengundang penerima untuk menanggapi email Anda atau menjadwalkan panggilan telepon atau rapat untuk membahas lebih lanjut hubungan bisnis Anda di masa mendatang.

Penting untuk memberikan pesan ajakan (CTA) yang jelas kepada pelanggan sehingga mereka tahu persis bagaimana mengambil langkah selanjutnya dengan penawaran Anda.

Anda harus menyertakan pernyataan atau pertanyaan yang mendorong mereka untuk menjangkau, seperti meminta mereka untuk memilih waktu rapat melalui sistem penjadwalan online Anda atau menyatakan bahwa Anda berharap dapat menjawab pertanyaan lebih lanjut yang mungkin mereka miliki.

5. Tanda tangan

Tanda tangan memberikan detail kontak Anda, termasuk metode pilihan Anda dan kapan Anda biasanya tersedia.

Penting untuk memberikan semua informasi yang diperlukan sehingga penerima memiliki beberapa opsi kontak. Anda juga dapat menyertakan tautan ke profil jaringan profesional atau situs web perusahaan Anda, jika berlaku.

Baca juga: Strategi Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakteristik dan Strategi Ampuhnya

email penawaran penjualan 1

Tips Untuk Menulis Email Penawaran Penjualan yang Efektif

Kemungkinan calon pelanggan dan prospek Anda saat ini menerima banyak email penjualan setiap hari. Email penjualan terkuat mengoptimalkan struktur, nada, dan kontennya sehingga penerima dapat dengan cepat membaca pesannya.

Berikut adalah beberapa tip cepat untuk membantu Anda menulis email penjualan yang lebih efektif:

Tetap singkat dan padat

Riset pemasaran menunjukkan bahwa email yang paling efektif adalah sekitar 200 kata, jadi gunakan jumlah kata ini untuk memandu Anda dalam menyusun pesan Anda.

Hanya sertakan informasi yang diperlukan penerima untuk memahami apa yang Anda tawarkan. Anda dapat memberikan detail lebih lanjut dalam email tindak lanjut atau selama promosi penjualan Anda.

Gunakan poin-poin

Pertimbangkan untuk menggunakan poin-poin di bagian tubuh Anda untuk menguraikan ide-ide kunci atau membuat daftar item penelitian yang mendukung klaim Anda.

Struktur ini dapat membantu Anda menulis dalam jumlah kata yang disarankan dan membuat konten terlihat lebih dinamis di halaman.

Jadilah pribadi yang menarik

Anda dapat meningkatkan pesan Anda dengan terdengar optimis, membantu, dan konstruktif. Di beberapa industri atau dengan pelanggan tertentu, Anda mungkin menemukan cara untuk memasukkan humor agar email penjualan Anda menonjol dari yang lain.

Beberapa cara untuk tetap menarik termasuk baris subjek yang unik, pernyataan pembuka yang menawarkan dukungan Anda untuk tujuan bisnis mereka dan diakhiri dengan catatan tentang ketersediaan Anda untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki.

Baca juga: Lead Generation: Pengertian, Jenis, dan Prosesnya Dalam Marketing

Membangun kesamaan

Cobalah untuk menemukan item yang sama dengan penerima Anda. Strategi ini mungkin mudah diterapkan bila Anda memiliki kontak profesional yang saling menguntungkan.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan persuasi pesan Anda dengan berempati dengan situasi mereka saat ini. Anda dapat menunjukkan empati dengan mengatasi masalah potensial mereka dan menawarkan produk atau layanan Anda sebagai solusi.

Menarik emosi positif

Nada positif dapat membantu penerima merasa lebih nyaman mendiskusikan hubungan bisnis dengan Anda.

Anda harus bertujuan untuk menggunakan bahasa yang sopan di samping strategi menguntungkan lainnya, seperti memuji mereka atas kesuksesan profesional baru-baru ini atau membingkai pesan Anda sebagai inspirasi mereka untuk mengambil langkah baru yang aktif menuju pertumbuhan.

Tetapkan tenggat waktu

Meskipun Anda dapat menawarkan tanggal yang memungkinkan untuk bertemu atau berbicara melalui telepon, Anda juga dapat memberikan tenggat waktu kepada penerima untuk menanggapi email Anda.

Strategi ini dapat memberi Anda garis waktu untuk melacak email tindak lanjut Anda. Beri tahu penerima bahwa Anda akan menggunakan tenggat waktu ini untuk menentukan kapan harus menghubungi lagi jika mereka tidak memiliki kesempatan untuk menanggapi upaya pertama Anda.

Baca juga: Pengertian Product Management dan Elemen yang Ada di Dalamnya

Contoh email penjualan

Gunakan contoh berikut untuk menyusun email penjualan efektif Anda berikutnya:

Baris subjek: Transformasi klinik dalam lima menit

Hai Dr. Novi,

Mengubah strategi pemasaran klinik Anda hanya membutuhkan waktu lima menit—saya berjanji.

Sebagai konsultan strategi dari Aksaragama Solutions, saya menggunakan metode tepercaya terbaik dan terkini untuk meningkatkan perolehan prospek online sebesar 15%.

Hanya dengan satu panggilan telepon selama lima menit, saya dapat membantu Klinik Harum Bunga milik Anda dan meningkatkan kehadiran lebih banyak pasien dari area Jakarta.

Apakah Anda memiliki waktu kosong pada Kamis depan, 23 April, pukul 2 siang__ untuk membahas secara singkat strategi penjangkauan ideal Anda?

Saya senang mendengar tujuan apa yang Anda miliki dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya. Anda dapat menghubungi saya di telepon kantor saya Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, atau Anda dapat mengirim email kepada saya kapan saja.

Hormat kami,
Sugi
021-223-3457 ext. 475
Sugi@aksaragama.com

Tertarik Menggunakan Strategi Email Marketing?

Jika Anda yang membutuhkan email dengan nama domain sendiri, Jagoan Hosting punya layanan email hosting yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Hanya dengan harga 15 ribu rupiah, Anda bisa fleksibel memilih paket email hosting dengan kapasitas penyimpanan dan jumlah pengiriman email yang besar. Mulai dari 15GB atau 25GB per akun, dengan 300 pengiriman per hari/akun.

Selain itu, Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan s/d 50GB kalo masih kurang.Tunggu apalagi? Bangun kredibilitas bisnis lebih mudah dengan email bisnis dari Jagoan Hosting.

Kesimpulan

Itulah pembahasan dan cara lengkap dalam membuat email penawaran penjualan yang efektif. Cara ini sangat berguna bagi Anda pemilik bisnis untuk memasarkan layanan atau barang yang Anda jual pada konsumen melalui email.

Faktanya, email marketing masih menjadi kanal pemasaran dengan biaya terendah saat ini dan memberikan ROI tertinggi bagi pemasar.

Ingin kemudahan dalam melakukan penawaran pesanan dan pembukuan sekaligus? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi operasional bisnis yang optimal.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dipercaya oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan pencatatan penjualan dan pembelian dengan mudah, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, multi gudang dan cabang, manajemen aset juga inventori, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan