Content Strategy: Pengertian dan Tips Terbaik dalam Mengembangkannya

Memiliki strategi konten atau content strategy untuk kesuksesan bisnis Anda sangat penting karena ini adalah langkah utama dalam memulai dan memperlihatkan kepada pasar tentang siapa Anda dan keahlian serta pengetahuan yang Anda tawarkan.

Dalam artikel ini, kami membahas pentingnya konten yang baik, apa itu strategi konten, dan mendemonstrasikan cara membuat konten bermakna yang menang.

Apa itu Content Strategy?

Content strategy adalah perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan konten online. Konten termasuk gambar, suara, video, deskripsi produk, iklan dan informasi yang dapat diunduh serta materi tertulis lainnya di situs web.

Memverifikasi bahwa konten Anda berguna, dapat diterapkan, terstruktur secara kohesif, dan ditemukan dengan cepat oleh pengunjung situs sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan lalu lintas situs. Strategi konten yang sangat baik cocok untuk merek perusahaan yang berdampak dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Cara Membuat Konten yang Bermana

Proses pembuatan konten yang bermakna adalah proses yang berkembang, berdasarkan kebutuhan pasar Anda. Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang, Anda harus mampu secara konsisten menghasilkan konten yang menarik dan diteliti dengan baik, berkelanjutan dan dinamis.

Berikut adalah cara membuat konten yang baik:

1. Lakukan penelitian

Mengembangkan content strategy yang sukses memerlukan pemahaman yang lengkap tentang audiens target atau persona pembeli Anda. Dengan memahami kebutuhan dan keinginan audiens target Anda, Anda dapat menyesuaikan konten untuk lebih menarik dan mempertahankan pelanggan Anda.

Metode penelitian dapat mencakup wawancara stakehoder dari konten, analisis pesaing, dan evaluasi objektif.

Baca juga: Cara Membuat Content Plan yang Jelas Agar Konten Makin Maksimal

2. Kembangkan rencana

Rencana Anda harus mencakup tujuan Anda untuk program konten, kualitas unik yang Anda harapkan untuk diberikan, dan model bisnis. Anda juga harus menggambarkan definisi suara dan merek sambil menguraikan hambatan dan peluang yang mungkin Anda temui.

3. Buat proses yang baik

Kembangkan lebih banyak hal spesifik dalam langkah proses siklus ini. Pertimbangkan aspek-aspek seperti rekomendasi staf, rencana metadata, komunikasi, dan rencana migrasi.

Anda mungkin juga ingin memetakan konten yang dapat Anda berikan sepanjang perjalanan pembeli. Identifikasi saluran dan platform yang akan Anda gunakan untuk menyampaikan konten Anda dan bagaimana Anda akan menghubungkannya untuk menciptakan identitas merek yang konsisten.

4. Pembuatan konten

Buat konten berkualitas yang relevan dengan kepribadian Anda melalui perencanaan yang cermat dan suara yang konsisten. Pertimbangkan aspek-aspek seperti deskripsi meta, halaman hasil mesin pencari (SERP), optimisasi mesin pencari (SEO) dan jaminan kualitas.

Konten harus mempertahankan tema dan niche yang konsisten dengan identitas merek Anda dan membedakan dirinya dari pesaing. Anda harus membuatnya unik untuk audiens Anda dan layak untuk membuat pembeli kembali.

Baca juga: Mind Mapping: Pengertian, Tips Membuatnya, dan Contohnya

5. Pertahankan konten Anda

Tahap pemeliharaan strategi konten mungkin yang paling berguna, karena memastikan bahwa prosesnya adalah proses rekursif yang menjaga konten tetap terkini, menarik, dan relevan. Pastikan untuk merencanakan audit berkala, yang akan membantu dalam menentukan target atau memetakan kembali keberhasilan yang terukur.

content strategy 2

Ciri-ciri konten yang baik

Saat melakukan evaluasi konten berkala, Anda harus selalu mempertimbangkan kualitas konten. Memverifikasi bahwa setiap halaman, gambar, atau unduhan memiliki tujuan untuk persona target menjamin bahwa konten Anda tetap utuh.

Prinsip inti berikut yang mengidentifikasi konten berkualitas menawarkan metode praktis untuk memvalidasi keaslian konten. Konten yang baik harus:

Sesuai

Konten sesuai untuk pengguna ketika membantu mereka mencapai tujuan mereka. Itu harus sesuai dalam metode penyampaian, gaya, struktur dan substansi.

Pastikan Anda mengerti kebutuhan audiens, tetapi tidak terbatas hanya menawarkan kebutuhan sepanjang waktu. Pastikan Anda membuat konten yang sesuai dengan barang atau layanan yang Anda pasarkan sehingga audiens mudah menemukan korelasinya.

Itulah sebabnya ketika beberapa bisnis menggunakan situs web, dan memperbarui konten di situr mereka, jumlah pengguna meningkat. Aksesibilitas meningkat menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan persona target, menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Baca juga: Call To Action Adalah: Segala Hal yang Wajib Anda Ketahui Tentang CTA

Bersih

Konten Anda harus jelas dalam semua mode. Anda harus memiliki kejelasan dalam bahasa dan organisasi. Konten yang baik harus berbicara kepada target Anda dalam bahasa yang mudah dipahami dan hormat. Ini harus diatur dengan cara yang membuat sumber daya dan informasi mudah diakses dan mengarah ke tautan yang aktif.

Berpusat pada pengguna dan bermanfaat

Memahami dan menghargai peran pengguna membantu menciptakan fokus konten pada kerangka kognitif pengguna, meningkatkan aksesibilitas dan menurunkan risiko mengasingkan audiens target Anda.

Konsisten dan ringkas

Konsistensi dalam bahasa, nada dan format memudahkan pikiran pengguna dengan membuat pesan mudah dipahami. Untuk memastikan konsistensi informasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan panduan gaya.

Konten dan informasi juga harus ringkas, langsung, dan fokus. Anda tidak ingin pengguna Anda tersesat dalam konten Anda.

Tepat untuk bisnis

Buat dan pertahankan konten yang tepat untuk bisnis Anda, yang menambah kesuksesannya dan tidak menguranginya. Ini berarti mempertimbangkan bagaimana pembuatan dan penerapan strategi konten memengaruhi sumber daya, keuntungan, dan kesejahteraan karyawan Anda.

Baca juga: 8 Cara dalam Membuat Strategi Social Media Marketing yang Sukses

Kesimpulan

Membuat content strategy yang baik dalam bisnis adalah suatu keharusan jika pemasaran bisnis Anda ingin berhasil,, terutama di kanal online. Konten yang baik akan menghasilakan audiens berkualitas baik sehingga akan meningkatkan kemungkinan bagi mereka untuk bekerja sama dengan bisnis Anda.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang memerlukan solusi pencatatan keuangan dan finansial bisnis, Anda bisa meggunakan software akuntansi tebaik yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan penjualan dan pembelian, proses rekonsiliasi otomatis, pengelolaan dan pembayaran pajak langsung dari aplikasi, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-