Mind Mapping: Pengertian, Tips Membuatnya, dan Contohnya

Penelitian telah menunjukkan bahwa otak kita berfungsi lebih baik ketika kita terutama menggunakan gambar, simbol, dan asosiasi. Fakta ini dibiarkan belum dimanfaatkan setiap hari dan ini jelas merupakan peluang yang terlewatkan. Untungnya, ada metode yang sejalan dengan hasil penelitian ini dan yang membuat belajar dan mengingat lebih efektif dan mudah dikelola, yaitu dengan menggunakan mind mapping.

Ditemukan oleh penulis dan konsultan Tony Buzan, alat pengembangan pribadi ini adalah teknik berguna yang membantu Anda belajar lebih efektif. Ini meningkatkan cara informasi dicatat dan mendukung pemecahan masalah yang kreatif.

Ingin mengetahui pengertian, cara membuat mind mapping dan contohnya secara mendalam? Baca terus artikel ini sampai selesai untuk menambah pengetahuan Anda.

Apa itu Mind Mapping?

Mind map atau peta pikiran adalah diagram yang memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan bagaimana ide dan konsep terkait terhubung satu sama lain.

Mind mapping, yang dipopulerkan pada tahun 1970-an oleh penulis psikologi pop dan pembawa acara TV Tony Buzan, adalah diagram yang memungkinkan Anda memvisualisasikan hubungan antara serangkaian konsep dan ide.

Konsep dalam membuat minda mapping sendiri cukup mudah. Mereka menampilkan satu ide utama sebagai titik sentral diagram, dengan subtopik bercabang dan terhubung ke ide pendukung — dan seterusnya.

Mereka hierarkis karena ide-ide yang paling penting adalah yang paling dekat dengan pusat, dan setiap tingkat berikutnya berhubungan ke yang sebelumnya. Struktur ini membantu Anda melihat gambaran umum konsep yang luas, memahami kompleksitas dan hubungannya, dan membuat keputusan secara efektif.

Apa yang membuat mind mapping begitu kuat bukan hanya diagram itu sendiri, tetapi juga proses pembuatannya. Struktur luar-dalam membuatnya mudah untuk meletakkan semua pemikiran dan ide Anda di satu tempat dan menarik hubungan di antara mereka. Mereka mendorong pemikiran lateral, mendorong Anda untuk mengeksplorasi dan menyelidiki topik dari setiap sudut.

Baca juga: Call To Action Adalah: Segala Hal yang Wajib Anda Ketahui Tentang CTA

Teori Dibalik Mind Mapping

Ketika Anda mempelajari fungsi otak dan sistem memori, Anda akan menyadari tingkat kapasitas dan potensinya yang luar biasa. Mind Map adalah alat yang digunakan untuk memikat, menyenangkan, merangsang, dan menantang Anda.

Anda akan menemukan beberapa fakta menakjubkan tentang otak Anda dan fungsinya, dan Anda akan mengambil langkah besar pertama di jalan menuju kebebasan pikiran.

Bagaimana cara mind mapping meningkatkan kemampuan otak?

Mind map adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan informasi masuk dan keluar dari otak Anda – ini adalah cara yang kreatif dan logis untuk mencatat dan membuat catatan yang secara harfiah ‘memetakan’ ide-ide Anda.

Semua mind map memiliki beberapa kesamaan. Mereka memiliki struktur organisasi alami yang terpancar dari pusat dan menggunakan garis, simbol, kata, warna, dan gambar menurut konsep sederhana yang ramah otak.

Mind mapping mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir yang bekerja sesuai dengan cara alami otak Anda dalam melakukan sesuatu.

Salah satu cara sederhana untuk memahami Mind Map adalah dengan membandingkannya dengan peta kota. Pusat kota mewakili ide utama; jalan utama yang mengarah dari pusat mewakili pikiran-pikiran kunci dalam proses berpikir Anda; jalan atau cabang sekunder mewakili pikiran sekunder Anda, dan seterusnya. Gambar atau bentuk khusus dapat mewakili landmark yang menarik atau ide yang sangat relevan.

Mind map adalah cermin eksternal dari pemikiran Anda sendiri yang bercahaya atau alami yang difasilitasi oleh proses grafik yang kuat, yang menyediakan kunci universal untuk membuka potensi dinamis otak.

Baca juga: Product Positioning: Pengertian dan Cara Menentukannya dengan Tepat

Mind maps dan concept maps

Anda mungkin mendengar orang menggabungkan mind maps an concept maps, dan mudah untuk memahami alasannya. Keduanya adalah diagram yang menggunakan simpul dan tautan untuk memvisualisasikan bagaimana ide terhubung.

Perbedaan utama adalah bahwa mind mapping bersifat hierarkis, sedangkan concept mapping tidak. Sementara mind map memiliki satu tema sentral, concept map menggambarkan bagaimana berbagai topik atau ide yang berbeda terhubung, tanpa tingkatan atau tingkatan.

Kapan Harus Menggunakan Mind Mapping?

Mind map seperti pisau pemikiran visual Tentara Swiss — alat serbaguna dan fleksibel yang dapat melakukan banyak pekerjaan berbeda. Mari kita lihat beberapa kasus penggunaan umum. Daftar ini tidak berarti lengkap, tentu saja. Ada banyak cara untuk membuat peta pikiran bekerja untuk Anda.

Anda dapat membuat mind maps untuk:

  • Memahami masalah atau tantangan
  • Brainstorming
  • Penyelesaian masalah
  • Mengumpulkan dan mengatur ide-ide dari berbagai pemangku kepentingan
  • Mencatat
  • Mengatur daftar tugas Anda

Bagaimanapun Anda menggunakan mind maps, Anda akan menemukan bahwa peta itu memungkinkan Anda untuk menemukan kompleksitas dan koneksi tersembunyi untuk memfasilitasi brainstorming, eksplorasi, pengambilan keputusan, dan perencanaan yang lebih baik.

Menggunakan peta pemikiran di lingkungan perusahaan

Ada berbagai keuntungan menggunakan alat pengembangan pribadi ini di lingkungan perusahaan.

Kreativitas dan kerja tim

Pertama dan terpenting, penggunaan merangsang kreativitas pada karyawan. Ini berguna, misalnya, dalam hal mengumpulkan dan menghasilkan prasyarat untuk proyek, curah pendapat, dan kerja sama secara umum.

Beberapa metode memungkinkan beberapa Peta untuk dihubungkan satu sama lain dalam satu Peta Pikiran. Hal ini memungkinkan Peta untuk diteruskan dari orang ke orang sebagai sarana untuk memperluas generasi ide.

Membuat sketsa, mengkonsolidasikan, menyajikan

Peta Pikiran dapat dengan mudah digunakan sebagai cara untuk menyajikan masukan. Segera setelah Peta selesai, peta dapat dengan mudah diterjemahkan ke dalam tujuan atau elemen SMART yang terpisah dan diubah menjadi format PowerPoint.

Baca juga: 9 Ide Pelatihan Penjualan untuk Menginspirasi Tim Penjualan Anda

Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping?

Memulai dan melakukan mind mapping mudah. Ikuti tiga langkah ini untuk membuat peta pikiran Anda sendiri atau bersama tim Anda.

1. Tuliskan ide sentral Anda

Di tengah halaman kosong (atau layar, atau papan tulis), tulis atau gambarkan topik utama peta pikiran Anda. Itu bisa berupa konsep, proyek yang sedang Anda kerjakan, bahkan pertanyaan yang perlu Anda jawab. Pastikan Anda memiliki banyak ruang untuk bekerja dan keluar dari tema utama.

2. Bercabang menjadi subtopik

Selanjutnya, identifikasi subtema yang terkait dengan topik utama Anda — sebaiknya mulai dengan tiga hingga lima. Ini akan menjadi cabang awal untuk peta pikiran Anda.

Kemudian, Anda dapat melanjutkan percabangan dan menambahkan lapisan tambahan dari ide-ide terkait. Pada akhirnya, tidak ada batasan jumlah level yang dapat Anda sertakan dalam peta pikiran Anda.

3. Gambar koneksi

Ini adalah dimana keajaiban terjadi. Luangkan waktu untuk meninjau lanskap peta pikiran Anda. Cari pola, pindahkan barang-barang sesuai kebutuhan, dan tambahkan panah untuk menarik hubungan antara cabang yang berbeda.

Tips dan teknik melakukan mind mapping

Proses membuat peta pikiran cukup sederhana, tetapi dibutuhkan beberapa latihan untuk mendapatkan hasil maksimal. Gunakan tip dan teknik ini untuk meningkatkan proses pemetaan pikiran dan membuatnya lebih mudah untuk menarik kesimpulan dari diagram Anda.

1. Desain mind map

Karena mind mapping adalah media visual, akan sangat membantu jika Anda berfokus pada cara Anda mendesainnya. Anda tidak perlu menjadi desainer profesional untuk membuat peta pikiran yang bagus dan mudah digunakan — Anda hanya perlu mengingat tip-tip ini.

2. Warna dan nuansa

Gunakan warna yang berbeda untuk setiap cabang dari titik utama Anda untuk memudahkan melihat bagian yang berbeda secara sekilas. Anda juga dapat menggunakan nuansa yang lebih terang dengan warna yang sama untuk level berikutnya saat Anda terus membangun cabang-cabang peta pikiran Anda.‍

3. Garis dan panah ️‍

Pertimbangkan untuk menggunakan lebar garis yang berbeda untuk menunjukkan seberapa kuat hubungan antara elemen-elemen tertentu. Anda juga dapat menggunakan warna yang berbeda, garis putus-putus atau putus-putus, dan isyarat visual lainnya untuk menunjukkan hubungan antar ide.

Jika Anda membagikan mind map Anda kepada orang lain, pastikan Anda menyertakan kunci agar mereka dapat memahami cara membacanya.‍

4. Gambar dan ikon

Jangan takut untuk bermain-main dengan foto, gambar, ikon, emoji, dan visual lainnya. Mereka dapat membantu Anda mengomunikasikan ide-ide abstrak, mengarahkan pemirsa, dan memberikan inspirasi saat Anda menjalani proses pemetaan pikiran atau mind mapping Anda.

Baca juga: Apa itu Kuota Penjualan? Berikut Pengertian Lengkap dan Jenisnya

Contoh Mind Mapping

Dapatkan inspirasi dari contoh ini dan temukan templat untuk memulai proses pemetaan pikiran Anda.

Mind map dasar

Atur ide-ide Anda ke dalam diagram terstruktur untuk melihat ikhtisar konsep, memahami kompleksitas dan hubungannya, dan membuat keputusan secara efektif.

Templat pemetaan pikiran dasar ini memberi Anda ruang untuk bertukar pikiran, berkolaborasi, dan menyusun ide Anda secara visual. Ini mencakup tip praktis serta berbagai contoh peta pikiran, sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

mind mapping contoh 1

Mind map brainstorming

Gunakan templat peta pikiran ini untuk bertukar pikiran tentang ide-ide besar, mengidentifikasi pola baru, atau mengatur pemikiran Anda dengan cepat.

mind mapping contoh 2

Sitemaps

Sitemaps atau peta situs adalah jenis peta pikiran khusus yang melayani tujuan penting dalam setiap proyek pembuatan atau desain ulang situs web.

Ini membantu untuk memvisualisasikan struktur situs web untuk mengoptimalkan navigasi, memetakan pengalaman pengguna, dan menentukan hierarki halaman. Ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam konten atau mempercepat proses desain.

mind mapping contoh 3

Baca juga: Apa itu Gantt Chart? Berikut Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

Kesimpulan

Bagaimana menurut anda? Bagaimana pengalaman Anda dengan Mind Mapping? Apakah Anda mengenali penjelasan praktisnya atau apakah Anda memiliki lebih banyak saran? Apa tips Anda untuk membuat peta pemikiran yang baik?

Pada tahun 1970 majalah Scientific American menerbitkan penelitian Ralph Haber yang menunjukkan bahwa individu memiliki akurasi pengenalan gambar antara 85 dan 95 persen. Ada kutipan terkenal, “Sebuah gambar bernilai seribu kata”.

Kita mengasosiasikan dan mengingat gambar karena mereka menggunakan sejumlah besar keterampilan kortikal Anda, terutama imajinasi. Gambar bisa lebih menggugah daripada kata-kata, lebih tepat dan kuat dalam memicu berbagai asosiasi, sehingga meningkatkan pemikiran kreatif dan memori. Temuan ini mendukung argumen bahwa Mind Mapoing adalah alat yang tepat dan unik bahkan untuk pengembangan bisnis sekalipun.

accurate 200 ribu perbulan