Corporate Branding: Pengertian dan Cara Ampuh dalam Membangunnya

oleh | Jul 2, 2021

source envato.

Corporate Branding: Pengertian dan Cara Ampuh dalam Membangunnya

Corporate branding adalah satu dari sekian banyak aspek yang sangat penting di dalam strategi pemasaran perusahaan secara menyeluruh. Karena peran pentingnya ini, maka wajar saja jika perusahaan harus menetapkan sejumlah tindakan, strategi, dan pedoman branding yang dijadikan identitas unik untuk brand dan produk.

Sesungguhnya, corporate branding pun mampu melampaui apa yang kebanyakan orang anggap sebagai logo, tagline, ataupun skema warna khusus.

Penerapan strategi pemasaran ini juga sebenarnya lebih luas dari sudut pandang tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Apa itu Corporate Branding?

Bersumber dari laman Marketing 91, corporate branding adalah suatu kegiatan yang mana para pemasar menggunakan nama brand perusahaan sebagai usaha pengiklan atas identitas bisnis pada semua saluran komunikasi secara menyeluruh.

Sikap dan juga semangat yang terwujud secara baik di balik produk dan layanan perusahaan mampu memberikan kesan yang mampu membedakan identitas perusahaan di pasar dan juga di benak konsumen.

Walaupun corporate branding masih tergolong ruang lingkup kerja tim marketing, namun strategi ini sebenarnya mempunyai konsep dan tujuan yang jauh lebih luas dari sekedar mempromosikan produk dan juga layanan perusahaan.

Jika bisa dibentuk dengan baik, maka strategi ini mampu memberikan keunggulan kompetitif untuk perusahaan. Selain itu, penjualan produk dan juga layanan di pasar bisa meningkat secara drastis karena konsumen menyadari perusahaan melalui identitas dan juga nama brand yang kuat.

Selain itu, strategi branding yang baik pun akan membentuk suatu perasaan emosional tersendiri dari konsumen. Bila hubungan baik ini sudah terbentuk, maka potensi kehilangan konsumen pun bisa diminimalisir karena sudah timbul rasa brand loyalty di pikirannya masing-masing.

Para ahli marketing dan branding kerap kali merumuskan penjelasan corporate branding dengan berdasarkan tujuan perusahaan mereka masing-masing. Tapi terlepas dari hal tersebut, tujuan sebenarnya dari corporate branding ini adalah diferensiasi.

Itu artinya, corporate branding yang difokuskan pada corporate diharapkan mampu membedakan perusahaan ataupun produk tersebut dari para pesaingnya di pasar.

Baca juga: Co-Branding, Strategi Baru Untuk Menghasilkan Produk Spesial

Proses Kerja Corporate Branding

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, corporate branding adalah suatu proses pemasaran yang harus diagendakan sejak awal perusahaan tersebut berdiri. Kenapa? Karena, proses kerjanya bukanlah suatu hal yang mampu diselesaikan dalam kurun waktu yang singkat

Di dalamnya memerlukan perencanaan yang matang dan juga kontribusi dari seluruh pegawai jika perusahaan ingin strategi branding-nya sukses. Lantas, bagaimana proses kerja dari strategi tersebut? Berikut ini kami berikan penjelasannya:

1. Melakukan Brand Audit

Proses kerja pertama dari corporate branding adalah untuk melakukan pekerjaan brand audit. Berdasarkan laman Search Engine Journal, manajemen perusahaan dan tim pemasaran harus melakukan analisis terkait kelebihan dan kekurangan dari setiap persona yang sudah mereka ciptakan pada seluruh saluran komunikasi.

Mereka harus memeriksa brand message, situs web perusahaan, identitas visual, print collateral, dll. Setelahnya, tim pemasar baru bisa menentukan persona mana saja yang harus mereka benahi dan mereka pertahankan. Tentunya hal tersebut harus dilakukan dengan persetujuan dari setiap pemilik kepentingan di perusahaan.

2. Menentukan Visi dan Misi Perusahaan

Proses kerja selanjutnya adalah menentukan visi dan misi yang dimiliki perusahaan. Tim pemasar harus melakukan diskusi dan membahas semua nilai dan juga misi dari brand-nya.

Dalam menentukan visi dan misi ini, peran penting pemimpin jalannya diskusi akan sangat diperlukan. Orang tersebut bisa berasal dari tim pendiri perusahaan ataupun pekerja outsourcing profesional yang ahli dalam bidang branding.

Nantinya, orang ini akan membantu memberikan saran pada semua pendapat yang tersalurkan ke dalam brand message utama perusahaannya.

3. Lebih dari Sekadar Tagline

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya, strategi corporate branding ini lebih dari sekedar tagline yang mampu menggiring para pelanggan baru. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan identitas pada produk dan juga perusahaan.

Untuk itu, setelah berhasil membentuk corporate branding, setiap karyawan harus menghargai dan juga mengikuti prinsip yang dimiliki oleh perusahaan. kenapa? Karena agar identitas perusahaan Anda tidak disepelekan oleh kompetitor dan publik.

Bahkan, umumnya tim pemasar akan menciptakan brand guideline yang nantinya bisa diikuti oleh para karyawan yang lainnya.

Pentingnya Memiliki Corporate Branding

Sejatinya, strategi corporate branding yang dibuat dan juga dilakukan secara cermat akan mampu membantu meningkatkan brand equity perusahaan dengan cara membentuk persepsi yang positif di pikiran para pelanggan.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menjadikan corporate branding menjadi sangat penting untuk perusahaan. dilansir dari laman Chron beberapa faktor penting tersebut adalah:

  • Corporate branding mampu memberikan margin keuntungan yang sangat besar
  • Mampu meningkatkan angka pengembalian investasi marketing
  • Meningkatkan nilai saham perusahaan
  • Membantu menyediakan rencana jangka panjang
  • Memudahkan upaya pemasaran.

Unsur Penting Dalam Corporate Branding

Setidaknya ada lima unsur penting yang harus ada dalam membuat corporate branding. Kelima unsur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Manusia

Biasanya, berbagai perusahaan yang bergerak pada bidang jasa akan memberikan pelayanannya pada konsumen secara langsung. Oleh karena itu, perusahaan tersebut harus bisa benar-benar memastikan bahwa pegawai ataupun karywan yang direkrutnya sudah memenuhi standar SDM perusahaan.

2. Nilai dan Prioritas

Berbagai nilai berupa visi dan misi yang diterapkan perusahaan adalah pedoman khusus yang harus bisa dipertahankan walau kondisi perusahaan tersebut sedang terpuruk.

Selain itu, berbagai nilai tersebut harus bisa dijalankan bersamaan dengan prioritas perusahaan karena kedua hal tersebut menjadi landasan utama bagi perusahaan dalam menentukan strategi bisnis perusahaan.

3. Inovasi

Inovasi yang dikerjakan lewat corporate branding diklaim mampu meningkatkan nilai kredibilitas perusahaan. Walaupun memang sulit, tapi inovasi yang dilakukan secara tepat sasaran mampu mempertahankan reputasi perusahaan.

4. Kualitas

Menjanjikan kualitas yang tinggi pada produk brand yang Anda tawarkan itu artinya Anda harus bisa memenuhi janji tersebut. Jika tidak sesuai dengan janji, maka tingkat kepercayaan pelanggan pada perusahaan Andapun akan hilang.

5. Fokus Terhadap Konsumen

Lakukanlah komunikasi yang baik pada setiap konsumen Anda walaupun mereka bukan bagian dari konsumen loyal Anda. Bentuk apresiasi yang Anda lakukan akan mampu meningkatkan citra positif perusahaan.

Tips Membangun Corporate Branding yang Baik

Corporate branding bisa dibilang sukses jika sudah dikenal oleh banyak orang dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar untuk perusahaan.

Nah, berikut ini kami berikan tips ampuh dalam menciptakan corporate branding yang baik agar bisa Anda jadikan sebagai pedoman.

1. Berikan Informasi Tentang Brand Secara Detail

Salah satu tujuan membangun corporate branding adalah agar bisa menjaring konsumen ataupun mitra sebanyak mungkin. Oleh karena itu, sebelum memberikan informasi yang penting tentang brand Anda kepada publik, maka lakukanlah review terkait produk Anda agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman.

Berikanlah informasi secara detail dan jujur agar nantinya konsumen pun tidak kecewa menggunakan produk yang sudah Anda tawarkan.

2. Tentukan Strategi yang Tepat

Untuk membantu kelancaran bisnis, Anda memerlukan strategi yang tepat. Dengan menentukan strategi bisnis corporate branding, maka Anda akan lebih mudah dalam mencapai target yang sudah ditetapkan. Selain itu, perusahaan Anda pun nantinya akan terlihat lebih profesional karena pembagian tugas dan tanggung jawab dalam tim akan lebih terarah.

3. Perhatikanlah Tampilan dan Karakter Brand

Agar tampilan dan brand Anda terlihat lebih berkarakter, mintalah bantuan dari para tenaga ahli agar mampu menciptakan suatu karya yang mengesankan. Salah satu cara agar corporate branding Anda diminati oleh supplier ataupun konsumen adalah dengan membuat tampilan desain yang menarik daripada brand lainnya.

4. Jalinlah Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Suatu bisnis tidak akan bisa berjalan baik tanpa menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen. Untuk itu, berikanlah layanan yang menyenangkan dalam menanggapi permintaan ataupun keluhan yang disampaikan oleh konsumen, baik itu lewat media online ataupun telepon langsung.

Cobalah untuk meminta waktu untuk mengobservasi produk terlebih dahulu bila konsumen Anda mengeluhkan produk.

5. Jaga Kepercayaan Konsumen

Banyak yang beranggapan bahwa melakukan bisnis hanya tentang menjual produk sebanyak mungkin. Untuk itu, trik dalam mengelabui konsumen pun banyak dilakukan demi memperoleh untuk yang maksimal.

Padahal, menjaga kepercayaan konsumen adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membangun bisnis. Corporate branding bisa dikatakan unggul jika bisa mempertahankan konsumen dari setiap pelanggannya.

Baca juga: Press release adalah strategi pemasaran yang terpercaya, ini penjelasannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang corporate branding dan tips dalam membangun corporate branding yang baik. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah evaluasi secara berkala pada corporate branding Anda.

Selain itu, evaluasi juga anggaran pemasaran yang Anda lakukan, apakah sudah sesuai dan mampu memberikan hasil yang maksimal atau tidak. Catat juga setiap pengeluaran yang dilakukan dari kegiatan pemasaran tersebut pada laporan arus kas Anda.

Namun, bila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mencatat laporan arus kas atau laporan keuangan lainnya, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online akan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Anda hanya perlu menginput beberapa data yang diperlukan dan Accurate akan mencatat semuanya secara. Selain itu, Accurate Online juga memiliki banyak fitur lain yang mampu mempermudah Anda dalam berbisnis.

Penasaran? Anda bisa langsung mencoba kelebihan dan berbagai fitur lain dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah

marketingmanajemenbanner
Promo AOL ResolusiJadiAksi
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait