CSR Adalah: Pengertian dan Jenis-jenis CSR

Setiap kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan tentu harus dipertanggungjawabkan kepada setiap perusahaan, mulai dari pemilik saham, karyawan, konsumen, pemerintah, sampai masyarakat umum. Nah, Corporate Social Responsibility atau CSR adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban tersebut.

Jadi, CSR adalah bentuk pertanggungjawaban yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan pada setiap pihak yang ada di sekitarnya dengan melakukan suatu program yang memiliki manfaat.

Lantas, apakah Anda pernah mendengar tentang istilah CSR? Nah, bila belum dan Anda ingin memahami lebih dalam tentang CSR, maka simaklah artikel tentang CSR ini sampai selesai.

Pengertian CSR Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, CSR adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban sosial dari pihak manajemen perusahaan untuk setiap stakeholder dan juga setiap pihak lainnya yang memiliki kepentingan.

Berbagai pihak yang dimaksud dalam hal ini adalah pemilik saham perusahaan, pegawai perusahaan, konsumen, pemerintah dan masyarakat yang terdapat di dalam ruang lingkup perusahaan.

Bentuk tanggung jawab yang dituangkan dalam CSR adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang mencakup aktivitas operasional dalam berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, sampai dengan lingkungan.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, CSR adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan sebagai suatu rasa tanggung jawab perusahaan kepada sosial ataupun lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut melakukan kegiatan operasionalnya.

Jadi, sederhananya, CSR adalah suatu pertanggungjawaban sosial dari pihak perusahaan yang dilakukan untuk memberikan manfaat pada pihak yang berada disekitar perusahaan dengan melakukan berbagai program yang bermanfaat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Delegasi dan Manajemen Tim agar Berhasil?

Tujuan CSR Adalah

Dalam menjalankan dan melakukan program CSR, maka perusahaan harus memiliki beberapa tujuan tertentu. Namun, umumnya tujuan CSR adalah sebagai berikut ini.

1. Citra dan Nama Baik Perusahaan

Tujuan pertama dari CSR adalah agar bisa terus menjaga nama baik perusahaan di hadapan masyarakat. Umumnya, program CSR yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menampilkan bahwa pihak perusahaan adalah pihak yang pihak yang bertanggung jawab.

Selain itu, dengan melakukan program CSR, maka perusahaan pun bisa meningkatkan citra positifnya di lingkungan dan juga dari setiap stakeholder. Sehingga, akan sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan di masa depan.

2. Memelihara Hubungan yang Baik dengan Stakeholder

Tujuan selanjutnya dari melakukan program CSR adalah agar bisa menjaga dan memelihara hubungan baik dengan para stakeholder.

Dengan adanya program CSR, maka akan tercipta suatu hubungan yang lebih bersahabat dengan lingkungan perusahaan dan mampu memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat dalam mengembangkan dan memberdayakan mereka.

3. Menyelesaikan Masalah yang Terdapat di Lingkungan Sekitar

Dibangunnya suatu perusahaan tentu akan melibatkan banyak sekali pihak yang berada dilingkungan sekitar. Nah, salah satu tujuan dari CSR adalah agar bisa membantu menyelesaikan masalah yang terdapat di sekitarnya.

Masalah yang dihadapi ini bisa datang dari berbagai sisi, mulai dari sosial, lingkungan, sampai dengan ekonomi. Hadirnya program CSR adalah sebagai salah satu bentuk perusahaan untuk membantu menyelesaikan setiap masalah yang ada di masyarakat sekitar.

Manfaat CSR Adalah

Program CSR dilakukan bukan dilakukan untuk memenuhi berbagai tujuan di atas saja. Tapi, setiap stakeholder yang berhubungan dengan perusahaan pun akan bisa merasakan dampak positif dari program CSR perusahaan.

Nah, beberapa manfaat dari CSR adalah sebagai berikut.

1. Bagi Perusahaan

Manfaat CSR untuk perusahaan ada tiga, yaitu untuk membuka kesempatan kerja yang seluas-luasnya dengan pihak lain, sebagai suatu media promosi untuk perusahaan, dan juga membuat inovasi baru dalam bentuk program tertentu.

2. Bagi Masyarakat

Untuk masyarakat, manfaat CSR adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dalam berbagai aspek, lingkungan disekitar menjadi lebih diperhatikan dan juga lebih terjaga, serta mereka bisa langsung merasakan keuntungan dari program pemberdayaan dan juga pengembangan yang diberikan oleh perusahaan.

3. Bagi Pihak Lain

Program CSR tidak hanya memberikan manfaat untuk perusahaan dan masyarakat, tapi juga untuk pemilik saham, konsumen, dan pemerintah, Untuk para pemilik saham, perusahaan akan memperoleh citra yang positif, sehingga bisa menambah kemungkinan adanya investor.

Untuk konsumen, mereka akan meningkatkan kepercayaannya pada perusahaan. sedangkan untuk pemerintah, mereka akan terbantu dengan adanya pelaksanaan pembangunan melalui berbagai program yang terdapat di berbagai bidang, seperti bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Jenis-jenis Kegiatan CSR Adalah

Dalam proses pelaksanaannya, jenis kegiatan CST terbagi menjadi lima. Kelima jenis kegiatan CSR adalah sebagai berikut ini:

1. Cause Promotions

Jenis CSR ini bisa kita artikan sebagai suatu upaya perusahaan dalam meningkatkan tingkat kesadaran atas suatu masalah. Tujuan lainnya dari jenis CSR ini adalah sebagai suatu media promosi untuk perusahaan.

Dalam melakukan jenis CSR ini, nantinya pihak perusahaan akan memberikan sejumlah dana dan juga sumber daya dalam mendukung kegiatan sosial, seperti kegiatan donasi dan juga kegiatan community service.

2. Cause Related Marketing

Pihak perusahaan yang melakukan program CSR jenis ini memiliki tujuan untuk terus berkomitmen memberikan sejumlah keuntungan berdasarkan hasil penjualan atas suatu produk tertentu agar bisa mendukung kegiatan sosial masyarakat.

Dana yang disumbangkan tersebut nantinya akan diberikan pada pihak yang terlibat.

3. Corporate Societal Marketing

Corporate Societal Marketing adalah CSR yang dilakukan oleh perusahaan dengan bentuk kampanye. Umumnya, bentuk kampanye yang dilakukan oleh perusahaan berbentuk lingkungan, kesehatan, atau berbagai isu lainnya.

Tujuan dari CSR ini adalah agar bisa membantu mendukung terjadinya perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik lagi.

4. Corporate Philanthropy

Jenis CSR ini dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kontribusi yang dilakukan secara langsung dengan mencairkan dana. Beberapa contoh dari jenis CSR ini adalah program charity, sumbangan, dan pemberian bantuan dalam bentuk apapun.

5. Community Volunteering

Jenis CSR Volunteering adalah CSR yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk layanan secara gratis terhadap lingkungan. Umumnya, perusahaan akan melibatkan setiap pegawainya untuk mau menyisihkan waktu secara sukarela dalam berbagai kegiatan yang mampu mendukung keberlangsungan lingkungan di sekitarnya.

Contoh-Contoh Kegiatan Program CSR

  • Bidang ekonomi: Mengembangkan UMKM, Koperasi Simpan Pinjam dan Usaha, serta memberikan sejumlah dana modal untuk usaha.
  • Bidang kesehatan: Melakukan program donor darah, vaksinasi secara gratis, dan pengobatan secara gratis.
  • Bidang lingkungan: melakukan program pengelolaan limbah, program menanam 1000 pohon dan membangun lahan.
  • Bidang pendidikan: memberikan program beasiswa, pelatihan kemampuan, dan seminar dalam bidang pendidikan.
  • Bidang infrastruktur: membangun rumah ibadah, membangun fasilitas umum, dan memperbaiki jalanan umum.
  • Bidang budaya: menggelar festival seni, melakukan pemberdayaan dan pengembangan seniman, serta melestarikan karya seni.

Baca juga: Enterprise Risk Management: Pengertian, Tujuan, dan Cara Mudah Menerapkannya

Kesimpulan

CSR adalah suatu bentuk pertanggungjawaban sosial dari pihak manajemen perusahaan kepada para stakeholder dan pihak lain yang berkepentingan di dalamnya, seperti pemilik saham, konsumen, karyawan, pemerintah dan masyarakat luas.

Program CSR ini bisa dilakukan oleh pihak perusahaan dengan melaksanakan aktivitas operasional dalam berbagai bidang, dari mulai bidang sosial, ekonomi, sampai dengan lingkungan.

Dalam melakukan program CSR, tentunya pihak perusahaan mempunyai berbagai tujuan, diantaranya adalah agar bisa meningkatkan citra perusahaan, memelihara hubungan yang baik dengan para stakeholder, serta menyelesaikan berbagai masalah yang ada dilingkungan sekitar.

Beberapa contoh kegiatan CSR yang umumnya dilakukan oleh perusahaan adalah mengembangkan UMKM dalam hal ekonomi, menyelenggarakan pengobatan secara gratis, melakukan program penanaman 1000 pohon, memberikan program biasiswa, dan melaksanakan pembangunan jalan.

Dalam melakukan program CSR ini, tentunya perusahaan harus bisa melaporkan pengelolaan dana atau laporan keuangannya. Nah, hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan kepada para stakeholder dan sebagai wujud transparansi keberlangsungan dari program CSR.

Agar laporan pengelolaan dana dan laporan keuangan lainnya bisa dibuat dengan cepat dan mudah, maka Anda bisa menggunakan teknologi software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia. Hal ini dikarenakan Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang otomatis, mudah, cepat, akurat, dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur bisnis lain, seperti fitur persediaan, fitur pembelian, fitur penjualan, fitur perpajakan, dan banyak fitur lainnya yang akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate fokus pengembangan