7 Tips Membuat Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

Ketika berkunjung ke suatu bazar, akan ada banyak stand yang menawarkan beragam barang dan jasa. Namun, tidak semua stand tersebut akan ramai didatangi pengunjung. Karena itu, penting untuk membuat dekorasi stand bazar kreatif.

Melalui dekorasi stand bazar kreatif, kita bisa menarik lebih banyak pengunjung dan mempromosikan barang atau jasa yang kita jual. Secara tidak langsung, ramainya pengunjung yang datang ke stand juga akan menarik perhatian para pengunjung lain.

Untuk itu, artikel berikut ini akan menguraikan tujuh tips membuat dekorasi stand bazar kreatif guna menarik lebih banyak perhatian pengunjung.

Tips Membuat Stand Bazar Kreatif dan Menarik

1. Gunakan Warna Mencolok Namun Menarik

Untuk menarik kesan pertama yang berbeda, Anda bisa menggunakan warna-warna yang mencolok pada stand. Hal ini bisa membuat pengunjung penasaran mengenai produk apa yang Anda tawarkan. Namun, perhatikan dan jangan sampai salah memadupadankan warna, yang pada akhirnya justru tidak nyaman untuk dipandang oleh mata.

Anda pun bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna-warna yang sesuai dengan karakter atau citra brand Anda. Di mana hal ini akan membuat pengunjung lebih mudah mengingat brand Anda.

2. Gunakan Dekorasi yang Unik

Dekorasi stand bazar kreatif dan unik juga dapat membuat pengunjung lebih tertarik untuk berkunjung ke stand. Setidaknya, perhatian mereka akan tertuju walau hanya beberapa detik memperhatikan dekorasi. Hal itu pun dapat memancing pengunjung untuk berswafoto dengan dekorasi tersebut.

Baca juga: Pengertian Marketing Below The Line, Above The Line, dan Through The Line

3. Sediakan Mini Photo Booth

Jika memiliki ruang lebih pada stand, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat mini photo booth. Hias mini photo booth tersebut dengan dekorasi unik yang dapat sekaligus merepresentasikan perusahaan atau produk Anda, baik itu dari desain backdrop maupun properti foto.

Keberadaan ruang berfoto ini akan membuat stand Anda lebih menarik untuk dikunjungi. Ketika pengunjung datang dan berfoto di mini photo booth lalu mengunggahnya di media sosial, usaha Anda pun akan terpromosikan secara gratis dan bisa menarik minat orang lain untuk datang berkunjung.

4. Sediakan Tempat Duduk

Dengan menyediakan tempat istirahat yang nyaman, pengunjung akan datang ke stand Anda dengan sendirinya. Sebab, sehabis mengelilingi area bazar, pengunjung pasti mencari tempat untuk duduk sejenak.

Sembari pengunjung beristirahat, Anda bisa mempromosikan barang atau jasa yang Anda jual. Tidak harus selalu secara verbal, melainkan juga bisa menggunakan media pemasaran seperti brosur, pemutaran video promosi, atau desain stand yang berisi informasi penting tentang perusahaan atau produk Anda.

Jika stand Anda berada di luar ruangan, Anda pun bisa menyediakan tempat berteduh beserta penyejuk ruangan. Hal ini akan sangat membantu para pengunjung, terlebih ketika cuaca sedang berganti.

Baca juga: User Persona Adalah: Pengertian & Tips Membangunnya

5. Tawarkan Promo Menarik

Untuk memaksimalkan dekorasi stand bazar kreatif, Anda bisa membuat promo untuk barang maupun jasa yang Anda jual. Promo ini dapat berupa diskon pembelian hingga bonus untuk sebagian pengunjung yang beruntung.

Promo yang dibuat pun tetap harus sesuai dengan budget yang telah dianggarkan, serta mampu mewakili identitas brand dan tema stand bazar yang diciptakan dan ingin diperlihatkan. Melalui strategi ini, Anda bisa menarik perhatian pengunjung secara lebih efektif dan meningkatkan potensi jumlah pengunjung.

6. Putar Musik

Memutar musik dengan pilihan lagu yang tepat juga bisa menarik perhatian pengunjung untuk mampir ke stand bazar Anda. Siapkan daftar putar lagu yang menarik dan pertimbangkan pula untuk menyesuaikan dengan konsep identitas perusahaan atau produk Anda serta acara yang diikuti.

7. Bagikan Merchandise Gratis

Untuk melengkapi dekorasi stand bazar kreatif, Anda bisa membagikan merchandise gratis kepada pengunjung. Pilihlah benda-benda praktis seperti alat tulis, notes kecil, kipas tangan, hingga mini totebag yang telah didesain selaras dengan identitas usaha Anda.

Begitu pun jika target pemasaran Anda adalah anak muda. Di mana Anda bisa mengemas event pembagian merchandise gratis ini dengan mini games yang melibatkan media sosial. Dengan begitu, promosi bisnis Anda akan menjadi lebih luas, bukan?

Baca juga: Iklan Barang: Jenis, Contoh, dan Tips Membuatnya

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat dekorasi stand bazar kreatif guna menarik perhatian pengunjung. Anda bisa menerapkan ketujuh tips tersebut ataupun beberapa di antaranya, entah itu menggunakan warna yang mencolok namun tetap menarik, menggunakan dekorasi yang unik, menyediakan mini photo booth, menyediakan tempat duduk, membuat promo menarik, memutar musik, ataupun membagikan merchandise gratis pada pengunjung.

Adapun ketika mendirikan stand di suatu bazar, biaya yang dibutuhkan biasanya tidaklah sedikit. Karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk membuat stand yang menarik agar bisa menarik minat pengunjung untuk membeli produk.

Anda pun harus menyiapkan sejumlah budget yang telah disesuaikan dengan anggaran perusahaan. Untuk memudahkan proses pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan menjadi lebih cepat, akurat, dan otomatis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, seperti laporan arus kas. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online pun telah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dari berbagai sektor usaha.

Tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.