Iklan Barang: Jenis, Contoh, dan Tips Membuatnya

Sebagian besar dari kita pasti sudah sangat familiar dengan beberapa contoh iklan barang karena memang bisa dengan sangat mudah ditemukan. Pada dasarnya, iklan barang adalah salah satu strategi pemasaran produk yang mampu meningkatkan rating produk di pasar.

Jika Anda sering menonton TV, pasti akan tayang iklan barang atau jasa di sana. Bahkan, iklan barang pun bisa Anda temukan dengan mudah di internet ataupun media sosial.

Iklan barang adalah suatu seni dalam membangun dan memelihara sarana produk dengan para pembeli potensial. Kampanye barang yang baik akan mampu mendidik pelanggan potensial.

Macam-macam Iklan Barang atau Produk

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan barang yang bisa kita temukan dengan mudah.

1. Iklan Produk Makanan

Iklan produk makanan adalah salah satu strategi pemasaran produk makanan yang sangat efektif untuk dilakukan. Hal yang penting dalam menjalankan iklan ini adalah memerhatikan gambaran cita rasa yang berasal dari makanan itu sendiri.

2. Iklan Produk Barang Produk Sabun dan Shampoo

Jenis iklan ini lebih fokus pada kandungan yang ada di dalam barang tersebut. Umumnya, tema dari iklan sabun adalah anak-anak dan keluarga, walaupun beberapa ada juga yang bertemakan orang dewasa.

Produk shampo pun demikian, hal yang harus diperhatikan di dalamnya adalah manfaat dan kandungan shampo. Dalam hal ini Anda harus menjelaskan apa saja keunggulan produk tersebut daripada produk lainnya.

3. Iklan Produk Minuman

Iklan ini tentunya sudah sangat identik dengan rasa haus dan juga dahaga. Iklan yang baik pasti akan selalu memuat slogan, gambar dan juga teks iklan yang menarik. Contoh sederhananya adalah seperti minuman Sprite, minuman berkarbonasi ini membuat kita seolah-olah bisa merasakan kesegarannya walau hanya dilihat dari gambarnya saja.

Baca juga: Iklan Elektronik: Pengertian, Jenis, dan Ciri-Cirinya

4. Iklan Produk Minuman Kesehatan

Produk minuman kesehatan saat ini bisa kita temukan dengan mudah di mana saja, dengan beragam manfaat yang terdapat di dalam minuman ini, tentunya masyarakat bisa memilih minuman mana saja yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Di dalam produk ini, manfaat dari minuman tentunya akan menjadi informasi yang sangat penting yang harus dicantumkan di dalam iklan produk minuman kesehatan.

5. Iklan Produk HP

Umumnya, contoh iklan produk HP akan mampu menampilkan suatu kecanggihannya terkait RAM, Kamera, desain HP dan berbagai keunggulan lainnya yang terdapat di dalam barang tersebut.

Biasanya contoh iklan produk hp akan menampilkan sebuah kecanggihannya mengenai kamera, RAM, desain hp dan keunggulan lainnya yang dimiliki hp tersebut.

6. Iklan Produk Pencuci Lantai

Produk pencuci lantai pun menjadi produk yang sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan setiap bangunan berlantai. Untuk itu, banyak masyarakat yang memproduksi produk pembersih lantai dengan beragam manfaat dan jenisnya.

7. Iklan Produk Minyak Angin

Banyak sekali contoh iklan barang atau produk minyak angin yang tampil di TV dengan beragam varian merk. Dalam setiap merek tersebut tentunya terdapat cara yang kreatif dan juga unik dalam mengiklankan produknya.

Umumnya, hal yang akan ditonjolkan di dalam iklan barang ini adalah manfaat dan keunggulan yang terdapat di dalam produk tersebut.

8. Iklan Produk Kopi

Pada produk iklan ini, Anda harus menjelaskan rasa kopi tersebut, jenis kopi yang digunakan, dan cara penyajian yang tepat untuk meminum kopi tersebut.

9. Iklan Produk Sabun Cuci

Sabun mandi dan sabun cuci sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Bahkan, dalam penggunaannya tidak cukup satu kali digunakan. Untuk itu, setiap pengusaha di dalamnya saling berlomba dalam menarik perhatian konsumen melalui iklan produk.

10. Iklan Produk Mie Instan

Produk yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena memang penyajiannya yang sangat praktis, rasanya juga tergolong sangat lezat. Di Indonesia pun, sudah banyak sekali perusahaan yang memproduksi mie instan.

Baca juga: Ketahui Macam Macam Iklan Untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Anda

Jenis-Jenis Iklan Produk Barang

Setidaknya terdapat dua jenis iklan barang atau produk, yakni iklan tradisional dan kampanye iklan online. berikut ini adalah penjelasan.

1. Iklan Barang atau Produk Tradisional

iklan barang atau produk terbagi menjadi dua, yakni iklan media cetak dan iklan di televisi atau radio. Contoh dari iklan media cetak adalah korang, brosur, majalah, dan lainnya. Sampai saat ini, iklan yang ditempatkan di majalah atau koran masih banyak digunakan oleh beberapa pebisnis.

Sedangkan iklan di televisi atau radio adalah iklan yang membantu pebisnis dalam menjangkau calon jutaan pelanggannya. Sampai saat inipun iklan di media televisi dan radio masih banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar.

2. Jenis Iklan Online

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini, internet sudah lebih mudah untuk dijangkau dan banyak masyarakat yang mulai menganggapnya sebagai suatu kebutuhan. Untuk itu, banyak pebisnis yang beralih dengan menggunakan media internet yang satu ini.

Ada banyak sekali pilihan iklan internet yang bisa digunakan oleh para pebisnis, seperti iklan video, iklan teks, iklan gambar, iklan PPC, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang iklan barang atau iklan produk. Jadi, ada banyak sekali macam-macam iklan barang dan berbagai jenisnya yang bisa Anda gunakan untuk diterapkan ke dalam bisnis.

Namun sebelum menjalankan iklan tersebut, Anda harus memiliki anggaran marketing yang baik dan jangan lupa juga untuk mencatat anggaran tersebut di dalam laporan keuangan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam mencatat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan pencatatan akan dilakukan secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan. Sehingga, Anda bisa lebih fokus lagi dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari melalui banner di bawah ini, Gratis!