Economic Order Quantity (EOQ) Adalah: Berikut Pengertian Lengkapnya

Saat memesan ulang produk, banyak bisnis memesan berdasarkan apa yang mereka butuhkan pada saat yang tepat daripada menggunakan rumus kuantitas pemesanan ulang. Sebaliknya, mereka harus mengoptimalkan cara mereka memesan dan membayar produk dengan menggunakan rumus Economic Order Quantity (EOQ).

Rumus EOQ membantu menghitung jumlah pesanan yang optimal untuk menghemat uang untuk biaya logistik dan pergudangan ecommerce. Dengan menghitung EOQ, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang berapa banyak produk yang akan dipesan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mengetahui Economic Order Quantity, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai:

Apa itu Economic Order Quantity atau EOQ

EOQ adalah singkatan dari Economic Order Quantity. Ini adalah pengukuran yang digunakan di bidang Operasi, Logistik, dan Manajemen Pasokan. Intinya, EOQ adalah alat yang digunakan untuk menentukan volume dan frekuensi pesanan yang diperlukan untuk memenuhi tingkat permintaan tertentu sambil meminimalkan biaya per pesanan.

Economic Order Quantity adalah set point yang dirancang untuk membantu perusahaan meminimalkan biaya pemesanan dan penyimpanan persediaan.

Biaya pemesanan persediaan turun dengan peningkatan volume pemesanan karena pembelian pada skala ekonomi. Namun, seiring dengan bertambahnya ukuran persediaan, biaya penyimpanan persediaan meningkat. EOQ adalah titik tepat yang meminimalkan kedua biaya yang berbanding terbalik ini.

Baca juga: Moment Marketing: Mengetahui Pemasaran yang Baik di Waktu yang Tepat 

Mengapa Anda harus Menghitung Economic Order Quantity?

Menghitung EOQ untuk bisnis Anda menawarkan beberapa manfaat yang memengaruhi keuntungan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui berapa banyak produk yang perlu dibeli untuk mempertahankan rantai pasokan yang efisien sambil menekan biaya.

Berikut adalah manfaat utama penghitungan EOQ.

Minimalkan biaya persediaan

Menyimpan inventori atau persediaan tambahan dapat dengan cepat meningkatkan biaya penyimpanan. Biaya persediaan juga bisa naik tergantung cara Anda memesan, stok yang rusak, dan produk apa yang tidak pernah laku. Jika Anda terus-menerus memesan ulang produk yang memiliki kecepatan rendah, EOQ dapat membantu menentukan jumlah pesanan dalam jangka waktu tertentu.

Minimalkan kehabisan stok

EOQ dapat membantu Anda lebih memahami seberapa banyak Anda perlu memesan ulang dan seberapa sering. Dengan menghitung berapa banyak yang Anda butuhkan berdasarkan seberapa banyak Anda menjual dalam jangka waktu tertentu, Anda dapat menghindari kehabisan stok tanpa terlalu banyak persediaan di tangan untuk waktu yang lama.

Anda mungkin terkejut bahwa memesan dalam jumlah yang lebih kecil mungkin lebih hemat biaya untuk bisnis Anda, atau bisa juga sebaliknya – menghitung EOQ dapat membantu menentukannya.

Meningkatkan efisiensi keseluruhan

Secara keseluruhan, menghitung EOQ dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam hal menyimpan dan mengelola inventori.

Saat ini banyak bisnis yang memesan persediaan berdasarkan “firasat” tentang berapa banyak yang harus dipesan, alih-alih memesan berapa banyak produk yang sebenarnya dibutuhkan.

Menghitung EOQ adalah cara cerdas untuk mengukur dengan lebih baik berapa banyak yang Anda butuhkan berdasarkan variabel biaya penting.

Baca juga: Warehouse Management System (WMS): Pengertian, Konsep dan Kelebihannya

Economic Order Quantity 2

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v90), quality = 82

3 Faktor yang Perlu Anda Perhatikan dalam Menghitung Economic Order Quantity

Rumus EOQ terdiri dari tiga variabel: biaya penyimpanan, permintaan, dan biaya pesanan. Kami memecah setiap variabel di bawah ini.

1. Biaya penyimpanan (H)

Biaya penyimpanan (juga dikenal sebagai biaya tercatat) mengacu pada total biaya penyimpanan persediaan. Meminimalkan biaya persediaan adalah strategi manajemen rantai pasokan yang penting.

Berapa banyak yang Anda keluarkan untuk menyimpan dan menyimpan inventaris, per unit, per tahun? Untuk menghitung EOQ dengan benar, Anda harus terlebih dahulu menentukan biaya penyimpanan Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat merujuk ke rumus sederhana di bawah ini:

(Biaya Penyimpanan + Gaji Karyawan + Biaya Peluang + Biaya Depresiasi) / Total Nilai Persediaan Tahunan = Biaya Penyimpanan / Penyimpanan Persediaan

2. Permintaan tahunan (D)

Berapa banyak permintaan yang Anda dapatkan untuk suatu produk setiap tahun? Dengan melihat data pesanan historis, Anda dapat menentukan berapa banyak produk yang Anda jual dari tahun ke tahun.

3. Biaya pemesanan (S)

Juga disebut sebagai ‘biaya penyiapan’, berapa biaya pesanan per pembelian? Ini dilakukan dengan basis per pesanan dan termasuk biaya pengiriman dan penanganan.

Baca juga: Pengertian Rencana Strategis Pada Bisnis, Tahapan, Komponen, dan Manfaatnya

Rumus Economic Order Quantity

Rumus EOQ adalah:

EOQ = akar kuadrat dari: [2SD] / H

  • S = Biaya penyiapan (per pesanan, umumnya termasuk pengiriman dan penanganan)
  • D = Tingkat permintaan (jumlah yang terjual per tahun)
  • H = Biaya penyimpanan (per tahun, per unit)

Contoh Kasus dalam Menghitung EOQ

Jika Anda belum pernah menggunakan EOQ sebelumnya, berikut adalah contoh cara menghitungnya:

Misalkan Anda memiliki variabel berikut:

  • $ 0,75 dalam biaya penyimpanan per unit = H.
  • Permintaan 10.000 per tahun = D
  • Biaya pesanan rata-rata $ 500 = S

Anda akan mendapatkan rumus ini: EOQ = akar kuadrat dari (2) (500) (10.000) /. 75) = 3.652 unit per pesanan.
Kuantitas pesanan optimal Anda adalah 3.652 unit untuk produk spesifik tersebut.

Baca juga: Activity Based Costing: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Contohnya

Faktor Lain yang Dapat Mengoptimalkan Penyimpanan Persediaan

Hal-hal seperti tren musiman atau penjualan besar juga dapat memengaruhi keakuratan inventaris Anda. Selain EOQ, ada beberapa cara lain untuk mengoptimalkan inventaris.

1. Reorder points

Alih-alih memeriksa tingkat inventaris secara manual untuk memesan ulang produk, Anda dapat menyetel poin pemesanan ulang otomatis yang secara otomatis melakukan pemesanan setelah tingkat persediaan Anda mencapai ambang tertentu.

Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa berinvestasi dalam software manajemen inventori atau software akuntansi yang memiliki fitur manajemen aset dan stok seperti Accurate Online.

2. Pengukuran stok pengaman

Ada kalanya permintaan dapat meningkat secara tiba-tiba atau ada masalah dengan pemasok yang dapat menghalangi Anda untuk memiliki persediaan yang cukup. Stok pengaman hanyalah persediaan tambahan di luar permintaan yang diharapkan.

Safety stock juga sering digunakan saat permintaan produk atau layanan yang tinggi seperti liburan atau saat promosi besar-besaran atau flash sale.

3. Pelacakan inventori secara real time

Pantau tingkat stok Anda dengan mudah dan ketahui di mana produk disimpan di gudang Anda dengan melacak inventori secara real-time.

Dengan begitu, Anda tahu berapa banyak produk yang dapat dikirim sekarang, membuat keputusan pemesanan inventaris yang lebih cepat, dan mengomunikasikan penundaan apa pun dari barang yang stoknya habis dengan cepat.

Baca juga: Pengertian PDCA dan Pentingnya Deming Cycle dalam Bisnis

Kesimpulan

Dengan menggunakan EOQ untuk bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan proses pengelolaan inventori dan stok Anda secara keseluruhan. Dengan memesan jumlah stok persediaan yang tepat alih-alih menebak-nebak apa yang akan dipesan, Anda dapat mengurangi biaya, mencegah kehabisan stok, dan menjaga agar rantai pasokan Anda tetap beroperasi dengan lancar.

Untuk solusi menyeluruh dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap seperti fitur manajemen stok, multi gudang dan cabang seperti Accurate Online yang akan memudahkan operasional bisnis.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu yang mudah digunakan dan cocok untuk berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah