Ekuitas Merek: Penjelasan Berdasarkan Ahli dan Tips Ampuh Meningkatkannya

Ekuitas merek merupakan nilai tambah yg diberikan pada produk & layanan. Ini bisa tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasakan & bertindak sehubungan dengan merek, dan harga, pangsa pasar, & profitabilitas merek perusahaan.

Ekuitas merek merupakan salah satu faktor yang mampu mensugesti keputusan pelanggan dalam hal  memilih dan membeli sebuah produk.

Dengan ekuitas merek yg tinggi, Anda akan menerima loyalitas atau kesetiaan pelanggan. Hal ini karena ekuitas merek mampu membuat konsumen percaya pada kualitas produk Anda.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Ahli

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian ekuitas merek berdasarkan para ahli, berikut ini adalah penjelasannya:

  • David Aaker

Menurut David Aaker, ekuitas merek merupakan istilah yg digunakan untuk menggambarkan nilai yang diakui dan dimiliki oleh merek, dari gagasan bahwa merek yang kuat & bereputasi lebih sukses.

Lebih detail, David Aaker menyebutkan bahwa pengertian ekuitas merek merupakan menjadi berikut.

Ekuitas merek adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yg ditautkan menggunakan nama & simbol merek, yang menambah atau mengurangi nilai yg diberikan oleh suatu produk atau layanan.

  • Kotler – Keller

Dalam bukunya yg berjudul marketing manajemen, Philip Kotler dan Keller menjabarkan mengenai pengertian ekuitas merek.

Dalam buku tersebut, dalam chapter 11 page 324, Kotler dan Keller mengungkapkan pengertian ekuitas merek sebagai berikut.

Ekuitas merek adalah nilai tambah yg diberikan pada produk & layanan. Ini dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasakan & bertindak sehubungan dengan merek, dan harga, pangsa pasar, & profitabilitas merek perusahaan.

  • Wikipedia

Menurut wikipedia berbahasa Inggris, pengertian ekuitas merek adalah menjadi berikut :

Ekuitas merek merupakan frasa yang dipakai dalam industri pemasaran yang mengacu dalam nilai yang dirasakan dari suatu merek dalam dirinya sendiri — yaitu, nilai sosial dari nama merek yang terkenal.

Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemilik nama merek populer bisa membuat lebih banyak pendapatan hanya dari pengakuan merek, lantaran konsumen menduga produk dengan yang merek populer lebih baik daripada merek yg kurang dikenal.

Baca juga: Sales Management: Pengertian dan Aspek Penting di Dalamnya

Manfaat Ekuitas Merek

Semua perusahaan atau pelaku bisnis pasti menginginkan brand mereka memiliki kekuatan agar bisa dipercaya oleh konsumen. Berikut ini beberapa manfaat atau laba memiliki merek yang bertenaga atau diklaim merk equity, diantaranya:

1. Tahan Terhadap Persaingan Bisnis

Bagaimana imbas brand equity dalam persaingan bisnis? Jawabannya bisa Anda lihat pada merk iPhone & Samsung yg tetap laku meski banyak merk baru yg jauh lebih murah.

Dengan membentuk merek yang kuat, konsumen akan memberikan kepercayaan dan loyalitas pada merek tersebut. Merek yg punya kekuatan brand tidak perlu risih dengan kompetitor lantaran mereka punya pelanggan setia.

2. Tak Perlu Takut atau Khawatir Menaikkan Harga

Saat ini, sudah semakin banyak saja merk Handphone baru yg memperlihatkan harga yang sangat murah menggunakan fasilitas lengkap. Namun, bagi merek yg telah besar dan memiliki ekuitas merek, menaikkan harga pun tidak akan jadi masalah.

Perusahaan yang menggunakan ekuitas merek yg tinggi akan lebih dikenal oleh masyarakat. Jadi, dengan harga yg mahal pun, konsumen masih rela membeli lantaran memahami kualitasnya bagus.

3. Mengalahkan Kompetitor Menggunakan Diferensiasi Produk

Merek dengan ekuitas yang kuat, tidak perlu risih lagi dalam mempertinggi harga produk atau meluncurkan produk baru yg lebih mahal menurut kompetitor.

Hal ini karena pelanggan mereka sudah percaya menggunakan kualitas dari ekuitas merek tersebut.

Selanjutnya, perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang baik akan membuat diferensiasi produk untuk menguasai pasar, sehingga kompetitor bisnis pun akan tumbang dengan sendirinya.

Empat Dimensi Ekuitas Merek

Dalam sebuah artikel di Prophet.Com, David Aaker menyebutkan mengenai dimensi ekuitas merek :

1. Brand Awareness

Brand awareness merupakan kemampuan pelanggan untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek & mengaitkannya dengan satu kategori produk tertentu.

2.Perceived Quality

Perceived Quality yaitu mendeskripsikan respons holistik pelanggan terhadap kualitas & keunggulan yg ditawarkan merek.

3. Brand Associations

Adalah yang berkenaan dengan segala sesuatu yang terkait dalam memori pelanggan terhadap sebuah merek.

4. Brand Loyalty

yaitu komitmen yang kuat untuk berlangganan atau membeli kembali suatu merek secara konsisten pada masa mendatang.

Dimensi pertama hingga ketiga adalah dasar yg perlu dipenuhi dan menjadi tolak ukur merk Anda akan diterima konsumen atau nir. Sedangkan yang keempat merupakan insentif yang Anda dapatkan apabila ketiga dimensi tersebut terpenuhi.

Model Ekuitas Merek

Model ekuitas merek didesain untuk menetapkan cara menilai suatu merek. Masing-masing model ekuitas merek menunjukkan wawasan mendalam tentang konsep nilai merek dan cara dalam mengevaluasinya.

1. Penilai Aset Merek (Brand Asset Valuator/BAV)

Brand Asset Valuator adalah metrik yang diterapkan untuk mengukur nilai merek suatu entitas. Brand Asset Valuator ini pertama kali dikembangkan oleh sebuah agensi bernama “Young and Rubicam”.

2. Model BRANDZ

Model ini dikembangkan oleh sang konsultan riset pemasaran Millward Brown dan WPP. Sesuai model ini, pembangunan merek melibatkan serangkaian langkah berurutan, sedangkan setiap langkahnya akan lebih bergantung pada keberhasilan merampungkan langkah sebelumnya.

3. Model AAKER

Model Aaker merupakan cetak biru merk yg dikembangkan oleh pakar pemasaran bernama David Aaker. Model Aaker menekankan pada pentingnya identitas ataupun bukti diri merek & menunjukkan solusi unik untuk t membangun merek yang lebih kuat bertenaga.

Cara Meningkat Ekuitas Merek

Berikut ini beberapa implementasi yang mampu Anda lakukan buat menaikkan merk equity, antara lain:

1. Membuat Variasi dalam Aktivitas Marketing

Variasi pada kegiatan aktivitas marketing sangat diharapkan buat menjaring lebih banyak konsumen yang tertarik & membeli produk Anda. Aktivitas marketing yang bisa dilakukan adalah mulai dari marketing konvensional hingga yang modern & memanfaatkan teknologi & internet.

Untuk itu, cobalah perhatikan value yg sanggup Anda dapatkan menurut berbagai jenis marketing yg Anda lakukan guna mengukur seberapa banyak konsumen yang tertarik.

2. Membangun Networking

Selain marketing, kegiatan networking juga krusial dilakukan buat memperluas jaringan usaha Anda. Anda wajib  mulai membiasakan diri untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa adanya tujuan promosi atau jual beli produk.

3. Mengadakan Event

Membuat atau mengadakan event bisa dikatakan menjadi langkah jitu untuk membentuk brand equity. Dengan mengadakan event, Anda mampu melakukan kegiatan jual beli, promosi, pengenalan produk, bahkan hanya sebagai sponsorship & lain sebagainya.

Sehingga, nantinya, akan lebih banyak orang yang melihat, mengenal dan mengingat brand Anda lebih luas..

Apa Saja Alat Digital yg Dapat Dimanfaatkan?

Dalam strategi digital pada perencanaan pemasaran, upaya banding bisa dilakukan menggunakan fokus dalam semua komponen yg bisa mendorong pertumbuhan usaha pada bentuk leads dan penjualan. Hal ini bisa dicapai melalui channel daring.

Strategi digital perlu pertimbangan alat yg sempurna buat mencapai ekuitas merek. Perencanaan strategi digital dapat menggunakan hal seperti:

1. Pengalaman Pengguna Website

Pengguna adalah raja. Website yg dibuat untuk sebuah usaha harus mengedepankan pengalaman pengguna, sehingga orang yang berkunjung & memakai website tersebut bisa merasa nyaman.

2. SEO & Konten Pemasaran

Meski anda mempunyai konten yg baik, pengguna akan kesulitan menemukan usaha anda bila konten yg ada tidak bisa ditemukan menggunakan melalui mesin pencari. Untuk itu, temukanlah keyword sempurna & bangun konten yg bisa menempatkan bisnis anda di peringkat teratas mesin pencari agar bagai akibatnya lebih mudah buat ditemukan.

3. Pemasaran Media Sosial

Media sosial tentu saja masih bisa dijadikan media dimana seluruh orang berkumpul. Dengan melakukan pemasaran di media sosial, anda dapat terhubung dengan sasaran audiens anda.

Melalui media sosial, sebuah kampanye pemasaran bisa menjadi sukses melalui dengan menggunakan getok tular (word of mouth) yang dilakukan sang pengguna. Anda bisa memakai Facebook, Instagram, Twitter, dan jua Youtube menjadi wahana pemasaran.

4. Email Marketing

Melalui email, anda dapat menunjukkan produk pada calon konsumen ataupun mereka yang sudah menjadi konsumen bisnis anda. Dengan email, pesan bisa di personalisasikan sehingga penawaran dapat lebih efektif karena didasari sang data yang telah anda miliki.

5. Paid Advertising (PPC)

Iklan berbayar tentu merupakan salah satu elemen paling krusial. Hal ini dikarenakan dengan iklan berbayar, anda dapat menjangkau lebih banyak audiens sehingga kesempatan buat menaikkan awareness menjadi lebih tinggi. Perlu diperhatikan apakah impresi yg didapat mempunyai konversi sesuai sasaran yg anda tetapkan.

Baca juga: Native Ads, Cara Baru Beriklan dengan Tampilan yang Bersahabat

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang ekuitas merek. Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa ekuitas merek adalah nilai tambah yg diberikan pada produk & layanan. Ekuitas merek yang tinggi menjadi impian para pebisnis, karena ekuitas merek yang tinggi mampu mendatangkan banyak sekali keuntungan yang berakhir pada meningkatnya nilai keuntungan perusahaan.

Namun, proses untuk meningkatkan ekuitas merek tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah membuat anggaran keuangan untuk proses pemasaran.

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat anggaran keuangan dan membuat laporan keuangan yang pasti sangat memusingkan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia karena mampu membantu mereka melakukan berbagai kegiatan bisnis. Selain itu, laporan keuangannya di dalamnya juga bisa di akses secara mudah di manapun dan kapanpun Anda berada.

Anda bisa langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

https://accurate.id/lp/marketing-form/