Sales Management: Pengertian dan Aspek Penting di Dalamnya

Pada dasarnya, sales management adalah salah satu bagian dari marketing mix yang berperan besar dalam dunia persaingan suatu perusahaan, penurunan biaya, dan juga meningkatkan keuntungan. Hingga saat ini, sales management pun masih menjadi salah satu fungsi yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh model bisnis apapun.

Dalam kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang sales management dan berbagai aspek penting yang ada di dalamnya.

Sales Management Adalah

Dilansir dari laman Pipedrive, sales management adalah suatu upaya membuat sebuah tim penjualan, membuat koordinasi pada operasi penjualan, dan juga mengimplementasikan teknik penjualan agar suatu perusahaan mampu mencapai target dan melampaui target tersebut.

Baca juga: Native Ads, Cara Baru Beriklan dengan Tampilan yang Bersahabat

Aspek Utama Manajemen Penjualan

Dikutip dari laman The Investors Book, setidaknya ada tiga aspek utama agar sales management bisa berjalan dengan sukses. Ketiga aspek tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sales Operation

Salah satu unsur yang penting di dalam sales management adalah sales operation atau operasi penjualan. Usir ini mencakup penyusunan sales team yang lebih efektif yang menjadi fokus paling utama untuk seorang sales manager.

Setiap sales manager dalam suatu perusahaan pun harus selalu memperhatikan bahwa setiap orang yang tergabung di dalam timnya tersebut sudah memperoleh tugas dan juga tanggung jawab yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan juga keahliannya agar setiap tugas yang dikerjakannya bisa berjalan dengan baik.

Bayangkanlah bila timnya tidak ditempatkan di dalam tugas yang sesungguhnya tidak mereka ketahui dan juga tidak sesuai dengan keterampilannya, hampir bisa dipastikan tugas yang mereka kerjakan tidak akan berjalan dengan lancar dan akan merugikan perusahaan.

Selain itu, pihak sales manager pun bertugas dalam melatih setiap orang yang ada di dalam timnya agar tujuan bisnis bisa tercapai dengan baik sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Budget Iklan? Berikut Pembahasan Lengkapnya

2. Sales Strategy

Unsur selanjutnya yang terdapat di dalam sales management adalah sales strategi, yang mana unsur ini harus menjadi fokus penting di dalam manajemen penjualan dan termasuk di dalam management process.

Pihak sales manajer harus bisa menyiapkan sales funnel ketika timnya memang sudah siap untuk melakukan strategi ketika berbisnis

Sedangkan sales funnel ini harus bisa menjelaskan secara menyeluruh terkait bagaimana suatu proses penjualan bisa terjadi. Di dalamnya bisa dimulai dari lead generation hingga konversi yang sukses secara lebih berkelanjutan.

3. Sales Analysis

Unsur terakhir yang ada di dalam sales management adalah sales analysis. Unsur ini tidak boleh dilupakan di dalam sales management process karena perannya yang sangat penting.

Sales analysis harus segera dilakukan setelah memperoleh hasil dari proses implementasi strategi penjualan yang memang harus bisa dikumpulkan, dilaporkan dan juga dianalisa agar nantinya bisa memperbaiki dan juga meningkatkannya.

Sales management process ini pun harus bisa mengetahui apa saja indikator kuantitatif yang nantinya akan ditinjau agar tingkat kesuksesan rencana penjualan bisa dinilai dengan baik.

Mengapa Sales Management Penting?

sales management  diklaim sebagai aspek yang paling utama di dalam organisasi apapun yang harus berorientasi pada keuntungan. Tim sales tidak akan bisa bergerak dengan maksimal dan keuntungan perusahaan akan berkurang bila tidak ada sales management yang baik.

Tanpa adanya keuntungan tersebut, tentunya perusahaan tidak akan bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. Untuk itu, setiap manajer marketing harus mempunyai kemampuan yang tidak biasa.

Selain itu, kemampuan dalam mengatur setiap kegiatan penjualan dari awal sampai dengan akhir dan mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan dengan menggerakan anggota timnya pun sangatlah penting.

1.Komunikasi yang Jelas

Agar tim sales bisa bergerak dengan baik dan juga benar, maka pihak manajer yang mengatur sales management harus mampu melakukan komunikasi secara efektif dengan setiap anggota tim.

2. Pembagian Tanggung Jawab dan Tugas yang Efektif

Menempatkan orang yang sesuai untuk melakukan hal yang sesuai pula dengannya adalah salah satu kunci keberhasilan di dalam manajemen penjualan, untuk itu kemampuan seperti ini harus dimiliki dengan baik.

3. Mampu Melaksanakan Porsi Pekerjaannya

Sebagai seorang manajer, bukan berarti Anda bisa terus-terusan bersantai dan hanya meminta tim sales Anda untuk bekerja. Setiap harinya harus ada tanggung jawab dan porsi tugas tersendiri yang harus bisa diselesaikan.

4. Berpikiran Jangka Panjang

Bagian yang kurang penting di dalam sales management  adalah melakukan perkiraan penjualan atau forecasting. Berdasarkan dengan data penjualan yang diperoleh, maka seorang sales manager harus bisa mengetahui kira-kira strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan dengan data hasil analisis.

5. Mampu Melatih Anggota Tim

Merekrut orang yang mempunyai kemampuan bagus memang sangatlah penting , namun mereka juga harus terus dilatih dan juga berkembang serta mampu memberikan kontribusi yang lebih banyak pada penjualan perusahaan. sebagai seorang manajer, Anda harus bisa mencari cara agar bisa meningkatkan keahlian anggota tim sales Anda.

6.Biasa Bekerja di Bawah Tekanan

Mengatur orang banyak dan juga berorientasi pada target penjualan memang bukanlah hal yang mudah. Nantinya akan ada banyak sekali masalah dan tekanan yang hadir di perjalanan Anda sebagai manajer yang mengatur penjualan.

Untuk itu, Anda harus memiliki mental yang tahan banting dalam hal menghadapi seluruhnya.

Hal yang Harus Dilakukan Oleh Sales Management

1. Selalu Cari Alasan untuk Setiap Target

Banyak sekali ahli yang mengatakan bahwa mempunyai target mampu meningkatkan produktivitas. Masalahnya, suatu target seringkali dibuat secara maksimal dan kebanyakan suatu tim atau kelompok memiliki motivasi intrinsik yang kurang.

Saat suatu tum harus menetapkan tujuan, maka tim tersebut juga harus mengetahui apa saja berada di belakang tujuan tersebut.

2. Kerjakan Tugas Secara Terstruktur

Seorang ahli marketing yang berasal dari Heinz marketing yang bernama Matt Heinz pernah mengatakan bahwa untuk tidak terbiasa menelepon, meninggalkan pesan suara, mengganggu waktu orang lain, dan juga mengirimkan pesan  email promosi secara terus menerus.

3. Atur Lingkungan untuk Memberi Efek Positif

Selain sangat berguna untuk tim sales, hal ini juga sangatlah penting untuk semua karyawan. Untuk itu, jauhkanlah orang-orang negatif yang mampu menghabiskan energi Anda. buatlah lingkungan kerja yang mampu memberikan inspirasi dan juga bebas stress.

4. Fokus pada Aktivitas yang Terukur

Pada dasarnya, prinsip pareto adalah menyatakan bahwa sekitar 80% hasil Anda akan berasal dari 20% usaha Anda. itu artinya, Anda bisa memperoleh hasil yang efektif jika berkonsentrasi pada beberapa titik tertentu.

Untuk tim sales, prinsip seperti ini bisa diterapkan untuk berbagai kegiatan yang mampu memberikan keuntungan, seperti mengajak makan sampai dengan bermain golf dengan klien.

5.Berteman dengan Prospek dan Kompetitor

Hampir setiap tim sales di semua dunia selalu terhubung dengan prospek ataupun kompetitor rival mereka yang berasal dari linkedin. Jika mereka bisa melakukan hal tersebut, maka tim sales akan belajar terkait bagaimana suatu prospek dan kompetitor mereka dalam bekerja.

6.Mempelajari Setiap Peran di Tim Sales

Tim sales itu terdiri dari berbagai tugas. Umumnya, hal tersebut dimulai dari menelepon prospek ataupun mengirimkan email. Nah, sebelum bisa melakukan tugas secara langsung, maka mereka harus mempelajari perannya tersebut.

7. Atur Jadwal di Kalender Anda

Setiap hidup tim sales selalu berada di jadwal mereka masing-masing. Untuk itu, mereka selalu merencanakan sesuatu dalam satu minggu sebelum mereka melakukannya.

Seorang penulis dari laman The Sales Blog bernama The Sales Blog, mengatakan bahwa dirinya selalu merangkumi hal apa saja yang ingin mereka lakukan di hari jum’at, dan merencanakan minggu yang akan datang di hari sabtunya.

Dirinya menambahkan bahwa setiap tim sales harus bisa mengatur jadwalnya sebaik mungkin. Dirinya juga berkata untuk bisa membagi kalender dengan cara memberi waktu pada rapat dengan berbagai calon pelanggan sampai dengan pelanggannya sendiri.

Baca juga: Virtual Event Sebagai Salah Satu Strategi Marketing, Kenapa Tidak?

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang sales management yang harus selalu Anda perhatikan di dalam proses sales Anda. Namun, jangan lupa untuk membuat anggaran keuangan yang sesuai untuk tim  Anda, agar mereka mampu memberikan hasil yang maksimal.

Untuk melakukan anggaran tersebut, tentunya Anda harus melakukan manajemen keuangan yang baik dengan sebaik mungkin, bila perlu gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah dipercaya lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia karena fiturnya yang lengkap.

Tertarik? Anda bisa langsung menggunakan Accurate selama 40 hari secara gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate fokus pengembangan