Employee Engagement Adalah Hal yang Harus Dijaga Oleh Perusahaan, Ini Caranya!

Bagi para pebisnis, karyawan adalah salah satu aset berharga. Karena, karyawan mampu membantu perkembangan bisnis secara langsung. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi karyawan. Nah, employee engagement adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Employee engagement adalah pendekatan yang bisa dilakukan dengan berbagai macam program serta kebijakan yang dibuat oleh pihak perusahaan. Hal ini dilakukan karena terkadang beberapa perusahaan ada yang lalai dan tidak memperdulikan kondisi karyawannya.

Padahal, menjaga kondisi karyawan sangat penting, bahkan untuk karyawan baru yang akan mulai bekerja di perusahaan tersebut.

Lalu, apa itu employee engagement? Bagaimana cara menjalankannya? Apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang employee engagement ini hingga selesai.

Pengertian Employee Engagement Adalah

Employee engagement adalah sebuah metode yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk menjaga tingkat keterikatan karyawan dengan perusahaan. Umumnya, perusahaan yang sudah fokus pada bisnisnya akan melakukan berbagai cara agar karyawan miliknya bisa lebih engaged dengan perusahaan.

Perusahaan akan memperlakukan seluruh karyawannya secara merata untuk mencapai keterikatan melalui metode employee engagement, tanpa mengenal jabatan ataupun hal lainnya.

Beberapa program yang termasuk dalam kegiatan employee engagement adalah outing, pelatihan, serta program lain yang mampu meningkatkan keterikatan karyawan dengan perusahaan.

Baca juga: Penilaian Kinerja Karyawan: Pengertian dan Berbagai Indikator Penilaiannya

Manfaat Employee Engagement Adalah

Employee engagement terbukti mampu memberikan manfaat yang besar untuk perusahaan dan karyawan, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Nah, beberapa manfaat dari employee engagement adalah sebagai berikut:

1. Bagi Karyawan

  • Menciptakan Iklim Inovatif

Perlu Anda ketahui bahwa inovasi pada perusahaan akan lahir dari tangan kreatif para karyawan. Employee engagement adalah salah satu pemicu untuk menciptakan iklim yang lebih inovatif. Setiap perusahaan akan memperoleh suasana yang lebih menyenangkan untuk bekerja bila perusahaan mampu menerapkan employee engagement dengan baik.

  • Membentuk Ikatan Kuat dengan Perusahaan

Tujuan utama dari employee engagement adalah agar bisa menciptakan suasana bagi karyawan yang lebih engaged pada perusahaan. Selain itu, tujuan lain dari employee engagement adalah untuk menciptakan hubungan yang kuat.

Hubungan yang kuat ini mampu membuat setiap karyawan lebih dihargai. Mereka akan bangga akan kantor tempatnya bekerja dan akan berusaha memberikan kemampuan terbaiknya untuk perusahaan.

  • Menyelesaikan Konflik Secara Lebih Mudah

Kehadiran employee engagement akan memotivasi karyawan untuk terus merasa dihargai. Terutama dalam menyelesaikan berbagai konflik jika dihadapkan pada masalah yang berhubungan dengan perusahaan tempatnya bekerja.

Metode employee engagement adalah metode yang di dalamnya mampu membuat setiap karyawan bisa bekerja secara maksimal tanpa harus menghiraukan konflik yang sebelumnya sudah teratasi.

2. Bagi Perusahaan

  • Mempunyai Karyawan yang Suportif

Jika mampu menerapkan employee engagement dengan baik, maka perusahaan akan mempunyai karyawan yang lebih suportif. Selain itu, perusahaan juga akan mempunyai karyawan yang selalu berlaku secara positif. Sehingga, tujuan utama perusahaan akan lebih mudah untuk dicapai.

  • Terbentuknya Komitmen

Bila perusahaan mampu melakukan employee engagement secara tepat, maka perusahaan akan membentuk suatu komitmen yang baik dengan karyawannya.

Dengan kondisi karyawan yang sudah engaged, maka perusahaan bisa memperoleh karyawan yang loyal dan jarang melakukan absen untuk keperluan yang tidak penting. Selain itu, pihak perusahaan juga akan memperoleh karyawan yang senantiasa menjaga nama baik bisnisnya.

Cara Meningkatkan Employee Engagement

1. Bantu Pengembangan Diri

Cara pertama dalam meningkatkan employee engagement adalah dengan membantu karyawan dalam mengembangkan dirinya agar lebih baik dan menjalani jenjang karirnya.

Bekerja selama bertahun-tahun tanpa adanya peningkatan pengetahuan serta keterampilan adalah penyebab utama mereka merasa bosan pada pekerjaannya. Untuk itu, Anda bisa membantu mereka dalam memberikan pelatihan, menawarkan kursus, dan mencoba suatu tantangan yang baru.

2. Beri Saran dan Masukan

Cara selanjutnya dalam meningkatkan employee engagement adalah dengan memberikan saran dan masukan pada karyawan. Mereka ingin mengetahui apakah pekerjaannya sesuai harapan perusahaan.

Namun, penilaian yang dilakukan atasan seringkali kurang menyenangkan dan mampu menurunkan motivasi kerja karyawannya. Hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan komunikasi secara tepat dalam menjelaskan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan membantu perusahaan berkembang dengan baik.

3. Buat Pekerjaan Terasa Lebih Menyenangkan

Pekerjaan harian adalah suatu rutinitas yang monoton dan seringkali membuat stress serta perasaan tidak bahagia untuk karyawan. Jika sudah begini, maka kantor bukan lagi menjadi tempat yang menyenangkan.

Deadline dan target memang harus selalu dipenuhi, tapi Anda juga harus menyeimbangkannya dengan ritme kerja, seperti dengan konsep yang serius namun tetap santai.

Iringilah dengan menghadirkan berbagai kegembiraan di tempat kerja, seperti dengan menyediakan sarapan atau makan siang bersama pada hari khusus yang sudah ditentukan. Anda juga bisa membuat rencana kegiatan diluar kantor bersama, seperti dengan outbond, resort, paintball, atau melakukan gathering.

4. Beri Kesempatan Pada Karyawan untuk Berpendapat

Cara keempat dalam meningkatkan employee engagement adalah dengan mendengarkan pendapat karyawan. Mereka akan senang bila suaranya didengarkan, karena merasa dianggap menjadi bagian dari perusahaan.

Bahkan, beberapa karyawan seringkali memiliki ide brilian yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh atasan. Namun, banyak karyawan yang tidak memiliki budaya dalam mendengarkan karyawannya. Untuk itu, berikanlah kesempatan pada karyawan untuk berpendapat lewat berbagai cara, seperti dengan melakukan survei, atau lewat sesi diskusi empat mata.

5. Perhatikanlah Kesehatan dan Kebahagiaan Karyawan

Kerja terlalu keras akan membuat karyawan merasa stress, kelelahan dan ujung-ujungnya menderita sakit. Akibatnya, produktivitas mereka akan menurun.

Untuk itu, ada baiknya bagi Anda untuk bersikap lebih humanis dengan cara memberikan perhatian pada tingkat kesehatan mereka. Berbagai cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan member keanggotaan gym, memberikan fasilitas olahraga fitness  di kantor, menyediakan berbagai makanan sehat dan bergizi, atau dengan memberikan pelatihan mindfulness sesekali.

6. Jalankan Nilai-Nilai Inti

Untuk perusahaan, disarankan untuk merekrut karyawan yang mempunyai sikap dan juga visi yang sejalan dengan berbagai nilai inti perusahaan, alih-alih memilih karyawan berdasarkan keahliannya saja.

Kampanyekanlah nilai dan juga kultur perusahaan secara terus-menerus, seperti lewat kaos, poster, atau media apapun yang mampu mengingatkan mereka. Maksimalkanlah proses onboarding serta adaptasi karyawan minimal dalam waktu tiga bulan agar Anda bisa mendapatkan karyawan yang lebih produktif dan mempunyai tingkat keterkaitan yang erat.

7. Hormati Seluruh Karyawan Anda

Inti dari melakukan employee engagement adalah dengan memberikan rasa hormat pada seluruh karyawan. Berikanlah otonomi atas seluruh tugas mereka tanpa harus terlalu sering mengaturnya. Cobalah untuk bersikap lebih santai dan toleran pada berbagai kesalahan kecil yang masih dalam batas kewajaran.

Sama seperti Anda, mereka juga mempunyai kehidupan dan urusan di luar pekerjaannya. Berikanlah waktu yang cukup pada mereka untuk menyeimbangkan hidupnya, seperti dengan tidak membebani mereka dengan berbagai urusan kantor di luar jam kerja.

8. Berikan Motivasi Pada Karyawan untuk Berani Bereksperimen

Cara lain untuk meningkatkan employee engagement adalah dengan memberikan kesempatan pada para karyawan untuk mengimplementasikan berbagai ide kreatifnya. Namun, Anda harus memaklumi bila ada kesalahan ataupun kegagalan.

Cara seperti ini akan sulit dilakukan oleh perusahaan yang sudah lama menerapkan prosedur kerja yang baku dan ketat.

9. Ciptakan Hubungan yang Erat dalam Pekerjaan

Membiarkan karyawan bekerja sendirian akan membuat mereka merasa diabaikan oleh perusahaan. Namun, bekerja dengan tim dan melibatkan setiap karyawan untuk berkolaborasi akan membuat mereka merasa sebaliknya.

Untuk itu, ciptakanlah komunikasi yang interaktif dalam setiap tim dan motivasi mereka untuk berani menyampaikan pendapatnya tanpa ragu. Bila Anda berhasil meningkatkan employee engagement, maka Anda akan memperoleh karyawan yang loyal dan mampu menekan persentase turnover.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Manajemen Proses dalam Bisnis

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa, employee engagement adalah suatu metode yang dilakukan untuk menjaga tingkat keterikatan karyawan dengan perusahaan. Perusahaan nantinya akan lebih fokus dalam mencapai kondisi yang mana karyawan sudah terikat erat dengan perusahaan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan, employee engagement adalah dengan memberikan motivasi pada potensi karyawan, memberikan berbagai saran positif, memperhatikan kondisi seluruh karyawan, dan memberikan suasana kerja yang lebih suportif.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan teknologi. Untuk para tim akuntan, tim pemasaran, hingga tim produksi, Anda bisa membantu mereka dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, mudah, cepat, akurat dan bisa diakses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Selain itu, software luar biasa ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mengefisiensikan pengelolaan bisnis, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakkan, manufaktur, dan fitur lainnya.

Accurate Online bisa digunakan oleh berbagai skala bisnis perusahaan, mulai dari skala kecil, hingga perusahaan berskala besar. Lebih uninya lagi, Anda bisa menikmati berbagai fitur dan keunggulan dari Accurate Online dengan biaya investasi sebesar Rp 200 ribuan perbulan.

Penasaran? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba lebih dulu Accurate Online selama 30 hari, gratis!