Apa itu Field Marketing? Ini Pentingnya dalam Strategi Marketing

Pada dasarnya, FM atau field marketing adalah suatu eksekusi ilmu strategi pemasaran dalam tingkat outlet, yang mana perusahaan akan berhadapan secara langsung dengan pelanggan atau konsumennya, hal ini senada dengan yang dijelaskan dalam laman paperflite.

Untuk beberapa perusahaan, field marketing ini mencakup kegiatan distribusi dan koordinasi dengan tim penjualan. Sedangkan di perusahaan lainnya, field marketing lebih identik dengan street promotions.

Sebelumnya, pihak merchandiser dan SPG hanya berfungsi untuk mendukung kegiatan distribusi serta penjualan produk di outlet. Sehingga, seringkali penempatannya tidak mempertimbangkan banyak faktor dan akan lebih terkesan sembarangan. Tapi, saat ini orientasi dari field marketing lebih mengarah pada data mining.

Sehingga, saat ini para SPG tidak hanya bertugas untuk menawarkan produk saja, tapi juga mengumpulkan consumer insight melalui kegiatan wawancara dengan para pelanggan.

Pun sama halnya dengan pihak merchandiser, mereka tidak hanya bertugas untuk merapikan produk yang dipajang saja, tapi juga ikut aktif dalam mengawasi dan melakukan identifikasi ketersediaan produk dan display produk yang dimiliki oleh kompetitor.

Mengenal Fungsi dan Tanggung Jawab dari Field Marketing

Nah, berikut ini adalah fungsi dan juga tanggung jawab dari seorang FM yang harus Anda ketahui:

  1. Menciptakan rasa percaya dari para pelanggan atas performa perusahaan atau toko serta kualitas produk yang ditawarkan perusahaan.
  2. Memperkirakan kebutuhan para pelanggan dan membantu para pelanggan dalam memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  3. Menjawab pertanyaan dari para pelanggan dan melayani komplain dari pelanggan secara baik.
  4. Memberikan informasi kualitas produk hingga cara perawatannya pada pelanggan.
  5. Melakukan standar pelayanan pramuniaga secara baik.
  6. Bertanggung jawab untuk meraih produktivitas kerja secara maksimal.
  7. Bertanggung jawab dalam mencapai target penjualan.
  8. Bisa menjaga tingkat shrinkage atau angka kehilangan produk.
  9. Bisa melakukan upaya yang preventif dalam menanggulangi bahaya kebakaran.
  10. BIsa memberikan informasi yang tepat pada pelanggan secara bijak.
  11. BIsa menjaga kebersihan area penjualan dan juga merchandise.

Baca juga: Customer Segment Apa Saja, Ya? Ini Jawabannya!

Peran Penting Field Marketing bagi Bisnis

Seorang field marketing yang efektif tidak hanya harus bisa menarik minat para pengunjung untuk mendatangi toko, mereka juga harus bisa memberikan edukasi serta menarik pengunjung yang datang untuk membeli produk yang sedang ditawarkan.

Seorang FM akan merepresentasikan citra brand, sehingga ada baiknya perusahaan lebih selektif lagi dalam memilih seorang FM. Pilihlah karakter FM yang mampu mewakili citra produk ataupun brand perusahaan.

Untuk bisa mendapatkannya, perusahaan bisa mencarinya sendiri atau dengan menggunakan jasa field marketing atau SPG. Bila perusahaan memanfaatkan jasa penyedia SPG, akan ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapat, salah satunya lebih menghemat waktu daripada mencarinya sendiri.

Contohnya, bila perusahaan Anda berada di area Bandung tapi Anda ingin mengikuti acara ataupun event pameran di Jakarta, Anda bisa menggunakan jasa SPG yang berada di Jakarta atau sebaliknya.

Biasanya, seorang field marketing akan dianggap sebagai pembuka pintu dalam menarik pelanggan secara langsung. Seorang field marketing memiliki kesempatan untuk menjelaskan produk secara langsung, sehingga pelanggan pun bisa mengetahui info terkait produk tersebut. Bahkan jika pelanggan ternyata tertarik, pelanggan tersebut bisa langsung membelinya.

Baca juga: Divisi Marketing Terdiri dari Apa Saja, ya? Ini Jawabanya!

Tips Mendapatkan Field Marketing Terbaik

Bila Anda ingin memperoleh seorang FM yang baik, minimal Anda harus mencari FM yang memiliki kemampuan seperti di bawah ini.

  1. Mempunyai performa yang baik. Performa adalah tampilan fisik yang bisa diindera dengan menggunakan penglihatan. Dalam hal ini, performa juga bisa mengilustrasikan tentang pembawaan dari seseorang. Pembawaan tersebut bisa diukur dengan menggunakan penampilan fisik dan pilihan dalam berpakaian.
  2. Mempunyai gaya komunikasi yang baik. Pasalnya, komunikasi yang baik adalah hal yang harus dimiliki oleh FM untuk bisa menciptakan interaksi dengan pelanggan. Komunikasi tersebut bisa diukur dari gaya bicara dan cara berkomunikasi. Penilaian gaya komunikasi ini nantinya akan dikembalikan lagi pada pelanggan karena lebih bersifat subyektif.
  3. Mempunyai gaya bahasa tubuh yang baik. Bahasa tubuh ini cenderung lebih mengarah pada gerakan fisik seseorang. Gerak tubuh saat menawarkan produk dan juga sentuhan fisik adalah pengertian dari bahasa tubuh ini.

Bila seorang field marketing telah memenuhi ketiga unsur di atas, maka orang tersebut patut Anda perhitungkan untuk menjadi field marketing. Pasalnya, orang tersebut memiliki kesempatan yang besar dalam menciptakan persepsi yang baik atas suatu produk atau brand.

Baca juga: Market Research: Pengertian, Metode, dan Tahapan Melakukannya

Penutup

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami berikan tentang field marketing yang harus Anda ketahui, mulai dari pengertian, fungsi, tugas, tanggung jawab, hingga tips mencarinya yang baik.

Namun, menggunakan jasa field marketing tentu akan memerlukan anggaran, dan anggaran tersebut harus bisa Anda persiapkan dengan baik. Nah, agar bisa lebih mudah dalam mengelola anggaran serta mempersiapkannya, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Pasalnya, selain mampu mempercepat pelayanan di konter kasir, aplikasi ini juga akan mencatat seluruh aktivitas keuangan Anda secara otomatis dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda untuk mengelola keuangan, termasuk mengelola anggaran perusahaan Anda.

Lebih dari itu, aplikasi berbasis website ini pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda dalam melakukan mengelola karyawan, mengelola pelanggan, mengelola persediaan barang, dan masih banyak lagi. Sehingga, operasional bisnis Anda akan berjalan lebih efisien dan Anda bisa lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Ayo segera coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga dengan klik tombol tautan di bawah ini.