16 Keterampilan Manajerial yang Wajib Pengusaha Miliki

Keterampilan manajerial merupakan keterampilan yang diperlukan untuk mengatur, mengoordinasikan, dan menggerakan para rekannya ke arah target yang sebelumnya telah ditentukan oleh organisasi atau perusahaan. Kemampuan ini tidak serta merta bisa muncul begitu saja. Kemampuan ini bisa muncul dari suatu proses yang panjang yang terjadi perlahan-lahan mengikuti proses pengamatan dan analisa.

Dalam ruang lingkup perusahaan, kesempatan para manajer untuk mengadakan kontak lansung dengan para rekannya cenderung sangat kecil. Terlebih lagi dalam ruang lingkup organisasi yang sudah besar dan ruang lingkup pergerakannya sudah berskala nasional maupun internasional.

Seorang pemimpin atau pemilik usahapun sama, dituntut memiliki kemampuan manajerial yang baik, sehingga mampu mengintegrasikan kegiatan, mengoordinasi dan menggerakkan rekan-rekannya dalam ruang lingkup usaha yang besar, agar dapat berjalan dengan baik.

Lantas apa saja kemampuan manajerial yang dibutuhkan itu? Berikut ini adalah ulasannya.

Keterampilan Manajerial yang Harus Anda Kuasai

1. Kecerdasan Emosi

Seperti yang sudah kita sadari, seorang pengusaha tentunya akan menghadapi beragam sifat manusia lainnya, baik sebagai rekan maupun konsumen pada bisnisnya. Sehingga, sebagai seorang pengusaha yang baik, maka Anda dituntut untuk mempunyai manajemen emosi yang baik pula dan bisa selalu berkepala dingin ketika menghadapi berbagai karakter manusia yang unik, sehingga reputasi bisnis bisa terus terjaga.

2. Mampu Mengelola SDM

Salah satu aset yang baik dalam berbisnis adalah SDM. Dengan mempunyai keterampilan manajerial yang baik dalam hal mengelola SDM, maka bisnis Anda akan berjalan secara sistematis, terorganisir, dan rapih. Sehingga, seluruh proses kerja akan berjalan lebih terarah dan mampu mencapai terget tujuan yang sudah ditentukan.

3. Mempunyai Strategi Manajemen

Seorang pengusaha yang baik merupakan pengusaha yang mampu menuangkan cita-cita bisnisnya dalam ide yang mampu direalisasikan melalui berbagai perencanaan strategi manajemen yang efektif dan efisien. Dengan memiliki strategi manajemen yang baik, seorang pengusahan mampu mengelola menajemen bisnis perusahaannya secara lebih mudah.

Baca juga: Apa itu Lead Time? Berikut adalah Pengertian, Fungsi dan Cara Menguranginya

4. Keterampilan Dalam Berdelegasi

Target kerja akan dialokasikan oleh pihak perusahaan pada manajer untuk dikerjakan, dan tugas manajer adalah mendelegasikan target kerja tersebut dengan mengalokasikan tugas pada para tim atau karyawan sesuai dengan beban dan kemampuan masing-masing karyawan. Jika sudah dilakukan, maka target perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

5. Keterampilan Teknik

Keterampilan manajerial teknik disini akan melibatkan seluruh keterampilan yang berhubungan dengan hal teknis, seperti pengoperasian komputer, membuat kode program, mesin operasional, perangkat lunak, alat produksi, dan berbagai peralatan lainnya. Selain itu, keterampilan ini juga sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan, merancang beragam jenis produk dan layanannya, serta memasarkan jasa atau produk perusahaan.

6. Keterampilan Manajerial yang Konseptual

Keterampilan manajerial ini akan melibatkan seluruh pengetahuan dan kemampuan dalam berpikir secara abstrak dan mampu merumuskan beragam ide-ide. Selain itu, seorang manajer juga harus mampu melakukan penilaian terhadap seluruh konsep, menganalisa, dan juga mendiagnosa masalah yang sedang terjadi, serta solusi yang kreatif atas berbagai tugas yang teleh diberikan.

Keterampilan dalam hal konseptual ini akan memberikan visi dan misi yang jelas bagi tim kerja ataupun karyawan lainnya. Dengan visi dan misi yang telah dibuat tersebut, maka diharapkan mampu memberikan peluang performa yang terbaik untuk bisa melakukan program kerja yang sukses dan terarah sesuai target.

7. Mempunyai Jiwa Pemimpin

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang harus mampu menginspirasi dan mampu memberikan dorongan yang positif pada tim kerjanya. Mereka juga harus bersedia secara langsung untuk terlibat dan bertanggung jawab dalam memecahkan masalah serta lebih berani dalam mengambil risiko yang akan terjadi.

Baca juga: Supply Chain Management: Pengertian, Proses Tahapan, dan Tujuannya dalam Bisnis

8. Mampu Mengelola Waktu dengan Baik

Seorang pemimpin dalam suatu bisnis atau perusahaan pastinya mempunyai berbagai macam tugas dan kesibukan yang sangat banyak. Oleh karena itu, para pemimpin perusahaan harus mampu mengelola waktunya secara baik, mulai dari mengerjakan berbagai tugas berdasarkan skala prioritas yang ada, atau mampu bersikap disiplin dengan jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan, baik itu dalam jangka waktu panjang maupun dalam jangka waktu pendek.

9. Keterampilan Manajerial yang Komunikatif

Komunikasi adalah kemampuan bagi setiap orang untuk menggunakan bahasa yang mampu diterima oleh banyak orang secara baik. Oleh karena itu, seorang pemimpin usaha yang baik adalah mereka yang mampu berkomunikasi secara baik pada para staff ataupun rekan kerja lainnya, sehingga pemimpin tersebut mampu memberi arahan dan arahan tersebut mampu dicerna dengan baik oleh para karyawannya.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik ini sangat diperlukan untuk proses negosiasi dengan para klien.

10. Keterampilan Manajerial yang Inovatif

Suatu inovasi akan menegaskan pada para klien dan konsumen bahwa bisnis Anda tidak berjalan stagnan maupun pasif. Dengan mempunyai daya kreativitas yang tinggi dalam mengolah inovasi pada produk atau jasa, maka seorang pemimpin bisnis akan membuat produk atau jasanya menjadi terlihat lebih unik dan kompetitif.

Keterampilan manajerial ini sangat wajib dimiliki oleh pengusaha yang ingin bertahan lama dalam menghadapi kerasnya suatu persaingan bisnis.

11. Mampu Melakukan Strategi Pemasaran yang Jitu

Setiap usaha akan selalu terkait dengan penjualan. Oleh karena itu, setiap pengusaha wajib memiliki keterampilan manajerial dalam membuat strategi pemasaran yang ampuh dan jitu. Membuat konsep strategi pemasaran tersebut harus dilakukan secara handal, cermat dalam menargetkan pangsa pasar, dan mampu diterapkan dengan baik agar bisa berjalan sesuai target.

Baca juga: Apa itu Balanced Scorecard? Berikut Pengertian, Fungsi, Perspekftif dan Contohnya

12. Memiliki Reputasi yang Baik

Reputasi adalah modal yang paling krusial dalam hal pemasaran. Dengan adanya citra perusahaan yang baik, maka reputasi perusahaan akan meningkat dan kepercayaan konsumen pada produk atau jasa yang digunakan dari perusahaan Anda juga akan meningkat. Untuk itu, seorang pengusaha haruslah mempunyai reputasi yang baik. Karena pengusaha yang baik akan memberikan pengaruh pada reputasi brand perusahaanya.

13. Keterampilan Manajerial dalam Mengelola Keuangan dengan Baik

Keterampilan mengelola uang merupakan keterampilan manajerial penting yang harus dimiliki oleh para pengusaha agar mampu membuat perencanaan keuangan yang matang dalam hal mengelola modal usaha ataupun pencapaian laba.

Selain mampu menggunakan keuangan secara tepat sasaran, kemampuan pengusaha dalam melakukan penyusunan laporan keuangan juga menjadi salah satu indikator keterampilan manajerial dalam pengelolaan keuangan.

14. Keterampilan Manajerial dalam Memotivasi

Memotivasi rekan atau tim kerja merupakan keterampilan manajerial berikutnya yang harus Anda miliki. Anda harus mampu memberikan motivasi yang kuat pada tim kerja agar mereka bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Berikanlah dorongan semangat agar mereka mampu menyelesaikan tigas dengan cepat dan baik. Anda juga bisa memberikan hadiah bagi mereka yang berprestasi sebagai ajang motivasi tim kerja.

Selain itu, Anda juga tetap harus memberikan contoh yang baik bagi tim kerja atau karyawan Anda ketika sedang bekerja.

15. Keterampilan Manajerial dalam Membuat Keputusan

Setiap manajer akan dituntut untuk membuat banyak keputusan, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Membuat keputusan adalah kunci penting dalam mencapai kesuksesan bisnis.

Membuat keputusan yang baik akan membuat citra perusahaan menjadi baik, sehingga akan membantu kesuksesan tim dan meningkatkan keberhasilan perusahaan. Sebaliknya, membuat keputusan yang keliru akan membuat citra perusahaan memburuk.

16. Ketangkasan dalam Hal Mengolah Data

Keterampilan manajerial selanjutnya adalah ketangkasan dalam hal mengolah data. Saat ini, banyak manajer yang mengolah datanya berdasarkan keterampilan manual yang diperoleh dari pengalaman masa lalu. Mengolah data juga merupakan suatu hal yang sangat menantang karena mampu melibatkan kualitas, kesinambungan, keakuratan, dan kelengkapan data.

Di jaman yang serba teknologi seperti saat ini, teknologi akan mampu menghadirkan suatu sistem baru dalam mengolah data sehingga Anda harus mempelajari teknologi tersebut. Sehingga, Anda mampu mengolah data tanpa dibatasi waktu dan juga tempat.

Baca juga: Mengetahui Pentingnya Bargaining Power pada Sebuah Bisnis

Sudahkah Anda Memiliki Keterampilan Manajerial?

Berbagai keterampilan manajerial di atas wajib dimiliki pengusaha dalam menjalankan bisnisnya pada berbagai skala, baik itu skala kecil maupun skala besar. Dengan memiliki keterampilan di atas, maka bisnis bisa dijalankan dengan baik dan mencapai target secara tepat.

Namun, dalam hal mengelola keuangan, Anda bisa lebih mudah lagi dalam mengelola keuangan atau segala hal yang berkaitan dengan akuntansi dengan menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat dan mengecek laporan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.