Konsep Manajemen : Pengertian dan Karateristiknya dalam Bisnis

Manajemen diperlukan dalam semua jenis organisasi apakah mereka membuat komputer atau barang kerajinan tangan, memperdagangkan barang-barang konsumen atau menyediakan layanan salon dan bahkan dalam organisasi non-bisnis, atas dasar ini konsep manajemen diperlukan

Tidak peduli apa organisasi itu atau apa tujuannya, mereka semua memiliki kesamaan – manajemen dan manajer. Organisasi yang berhasil mencapai tujuan mereka dengan mengikuti proses yang disengaja yang disebut manajemen ‘. Manajemen terdiri dari serangkaian fungsi yang saling terkait yang dilakukan oleh semua manajer. Mari kita memahami konsep manajemen.

Baca juga : Pengertian Hard Skill, Contoh, dan Fungsinya bagi Pengembangan Bisnis

Apa itu Konsep Manajemen?

Beberapa definisi umum manajemen yang diberikan oleh penulis dan pemikir terkenal adalah:

  • Menurut Harold Koontz dan Heinz Weihrich, Manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu, yang bekerja bersama dalam kelompok, secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.
  • Menurut Robert L. Trewelly dan M. Gene Newport, Manajemen didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengendalian operasi organisasi untuk mencapai koordinasi sumber daya manusia dan material yang penting dalam pencapaian tujuan yang efektif dan efisien.
  • Menurut Kreitner, “Manajemen adalah proses bekerja dengan dan melalui orang lain untuk secara efektif mencapai tujuan organisasi dengan secara efisien menggunakan sumber daya yang terbatas dalam lingkungan yang berubah.

Jadi Manajemen dapat didefinisikan sebagai proses menyelesaikan sesuatu dengan tujuan mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Beberapa istilah penting dalam definisi ini adalah:

Proses: Proses berarti fungsi atau kegiatan utama yang dilakukan manajemen untuk menyelesaikan sesuatu. Fungsi-fungsi ini adalah perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, pengarahan dan pengendalian.

Efektivitas: Efektivitas berkaitan dengan hasil akhir. Ini pada dasarnya berarti menyelesaikan tugas yang diberikan. Dengan demikian Efektivitas dalam manajemen berkaitan dengan melakukan tugas yang tepat, menyelesaikan kegiatan dan mencapai tujuan

Efisien: Efisiensi berarti melakukan tugas dengan benar dan dengan biaya minimum. Manajemen prihatin dengan penggunaan sumber daya input yang efisien yang pada akhirnya mengurangi biaya dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

penting bagi manajemen untuk mencapai tujuan (keefektifan) dengan sumber daya minimum yaitu, seefisien mungkin dengan tetap menjaga keseimbangan antara efektivitas dan efisiensi.

Baca juga : Mengenal Strategi Operasi yang Efektif Dalam Pengembangan Bisnis

Karakteristik Manajemen

Karakteristik dasar manajemen adalah:

Manajemen adalah proses yang berorientasi pada tujuan: Suatu organisasi memiliki serangkaian tujuan dasar yang merupakan alasan dasar keberadaannya. Manajemen menyatukan upaya individu yang berbeda dalam organisasi untuk mencapai tujuan ini.

Manajemen bersifat luas: Kegiatan yang terlibat dalam mengelola suatu perusahaan adalah hal yang umum bagi semua organisasi baik ekonomi, sosial atau politik.

Manajemen bersifat multidimensi: Manajemen adalah aktivitas kompleks yang memiliki berbagai dimensi seperti:

  • Manajemen pekerjaan: Semua organisasi ada untuk kinerja beberapa pekerjaan. Manajemen menerjemahkan karya ini dalam hal tujuan yang ingin dicapai dan menetapkan cara untuk mencapainya.
  • Manajemen orang: Sumber daya manusia atau manusia adalah aset terbesar organisasi. Mengelola orang memiliki dua dimensi yaitu menyiratkan berurusan dengan karyawan sebagai individu dengan beragam kebutuhan dan perilaku dan juga berarti berurusan dengan individu sebagai sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi, dengan membuat kekuatan mereka efektif dan kelemahan mereka tidak relevan.
  • Manajemen operasi: Ini membutuhkan proses produksi yang memerlukan aliran bahan input dan teknologi untuk mengubah input ini menjadi output yang diinginkan untuk konsumsi

Manajemen adalah proses yang berkelanjutan: Proses manajemen adalah serangkaian fungsi yang berkelanjutan, komposit, tetapi terpisah (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penempatan staf, dan pengendalian). Fungsi-fungsi ini secara bersamaan dilakukan oleh semua manajer sepanjang waktu.

Manajemen adalah kegiatan kelompok: Organisasi adalah kumpulan individu yang beragam dengan kebutuhan yang berbeda. Manajemen harus memungkinkan semua anggotanya untuk tumbuh dan berkembang ketika kebutuhan dan peluang berubah harus mengubah dirinya dan tujuannya sesuai dengan kebutuhan lingkungan.

Manajemen adalah kekuatan yang tidak berwujud: Manajemen adalah kekuatan yang tidak berwujud yang tidak dapat dilihat tetapi kehadirannya dapat dirasakan dalam cara fungsi organisasi

Baca juga : Mengetahui Pengertian Perencanaan Produksi Lengkap dan Mendalam

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang penting dalam bisnis, jika Anda berniat untuk membangun usaha Anda, Anda bisa menerapkan 5 tips tersebut agar rencana bisnis Anda lebih terencana dan lebih matang.

Jika usaha anda sudah sukses dan berencana untuk membuka beberapa cabang namun bingung untuk pencatatan keuangannya, Anda bisa menggunakan Software akuntansi yang memiliki fitur yang dibutuhkan oleh usaha Anda dengan harga terjangkau seperti Accurate Online

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi terbaik yang berbasis Cloud dan sudah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016. Dan sudah digunakan dengan lebih 300 ribu pengguna.
Jika Anda tertarik untuk menggunakan accurate online, Anda bisa mencoba free trail 30 hari.

accurate 200 ribu perbulan