Manajemen Organisasi : Pengertian, Fungsi Dan Tujuannya

Artikel kali ini akan membahas berbagai hal tentang manajemen organisasi. Mulai dari pengertian, fungsi hingga tujuan dari salah satu bentuk manajemen tersebut. Karena masih cukup banyak orang-orang yang tidak memahami dan mengerti mengenai manajemen satu ini. Berikut dibawah ini adalah berbagai penjelasan tentang manajemen tersebut.

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Kategori, Fungsi, dan Manfaatnya

Pengertian Manajemen Organisasi

Manajemen Organisasi terdiri dari 2 kata, yaitu Manajemen dan Organisasi. Manajemen sendiri berarti pemrograman, cara, ataupun perencanaan terhadap sesuatu. Sedangkan Organisasi merupakan suatu perkumpulan dengan tujuan tertentu. Sehingga jika digabungkan maka Manajemen Organisasi adalah suatu perencanaan pada suatu perkumpulan untuk mencapai tujuannya.

Biasanya Manajemen Organisasi dapat ditemui di perusahaan yang bergerak pada bidang sumber daya. Karena memang perencanaan dalam manajemen ini untuk mengarahkan manusia, untuk mencapai tujuan organisasi.

Dimana, dengan keberadaan manajemen ini diharapkan kinerja yang diberikan SDM dapat lebih efektif untuk mencapai tujuan organisasi.Dengan keberadaan manajemen ini juga diharapkan dapat membentuk kerja sama yang baik sehingga tujuan organisasi lebih cepat tercapai.

Fungsi Manajemen Organisasi

Fungsi dari manajemen ini terbagi menjadi beberapa tahapan. Dimana tahapan-tahapan tersebut tentunya memiliki fungsi tersendiri untuk tercapainya tujuan. Berikut dibawah adalah berbagai fungsi dari manajemen dalam sebuah organisasi.

1. Planning

Planning juga sering disebut dengan fungsi perencanaan yang menyiapkan kegiatan dalam organisasi. Bagian satu ini cukup penting, karena memang sebuah rencana harus digarap dengan matang. Hal itu untung menghindari terjadinya kebingungan akan tujuan di masa yang akan datang.

Fungsi perencanaan ini juga sangat berguna untuk menentukan anggaran dari sebuah kegiatan organisasi. Baik itu untuk kegiatan yang rutin maupun kegiatan yang tidak rutin.

Baca juga : Pengertian Manajemen Krisis, Tahapan, dan Bedanya dengan Manajemen Risiko

2. Lead

Lead memiliki arti sebagai fungsi pengarahan. Setelah memiliki fungsi perencanaan, manajemen satu ini juga memiliki fungsi pengarahan. Fungsi satu ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

Sehingga apapun yang dilakukan terarah dan tidak keluar dari apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Selain itu, fungsi satu ini juga akan semakin mempermudah dalam mencapai tujuan, karena semua kegiatannya terarah.

3. Controlling

Tentunya yang satu ini bisa juga disebut dengan sebutan fungsi kontrol. Tidak jauh berbeda dengan fungsi pengarahan sebelumnya. Fungsi satu ini berguna untuk mengawasi setiap kegiatan agar selalu sesuai arahan.

Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi hal di luar arahan, maka akan lebih cepat tertangani. Jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan pun ketua organisasi dapat segera mengambil tindakan. Sehingga fungsi satu ini juga sangat dapat menipiskan tingkat terjadinya kesalahan.

4. Organizing

Fungsi Pengorganisasian adalah sebutan lain untuk fungsi organizing. Dalam fungsi ini diharapkan pemimpin organisasi dapat merencanakan dan memberikan kebijakan yang efektif. Sehingga membuat kinerja para sumber daya manusia juga menjadi lebih baik.

Dengan kata lain, kebijakan yang dibuat harus sesuai dengan kriteria yang dimiliki dengan sumber daya manusia. Misalnya ingin membuat kegiatan yang bersifat memasarkan, maka bagian yang ditunjuk adalah bagian pemasaran. Jika pengorganisasian dilakukan dengan baik, maka kemungkinan hasilnya pun juga akan baik.

Baca juga : Pengertian Manajemen Keuangan Beserta, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Fungsinya

5. Motivation

Motivasi tentunya juga sangat turut mengambil andil yang sangat besar untuk sebuah keberhasilan organisasi. Karena dengan sumber daya manusia yang termotivasi, maka akan semakin meningkatkan kinerjanya. Motivasi tersebut dapat berupa pemberian penghargaan pada anggota yang terbaik.

Maka hal tentunya akan membuat anggota lain menjadi semakin termotivasi untuk menjadi yang terbaik. Karena semua anggota berlomba-lomba menjadi yang terbaik, maka tentunya akan mempermudah tercapainya suatu tujuan dalam organisasi.

6. Staffing

Fungsi satu ini juga disebut dengan fungsi kepegawaian. Dimana fungsi ini berguna pada saat merekrut anggota yang baru. Fungsi ini juga berguna untuk membentuk suasana kerja yang nyaman. Karena dengan suasana yang nyaman maka kemungkinan akan berdampak baik untuk kinerja anggota.

7. Time Management

Selain itu, manajemen waktu juga sangat penting. Karena dengan memanajemen waktu, diharapkan dapat menghasilkan kinerja yang efektif dari para anggota. Selain itu, supaya tujuan dari sebuah organisasi tercapai tepat pada waktunya. Tentunya juga melatih anggota agar menjadi pribadi yang tepat waktu.

Tujuan Manajemen Organisasi

Sama seperti fungsinya, manajemen satu ini juga memiliki berbagai tujuan. Namun pada dasarnya tujuan dari manajemen ini adalah untuk mencapai tujuan organisasi dengan efisien.

Sehingga dalam eksistensi organisasi tersebut dapat berjalan lancar dalam kurun waktu tertentu. Karena tanpa adanya manajemen organisasi maka sebuah organisasi bisa mengalami berbagai kesulitan. Berikut dibawah ini adalah beberapa tujuan dari manajemen ini.

1. Membentuk Koordinasi Yang Baik

Tentu untuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif, diperlukan koordinasi yang baik. Koordinasi yang baik dapat didapatkan dengan adanya manajemen dalam sebuah organisasi.

Karena, dengan adanya manajemen maka semua pekerjaan akan lebih terarah dan terkoordinasi. Selain itu, dengan membentuk koordinasi yang baik antar individu maupun divisi, juga dapat melancarkan jalannya sebuah organisasi.

2. Menetapkan Kinerja Efektif

Sama seperti tujuan dasarnya, yaitu mewujudkan tujuan organisasi dengan efektif. Untuk mewujudkan tujuan dengan efektif maka juga diperlukan kinerja yang efektif pula. Dengan kinerja yang efektif dan terarah maka tujuan dari organisasi juga akan lebih mudah tercapai.

3. Membuat Lingkungan Yang Nyaman

Untuk membuat kinerja yang efektif maka harus diciptakan lingkungan yang nyaman. Karena dengan lingkungan yang nyaman dapat membuat anggota menjadi semangat untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu, lingkungan yang nyaman juga membuat segala permasalahan dapat didiskusikan dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai manajemen dalam sebuah organisasi yang dapat dirangkum. Manajemen dalam sebuah organisasi tentunya memiliki fungsi yang sangat besar. Karena dengan adanya sebuah manajemen maka semua pekerjaan akan lebih terarah. Semoga informasi-informasi yang ada diatas dapat kembali menambah wawasan para pembaca.

Baca juga : 10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Itulah pengertian, fungsi dan tujuan manajemen organisasi yang bisa Anda terapkan di usaha Anda. Karena untuk mencapai sesuatu yang Anda inginkan, Anda juga perlu membangun organisasi yang baik agar mempermudah tujuan Anda.

Dengan adanya manajemen organisasi dapat membantu semua pekerjaan lebih terarah dan lebih efisien. Untuk mempermudah usaha Anda, Anda perlu software akuntansi yang dapat memantau keuangan usaha Anda kapanpun dan dimanapun

Accurate online adalah software akuntansi yang dapat memantau usaha Anda dari rumah yang sudah berbasis cloud dan sudah digunakan lebih dari 300 ribu pengguna dan memiliki fitur yang cocok untuk setiap jenis bisnis di Indonesia.

Tertarik ingin mencobanya? Anda bisa mencoba trial selama 30 hari secara gratis!

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.