Tips Layout Gudang yang Baik Demi Manajemen Persediaan yang Rapi

Dalam warehouse management system atau WMS, merencanakan desain layout gudang atau tata letak merupakan suatu hal yang sangat penting. Tujuannya tentu agar semua aktivitas dan juga kegiatan pergudang bisa menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Dengan adanya layout gudang yang rapi, maka Anda bisa memangkas suatu proses bisnis yang pada mulanya rumit menjadi lebih sederhana.

Nah untuk Anda yang ingin mempelajari tentang layout gudang dan denah gudang yang rapi, maka Anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Layout Gudang?

Warehouse atau gudang adalah suatu ruangan yang digunakan untuk menyimpan beragam jenis produk barang. Sehingga, untuk menyimpan beragam barang atau produk harus bisa menentukan layout gudang yang rapi.

Terlebih lagi, menentukan jenis layout gudang sangat penting sekali untuk mendukung kegiatan di dalam warehouse yang menjadi bagian penting dalam proses produksi sampai dengan distribusi.

Tapi, apa itu layout gudang? Berdasarkan laman Bigrentz, layout gudang adalah suatu cara untuk bisa mengatur penempatan barang dengan menggunakan metode tertentu agar bisa mendukung kegiatan pergudangan yang lebih efektif dan lebih efisien.

Perlu Anda ketahui bahwa kegiatan pergudangan sangatlah banyak, seperti menerima barang masuk, mengirim barang keluar dan juga menyimpan persediaan. Kegiatan tersebut bisa melibatkan barang setengah jadi, barang baku, atau hasil produksi yang sudah siap untuk didistribusikan.

Tujuan dari dilakukannya mengatur layout gudang adalah demi memaksimalkan luas area warehouse agar biaya variabel bisa tetap rendah. Biaya tersebut mencakup kegiatan pergudangan, yaitu biaya penyetokan barang serta transportasi barang masuk dan keluar.

Lebih dari itu, terdapat beberapa jenis layout gudang yang harus Anda ketahui, yaitu metode dedicated storage, metode randomised storage, metode class based dedicated storage, dan metode shared storage.

Baca juga: Apa itu LIFO? Ini Pengertian Lengkapnya!

Berbagai Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membuat Layout Gudang

Bila Anda ingin merencanakan suatu tata letak gudang yang baik, maka Anda harus mempunyai pemahaman yang lebih baik tentang strategi mengelola persediaan barang.

Tujuannya tentu agar kegiatan merancang suatu gudang bisa dilakukan secara lebih efektif dan efisien. Tapi, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan merancang layout gudang, yaitu:

1. Aliran (Flow)

Aliran pergerakan barang di gudang bisa disebut sebagai gerakan memindahkan berbagai bahan baku, orang dan lalu lintas dalam suatu gudang. Sehingga, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengurangi setiap area lalu lintas yang tinggi atau potensi terjadinya tabrakan aliran silang yang kerap kali terjadi di dalam gudang.

Sederhananya, setiap kegiatan yang dilakukan oleh staf gudang harus bisa ditempatkan sedekat mungkin dengan kegiatan awal. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya dan begitu juga seterusnya.

Itu artinya, setiap barang yang akan digunakan untuk bisa melakukan kegiatan harus berada di dekat workstation. Lalu, barulah menghilangkan gerakan dan berbagai gangguan sebanyak banyaknya.

2. Aksesibilitas (Accessibility)

Seluruh produk yang berada di atas palet harus bisa diakses secara mudah oleh semua orang tanpa perlu lagi memindahkan satu produk yang menghalangi agar bisa mencapai produk itu sendiri.

Itu artinya, penataan rak pallet harus ditempatkan dalam baris yang cukup lebar agar bisa mengakomodasi penggunaan pallet jack dan lift truck agar bisa menumpuk dan menempatkan item secara strategis tanpa perlu mengganggu produk yang lainnya.

3. Ruangan (Space)

Poin terakhir yang harus Anda pertimbangkana dalah memaksimalkan ruang yang tersedia di dalam gudang semaksimal mungkin dengan mempertimbangkan berbagai hal, seperti penyimpanan, kantor, stock, area kerja, pengisian daya, penyimpanan palet kosong, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi, akan ada banyak sekali jenis rak vertikal dan peralatan lain yang berdiri sendiri. Sehingga, memerlukan adanya layout gudang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, diperlukan juga rancangan gudang yang bersifat fleksibel agar bisa diubah di masa depan bila nantinya diperlukan.

Baca juga: Apa itu FIFO (First in First out) dalam Stok Opname?

Cara Membuat Desain Gudang yang Baik

1. Maksimalkan Ruangan Gudang

Setiap gudang harus bisa menghitung secara cermat tentang berapa besar luas gudang yang bisa dimanfaatkan oleh setiap produk. Umumnya, barang digudang akan dikategorikan menjadi empat jenis, yakni barang setengah jadi, barang baku, barang jadi, dan barang defect.

Lalu, keempat jenis barang tersebut pun dibagi lagi menjadi dua bagian, yakni barang yang disimpan sementara untuk selanjutnya di oper ke bagian lain, atau berbagai barang yang sudah siap untuk didistribusikan ke luar dan dikirim ke berbagai wilayah lain.

Untuk itu, diperlukan hitungan yang sangat cermat. Jangan sampai gudang berlebihan dalam menyimpan barang dan membuat barang yang tersimpan tersebut tidak berputar dan menyebabkan kerugian.

2. Maksimalkanlah Peralatan yang Ada

Bila Anda ingin memperoleh kelancaran dalam proses penerimaan dan juga pengiriman barang, maka area docking kendaraan harus Anda desain secara efisien.

Cobalah untuk memasang dock door atau pintu gerbang muatan yang sesuai dengan alat angkut keluar masuk. Jika alat angkut yang digunakan adalah truk, maka hindari penggunaan dock door yang digunakan untuk mobil box.

Selain itu, pertimbangkanlah untuk menggunakan kendaraan pengangkutan di dalam gudang agar bisa menghemat waktu untuk bongkar muat barang.

Perhatikan juga lebar jalan yang digunakan sebagai lalu lintas kendaraan barang. Ruangan yang cukup akan mempermudah ruang gerak peralatan dan pekerja yang mengurus kegiatan bongkar muat barang.

3. Maksimalkanlah Tenaga Kerja

Setiap gudang umumnya mempunyai karyawan yang lumayan banyak untuk mengatur kegiatan bongkar muat barang. Untuk itu, sangat penting sekali untuk memaksimalkan penggunaan tenaga kerja.

Anda bisa coba menggunakan sistem shift, menggunakan berbagai alat yang memadai, terutama untuk mengangkut barang dari area bongkar muat ke area penyimpanan, seperti pemindai barang dan juga forklift.

Jangan lupa juga untuk membuat area peristirahatan untuk para sopir dan pekerja bongkar muat. Mereka tentu memerlukan tempat istirahat untuk memulihkan tenaga setelah perjalanan jauh dan pekerjaan yang berat.

Baca juga: Apa itu Kegiatan Distribusi? Ini Pengertian dan Tujuannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang layout gudang, mulai dari pengertian, berbagai hal yang harus diperhatikan, dan tips mengatur layout gudang yang baik.

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mengelola persediaan barang digudang, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Fitur persediaan barang di Accurate Online akan memudahkan Anda dalam mengatur dan menyesuaikan persediaan, stock opname, transfer barang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam membuat keputusan bisnis.

Apa lagi kelebihan yang bisa saya dapatkan dengan menggunakan Accurate Online? Silahkan coba dulu saja selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.