Pentingnya Logo dalam Proses Branding Bisnis yang Sukses

Saat Anda mempertimbangkan semua faktor yang berperan dalam membangun bisnis, membuat logo untuk keperluan branding mungkin tidak tampak seperti prioritas utama dalam sebuah bisnis

Padahal pada kenyataannya, bisnis berusaha keras untuk meyakinkan konsumen untuk mencoba produk dan layanan mereka dan untuk terus membeli penawaran tersebut di masa depan.

Branding adalah praktik pemasaran umum yang digunakan bisnis untuk mempertahankan pelanggan. Ini melibatkan penciptaan citra atau tema perusahaan yang berbeda yang membentuk hubungan antara perusahaan dan produk dan layanan berkualitas di benak konsumen.

Sedangkan logo adalah jenis alat umum yang digunakan perusahaan dalam proses branding. Pertimbangkan bagaimana logo dan branding dapat membantu memasarkan bisnis kecil Anda dengan membaca artikel ini:

Mengapa Logo Penting dalam Proses Branding?

Bagi McDonald’s, logo mereka adalah golden arches. Bagi Nike, itu adalah tanda swoosh raksasa. Untuk Starbucks, itu adalah putri duyung berekor dua.

Mereka adalah merek yang berbeda, tetapi semuanya memiliki logo ikonik yang langsung dapat dikenali oleh sebagian besar masyarakat. Mengingat merek hanya dengan satu gambar adalah bukti nilai dari memiliki logo yang dirancang dengan baik akan berdampak baik bagi bisnis.

Tapi mengepa memiliki logo menjadi sangat penting? Berikut adalah alasannya:

1. Untuk Menarik Perhatian

Rentang perhatian sulit didapatkan akhir-akhir ini – terutama dari konsumen. Saat ini, perusahaan hanya memiliki waktu sekitar 2 detik untuk meyakinkan pelanggan potensial bahwa produk mereka layak dipertimbangkan.

Dan itu pentingnya memasukan logo dalam kampanye branding bisnis Anda

Logo dapat dengan cepat menarik perhatian konsumen dan mengomunikasikan nilai inti perusahaan dengan cara yang menarik. Dengan begitu konsumen dapat menilai bisnis Anda dari penampilannya, dan ini dapat menguntungkan Anda jika Anda memiliki logo yang solid untuk mewakili perusahaan Anda.

2. Untuk Membuat Kesan Pertama yang Kuat

Anda memiliki satu kesempatan untuk melakukannya dengan benar.

Logo adalah pengenalan pertama perusahaan kepada konsumen. Jika dirancang dengan baik, ini dapat menarik minat publik dan mengundang mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan; jika tidak, Anda baru saja mengasingkan basis pelanggan potensial dan pada dasarnya merugikan bisnis Anda.

Kesan pertama ini adalah cara Anda untuk segera mengomunikasikan kepemilikan atas produk yang Anda jual atau niche yang Anda dominasi.

Apakah Anda menawarkan bola basket dengan cengkeraman yang lebih baik? Apakah bisnis konsultan Anda sangat membantu para solopreneur? Logo Anda memperkenalkan perusahaan Anda sebagai otoritas di ruang profesional Anda sejak awal.

Baca juga: Iklan Produk: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh dan Tips Membuatnya

3. Ini adalah Dasar dari Identitas Merek Anda

Pencitraan merek yang sukses adalah tentang menceritakan sebuah kisah yang akan memengaruhi emosi pelanggan yang jelas dan sederhana.

Dan, meskipun benar bahwa desain logo hanyalah bagian dari branding merek perusahaan, ini berfungsi sebagai dasar untuk seluruh narasi yang menjadi dasar merek tersebut dibangun.

Warna, corak, font – semua ini ditentukan oleh cerita yang ingin Anda ceritakan, dan logo Anda menentukan panggung untuk cerita ini.

Elemen-elemen ini nantinya akan diterjemahkan dari logo Anda ke semua materi branding Anda – kop surat, kartu nama, halaman arahan, apa saja – menciptakan identitas merek yang konkret dan dapat dipasarkan.

4. Logo Membuat Bisnis Anda Berkesan

Logo adalah titik identifikasi; mereka adalah simbol yang digunakan pelanggan untuk mengenali merek Anda. Idealnya, Anda ingin orang-orang langsung menghubungkan tampilan logo Anda dengan ingatan tentang apa yang dilakukan perusahaan Anda – dan, yang lebih penting, bagaimana perasaan mereka.

Karena logo yang baik adalah elemen visual yang menyenangkan secara estetika, hal itu memicu ingatan positif tentang merek Anda yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh nama perusahaan Anda.

Dan, jika kita semua jujur, beberapa audiens Anda mungkin akan melupakan nama bisnis Anda karena itu sifat alami manusia, tetapi mereka akan segera mengaitkan logo Anda dengan ingatan mereka akan merek Anda.

Baca juga: Direct Selling: Pengertian, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Tipsnya

5. Logo Memisahkan Anda Dari Persaingan

Berani tampil beda dengan logo Anda, karena logo perusahaan Anda memberi tahu konsumen mengapa bisnis Anda unik.

Tentu, mungkin ada 50 kedai kopi lain di kota Anda, tetapi kedai kopi Anda adalah satu-satunya yang berkomitmen pada keberlanjutan, dan logo yang Anda buat mendorong pesan itu datang.

Logo perusahaan yang dirancang dengan baik dapat mengkomunikasikan segala hal mulai dari latar belakang perusahaan (profesional, santai, menyenangkan) hingga misi mereka (hiburan, efisiensi, dan inovasi) melalui ikon yang tepat atau font yang sesuai.

Dengan kata lain, logo Anda adalah forum untuk menyampaikan nilai-nilai Anda dan menunjukkan kepada konsumen mengapa Anda tidak seperti pesaing – Anda lebih baik.

6. Menumbuhkan Loyalitas Merek

Konsumen menginginkan konsistensi.

Saat merek Anda tumbuh, logo Anda akan menjadi lebih dikenal oleh berbagai macam konsumen, dan keakraban ini menciptakan persepsi bahwa Anda dapat dipercaya dan dapat diakses.

Pikirkan tentang ini: Saat Anda sedang berbelanja perlengkapan olahraga dan tiba-tiba menemukan celana olahraga dengan logo swoosh Nike, Anda langsung siap untuk membeli. Mengapa? Karena dengan Nike Apparel, Anda tahu bahwa Anda berada di tangan yang tepat; Nike adalah merek yang Anda percayai. Kepercayaan dibangun di atas logo yang dirancang dengan baik, dan loyalitas merek dengan cepat diikuti.

Setelah mereka menyukai Anda, pelanggan Anda akan mencari Anda lagi dan lagi – dan logo Anda adalah hal yang pertama kali mereka cari.

7. Audiens Anda Mengharapkannya

Logo Anda adalah hal pertama yang akan dicari audiens Anda ketika mereka melihat komunikasi apa pun dari merek Anda. Ini harus menjadi bagian depan dan tengah dari semua materi pemasaran Anda seperti kartu nama, selebaran, iklan, dll.

Jika Anda tidak memiliki logo yang menonjol, Anda kehilangan kesempatan untuk membuat bisnis Anda melekat di benak audiens Anda.

Baca juga: Word of Mouth Adalah Strategi Pemasaran Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan

logo branding 2

Karakteristik Logo yang Baik

Logo adalah bagian sentral dari branding bisnis apa pun, karena biasanya menjadi titik kontak pertama bagi sebagian besar calon konsumen. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa saat Anda membuat logo, logo tersebut benar-benar mewakili merek Anda dan dapat terhubung dengan konsumen.

Ada beberapa aspek yang masuk ke dalam desain logo, dan mereka dapat berubah tergantung pada kebutuhan Anda dan industri tempat Anda beroperasi. Meskipun demikian, logo terbaik semuanya memiliki lima karakteristik utama, tidak peduli perbedaan yang membuatnya unik.

1. Sederhana

Banyak logo yang paling berpengaruh dan sukses dalam sejarah ternyata sangat sederhana. Dari swoosh tunggal Nike hingga desain eponim Apple, logo sederhana mudah dikenali dan diingat.

Kesederhanaan adalah bahan utama logo karena sebagian besar konsumen hanya fokus pada logo untuk waktu yang singkat. Desain sederhana dapat mengekspresikan kepribadian merek Anda secara ringkas dan efektif.

Logo sederhana berfokus pada menyoroti bagian terpenting dari kepribadian merek dengan medium yang terbatas. Ini termasuk lebih fokus pada aspek seperti warna dan font serta menyaring ide ke dalam bentuk yang paling sederhana.

Misalnya, simbol adalah cara yang ampuh untuk menciptakan kesederhanaan, karena dapat menanamkan asosiasi mental dengan sekumpulan nilai atau ide tertentu.

Desain hebat lainnya untuk logo sederhana termasuk tanda huruf dan kata, yang menghilangkan gambar dan fokus pada mengkomunikasikan kepribadian merek secara langsung dengan font dan warna. Secara keseluruhan, aspek terpenting adalah fokus pada penggunaan sesedikit mungkin elemen untuk mengomunikasikan identitas merek Anda.

2. Relevan

Kualitas pertama yang dimiliki logo hebat adalah bahwa logo tersebut relevan dengan pasar yang ditargetkan perusahaan mereka. Lebih penting lagi, mereka mengomunikasikan dengan jelas kepribadian dan identitas merek.

Komponen utamanya adalah penggunaan warna dalam logo Anda, yang dapat memicu emosi yang berbeda dan menunjukkan kepribadian merek Anda kepada konsumen. Perusahaan yang menjual mainan untuk anak-anak dapat memilih warna-warna cerah yang mengomunikasikan energi, kesenangan, dan kegembiraan.

Komponen penting kedua adalah font yang digunakan dalam logo atau tanda kata. Font membantu mengomunikasikan nada merek Anda dan nilainya, yang pada akhirnya membantu mendefinisikan kepribadian Anda dengan lebih baik.

Font yang lebih bersudut dan tipis ideal untuk menyoroti perusahaan yang bekerja di bidang teknologi, sementara kurva yang lebih lembut sangat cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang perhiasan atau produk wanita.

Terakhir, memilih simbol yang tepat adalah aspek kunci dalam membangun jangkar visual untuk logo Anda. Simbol adalah aspek penting dari sebuah logo karena dapat digunakan sendiri sebagai versi logo Anda yang lebih sederhana. Simbol juga penting saat membangun hubungan antara merek Anda dan ide serta nilai di baliknya.

Baca juga: Apa Itu Forecast Penjualan? Berikut Pembahasan Lengkapnya

3. Mudah diingat

Aspek kunci lain dari logo yang baik adalah mudah diingat, bahkan sejak pertama kali Anda melihatnya. Tujuan logo adalah untuk menciptakan hubungan dengan konsumen dan membangkitkan minat pada merek Anda.

Ketika konsumen dapat dengan mudah mengingat logo dan merek Anda, mereka akan cenderung menghubungkannya dengan perusahaan Anda. Logo yang mudah diingat dan menghasilkan pengaruh yang kuat sangat berharga karena membantu merek Anda melekat di benak konsumen.

Logo yang mudah diingat menggabungkan banyak elemen yang dibahas di atas, tetapi mereka menemukan keseimbangan yang tepat antara aspek visual dan tekstual. Lebih penting lagi, mereka mengomunikasikan dengan jelas dan kohesif kepribadian dan nada merek Anda.

Terakhir, logo yang mudah diingat harus selalu berusaha menjadi unik. Bahkan di industri yang memiliki standar dan norma umum untuk desain, logo Anda harus selalu terlihat menonjol dari kemasannya sebanyak mungkin.

Baca juga: 5 Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan yang Bermutu dan Berkualitas

4. Abadi

Logo terbaik menonjol dari kemasannya karena tetap relevan dan efektif selama bertahun-tahun. Anda selalu tergoda saat mendesain logo yang menggabungkan tren dan mode desain terkini, tetapi itu tidak selalu menjadi keputusan terbaik.

Logo-logo ini mungkin terlihat bagus sekarang, tetapi mungkin perlu didesain ulang nanti untuk menjaganya tetap mutakhir.

Sebaliknya, logo yang tak lekang oleh waktu adalah logo yang akan tetap relevan dan terhubung dengan pengguna kapan pun itu digunakan. Misalnya, lengkungan emas McDonald’s tetap tidak berubah selama beberapa dekade, seperti halnya tanda kata ikonik Coca-Cola.

Logo abadi fokus pada kualitas daripada kuantitas, menghilangkan banyak elemen yang tidak perlu dan ide gila dan fokus pada apa yang berhasil. Ini berarti berfokus secara eksklusif pada ide dan nilai inti merek Anda untuk mengungkap cara paling efektif untuk menyebarkannya tanpa kekacauan yang tidak perlu.

Aspek penting lainnya dari logo abadi adalah bahwa mereka menjaga warna tetap sederhana dan dasar, mengabaikan gradien dan palet besar demi warna yang lebih selektif dan unik.

Terakhir, logo yang mudah diingat harus selalu berusaha menjadi unik. Bahkan di industri yang memiliki standar dan norma umum untuk desain, logo Anda harus selalu terlihat menonjol dari kemasannya sebanyak mungkin.

5. Serbaguna

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, logo yang bagus dapat digunakan dalam berbagai cara, bentuk, dan situasi. Misalnya, logo yang hanya dapat Anda gunakan dalam satu ukuran secara online tidak terlalu bagus, karena membatasi cara Anda mengekspos merek Anda ke dunia.

Di sisi lain, memilih logo yang dapat diubah ukurannya, dicetak, atau ditempatkan pada media yang berbeda membuat merek Anda lebih terlihat secara signifikan.

Bahkan logo dengan tampilan terbaik belum tentu bagus jika menjadi tidak terbaca atau tidak dapat dikenali saat Anda menyusutkannya untuk dikemas atau terdistorsi saat Anda meletakkannya di papan iklan.

Salah satu cara termudah untuk membuat logo Anda lebih fleksibel adalah dengan memikirkan tentang format apa yang Anda buat dan menyimpannya. Gambar foto tradisional mungkin berubah menjadi piksel saat Anda mengubah ukurannya, tetapi file vektor dibuat untuk diubah ukurannya.

Pada tingkat desain, meminimalkan kekacauan dan memilih desain sederhana akan membuat logo Anda lebih fleksibel. Memiliki terlalu banyak garis, hiasan, elemen, atau warna dapat membuat desain rumit yang akan diskalakan dengan buruk. Sebaliknya, ingatlah bahwa Anda memiliki real estat yang terbatas, dan fokuslah untuk mengatakan lebih banyak dengan lebih sedikit.

Baca juga: Budaya Organisasi: Pengertian, Fungsi, Kualitas dan Tips Mengembangkannya

Kesimpulan

Jadi, begitulah! Seperti yang Anda lihat, Anda membutuhkan logo; itu adalah bagian penting dalam membangun branding bisnis dan merek yang sukses.

Logo yang bagus mudah dirancang jika Anda berfokus pada kualitas yang membuatnya efektif. Dengan bekerja untuk menghasilkan desain yang abadi namun serbaguna, Anda dapat membangun fondasi yang kuat untuk membangun merek Anda.

Membuatnya sederhana juga akan membantunya lebih berkesan bagi audiens, sehingga memastikan bahwa desain Anda lebih relevan. Dengan logo yang bagus di tangan, Anda dapat mulai membuat merek berdampak yang akan menarik perhatian konsumen sambil tetap memikirkan Anda untuk waktu yang lama.

Selain logo yang baik, Anda juga memerlukan sistem pengelolaan keuangan bisnis yang memudahkan Anda dalam mengatur seluruh alur pencatatan keuangan, mengelola kas, membuat laporan keuangan dan kegiatan finansial lain dengan mudah.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online secara gratis selama 30 hari sebagai sistem akuntansi usaha yang membantu memudahkan Anda dalam pengelolaan proses pembukuan dan pemantauan kesehatan finansial bisnis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan