Word of Mouth Adalah Strategi Pemasaran Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan

Perlu Anda ketahui bahwa word of mouth adalah salah satu dari sekian banyak strategi marketing yang paling terkenal dan legendaris. Sama seperti namanya, word of mouth  adalah suatu upaya pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.

Jadi, jika ada seorang pelanggan yang merasa sukan dengan produk tertentu, maka dia bukan hanya suka saja, bisa jadi juga dia sering membicarakan produk tersebut ke taman atau kerabatnya. Jadi, orang tersebut sudah membantu brand atau perusahaan dalam menyebarluaskan informasi terkait produk dan melakukan kegiatan word of mouth.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan strategi marketing ini, maka kali ini kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

Word of Mouth Marketing Adalah….

Dilansir dari laman Kayako, word of mouth adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sederhana untuk memberikan informasi pada orang yang sudah dikenal. Biasanya, kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran dengan metode merekomendasikan suatu produk kepada mereka yang berada dalam kelompoknya sendiri.

Disisi lain, dikutip dari laman resmi Investopedia, word of mouth marketing  adalah suatu keadaan ketika minat pelanggan pada suatu produk akan tergambar pada dialog kesehariannya. Sederhananya, saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang, maka orang tersebut akan secara otomatis ingin selalu membicarakan produk barang tersebut kepada orang lain setiap hari.

Tentunya, konsumen tersebut akan terus memberikan pujian pada produk barang yang disukainya tersebut secara tidak langsung. Bahkan, kemungkinan besar dia juga akan merekomendasikan produk tersebut pada orang terdekatnya untuk ikut menggunakan produk barang yang sudah digunakan.

Jadi, pada dasarnya word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang sifatnya gratis untuk suatu brand yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar oleh para pelanggan tetapnya.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa word of mouth marketing ini bisa dimotivasi dengan berbagai faktor, seperti ketika perusahaan Anda melakukan press release pada beberapa media ternama.

Baca Juga: Pengertian Kemasan Produk: Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Keuntungan dari Word of Mouth Adalah

Dalam suatu penelitian yang dipublikasikan dalam situs resmi Nielsen, dilaporkan bahwa 92% orang akan lebih mempercayai produk rekomendasi dari orang terdekatnya. Sehingga, jenis pemasaran ini menjadi jenis yang sudah terbukti sangat mampu memberikan keuntungan. Selain itu, keuntungan lainnya dari strategi marketing ini adalah:

1. Meningkatkan Kepercayaan

Keuntungan paling utama dari adanya kegiatan word of mouth adalah membangun kepercayaan pada konsumen terkait produk barang yang ditawarkan perusahaan. Jadi, word of mouth  akan secara otomatis terjadi ketika ada pelanggan yang merasa ketika menggunakan suatu produk dari perusahaan.

Dengan adanya peningkatan rasa puas tersebut, maka pelanggan akan semakin percaya dengan produk dari brand tersebut. Bahkan akan membuat mereka berani untuk merekomendasikannya pada orang-orang yang ada disekitarnya dan pada akhirnya akan membuat banyak orang percaya terkait produk dari brand tersebut.

2. Membangun Brand

Kita tentunya paham bahwa suatu brand atau bisnis baru perlu membangun brand nya sebaik mungkin agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Selain dilakukan dengan cara media sosial atau media lainnya, ternyata strategi dari word of mouth ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang efektif.

Nancy Wagner dalam website resmi Chron.com menjelaskan bahwa word of mouth marketing akan mampu membantu suatu brand menjadi terlihat lebih terkenal dan terpercaya.

Ketika banyak orang yang percaya akan produknya, maka suatu brand dari produk tersebut secara otomatis akan menjadi semakin dikenal oleh banyak orang.

Namun, melakukan upaya branding lainnya juga tetap harus dilakukan, seperti membuat brand identity yang mampu membuat suatu brand dikenal lebih luas dengan nilai yang ada pada brand tersebut.

3. Tidak Membutuhkan Banyak Biaya

Keuntungan lainnya dari menggunakan strategi word of mouth adalah minimnya penggunaan biaya. Jadi, perusahaan tidak melulu harus mengeluarkan banyak biayanya dalam melakukan kegiatan marketing.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, salah satu strategi pemasaran ini cukup terjangkau karena hanya harus memanfaatkan pengalaman yang diperoleh oleh pelanggan. Namun, agar word of mouth marketing ini bisa berjalan efektif, setiap perusahaan harus mampu melakukan upaya lainnya.

Dikutip dari laman Shopify, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan selalu memberikan penghargaan kepada pelanggan. Bentuknya bisa dengan memberikan hadiah atau layanan gratis untuk konsumen yang loyal.

Strategi untuk Tingkatkan Word of Mouth

Walaupun Word of mouth marketing ini memang tidak membutuhkan banyak biaya, tapi Anda tetap harus mempersiapkan strategi yang efektif untuk mampu menarik minat pelanggan. Berikut ini adalah beberapa cara yang paling efektif untuk menjalankan Word of mouth marketing:

1. Buat Kampanye yang dapat Menyentuh Sisi Emosional

Salah satu metode yang bisa Anda gunakan untuk mampu meningkatkan strategi Word of mouth marketing ini adalah dengan cara membuat kampanye iklan yang menyentuh emosional calon pelanggan Anda. Dikutip langsung dari laman Entrepreneur, suatu brand akan menjadi lebih mudah terkenal ketika mereka mampu membuat suatu kampanye iklan yang mampu terhubung dengan sisi emosional pelanggannya.

Jadi, ketika suatu brand mampu membuat hubungan emosional yang baik dengan pelanggannya, secara otomatis produk mereka akan menjadi diperbincangkan oleh banyak orang. Nah sama seperti pembahasan sebelumnya, word of mouth akan dikatakan berhasil bila pelanggan mempunyai rasa kepercayaan yang tinggi pada suatu produk.

2. Gunakan Jasa Influencer

Dewasa ini, perkembangan sosial media membuat influencer marketing menjadi turut semakin terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Nah, Anda bisa memanfaatkan strategi ini untuk bisa mengembangkan word of mouth marketing dan menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Memanfaatkan jasa seorang influencer tentu akan membantu proses branding pada produk Anda karena mereka sudah memiliki banyak followers atau pengikut. Tapi, disarankan agar Anda melakukan berbagai riset yang mendalam terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan jasa seorang influencer.

Jadi, cobalah untuk memastikan bahwa influencer tersebut memiliki histori yang baik dan juga memiliki follower yang sesuai dengan target pasar Anda.

3. Buat Acara yang Melibatkan Komunitas

Strategi selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk menerapkan word of mouth marketing adalah dengan selalu membuat suatu event yang melibatkan komunitas tertentu. Dengan membuat suatu event yang melibatkan pelanggan, maka mereka akan merasa sangat dihargai oleh brand yang telah disukainya tersebut.

Selain itu, acara ini juga mampu meningkatkan hubungan yang baik antara pelanggan dengan brand nya. Kenapa? Karena kedua belah pihak di dalamnya bisa menjalin komunikasi secara lebih personal.

4. Selalu Minta Feedback dari Pelanggan

Salah satu cara yang efektif untuk mampu meningkatkan pelayanan Anda kepada pelanggan Anda adalah dengan selalu meminta feedback yang baik dari mereka. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak melupakan brand dan selalu membicarakan brand tersebut. Untuk itu, perusahaan wajib menghasilkan produk terbaik.

Jika kualitas dari suatu produk menurun,  maka rasa kepuasan pelanggan akan menurun, bahkan bisa jadi mereka tidak mampu memberikan rekomendasinya kepada orang lain. Untuk itu, cobalah untuk selalu meminta feedback dari pelanggan setia Anda agar Anda bisa mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dari brand Anda.

5. Fokus dalam Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan word of mouth adalah selalu menjaga hubungan baik Anda dengan para pelanggan. Walaupun memang hal ini terdengar sepele dan sederhana, namun cara ini harus selalu dilakukan oleh setiap barang jika memang ingin mempunyai customer yang loyal.

Dilansir dari laman The Balance SMB, hubungan yang dekat antara brand dengan pelanggan akan membuat para pelanggan merasa lebih mudah untuk merekomendasikannya pada orang terdekatnya.

Cara untuk membangun dan memperkuat hubungan yang dekat dengan pelanggan bisa Anda lakukan dengan berbagai macam, cara, seperti dengan cara menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam non stop.

Baca juga: Arti Giveaway: Pengertian dan Dampaknya Pada Strategi Marketing

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan lengkap diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa adalah suatu keadaan ketika minat pelanggan pada suatu produk akan tergambar pada dialog kesehariannya. Sederhananya, saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang, maka orang tersebut akan secara otomatis ingin selalu membicarakan produk barang tersebut kepada orang lain setiap hari.

Jika suatu perusahaan mampu menerapkan salah satu strategi marketing ini, maka bukan tidak mungkin laba perusahaan akan meningkat dan perusahaan akan semakin berkembang. Namun, Anda harus terus mampu mencatat laba perusahaan lebih rapi dan akurat agar arus kas keuangan perusahaan bisa terjaga.

Untuk mempermudah Anda dalam melakukannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dan praktis. Accurate online juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan perusahaan, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1