Manajemen Strategis: Pengertian, Tujuan, Proses, dan Manfaatnya Dalam Bisnis
Sistem efektif dan efisien yang terbangun dalam perusahaan sangat bermanfaat dan menguntungkan bisnis Anda. Namun, semua itu tidak mencukupi untuk memenangi persaingan yang makin ketat. Menurut para ahli, seorang pebisnis mesti menguasai dan menyiapkan manajemen strategis, dengan begitu kekuatan bisnis Anda bisa meningkat dan keuntungan pun berlipat.
Pengertian Manajemen Strategis
Para pakar manajemen memiliki definisi manajemen strategis masing-masing. Dari buku Strategic Management karya Nicholas S. Majluk dan Arnoldo C. Hax, manajemen strategis bisa dimaknai sebagai cara memandu perusahaan untuk mencapai sejumlah sasaran. Mulai dari nilai & tanggung jawab korporasi, kapabilitas manajerial, hingga sistem administrasi yang berkaitan dengan pengambilan keputusan strategis dan operasional di berbagai tingkat hierarki.
Intinya, manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar bikinan manajemen tertinggi yang diaplikasikan oleh semua anggota suatu oragnisasi demi terwujudnya tujuan organisasi.
Manajemen puncak, tingkatan manajemen lainnya, dan bagian operasional memiliki peran masing-masing dalam menjalankan manajemen strategis. Semua komponen dalam perusahaan harus berpartisipasi dalam menyusun, menjalankan, dan mengontrol keputusan yang telah disepakati. Hasilnya tujuan bersama pun tercapai.
Baca juga : Manajemen Bisnis : Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Perencanaannya
Tujuan Manajemen Strategis
Setidaknya ada tujuh tujuan manajemen strategik seperti berikut ini.
- Memberikan arah jangka panjang perusahaan yang bakal dicapai.
- Membantu perusahaan beradaptasi pada setiap perusahaan.
- Membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efektif.
- Mengaplikasikan dan mengevaluasi strategi yang disepakati dengan efektif dan efisien.
- Membuat strategi baru untuk menyesuikan dengan perkembangan lingkungan eksternal.
- Meninjau ulang kelebihan dan kelemahan serta mencermati peluang dan ancaman bisnis perusahaan.
- Berinovasi pada produk dan layanan sehingga selalu disukai oleh konsumen.
Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh Hukum Penawaran & Permintaan Secara Lengkap
Proses Manajemen Strategis
Idealnya, proses manajemen strategis berpedoman pada pemahaman yang mendalam dan utuh tentang pasar, lingkungan eksternal, dan kompetisi. Berikut ini tiga proses penerapan manajemen strategis dalam bisnis.
1. Tahap Formulasi
Membuat misi, mementukan kekuatan dan kelemahan internal, mengidentifikasi peluang dan tantangan eksternal, serta mengambil keputusan strategis pilihan termasuk kegiatan yang dilakukan pada tahap formulasi.
Termasuk juga pembahasan terkait bisnis baru yang akan dijalani atau bisnis yang dihentikan.
2. Tahap Implementasi
Pada tahap ini Anda harus menentukan sasaran tujuan, mengelola kebijakan dan semua sumber daya, serta memotivasi pegawai. Membangun kultur yang mendukung strategi dan menciptakan struktur oragnisasi yang efektif pun termasuk ke dalam tahap implementasi.
3. Tahap Evaluasi
Ada tiga kegiatan utama pada tahap evaluasi yaitu menganalisis semua faktor internal dan eksternal, mengukur kinerja, serta menentukan tindakan perbaikan.
Tahap evaluasi diperlukan untuk mencermati sukses tidaknya strategi yang diterapkan. Evaluasi sangat diperlukan agar strategi perusahaan Anda bisa beradaptasi dengan baik pada setiap perubahan internal dan eksternal.
Baca juga : Manajemen produksi: Pengertian, Fungsi, Aspek dan Ruang Lingkup
Manfaat dalam Bisnis
Penerapan manajemen strategik memiliki banyak manfaat seperti mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Jangan pernah membatasi keuntungan yang dihasilkan dari bisnis Anda.
Jika saat ini perusahaan Anda memperoleh laba 100% dibandingkan dengan tahun lalu. ingatlah selalu bahwa masih ada 100% lagi profit yang belum tergali. Bagaimana caranya? Anda harus menyusun strategi yang jitu untuk mencapai itu.
Manfaat lainnya yakni mengurangi risiko, meningkatkan keunggulan kompetitif (competitive advantage), memiliki fokus tujuan yang jelas, dan memaksimalkan semua sumber daya.
Baca juga : Pengertian Lengkap Digital Marketing dan Tips Efektif Untuk Melakukannya
Kesimpulan
Anda sudah memahami definisi manajemen strategis dan manfaatnya dalam bisnis kan? Semoga bisnis Anda tetap bertahan dan terus berkembang di tengah ketatnya persaingan usaha setelah membaca pembahasan di atas.
Jangan lupa juga lakukan pembukuan pada bisnis Anda. Dengan proses pembukuan yang terencana Anda bisa dengan mudah memantau data keuangan bisnis Anda secara faktual.
Jika Anda kesulitan menggunakan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan bisnis yang lebih mudah dan praktis. Pilihlah software akuntansi yang mudah digunakan, aman digunakan, dan memiliki harga terjangkau seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini untuk kategori software akuntansi. Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.