Marketing Collateral dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Dalam dunia marketing, penting bagi sebuah bisnis untuk meyakinkan calon konsumen sebelum membeli produk atau jasa yang ditawarkannya. Tujuannya, agar konsumen tidak kecewa saat melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Untuk mendukung hal ini, bisnis bisa menerapkan strategi yang disebut dengan istilah marketing collateral.

Marketing collateral adalah berbagai jenis media yang bisa mendukung kegiatan pemasaran dan penjualan sebuah bisnis. Ia menjadi bagian penting yang membuat calon konsumen mengetahui, memahami, memercayai, hingga akhirnya membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk lebih memahaminya, artikel berikut ini akan menjelaskan tentang apa itu marketing collateral dan manfaatnya bagi bisnis, serta bagaimana membuatnya agar efektif.

Apa Itu Marketing Collateral?

Marketing collateral adalah kumpulan media, konten, dan informasi yang dibuat untuk mendukung upaya pemasaran dan penjualan. Strategi pemasaran ini sebenarnya sudah banyak digunakan dan mudah ditemukan di ruang publik. Salah satunya ialah ketika pergi ke mall dan Anda diberikan brosur penjualan ponsel, motor, mobil, hingga hunian.

Brosur adalah salah satu bentuk marketing collateral konvensional. Bentuk-bentuk tersebut biasanya berisi penjelasan, spesifikasi, dan fitur produk. Pada bagian akhir, perusahaan biasanya menuliskan call to action (CTA) agar calon konsumen dapat melakukan tindakan selanjutnya, entah itu menghubungi sales ataupun membeli produk.

Kini, bentuk strategi pemasaran ini sudah mulai merambah ke dunia digital. Di mana bentuknya dapat berupa video, podcast, infografik, email, hingga artikel.

Adapun sebuah perusahaan bisa saja menerapkan berbagai bentuk strategi pemasaran secara sekaligus. Namun, setiap bentuknya perlu disesuaikan dengan tahapan customer journey atau pengalaman pembeli dari awal pengenalan produk hingga ke proses pembelian.

Dalam hal ini, terdapat empat tahap customer journey yang harus dimanfaatkan oleh marketer, beserta contohnya.

  • Awareness: e-book, landing page, infografik
  • Consideration: email, review pelanggan, katalog produk
  • Decision: presentasi, proposal, newsletter
  • Loyalty: laporan digital, merchandise, majalah khusus anggota

Baca juga: Drip Marketing, Strategi Pemasaran yang Pasti Berhasil!

Manfaat Marketing Collateral

Dalam praktiknya, berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan oleh marketing collateral ketika diterapkan secara konsisten oleh sebuah bisnis.

1. Menciptakan Brand Awareness

Penggunaan berbagai bentuk media pemasaran akan membantu bisnis dalam menciptakan kesadaran merek atau brand awareness. Sebab, media pemasaran akan mengenalkan merek, produk, atau layanan bisnis dengan jangkauan yang lebih luas. Terlebih karena paparan merek yang dilakukan secara konsisten kepada target audiens akan membuat merek lebih mudah diingat.

Karena itu, pastikan untuk membangun branding yang tepat. Misalnya, dengan membuat logo merek yang menarik, serta profil bisnis yang informatif. Sehingga, fokus tidak hanya pada produk atau layanan yang ditawarkan saja.

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Penggunaan berbagai bentuk media pemasaran juga memungkinkan bisnis untuk sering melakukan kontak dengan pelanggan. Hal ini akan mencipatakan hubungan yang positif, serta membantu merek dalam mengenali dan memahami lebih jauh pelanggan mereka.

3. Mengenalkan Produk atau Layanan

Fungsi utama marketing collateral adalah sebagai media informasi untuk mengenalkan produk atau layanan. Karena itu, penting untuk memilih media pemasaran yang paling sesuai dengan target audiens.

Produk atau layanan yang ditawarkan harus dijelaskan serinci mungkin, mulai dari deskripsi produk, manfaat, fitur, harga, dan lainnya. Buatlah pelanggan merasa teredukasi tentang produk atau layanan yang dijual sehingga mereka semakin yakin untuk melakukan pembelian.

4. Meningkatkan Reputasi Merek

Melalui penggunaan media pemasaran, bisnis dapat menjelaskan merek, produk, atau layanan sejelas mungkin kepada target audiens. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah untuk menemukan bisnis dan penawaran tersebut melalui berbagai media. Terlebih apabila diberi tambahan informasi kontak yang detail yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

5. Membantu Penjualan

Dari sekian manfaat yang dibawa oleh strategi pemasaran ini, semuanya akan berdampak baik terhadap penjualan. Bisnis akan lebih mudah menjual produk karena sudah diyakini kualitas dan reputasinya.

Tim pemasaran pun dapat bekerja dengan lebih efektif dan tidak perlu repot mengenalkan dan mempromosikan merek, produk, atau layanan ke setiap pelanggan.

Baca juga: Branding Collateral: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Tips Membuat Marketing Collateral yang Efektif

Agar dapat diimplementasikan secara efektif, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam membuat marketing collateral.

1. Tentukan Tujuan Pemasaran

Pertama, Anda perlu menentukan tujuan yang ingin dicapai secara spesifik, seperti “Apa hal yang ingin dicapai dari strategi pemasaran ini? Apakah sekedar memberi informasi mengenai produk atau jasa? Atau apakah untuk menambah traffic website?”. Penentuan tujuan akan membantu bisnis dalam memilih media apa yang akan digunakan.

2. Tentukan Media Pemasaran

Menyambung dari poin pertama, Anda tinggal menentukan media pemasaran apa yang akan digunakan. Penentuan ini bisa dilakukan dengan memperhatikan customer journey yang telah disebutkan di atas.

3. Sesuaikan dengan Nilai Perusahaan

Anda juga harus memastikan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sejalan dengan nilai perusahaan dan strategi lainnya. Cobalah untuk berpegang teguh pada visi misi perusahaan dan sejalan dengan apa yang dituju.

4. Terapkan Branding Secara Konsisten

Setiap perusahaan memiliki identitas merek yang berbeda. Karena itu, terapkan branding secara konsisten di setiap bentuk media pemasaran yang dibuat.

Baca juga: Pengertian Marketing Below The Line, Above The Line, dan Through The Line

Penutup

Marketing collateral adalah berbagai jenis media yang digunakan oleh bisnis untuk mendukung upaya pemasaran dan penjualan. Strategi pemasaran ini dilakukan untuk meyakinkan calon konsumen sebelum membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Adapun dalam menjalankan strategi pemasaran, perusahaan perlu menganggarkan sekian persen dananya. Untuk memudahkan proses pengelolaan anggaran, perusahaan bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.