Branding Collateral: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Setiap brand memerlukan suatu strategi agar dapat dikenali dan diingat. Branding collateral adalah salah satu elemen yang bisa dimasukkan dalam strategi perusahaan untuk menanamkan ingatan terkait merek pada mereka yang menjadi target pasar.

Branding collateral atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai jaminan merek, juga dapat mempengaruhi proses penjualan dan pemasaran produk secara positif. Karena itu, penting bagi Anda yang terjun dalam dunia marketing untuk memahami elemen tersebut.

Artikel berikut ini akan memaparkan pengertian dari branding collateral, beserta jenis-jenisnya dan manfaatnya bagi sebuah brand perusahaan.

Apa Itu Branding Collateral?

Branding collateral atau brand collateral adalah seperangkat media dan materi promosi yang digunakan untuk memperkenalkan brand di pasar. Brand collateral dirancang untuk membentuk kesan pertama kepada target audiens. Contohnya, ketika seseorang membeli sebuah produk, kemasan produk tersebut akan menciptakan kesan pertama. Begitu pun ketika Anda membagikan kartu nama Anda dengan seseorang.

Elemen ini bekerja sebagai bukti nyata dari sebuah brand, yang biasanya sudah direncanakan, dirancang, dan dilaksanakan sesuai dengan nilai inti dan image perusahaan. Ketika ingin menciptakan suatu konsistensi brand, elemen ini adalah cara terbaik karena dapat menggunakan warna, logo, jenis huruf, pola, dan citra yang sama secara berulang.

Seiring berjalannya waktu, branding collateral juga akan mendukung penjualan dan pemasaran produk, sekaligus memainkan peran penting dalam pengembangan merek.

Baca juga: Contoh Iklan Kreatif di Indonesia yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Jenis-Jenis Branding Collateral

Umumnya, sebuah perusahaan akan lebih mempekerjakan in-house desaigner dan content writer-nya dalam merancang brand collateral agar sesuai dengan nilai inti perusahaan. Dalam hal ini, beberapa contoh bentuk atau jenis brand collateral yang umum digunakan oleh perusahaan ialah:

1. Situs Web

Di tengah gempuran digitalisasi dan dunia yang serba online, situs web menjadi tulang punggung bagi banyak bisnis. Situs web dapat dirancang untuk menampilkan elemen yang ingin ditunjukkan oleh perusahaan seperti sejarah perusahaan, profil perusahaan, hingga nilai sebuah produk atau layanan.

Hal tersebut jelas berguna untuk mendorong penjualan. Terlebih karena sifatnya yang fleksibel sehingga bisa terus dikembangkan sesuai tren dan kebutuhan perusahaan.

2. Kartu Bisnis

Kartu bisnis merupakan bentuk branding collateral yang dicetak oleh perusahaan dan dibagikan kepada pihak eksternal. Kartu bisnis ini secara nyata dipertukarkan selama pertemuan dengan berbagai investor, vendor, dan pihak luar.

Umumnya, mulai dari manajemen atas hingga eksekutif perusahaan, semuanya memiliki kartu yang menampilkan nama merek bisnis, logo, alamat, dan CTA (call to action).

3. Brosur Perusahaan

Brosur perusahaan dapat secara khusus menampilkan perjalanan sebuah brand sejak awal. Biasanya, hal ini dilakukan dengan memaparkan profil promotor dan anggota kunci manajemen, pernyataan misi, pernyataan visi, nilai inti brand, tujuan, fundamental, serta rincian produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan.

Brosur juga menyoroti kekuatan sebuah merek dan biasanya diedarkan ke komunitas investor dan pelanggan selama pameran serta di titik-titik penjualan.

4. Brosur Produk

Brosuk produk sifatnya cukup krusial karena menampilkan sifat, fitur, kelebihan, kualitas, teknik pembuatan, hingga manfaat suatu produk. Selain dalam bentuk cetakan, versi lain seperti brosur elektronik dan video juga dipilih oleh brand guna mengikuti perkembangan teknologi.

5. Alat Tulis Perusahaan

Barang-barang yang berhubungan dengan alat tulis atau stationery items mencakup elemen seperti kop surat, amplop, buku catatan, pena, dan barang terkait lainnya yang membawa logo serta tagline sebuah brand. Barang-barang ini biasanya dirancang sesuai dengan tema brand dan dengan mempertimbangkan nilai estetika.

Kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak kop surat dan amplop juga dipilih sesuai dengan elemen desain dan sifat serta skala dari brand yang menggunakannya.

Baca juga: Cara Jualan Online Agar Cepat Laku

Manfaat Branding Collateral Bagi Perusahaan

Secara keseluruhan, branding collateral membawa sejumlah manfaat yang signifikan terhadap pengenalan sebuah merek, di antaranya meliputi:

1. Memberikan Informasi Kepada Pelanggan

Marketing perusahaan perlu menyajikan sesuatu kepada pelanggan dalam bentuk nyata + yang menyoroti tentang detail perusahaan, nilai merek, dan detail spesifik terkait produk serta layanan yang ditawarkan. Dalam hal ini, branding collateral membantu staf penjualan dalam memberikan informasi tentang perusahaan secara efektif.

Ketika pelanggan membawa brosur perusahaan, ada kemungkinan bahwa mereka akan menyebarkannya kepada lingkaran sosialnya. Secara tidak langsung, hal ini akan menghasilkan promosi dari mulut ke mulut (word-to-mouth) terkait merek tersebut.

2. Sebagai Alat Promosi

Brand colleteral juga dapat digunakan oleh staf penjualan sebagai alat dan barang promosi di berbagai acara, baik itu pameran dagang maupun acara bersponsor, yang menampilkan profil merek, nilai-nilai, dan penawaran produk serta layanan.

3.Meningkatkan Peluang Penawaran dan ROI

Brand collateral bukanlah investasi satu kali, melainkan proses berkelanjutan yang membangun ekuitas merek dan meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu. Anda juga dapat menunjukkan kepada konsumen bahwa produk Anda lebih baik daripada pesaing melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi. Hal ini akan membantu membuka peluang penawaran dan meningkatkan return of investment (ROI) dalam jangka panjang.

Baca juga: Pengertian Marketing Below The Line, Above The Line, dan Through The Line

Penutup

Branding collateral adalah kumpulan media dan item yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah brand. Elemen ini bekerja dengan menonjolkan brand Anda sehingga dapat membentuk kesan yang baik di mata calon pelanggan.

Brand collateral juga merupakan cara yang paling tepat untuk menciptakan konsistensi dan image brand yang profesional. Seiring berjalannya waktu, elemen ini pun akan membantu meningkatkan penjualan dan proses pemasaran produk sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Selain strategi pemasaran, perusahaan juga perlu memperhatikan proses pengelolaan keuangan yang berperan besar dalam keberlangsungan perusahaan. Dalam hal ini, Accurate Online hadir sebagai software akuntansi dan bisnis yang akan mempermudah proses pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan dan dapat diakses kapan saja serta di mana saja. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online juga telah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia.

Jika tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.