16 Tips Mengelola Karyawan yang Bekerja Secara Remote

Sebuah perusahaan dapat mempekerjakan karyawan remote atau jarak jauh untuk menjaga biaya operasional tetap rendah atau untuk memastikan mereka membawa kandidat terbaik untuk pekerjaan itu, terlepas dari lokasi geografis mereka.

Sangat penting untuk memperlakukan karyawan jarak jauh seperti yang lain. Jika Anda mengelolanya dengan relatif sama, karyawan ini dapat lebih memahami harapan dan merasa seperti bagian dari tim.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu karyawan jarak jauh dan tips tentang bagaimana Anda dapat mengelolanya untuk menciptakan tenaga kerja yang kohesif.

Siapa Karyawan Remote?

Karyawan remote adalah orang yang merupakan karyawan perusahaan dan bekerja di luar kantor. Individu ini dapat menjadi lokal atau bekerja di mana saja di seluruh dunia, tergantung pada preferensi majikan mereka.

Seorang karyawan remote dapat bekerja dari rumah, kedai kopi, ruang kerja bersama atau di mana pun mereka masih dapat melakukan tugas pekerjaan mereka dan bertemu secara virtual dengan tim mereka.

Pengusaha biasanya tidak menyebut pekerja lepas atau kontrak sebagai karyawan jarak jauh, meskipun mereka juga biasanya bekerja di luar lingkungan kantor tradisional.

Berikut Adalah 16 Tips dan Praktik Terbaik untuk Mengelola Karyawan Jarak Jauh

Pertahankan open calender

Karyawan remote mungkin merasa terisolasi dari tim, terutama jika sebagian besar rekan kerja mereka bekerja bersama di lingkungan kantor tradisional. Sangat penting untuk mempertahankan kalender terbuka atau open calender sehingga pekerja jarak jauh dapat menjadwalkan waktu untuk mendiskusikan proyek dengan Anda, serta masalah atau pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki.

Ketersediaan Anda akan menunjukkan kepada karyawan, jauh atau sebaliknya, bahwa Anda peduli dengan apa pun yang ingin mereka diskusikan dan ingin ada untuk mereka.

Tetapkan harapan yang jelas

Karyawan jarak jauh beroperasi dalam lingkungan kantor yang berbeda dari anggota staf Anda yang lain, namun harapan untuk hasil kerja tidak boleh berbeda. Tetapkan harapan yang jelas bahwa meskipun mereka bekerja di tempat lain, mereka masih bertanggung jawab atas tingkat pekerjaan yang sama dengan rekan kerja mereka yang memiliki peran yang sama dengan mereka.

Diskusikan hal ini dalam rapat tim di mana Anda telah menyertakan semua karyawan sehingga Anda dapat membantu staf di kantor Anda menyadari bahwa Anda menerapkan standar yang sama kepada semua orang.

Sebagian dari harapan Anda untuk karyawan jarak jauh mungkin berbeda dan, jika demikian, pastikan untuk mendiskusikannya secara langsung dengan karyawan tersebut.

Misalnya, di lingkungan kantor, Anda mungkin memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang sedang dikerjakan karyawan Anda di siang hari karena Anda dapat melihat rapat berlangsung dan mungkin mendapatkan pertanyaan langsung. Dengan karyawan remote, Anda mungkin ingin menetapkan ekspektasi pembaruan status harian sehingga Anda memiliki tingkat wawasan yang sama tentang pekerjaan mereka seperti yang Anda lakukan pada karyawan lain.

Menyediakan alat

Anggota staf kantor Anda mungkin memiliki komputer yang dikeluarkan perusahaan dan akses ke personel TI yang dapat memecahkan masalah teknis apa pun dan menginstal program komputer yang diperlukan di perangkat semua orang.

Pertimbangkan untuk menyediakan peralatan yang sama kepada karyawan jarak jauh Anda daripada membuat mereka menggunakannya sendiri. Lengkapi karyawan remote Anda dengan alat yang sama dengan yang dimiliki rekan kerja mereka sehingga mereka memiliki semua sumber daya yang mungkin mereka perlukan untuk menjadi seproduktif mungkin.

Baca juga: Employee Engagement Adalah Hal yang Harus Dijaga Oleh Perusahaan, Ini Caranya!

Lakukan pertemuan rutin

Sangat penting bahwa karyawan remote Anda merasa seperti bagian dari tim dan tidak dilupakan meskipun mereka tidak hadir di kantor. Cara efektif untuk melakukannya adalah dengan mengadakan pertemuan rutin untuk membahas proyek dan menetapkan tugas, tetapi juga hanya mengobrol sebagai sebuah tim.

Ini bisa menjadi bagian yang sangat diinginkan dari hari kerja jika ada banyak karyawan jarak jauh dalam kelompok karena memberi setiap orang kesempatan untuk berbicara satu sama lain lebih dari biasanya.

Anda juga dapat mengadakan pertemuan satu lawan satu secara teratur dengan karyawan jarak jauh yang menunjukkan bahwa bahkan di kejauhan, Anda dapat berinteraksi langsung dengan mereka dan berinvestasi dalam kemajuan mereka.

Buat mereka tetap terlibat

Sebagai anggota tim yang berharga, penting juga untuk membuat semua karyawan jarak jauh terlibat dalam proses, proyek, dan percakapan penting. Pastikan mereka mengetahui informasi perusahaan dan prosedur baru sebagai karyawan di kantor, dan jika mereka harus menghadiri rapat yang Anda adakan di kantor, undang mereka untuk hadir secara virtual.

Jika Anda melibatkan karyawan jarak jauh dalam operasi bisnis sehari-hari, mereka cenderung merasa seperti anggota tim yang berharga dan memberikan kontribusi yang sama.

Baca juga: Penilaian Kinerja Karyawan: Pengertian dan Berbagai Indikator Penilaiannya

Tunjukkan kepercayaan

Bekerja di posisi jarak jauh membutuhkan tingkat disiplin dan kemampuan manajemen waktu tertentu untuk mencapai tujuan, memenuhi harapan, dan bekerja sesuai kecepatan dengan rekan kerja.

Jika Anda mempekerjakan karyawan jarak jauh, pastikan mereka merasa bahwa Anda memercayai mereka sejak hari pertama mereka bekerja. Dengan menunjukkan kepercayaan pada tim Anda, mereka akan lebih cenderung mengalami kepuasan kerja yang tinggi dan karyawan di kantor Anda juga harus mengikutinya dalam memercayai rekan kerja jarak jauh mereka untuk berkontribusi pada tingkat yang sama seperti mereka.

Mendorong kolaborasi

Sama seperti karyawan jarak jauh yang mungkin merasa jauh dari Anda sebagai manajer mereka, mereka juga dapat merasa terpisah dari rekan satu timnya. Dorong kolaborasi di antara semua anggota kelompok, jauh dan sebaliknya, untuk meningkatkan persahabatan dan mengembangkan rasa kerja tim.

Karyawan yang tidak bekerja jarak jauh juga dapat memperoleh manfaat dari mengenal rekan kerja jarak jauh mereka dan ini dapat mengarah pada hubungan kerja yang saling menguntungkan.

Mendorong keseimbangan kehidupan kerja

Sudah umum bagi karyawan remote untuk berjuang mempertahankan keseimbangan kehidupan kerja karena ketika Anda bekerja dari rumah, mungkin tidak mudah untuk meninggalkan pengaturan kantor Anda untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas pribadi Anda.

Dorong karyawan remote Anda untuk memperlakukan hari mereka seolah-olah mereka berada di kantor. Mereka dapat mengembangkan rutinitas mereka sendiri dengan memulai hari kerja mereka pada waktu yang sama setiap hari, mengambil setidaknya 30 menit untuk makan siang, menyisihkan 10 menit untuk berjalan-jalan di lingkungan sekitar dan kemudian mengakhiri hari mereka pada waktu yang sama seperti orang lain.

Rayakan milestones

Jika Anda belum melakukannya, masukkan perayaan ke dalam tempat kerja. Rayakan ulang tahun, peringatan kerja, dan acara penting lainnya, seperti pertunangan pernikahan dan kelahiran. Ini memperkenalkan elemen menyenangkan ke tempat kerja dan membuat semua karyawan, bahkan yang jauh, merasa disertakan dan dihargai.

Memberikan pelatihan

Berikan pembinaan rutin kepada karyawan jarak jauh sehingga mereka dapat merasa dilibatkan dan mereka tahu apakah mereka berada di jalur yang benar dengan pekerjaan mereka.

Coaching juga memungkinkan Anda untuk mengklarifikasi atau menyesuaikan harapan Anda dan mendiskusikan perubahan apa pun dengan karyawan Anda. Pembinaan dapat bersifat positif atau mencakup cara-cara bagi karyawan untuk meningkatkan pekerjaan mereka.

Baca juga: Struktur Fungsional Pada Bisnis: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengindividualisasikan karyawan

Penting untuk memperlakukan karyawan sebagai keseluruhan kolektif, tetapi juga untuk mengindividualisasikan mereka karena setiap orang memiliki tujuan, hobi, aspirasi, dan gaya kerja yang unik.

Karyawan remote tidak berbeda. Ngobrol dengan mereka untuk memahami bagaimana mereka mendekati pekerjaan mereka dan seperti apa hari kerja mereka sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana Anda dapat membantu dan gaya pembinaan yang paling dihargai oleh karyawan Anda.

Sering berkomunikasi

Karena karyawan jarak jauh bekerja secara terpisah dari rekan kerja mereka, mereka cenderung merasa terpisah dari semua orang. Cara untuk mencegahnya adalah dengan sering berkomunikasi dengan karyawan jarak jauh Anda.

Berkomunikasi secara teratur dan gabungkan rapat video dengan pembicaraan melalui telepon. Pertimbangkan untuk memasukkan program obrolan ke tempat kerja sehingga Anda dan karyawan kantor Anda dapat dengan mudah mengirim pesan cepat kepada mereka yang bekerja dari jarak jauh.

Membangun hubungan

Bangun hubungan baik dengan karyawan jarak jauh Anda dengan meluangkan waktu untuk mengenal mereka secara pribadi. Tanyakan kepada mereka tentang hobi, minat, dan bagaimana hari kerja mereka. Hubungan baik secara alami akan berkembang semakin Anda bertemu dengan karyawan jarak jauh Anda, membangun kepercayaan, dan bekerja sama dalam proyek yang mereka pimpin.

Bentuk tujuan tim

Sasaran tim dapat membantu semua karyawan bekerja sama menuju tujuan bersama dan membangun rasa kerja tim yang kuat. Memiliki tujuan tim secara alami mendorong kolaborasi di antara rekan kerja, termasuk karyawan jarak jauh yang mungkin tidak terbiasa bekerja sama dengan grup di luar proyek tertentu.

Tanyakan kepada mereka tentang tujuan karir mereka

Penting untuk berbicara dengan karyawan jarak jauh Anda tentang tujuan karir mereka sehingga Anda dapat melibatkan mereka dalam proyek atau dengan kelompok yang akan membantu mereka lebih dekat dengan tujuan utama mereka.

Melakukan percakapan terbuka tentang tujuan mereka membuat mereka tahu bahwa Anda mendukung jalur mereka dalam organisasi, dan itu akan membantu Anda menetapkan tujuan pengembangan yang masuk akal bagi mereka.

Bertemu langsung

Jika memungkinkan, jadwalkan pertemuan langsung dengan karyawan remote Anda. Interaksi tatap muka dapat menjadi cara yang ampuh untuk berkomunikasi karena ada lebih sedikit kesempatan untuk miskomunikasi, lebih banyak kemampuan untuk mengajukan pertanyaan, dan bahasa tubuh Anda dapat memperkuat pesan Anda.

Hal ini juga memungkinkan karyawan untuk mengenal Anda lebih jauh dan sebaliknya, yang selanjutnya membangun hubungan baik dan dapat membantu membangun loyalitas karyawan.

Anda juga dapat menjadwalkan pertemuan tim di mana setiap karyawan berkumpul bersama untuk perjalanan kerja atau rapat kantor sepanjang hari yang mencakup keadaan bisnis dan menggabungkan kegiatan pembangunan tim untuk memperkuat kolaborasi dan budaya perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Virtual Assistant & Bagaimana Mereka Membantu Bisnis?

Kesimpulan

Itulah tips dalam mengelola karyawan remote dalam bisnis Anda. Dimanapun mereka berada, pastikan Anda memberi perhatian pada mereka sama dengan karyawan yang bekerja di kantor. Disisi lain, Anda juga harus terus mengontrol performa dan kinerja mereka secara berkala untuk memastikan bahwa karyawan remota Anda bekerja dengan baik.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang sedang membutuhkan solusi pembukuan yang praktis dan mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang sudah berpengalaman dan terbukti seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengelaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 360 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu