Bagaimana Cara Menjadi Sales yang Hebat? Berikut 19 Karakteristiknya

Telah dikatakan berkali-kali bahwa karier di bidang penjualan atau pemasaran memerlukan tingkat pengetahuan dan intuisi berbasis psikologi tertentu. Memang, teknik dan sifat dasar menunjukkan kemampuan membaca dan memahami orang, keterampilan yang langka di masyarakat saat ini. Seperti yang akan Anda temukan saat Anda membaca artikel ini, dibutuhkan perpaduan karakteristik yang unik untuk menjadi sales yang hebat, dan beberapa mungkin mengejutkan Anda.

Teruslah membaca untuk menemukan 19 ciri kepribadian teratas yang digabungkan untuk menjadi seorang sales yang hebat.

Karakteristik Utama dari Sales yang Hebat

Sifat pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan membutuhkan sales yang memiliki karakteristik pribadi dan soft skill yang unik dan beragam. Dalam bidang pekerjaan ini, keberhasilan individu (atau kekurangannya) segera terlihat dengan hanya melihat hasil mereka.

Dikatakan bahwa dibutuhkan jenis kepribadian yang unik untuk berhasil dalam penjualan, yang memiliki sebagian besar atau semua karakteristik berikut:

1. Mendengarkan secara aktif

Seorang sales yang hebat mengetahui pertanyaan yang tepat untuk diajukan agar prospek mereka berbicara secara terbuka dan memanfaatkan kesempatan untuk mendengarkan dengan cermat untuk mengidentifikasi titik-titik pain point yang dialami klien sehingga mereka dapat menanyakan informasi lebih lanjut dan memberikan solusi untuk masalah klien.

2. Kemampuan beradaptasi

Pandangan yang fleksibel tentang penjadwalan dan apa yang terbaik untuk klien penting bagi tenaga penjualan untuk menunjukkan kepada klien mereka bahwa mereka benar-benar memikirkan kepentingan terbaik mereka.

3. Pesona

Sales tahu bahwa kesan pertama bertahan lama, jadi mereka berusaha keras untuk menciptakan kesan pertama yang luar biasa yang membawa mereka ke jalur penjualan. Berbicara dengan jelas, singkat, dan percaya diri sangat penting, seperti halnya mengatakan produk Anda yang terbaik.

4. Komunikasi

Berbicara dengan jelas dan persuasif hanyalah bagian dari keterampilan komunikasi seorang sales yang hebat. Sales harus dapat membaca orang, sehingga mereka dapat dengan cepat mengetahui cara mendekati klien dengan promosi penjualan mereka.

Baca juga: 8 Tips Memaksimalkan Strategi Penjualan pada Bisnis Anda

5. Kepercayaan diri

Inti dari karir yang sukses dalam penjualan adalah menjadi percaya diri pada kemampuan seseorang serta benar-benar percaya bahwa apa yang mereka tawarkan adalah satu-satunya solusi terbaik untuk masalah klien. Pelanggan mengenali kepercayaan diri dan cenderung mencerminkannya, yang memungkinkan mereka memercayai  mereka dan melakukan pembelian.

6. Kecerdasan emosional

Hal ini memungkinkan seseorang untuk membentuk rencana tindakan yang ditentukan dengan merasakan keraguan klien dan pain point dan mendekati mereka dengan cara yang berbicara kepada mereka dalam situasi mereka saat ini.

7. Empati

Seorang sales harus dapat mengidentifikasi kebutuhan klien untuk mengambil sudut pandang yang tepat dalam menjual kepadanya. Empati memberikan wawasan dan umpan balik yang berharga dari klien dan memungkinkan sales untuk membangun hubungan kerja yang nyaman dan mendapatkan kepercayaan dari klien, membuat klien lebih mungkin untuk membeli.

8. Antusiasme

Tetap bersemangat tentang prospek melakukan penjualan berikutnya adalah tanda sejati kepribadian sales yang hebat. Mereka selalu termotivasi dan terus mencari peluang penjualan berikutnya.

Baca juga: Memahami Apa itu Saturated Market dan Bagaimana Cara Mengatasinya

9. Fokus

Individu yang terfokus didorong untuk mencapai tujuan, menuntut lebih banyak dari diri mereka sendiri dan mendorong diri mereka sendiri untuk melakukan apa yang perlu dilakukan untuk melampaui tujuan mereka.

Dipasangkan dengan empati, sales yang hebat yang mendengarkan dapat mengidentifikasi dengan calon klien sambil tetap fokus pada tujuan yang telah mereka tetapkan dan menyajikan solusi yang tepat untuk pelanggan.

10. Kejujuran

Sales yang paling sukses dalam jangka panjang membuat kesepakatan adalah mereka yang jujur. Mereka berfokus pada memberikan solusi kepada klien mereka, dan mereka tahu bahwa jika mereka tidak jujur, hubungan akan berantakan dan penjualan di masa depan akan hilang bersamanya.

Mereka juga memahami dari mulut ke mulut, jadi mereka tidak ingin berkompromi dengan seluruh basis klien mereka untuk membuat satu kesepakatan.

11. Kemandirian

Motivasi diri dan rasa kemandirian yang kuat membuat sales unggul dalam menangani klien mereka sendiri. Perusahaan lebih cenderung memilih kemandirian dalam kandidat untuk pekerjaan penjualan karena membutuhkan lebih sedikit waktu untuk memandu mereka melalui setiap langkah sepanjang hari.

12. Multi-tugas

Sales tidak hanya bekerja pada satu prospek pada satu waktu. mereka harus dapat melayani, menawarkan, dan dekat dengan klien yang berbeda pada hari yang sama. Pekerjaan ini terkadang mengharuskan seseorang untuk menelepon saat menjawab email atau meneliti calon prospek berikutnya.

13. Optimisme

Sementara beberapa orang tidak memiliki toleransi terhadap kegagalan atau kemunduran dan cepat menyerah, seorang sales harus tetap optimis, memilih untuk mengubah keadaan melalui ketahanan dan dorongan.

Mereka mungkin kecewa dengan penolakan atau kegagalan, tetapi inisiatif bawaan mereka dan kemampuan untuk melihat masalah sebagai peluang dan menemukan solusi yang layak membuat mereka tetap fokus pada apa yang dapat mereka lakukan daripada apa yang gagal mereka lakukan.

Baca juga: Sales Forecast: Pengertian, Cara Membuat, Fungsi, dan Manfaatnya

14. Kesabaran

Seorang sales yang sabar tahu kapan harus menyerang, membaca klien untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pitch. Terlalu dini bisa membuat kesepakatan dapat tidak terjadi, tetapi terlalu lambat dapat menyebabkan peluang yang terlewatkan.

Seorang sales harus dapat mengulur waktu, memelihara hubungan kerja mereka, dan bertindak pada waktu yang tepat.

15. Kegigihan

Sales yang baik dapat melakukan closing tanpa memaksa. Mereka menggunakan semua aspek keterampilan mereka untuk membaca orang dan mempelajari hambatan terbesar mereka sehingga mereka dapat menemukan cara baru untuk mengatasinya.

Mereka juga memiliki keuletan untuk meluangkan waktu untuk mencari calon pelanggan dan semangat untuk terus maju, mengetahui bahwa bahkan setelah seratus jawaban “tidak”, mereka akan mendapatkan satu jawaban “ya”.

16. Penyelesaian masalah

Penalaran logis, keterampilan berdebat, dan kreativitas dalam menawarkan solusi untuk masalah yang paling tidak jelas memungkinkan tenaga penjualan yang baik untuk menutup kesenjangan antara masalah klien dan solusi yang ditawarkan tenaga penjual.

Secara intuitif mencari tahu urutan peristiwa yang akan mengarah pada penjualan tertutup adalah keterampilan unik yang memungkinkan tenaga penjualan untuk unggul.

Baca juga: Brand Personality: Jenis, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Tips Membangunnya

17. Kegembiraan

Daripada menjadi putus asa dan tertindas selama periode angka penjualan rendah, mereka terus mencari cara baru untuk berinovasi di bidang mereka dan membuat penjualan yang sulit ditutup.

18. Tanggung jawab

Orang yang bertanggung jawab berhasil menyelesaikan sesuatu terlepas dari hambatan yang mungkin timbul. Tenaga penjual ini memiliki rasa urgensi untuk memecahkan masalah, mengantisipasi kemungkinan hasil sebelum mengambil tindakan.

Sifat kepribadian tanpa alasan ini memungkinkan seseorang untuk tetap positif dan optimis, menerima kritik yang membangun dan melakukan penyesuaian untuk meningkatkan kinerja bila diperlukan.

19. Kesadaran diri

Sifat ini tidak diragukan lagi terjalin ke dalam banyak karakteristik lain dari sales yang baik. Tetap selalu menyadari dampak seseorang pada klien sangat penting dalam berhubungan dengan klien dan menutup kesepakatan.

Kesimpulan

Itulah beberapa karakteristik  yang harus Anda bangun jika Anda ingin menjadi sales yang hebat dan terampil. Dengan mempelajari karakteristik diatas, peluang Anda untuk melakukan penjualan akan lebih besar, dan secara bersamaan akan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh transaksi penjualan pada proses pembukuan yang baik dan sesuai standar agar Anda bisa dengan memantau dan menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan beralihlah menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis dan berpangalaman lebih dari 20 tahun.

Jadikan proses pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan pada bisnis Anda mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu