Memahami Apa itu Saturated Market dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Dengan teknologi canggih dan mudah diakses, memulai bisnis menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Namun, banyak orang tertarik pada ide yang sama dan memulai perusahaan di sektor yang sama, menciptakan saturated market atau pasar yang jenuh.

Saturated market mengharuskan pemilik bisnis untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan mereka. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat membuat produk atau layanan Anda menonjol di pasar yang jenuh.

Apa itu Saturated Market?

Saturated market atau pasar yang jenuh adalah situasi di mana bisnis memenuhi semua permintaan untuk layanan atau produk. Akibatnya, ruang untuk pertumbuhan bisnis yang ada menjadi sangat terbatas.

Ketika ada lebih banyak produk daripada jumlah orang yang membelinya, bisnis harus bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Kejenuhan pasar sering terjadi ketika beberapa bisnis di area yang sama melayani tujuan yang sama.

Jenis Saturated Market

Memahami ruang lingkup pasar Anda merupakan langkah penting untuk mengatasi kejenuhan pasar. Menentukan jenis kejenuhan pasar yang Anda alami dapat membantu mengungkap penyebab dan solusi atas penurunan permintaan Anda. Ada dua jenis kejenuhan pasar:

Kejenuhan pasar mikroekonomi: Situasi ini terjadi ketika permintaan untuk bisnis tertentu menghilang. Misalnya, jika pelanggan berhenti datang ke toko roti Anda karena toko roti baru dibuka di seberang jalan, Anda akan berada di pasar yang jenuh dalam skala mikro.

Kejenuhan pasar makroekonomi: Kejenuhan pasar dalam skala makro terjadi ketika seluruh industri mengalami penurunan permintaan. Hal ini dapat terjadi karena teknologi baru yang membuat produk atau bisnis menjadi usang.

Misalnya, proliferasi ponsel menurunkan permintaan pager. Kejenuhan pasar makroekonomi juga dapat terjadi ketika semua kemungkinan pelanggan telah terpenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Sales Forecast: Pengertian, Cara Membuat, Fungsi, dan Manfaatnya

Penyebab Saturated Market

Kejenuhan pasar dapat menyebabkan perusahaan berjuang secara finansial, jadi penting untuk memahami kemungkinan penyebabnya. Ada banyak cara yang berbeda pasar jenuh dapat terjadi. Berikut adalah beberapa alasan umum pasar bisa menjadi jenuh:

Teknologi baru

Inovasi teknologi dapat mengurangi permintaan akan produk lama. Misalnya, penemuan mobil menghilangkan pasar kereta kuda sebagai alat transportasi. Meskipun beberapa orang mungkin masih menyewa kereta untuk bersenang-senang, hanya sebagian kecil bisnis kereta yang dapat bertahan dari penurunan permintaan.

Meningkatnya persaingan

Pada skala makro dan mikro, bisnis baru yang dibuka di industri yang sama dapat menyebabkan pasar yang jenuh. Misalnya, banyak perusahaan berbeda bersaing untuk menjadi layanan streaming utama yang digunakan untuk menonton film dan acara TV online. Setelah semua orang memiliki akses ke layanan streaming, menjadi sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Mengubah basis pelanggan

Perubahan populasi juga dapat menyebabkan kejenuhan pasar. Jika orang kehilangan minat pada sebuah tren, perusahaan dibiarkan tanpa permintaan untuk produk mereka. Bisnis dalam industri fesyen dan pasar lain yang mengandalkan tren sering kali bersiap untuk meninggalkan pasar yang jenuh demi pasar baru.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Produktivitas pada Lingkungan Kerja?

Cara Mengatasi Saturated Market

Meskipun kejenuhan pasar dapat menjadi tantangan bagi bisnis, ada banyak teknik yang dapat Anda gunakan untuk mempertahankan kesuksesan. Pengusaha dan perusahaan dapat beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan dan terus menghasilkan keuntungan. Berikut adalah enam langkah untuk membantu Anda mempromosikan bisnis Anda di pasar yang jenuh:

1. Riset pesaing

Memahami metode yang digunakan pesaing Anda untuk mempromosikan bisnis mereka dapat memberi Anda keuntungan ketika basis pelanggan Anda terbatas. Dengan memperhatikan strategi yang digunakan orang lain di sektor Anda, Anda dapat menentukan apa yang paling cocok untuk perusahaan Anda.

Penelitian juga dapat memberi Anda gambaran tentang rencana bisnis yang benar-benar baru yang akan membedakan produk atau layanan Anda.

2. Buat niche

Salah satu langkah terpenting untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang jenuh adalah menekankan aspek unik dari produk atau layanan Anda. Membuat ceruk untuk bisnis Anda secara otomatis memberi pelanggan alasan untuk memilih produk Anda daripada yang serupa.

Orang-orang memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka dan akan mencari apa yang membuat perusahaan Anda berbeda. Untuk mengesankan pelanggan potensial, Anda harus mencari tahu apa yang membuat bisnis Anda istimewa.

3. Harga efektif

Ketika pemilik bisnis menyadari bahwa pasar mereka telah jenuh, mereka sering mulai menurunkan harga mereka untuk menarik pelanggan. Cara ini bisa efektif tetapi juga bisa menyebabkan perusahaan merugi karena berusaha mendapatkan harga terendah.

Pilihan lainnya adalah menaikkan harga dan mengarahkan layanan Anda pada orang-orang yang bersedia membayar lebih untuk produk premium. Anda harus hati-hati memutuskan titik harga yang sesuai untuk model bisnis Anda.

Baca juga: Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

4. Pasarkan produk Anda

Pemasaran kreatif dapat membantu perusahaan tampil lebih menarik daripada pesaing. Iklan yang efektif dapat membuat produk Anda lebih dikenal oleh pelanggan Anda yang sudah ada dan calon pelanggan Anda.

Tujuan dari rencana pemasaran Anda adalah membuat produk Anda mudah diingat oleh orang-orang yang memiliki banyak pilihan. Dengan mengaitkan bisnis Anda dengan kampanye pemasaran yang menarik, Anda dapat menyebarkan minat pada produk Anda dan menjangkau pasar baru.

5. Menyediakan layanan pelanggan

Kualitas layanan pelanggan perusahaan Anda dapat menjadi alasan pelanggan memilih produk Anda daripada yang lain. Pelanggan yang memiliki pengalaman menyenangkan dengan Anda, karyawan Anda, situs web atau toko Anda kemungkinan besar akan terus mendukung bisnis Anda.

Layanan pelanggan yang baik dapat memperoleh ulasan positif dan mendatangkan pendapatan tambahan. Layanan pelanggan Anda akan membantu Anda membangun hubungan dengan klien dan kontak bisnis, yang juga dapat menguntungkan perusahaan Anda dalam jangka panjang.

6. Tambah value

Taktik lain untuk mengatasi pasar yang jenuh adalah menciptakan produk atau layanan tambahan untuk ditawarkan. Dengan meningkatkan nilai produk Anda, Anda memberi pelanggan alasan lain untuk memilih bisnis Anda.

Menawarkan insentif seperti upgrade gratis atau akses ke layanan khusus dapat membuat produk Anda lebih menarik bagi pembeli.

Baca juga: Customer Retention Rate: Pengertian, Strategi dan Tips Meningkatkannya

Contoh Saturated Market dan Solusinya

Karena kejenuhan pasar dapat terjadi dalam skala besar atau skala kecil di hampir semua industri, respon setiap bisnis terhadap pasar yang jenuh akan berbeda.

Anda dapat mempelajari pasar untuk memutuskan metode mana yang paling cocok untuk produk Anda.

Berikut adalah beberapa skenario yang mungkin dihadapi bisnis dalam pasar yang jenuh dan kemungkinan cara bisnis dapat tetap bertahan:

Contoh 1

Bisnis berlangganan pengiriman makanan telah menjadi sangat populer. Bisnis pengiriman makanan Anda tiba-tiba memiliki lusinan bisnis serupa yang bersaing untuk pelanggan Anda. Anda memutuskan untuk membuat niche yang berbeda dengan menambahkan opsi vegan dan vegetarian. Ini dapat menarik bagi pelanggan yang memiliki batasan diet dan menciptakan basis pelanggan yang setia.

Contoh 2

Toko perabotan Anda kehilangan pelanggan ke mereka membeli dari supplier besar. Anda tidak mampu menurunkan harga, jadi Anda memberikan konsultasi dan pengiriman gratis kepada pelanggan Anda.

Dengan membangun hubungan dengan pelanggan Anda saat ini melalui layanan pelanggan yang baik, bisnis Anda memiliki peluang lebih baik untuk berkembang.

Penelitian Anda juga menunjukkan bahwa tidak ada pesaing Anda yang beriklan di situs web media sosial baru. Anda memulai kampanye pemasaran yang membuat postingan menarik di situs tersebut untuk menarik sekumpulan pelanggan baru.

Contoh 3

E-book telah menyebabkan penurunan keuntungan bagi perusahaan penerbitan Anda. Sebagai tanggapan, bisnis Anda mulai memposting konten di situs web yang dapat menghasilkan uang melalui pengiklan.

Anda merilis publikasi Anda sebagai e-book dan menawarkan salinan cetak edisi khusus dengan harga yang lebih tinggi. Dengan menggabungkan taktik ini, Anda dapat memperluas audiens Anda dalam industri.

Baca juga: Strategi Terbaik Meningkatkan Efektivitas Penjualan Bisnis B2B Anda

Kesimpulan

Jika bisnis Anda mengalami saturated market atau kejenuhan pasar, pastikan Anda sudah memiliki strategi sebelumnya untuk memastikan bisnis Anda baik baik saja. Selalu terapkan inovasi dan adaptasi pada hal-hal baru agar bisnis Anda lebih efisien dan selalu berkembang sesuai perubahan pasar, salah satunya adalah pada proses pengelolaan dan pencatatan keuangan pada bisnis Anda.

Jika Anda masih menggunakan proses pencatatan pembukuan manual, mulailah beralih menggunakan software akuntansi online untuk meningkatkan efisiensi pada pencatatan keuangan Anda. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan dipercaya oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pembukuan, manajemen aset dan stok, membuat faktur, mengelola dan membayar pajak langsung dari aplikasi, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu