Mengetahui Metode Delphi Dalam Proses Pengambilan Keputusan Bisnis

Metode Delphi adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pendapat ahli tentang keputusan organisasi yang penting. Teknik ini membantu para ahli sampai pada keputusan kelompok yang mungkin memecahkan masalah kompleks atau mengimplementasikan keputusan gambaran besar.

Anda dapat berhasil menyelesaikan metode ini dengan menetapkan tujuan studi Anda, merancang strukturnya, dan memilih kelompok panelis yang beragam. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu metode Delphi, kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana melakukan studi metode Delphi dengan sukses.

Apa itu metode Delphi?

Metode Delphi adalah proses mengumpulkan panel atau pendapat ahli dan terlibat dalam beberapa putaran pertanyaan tentang bagaimana membuat keputusan bisnis tertentu atau memecahkan masalah organisasi.

Setiap jawaban yang diberikan para ahli bersifat anonim. Setelah setiap putaran, fasilitator akan meninjau dan memilah semua jawaban. Mereka akan menemukan jawaban dengan tema dan ide yang sama dan akan membagikannya dengan pakar lainnya.

Setelah ahli mendengar dan mencerna jawaban panelis lain, mereka diberi pilihan untuk menyesuaikan jawaban mereka sendiri sesuai dengan tanggapan kelompok.

Tujuan utama dari metode Delphi adalah untuk mendorong para ahli ini untuk mencapai kesepakatan bersama dan untuk membangun konsensus kelompok. Banyak industri dan organisasi dapat menggunakan metode ini untuk peramalan bisnis atau keputusan struktural, seperti prediksi industri, perencanaan pemerintah, atau strategi keuangan.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Batch Processing dalam Kemudahan Proses Bisnis

Pro dan kontra dari metode Delphi

Metode Delphi bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan pendapat dari berbagai kelompok ahli. Pro dan kontra umum menggunakan metode Delphi meliputi:

Keuntungan metode Delphi

Keuntungan menggunakan metode Delphi adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh pengetahuan dari para ahli: Metode Delphi adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan setiap diskusi atau menyelesaikan masalah kompleks yang mungkin Anda dan anggota tim lainnya miliki. Semua pakar dapat mencapai kesepakatan logis yang dapat bermanfaat bagi organisasi Anda.
  • Menerima jawaban yang jujur: Karena semua jawaban bersifat anonim, panelis akan merasa lebih nyaman memberikan jawaban jujur ​​mereka tanpa menerima penilaian atau konsekuensi. Anda juga dapat merasa percaya diri mengetahui masukan yang Anda terima adalah benar.
  • Mencapai konsensus kelompok yang kuat: Ketika para ahli mendengar pemikiran dan alasan lain tentang topik tertentu, ini dapat mempengaruhi pendapat mereka dengan lebih mudah. Hal ini memungkinkan para ahli untuk mencapai resolusi kelompok dengan lebih banyak orang mendukung keputusan atau ide yang sama, yang meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menerapkan keputusan yang mereka ambil.

Kekurangan metode Delphi

Kekurangan menggunakan metode Delphi dapat berupa:

  • Mencegah diskusi langsung terjadi: Sementara peserta masih memberikan umpan balik, mereka tidak melakukan brainstorming ide orisinal atau mengutarakan pendapat mereka secara bebas, karena sebagian besar masukan mereka ditulis secara anonim dalam kuesioner. Ini dapat mencegah diskusi langsung tentang pemikiran jujur ​​yang dikomunikasikan bolak-balik di antara para profesional.
  • Menghasilkan waktu respons yang lambat: Jika Anda perlu menemukan solusi untuk suatu masalah atau mengambil keputusan dengan cepat, mungkin ada opsi yang lebih baik untuk dilakukan. Metode Delphi biasanya mengambil sebagian besar hari untuk melakukannya, karena terdiri dari beberapa putaran pendistribusian, mengumpulkan dan meninjau kuesioner. Biasanya hal ini akan memerlukan waktu yang lebih lama dan hanya akan ada sedikit waktu untuk melakukan diskusi.
  • Tanggapan dapat memberikan sedikit atau tidak ada nilai: Terdapat kemungkinan bahwa selama penelitian tanggapan yang Anda terima dapat memberikan sedikit atau tidak ada nilai karena peserta tidak dapat mencapai konsensus.

Baca juga: Competitive Pricing: Pengertian, Strategi, Tips, Kelebihan dan Kekurangannya

Cara menggunakan metode Delphi

Metode Delphi dapat menjadi sumber masukan, opini, dan keputusan yang berharga bagi organisasi Anda. Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu untuk memastikan Anda mengumpulkan sekelompok panelis yang kuat dan mengajukan pertanyaan yang tepat kepada mereka.

Ikuti langkah-langkah ini untuk berhasil menyelesaikan metode Delphi:

1. Tetapkan tujuan studi Anda

Sebelum Anda dapat melakukan studi, Anda harus memutuskan apa yang ingin Anda capai dengannya. Ini dapat membantu Anda menyusun strategi dengan lebih baik, berapa lama studi Anda dan berapa banyak putaran penelitian yang akan Anda lakukan.

Misalnya, jika Anda menginginkan konsensus kelompok tentang beberapa gambaran besar keputusan pemerintah, studi Anda akan berisi beberapa putaran pertanyaan yang mendalam dan diskusi tertulis untuk panelis.

Tuliskan tujuan, harapan, dan masalah penelitian yang akan dipecahkan. Komunikasikan hal ini kepada panelis Anda sebelum studi dimulai.

2. Menyiapkan bahan untuk dibagikan kepada peserta

Mengetahui tujuan studi akan memudahkan Anda untuk menetapkan struktur keseluruhan. Anda sekarang dapat memutuskan berapa banyak putaran yang Anda inginkan, menetapkan kerangka waktu dan menyiapkan materi untuk diberikan kepada peserta.

Penting untuk memiliki pedoman dan prosedur tertulis agar bisa ditinjau oleh panelis guna memastikan mereka memahami tujuan penelitian dan apa yang diharapkan dari mereka.

Materi potensial yang dapat Anda distribusikan meliputi:

  • Pedoman prosedur etis
  • Tujuan studi
  • Petunjuk tentang cara menyelesaikan studi dengan benar
  • Jadwal dan jangka waktu studi
  • Formulir persetujuan

Saat membangun keseluruhan struktur studi, Anda harus memutuskan siapa fasilitator Anda.  Mereka adalah orang yang memantau penelitian, meninjau kuesioner dan membuat pertanyaan baru setiap putaran.

Mereka harus memiliki pemahaman penuh tentang subjek yang sedang dibahas dan harus memiliki kemampuan penelitian yang kuat.

Anda kemudian harus membangun putaran Anda dan memutuskan berapa lama mereka akan bertahan. Mereka dapat bertahan hingga konsensus tercapai atau Anda dapat menetapkan batas waktu tertentu.

Baca juga: Bagaimana Cara Memimpin Tim Melalui Perubahan?

3. Pilih peserta

Setelah Anda memutuskan rencana dan struktur, Anda dapat memilih panelis untuk studi Anda. Siapkan daftar kriteria dan garis besar yang jelas untuk spesifikasi dan kualitas apa yang harus dimiliki peserta Anda. Anda harus memastikan panelis adalah ahli di bidang yang terkait erat dengan materi pelajaran.

Jumlah panelis yang Anda tambahkan ke grup harus bergantung pada faktor-faktor seperti kompleksitas materi pelajaran dan kerangka waktu studi. Biasanya yang terbaik adalah menggunakan antara 10 hingga 50 panelis.

4. Buat kuesioner Anda

Anda dapat membagikan kuesioner Anda sebelum setiap putaran. Setiap kuesioner harus menyertai putaran yang berbeda. Putaran studi Anda biasanya akan menampilkan beberapa hal, seperti:

  • Putaran pertama

Putaran pertanyaan pertama Anda harus memperkenalkan subjek gambaran besar Anda. Ini biasanya dimaksudkan untuk memulai percakapan keseluruhan antara panelis.

Anda akan memberikan informasi dasar untuk ditinjau panelis, meminta mereka untuk memberikan umpan balik yang jujur, dan akan menginstruksikan fasilitator untuk mengumpulkan jawaban mereka.

  • Putaran kedua

Fasilitator akan menggunakan putaran ini untuk meninjau setiap jawaban dengan cermat dan menemukan pengulangan atau tema umum di antara semua jawaban. Mereka kemudian akan memberikan informasi penting dari jawaban ini kepada panelis, yang akan meninjau tanggapan anonim.

Panelis kemudian diberi pilihan untuk menyesuaikan kembali jawaban asli mereka berdasarkan apa yang baru saja mereka baca, yang akan mereka serahkan kepada fasilitator.

  • Putaran ketiga

Setelah setiap orang memberikan tanggapan baru atau yang disesuaikan, fasilitator akan meninjau kembali jawaban-jawaban ini untuk menemukan kesamaan dan tema umum di antara mereka.

Mereka kemudian akan merancang pertanyaan baru yang disesuaikan berdasarkan jawaban putaran sebelumnya agar peserta dapat meninjau dan memberikan lebih banyak umpan balik.

Anda dapat mengakhiri studi pada putaran ini atau melanjutkan menyesuaikan jawaban berdasarkan umpan balik panelis sampai Anda mencapai konsensus umum kelompok.

5. Analisis umpan balik dan hasil dengan hati-hati

Setelah memberhentikan panelis, Anda harus duduk bersama anggota tim untuk meninjau hasil dan menentukan apakah Anda ingin menindaklanjuti keputusan yang dibuat panelis.

Anda juga dapat meminta fasilitator meninjau kembali hasilnya dengan cermat untuk memastikan semua informasi atau potongan data dihitung dengan benar.

Setelah semuanya diselesaikan, Anda dapat mengambil tindakan untuk menerapkan temuan Anda dengan mempresentasikannya kepada anggota tim atau pembuat keputusan lain, menyusun laporan konsensus, mengilustrasikan temuan Anda dalam artikel industri, atau mengimplementasikan proyek atau keputusan baru.

Baca juga: Mengetahui Jenis Iklan dalam Bisnis dan Bagaimana Parameter Iklan yang Sukses

Contoh mengunakan metode Delphi dalam sebuah bisnis

Berikut adalah beberapa contoh metode Delphi:

1. Contoh dalam rencana pengembangan proyek

Sebuah perusahaan teknologi sedang menciptakan sistem perangkat lunak besar yang dapat meningkatkan efisiensi berbagai laboratorium dan fasilitas medis. Perusahaan ini menghadirkan berbagai pakar, mulai dari ilmuwan hingga profesional bisnis.

Putaran pertama pertanyaan mereka berkisar pada apakah peserta yakin proyek tersebut akan berhasil, berapa banyak pendapatan yang mereka yakini akan diperoleh, kapan perusahaan harus meluncurkannya, dan bagaimana hal itu akan berdampak pada industri perawatan kesehatan.

Panelis mengirimkan umpan balik mereka secara anonim dengan jawaban yang sangat berbeda satu sama lain. Fasilitator dengan hati-hati meninjau informasi ini dan mengeluarkan umpan balik yang paling banyak dibagikan di antara para profesional bisnis, serta masukan serupa yang diberikan oleh para ilmuwan.

Beberapa profesional bisnis meninjau logistik proyek berdasarkan fakta ilmiah yang diberikan secara anonim oleh para ilmuwan dan menyesuaikan jawaban mereka. Studi berlanjut sampai para ilmuwan dan profesional bisnis sepakat pada tanggal rilis.

2. Contoh dalam membuat strategi keuangan

Sebuah perusahaan sedang memutuskan apakah akan melakukan investasi keuangan yang besar dengan membeli bisnis yang lebih kecil, mereka melakukan studi metode Delphi dengan menggunakan ahli keuangan sebagai panelis.

Pertanyaan putaran pertama memberikan perincian tentang bisnis yang ingin diinvestasikan oleh organisasi, seperti pendapatan tahunan dan nilai produk.

Mereka kemudian akan mengajukan pertanyaan kepada para ahli mengenai apakah mereka percaya berinvestasi di perusahaan ini adalah ide yang logis, strategi keuangan mana yang harus diambil organisasi jika mereka berinvestasi dan apa yang harus dilakukan organisasi jika mereka menyarankan untuk tidak berinvestasi di bisnis kecil.

Fasilitator akan mengambil jawaban mereka dan merilis hasil, yang mungkin saja banyak panelis berpikir bahwa perusahaan harus membeli usaha kecil tersebut. Kuesioner akan menanyakan lagi apakah mereka yakin organisasi harus membeli bisnis tersebut.

Mereka yang menjawab “tidak” dapat mengubah pendapatnya berdasarkan jawaban dan alasan ahli lain. Kuesioner terakhir akan menanyakan langkah apa yang selanjutnya harus diambil organisasi jika mereka membeli bisnis dan akan berakhir ketika semua orang mencapai konsensus tentang langkah logis yang harus diterapkan manajemen.

Kesimpulan

Menggunakan metode Delphi memang sangat berguna dalam pengambilan keputusan penting suatu bisnis, hal ini dikarenakan bisnis mendapatkan masukan dari para ahli atas keputusan yang akan bisnis buat nantinya.

Disisi lain, dalam proses pengambilan keputusan keuangan, Anda juga memerlukan data keuangan yang akurat agar keputusan yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Untuk mendapatkan data keuangan lebih mudah dan faktual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pengguna dan berpengalaman lebih dari 20 tahun. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia