Rekomendasi 12 Aplikasi Mind mapping Keren Untuk Proses Brainstorming

Mendapatkan ide yang kreatif tentunya bukan perkara yang mudah. Namun, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan aplikasi mind mapping keren.

Berdasarkan laman Oregon State University, mind mapping adalah salah satu jenis pemetaan pikiran dengan menggunakan diagram agar bisa menampilkan berbagai informasi dalam bentuk visual.

Sedangkan berdasarkan laman Emerald Publishing, mind mapping adalah cara dalam menghubungkan berbagai konsep kunci dengan menggunakan garis, gambar, serta link.

Mind mapping sendiri mempunyai banyak sekali manfaat, seperti menyempurnakan brainstorming ide, membuat rencana bisnis, atau untuk mempelajari berbagai hal.

Sebelumnya, mind mapping hanya dilakukan lewat secarik kertas dan pulpen berwarna. Semakin pesatnya perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak sekali aplikasi mind mapping yang bisa kita coba dan kita gunakan secara mudah.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan 12 aplikasi mind mapping keren yang akan membantu Anda dalam menemukan berbagai ide kreatif.

12 Aplikasi Mind mapping Keren

1. Ayoa

Aplikasi mind mapping keren pertama yang patut Anda coba adalah Ayoa. Pencipta aplikasi ini adalah Chris Griffiths, seorang ahli mind mapping dunia yang sudah mempunyai pengalaman lebih dari 12 tahun. Berdasarkan laman Ayoa, aplikasi ini menawarkan masa depan dari pembuatan mind mapping.

Anda bisa menulis berbagai ide secara langsung dengan menggunakan aplikasi ini dan bisa dikelola dari awal sampai dengan akhir.

Ayoa juga mempunyai berbagai fitur unggulan, seperti membuat ide yang cepat, memilih font, format, dan berbagai warna yang menarik.

2. XMind

XMind mampu menyediakan aplikasi mind mapping keren dan brainstorming menarik yang memiliki segudang fitur. Tujuan dibuatnya aplikasi ini memang agar bisa menulis ide dengan mudah, mengasah kreativitas, dan membuat Anda bekerja lebih produktif.

Mereka mengklaim bahwa aplikasi ini berbeda dengan aplikasi mind mapping lain. Karena, XMind mampu menawarkan beberapa desain chart, seperti Matrix, Timeline, Fishbone Chart, sampai Organizational Chart.

Lebih menariknya lagi, aplikasi ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk menulis ide saja. Anda bisa melakukan analisis secara mendalam dan melihat kronologi dari penyampaian ide. Jadi, XMind adalah aplikasi lengkap yang akan membantu Anda untuk lebih kreatif.

3. SimpleMind

Aplikasi mind mapping ini sangat terkenal karena sudah diunduh sebanyak 1 juta pengguna di Play Store. Keunggulan utama aplikasi SimpleMind adalah kemudahannya ketika digunakan. Anda bisa menuliskan ide secara langsung dan mendesain ide tersebut secara menarik.

SimpleMind sendiri mengklaim sudah dikembangkan selama 7 tahun, sehingga fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap. Beberapa fitur tersebut adalah memungkinkan Anda untuk menambahkan video, gambar, sampai voice note.

Baca juga: 10 Teknik Mencari Ide untuk Pemecahan Masalah

4. MindMeister

Berdasarkan situs resminya, MindMeister adalah tools mind mapping online yang mampu memudahkan Anda dalam mengembangkan, mencari dan berbagi ide dalam bentuk visual.

Aplikasi ini sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 13 juta pengguna, baik itu untuk tujuan brainstorming, membuat rencana mingguan kantor, atau untuk tujuan membuat karya kreatif lain.

Menariknya, tools ini akan membantu Anda dalam berbagi ide dengan tim atau rekan kerja Anda. Melakukan kolaborasi dengan tim ketika membuat ide pun akan lebih mudah karena terdapat fitur obrolan dan juga komentar. Jadi, bila Anda ingin membuat rencana dengan tim, maka MindMeister bisa Anda coba pertimbangkan.

5. Coggle

Coggle adalah salah satu platform yang bisa digunakan untuk membuat dan berbagi mind mapping dengan memanfaatkan diagram alir.

Aplikasi ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mencatat ide, yang mana ide tersebut nantinya bisa Anda diskusikan dengan orang lain secara real time. Sehingga, Anda bisa memberi atau mengubah ide kapan saja.

Salah satu kelebihan dari aplikasi mind mapping keren ini adalah tampilannya yang sangat sederhana. Saat menggunakannya, Anda tidak akan kebingungan dan bisa membuat mind mapping sesuai keinginan Anda secara mudah.

6. ClickUp

Selanjutnya, aplikasi mind mapping yang bisa Anda gunakan adalah ClickUp. Berdasarkan laman The Digital Project Manager, ClickUp adalah aplikasi mind mapping keren yang bisa Anda gunakan untuk mengatur dan merencanakan proyek secara mudah.

Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk bisa menggambar relevansi antar setiap proyek dan setiap tugas tim secara lebih jelas. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat visualisasi alur kerja dalam proyek dan secara langsung bisa mengelola berbagai tugas dari mind mapping yang sudah dibuat.

Aplikasi ini juga menawarkan integrasi bersifat native dengan aplikasi terkenal, seperti DropBox, Slack, hingga G Suite, yang tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk berkolaborasi.

7. Milanote

Jika Anda sedang mencari aplikasi mind mapping keren yang mampu menawarkan fitur lengkap dan mudah untuk digunakan, maka Milanote patut Anda pertimbangkan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat peta konsep yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mengatur alur perencanaan ide serta kinerja suatu proyek tanpa repot.

Selain itu, Milanote juga bukan sekedar aplikasi mind mapping biasa. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menambahkan berbagai media, seperti link dan gambar saat Anda ingin menciptakan peta konseptual.

Anda pun bisa membuat level hierarki sebanyak mungkin untuk bisa dimasukan ke dalam topik yang saat itu sedang dibahas.

Baca juga: Cara Membuat Content Plan yang Jelas Agar Konten Makin Maksimal

8. Miro

Bila Anda ingin menggunakan mind mapping terpercaya, maka Miro adalah jawabannya. Berdasarkan laman G2, Miro adalah platform whiteboarding online yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan kolaborasi antar tim.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai kanvas yang tidak terbatas dan memungkinkan lebih dari 20 juta pengguna agar bisa mengatur proyek, memimpin sesi brainstorming, perancangan produk, dan berbagai kegiatan lainnya.

Selain itu, fitur kolaborasi yang ada didalamnya pun akan memungkinkan setiap anggota untuk bisa menyampaikan idenya secara lebih mudah.

9. MURAL

Aplikasi mind mapping keren selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah MURAL. Aplikasi ini adalah ruang kerja digital terkenal yang sangat efektif untuk meningkatkan kolaborasi visual di perusahaan.

Umumnya, perusahaan menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan pemecahan masalah dan mengambil keputusan penting dengan menggunakan konsep visual.

Mural pun mempunyai manfaat yang lebih dari sekedar tools whiteboarding online saja. Aplikasi ini memungkinkan adanya inovasi dalam skala yang besar dengan menyediakan fitur perencanaan produk dan proyek dengan memanfaatkan metodologi pembuatan mind map yang mumpuni dan gesit.

10. Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah aplikasi visualisasi diagram yang bisa Anda gunakan untuk membuat mind map dan representasi lain.

Bila saat ini Anda sudah menggunakan sistem aplikasi Office 365, maka Anda harus menggunakan VISIO. Karena, Visio mampu menarik data dari Office 365 yang akan memudahkan Anda agar bisa memvisualisasikannya secara real time dengan banyak pilihan bagan.

Fitur inilah yang membedakan Visio dengan aplikasi mind mapping lainnya, karena Visio akan membantu Anda dalam menghidupkan data di dalam dashboard dan juga menampilkannya dalam diagram yang tertaut dengan data.

Hal tersebut tentunya lebih dari sekedar hanya mengilustrasikan ide di layar saja, tapi juga membuat hasil brainstorming yang lebih aktual dan lebih kredibel.

11. Freemind

Freemind adalah aplikasi mind mapping keren khusus untuk para pemula. Bersumber dari laman N task Manager, Freemind adalah aplikasi yang mempunyai tampilan UI yang sangat sederhana dan mampu membantu Anda dalam melakukan brainstorming secara mudah.

Walaupun begitu, bukan berarti setiap profesional tidak boleh menggunakan aplikasi ini. Justru banyak perusahaan yang menggunakannya untuk kebutuhan kolaborasi antar manajemen proyek dan antar tim.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemudahan integrasi. Bahkan, FreeMind mampu membaca kode HTML untuk kebutuhan pengalihan URL.

12. Stormboard

Rekomendasi aplikasi mind mapping keren terakhir yang bisa Anda gunakan adalah Stormboard. Aplikasi ini mampu menggantikan fungsi branches dan nodes menjadi sticky notes untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses brainstorming dan membuat mind mapping.

Bahkan, aplikasi ini dibekali dengan mode “rapid fire” yang mampu menampilkan sticky notes baru jika Anda sudah memposting berbagai ide baru. Tentunya fitur tersebut sangat berguna bila Anda mempunyai berbagai jenis ide yang ingin disampaikan secara akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memudahkan setiap tim agar bisa terlibat dalam proses kolaborasi, yang mana pada setiap anggota tim bisa membuat tugas, merekam komentar, dan menambahkan suara ke dalam setiap ide.

Stormboard pun mampu mengotomatisasikan proses kolaborasi dengan integrasi fitur Zapier Stormboard.

Baca juga: Content Strategy: Pengertian dan Tips Terbaik dalam Mengembangkannya

Penutup

Demikianlah rekomendasi aplikasi mind mapping keren yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda. Berbagai aplikasi tersebut bisa Anda nikmati secara gratis untuk kebutuhan kolaborasi dan brainstorming dengan rekan Anda.

Sehingga, akan membantu perusahaan dalam menciptakan inovasi produk atau jasa layanan terbaik untuk para pelanggan yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan.

Nah, pendapatan tersebut harus Anda catat dalam laporan keuangan agar bisa disampaikan pada pihak yang memiliki kepentingan untuk bisa mengambil keputusan yang baik di masa depan.

Namun, beberapa perusahaan masih membuat laporan keuangan secara manual. Bila Anda adalah salah satunya, maka ini adalah saat yang tepat untuk beralih dari cara yang manual dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan 200 jenis laporan keuangan serta laporan bisnis lainnya secara otomatis cepat dan akurat. Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah terdapat fitur dan modul yang akan membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Penasaran? Buktikan sekarang juga dengan mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1