Newsletter Adalah: Pengertian, dan Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya

Jika Anda sering memeriksa email, Anda pasti sangat sering menerima email newsletter adalah salah satu alat yang mampu digunakan oleh perusahaan untuk para pelanggan.

Dari email yang sudah dimiliki, mereka bisa langsung mengirimkan berbagai informasi terbaru dari perusahaan, promo-promo tertentu, dan lain sebagainya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas tentang newsletter dan alasan kenapa Anda harus menggunakannya.

Apa itu Newsletter?

Jika kita perhatikan dari namanya, maka arti newsletter adalah surat yang isinya suatu berita. Dilansir dari laman SendPulse, newsletter adalah suatu email yang berisi pemberitahuan ataupun update terbaru dari perusahaan untuk setiap pelanggannya.

Isi dari email tersebut bisa berupa fitur terbaru yang bisa digunakan di aplikasi, artikel rekomendasi dari blog perusahaan, dan masih banyak lagi isi artikel yang bisa disampaikan dengan menggunakan media yang satu ini.

Nah, strategi ini ternyata salah satu metode email marketing yang sudah sering digunakan oleh berbagai perusahaan besar di dunia. Jika pada umumnya email marketing ini dikirim pada target yang lebih luas agar banyak orang yang tertarik untuk membeli, maka pada newsletter umumnya dikirim pada daftar orang-orang tertentu saja.

Merek adalah orang yang sudah mendaftarkan emailnya dan masuk di dalam daftar subscriber, sehingga bisa mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan bisnis ataupun perusahaan. Tujuannya juga bukan agar mereka bisa membeli ataupun melakukan konversi saja, namun juga untuk bisa menikmati daftar orang yang telah terdaftar menjadi subscriber.

Baca juga: Key Opinion Leaders dan Peran Pentingnya Dalam Dunia Digital Marketing

Manfaat Newsletter Adalah

Setelah pengertian dari newsletter ini sudah diketahui, lantas akan ada pertanyaan, apakah newsletter ini adalah salah satu strategi yang sesuai untuk digunakan?

Nah, dalam hal ini, kami memiliki beberapa poin pertimbangan tertentu. Bila Anda tertarik untuk memperoleh salah satu manfaat dari enam poin di bawah ini, maka mengirimkan email newsletter sebagaik strategi email marketing bisa menjadi jawabannya.

1. Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan

Dilansir dari laman resmi Hubspot, salah satu keuntungan mengirim email newsletter secara rutin adalah mampu membangun dan juga menjaga hubungan yang baik dengan setiap pelanggan.

2. Mempromosikan Konten

Bila Anda ingin strategi content marketing Anda berjalan lancar, atau blog Anda kedatangan banyak pengunjung, maka newsletter bisa Anda jadikan jawaban. Dengan menggunakan newsletter, maka Anda bisa membagikan konten pilihan dari blog Anda secara rutin. Salah satunya adalah konten yang selalu Accurate Online bagikan.

Jika Anda mendaftarkan email Anda, maka Accurate Online akan mengirimkan newsletter yang isinya berupa artikel menarik dan juga bermanfaat serta sesuai untuk Anda.

Artikel tersebut tentunya sudah dipertimbangkan secara sedemikian rupa, agar mampu memenuhi kebutuhan Anda yang sudah mendaftarkan email. Sehingga, tidak ada pihak yang dirugikan.

Blog perusahaan akan mendapatkan keuntungan berupa kunjungan tambahan, dan pengguna juga bisa mendapatkan informasi yang sangat bermanfaat secara rutin.

3. Mendapatkan dan “Membimbing” Lead

Manfaat lainnya dari newsletter adalah memperoleh dan juga membimbing lead. Anda bisa memperoleh lead terbaru dan juga mengajak subscriber untuk menginput berbagai informasi pribadi, seperti email, alamat, dll.

Sebagai timbal baliknya, maka mereka bisa memperoleh berbagai penawaran atau apapun itu yang sudah mereka pilih. Maksud dari membimbing dalam hal ini lead nurturing, yakni suatu proses pengembangan hubungan dengan pengguna atau pembeli yang terdapat di dalam sales funnel.

Proses Perjalanan Newsletter

Sebelum pada akhirnya dikirimkan, tentunya newsletter mempunyai berbagai rangkaian proses yang harus dilewati. Hal ini bisa dimulai dari pemilihan konten yang ingin disebarkan, menentukan siapa saja yang masuk di dalam daftar subscriber, hingga memikirkan strateg, seperti jadwal, pemilihan kata, judul, dll.

Pada dasarnya, isi dari newsletter pun beragam, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai.

Jadi, intinya seluruh hal tersebut harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan, pun dengan berbagai komponen yang ada di dalamnya.

Satu hal yang pasti dalam membuat newsletter adalah memastikan subject dan preheader untuk dibuat semenarik mungkin, karena kedua hal tersebut menjadi hal yang pertama kali dilihat di inbox email

Selain itu, pastikan juga konten yang dipilih relevan, menarik, dan juga bermanfaat, sehingga setiap penerima email mau meluangkan waktu untuk membaca email tersebut. Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah waktu pengiriman newsletter. Karena, waktu pengiriman ini akan turut mempengaruhi keberhasilan email newsletter.

Apa yang Membuat Email Newsletter Bisa Menarik Pelanggan?

Upaya Anda dalam mengirim email marketing akan bisa berhasil asal email newsletter Anda didesain secara apik. Seperti  itulah rata-rata anggapan umumnya orang. tapi, promosi dengan menggunakan email ini nyatanya tidak bisa dibuat secara asal.

Setidaknya, ada beberapa elemen yang harus Anda perhatikan dalam membuat newsletter. Berbagai elemen inilah yang nantinya akan menentukan strategi pemasaran Anda.

Sama seperti halnya Accurate Online yang juga selalu mengirimkan email newsletter berupa promo langganan dengan konten yang informatif dan juga sangat menarik minat konsumen untuk berlangganan aplikasi akuntansi lewat konten yang diberikan.

1. Tampilan responsif

Usahakanlah sebisa mungkin untuk membuat email newsletter dengan tampilan yang responsif. Artinya, email Anda harus bisa dilihat di berbagai device dan juga resolusi layar. Selain itu, tampilan email juga harus tetap rapi dan tidak berantakan.

Poin ini sangat penting, terlebih lagi sebagian besar orang di dunia saat ini sudah mengakses internet dengan menggunakan smartphone nya, dan sebagian yang lainnya barulah menggunakan desktop, serta sedikit yang menggunakan tablet.

2. Kata-Kata yang Simpel dan Unik

Cobalah untuk sebisa mungkin menyusun kata yang simpel, unik, dan juga menarik di dalam newsletter Anda. bayangkan saja Anda berada di posisi pembaca. Segala sesuatu yang berkaitan dengan email biasanya harus terkesan serius, terlebih lagi bila memang menyangkut pekerjaan.

Jika Anda bisa menyusun kata yang unik, maka nantinya email newsletter yang Anda buat akan bisa meninggalkan kesan yang baik ke penerima dan membuat mereka tertarik untuk mengunjungi website Anda. akan lebih baik lagi bila mereka bersedia berlangganan paket atau membeli produk dari bisnis Anda.

3. Visual yang Estetis

Di zaman yang serba visual seperti saat ini, tampilan estetis sudah tidak lagi bisa ditawar. Agar bisa mewujudkan email newsletter, terdapat beberapa hal yang harus Anda ingat dan juga Anda terapkan. Contohnya, menggunakan skema warna yang sesuai dengan suatu brand. Ini adalah suatu langkah yang paling mudah untuk bisa menampilkan identitas brand di dalam newsletter.

Selanjutnya, gunakanlah bantuan ikon agar bisa mengurangi penggunaan teks di dalam newsletter. Ikon pada newsletter ini juga bisa memberikan sentuhan yang unik di dalam newsletter.

4. Ragam konten

Konten yang beragam pun adalah hal yang penting untuk ditempatkan di dalam email newsletter. Pilihan konten yang sama bisa saja membuat setiap pelanggan mengabaikan email yang masuk. Untuk itu, cobalah untuk menyediakan berbagai jenis konten untuk email marketing Anda.

Saat Anda sudah menjual produk ataupun jasa Anda, maka jangan melulu mempromosikan apa yang akan Anda jual. Ada baiknya untuk memberikan beberapa pilihan konten. Misalnya, konten tips and trik, inspirasi di balik bisnis yang sukses, ataupun cerita unik terkait kultur perusahaan.

5. Call to Action (CTA) yang Spesifik

CTA adalah elemen lain yang tidak boleh terlewatkan dalam newsletter. Keberadaan CTA ini mampu memberikan klu aksi apa yang sebenarnya bisa Anda dihadapkan dengan pelanggan Anda. contohnya, Anda bisa mengarahkan pelanggan anda untuk mengunjungi website anda, memberikan donasi, mengisi formulir, atau apapun itu.

Dengan adanya CTA, maka akan mampu mengurangi adanya kemungkinan email newsletter anda diabaikan oleh setiap penerima.

Secara lebih strategisnya lagi, CTA mampu membuat upaya email marketing Anda bisa dinilai secara konkret. Katakanlah, Anda bisa menghitung berapa banyak orang yang bisa membuka dan juga mengikuti CTA yang bisa Anda kerjakan.

Baca juga: Bundling Adalah Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Tingkatkan Penjualan

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang newsletter. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa newsletter adalah suatu email yang berisi pemberitahuan ataupun update terbaru dari perusahaan untuk setiap pelanggannya. Sebenarnya masih ada banyak hal lagi yang bisa ditambahkan untuk membuat newsletter Anda menjadi lebih cantik.

Namun, hal lainnya yang perlu Anda perhitungkan dalam menggunakan newsletter adalah membuat anggaran pemasaran.

Kenapa? karena saat menggunakan newsletter pasti Anda akan menggunakan layanan dari pihak lain yang tentunya harus mengeluarkan biaya. Nah, biaya tersebut harus bisa Anda perhitungkan dan Anda catat di dalam laporan keuangan.

Nah, agar lebih mudah dalam mencatat dan membuat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membantu dan menyediakan lebih dari 200 laporan keuangan yang bisa diakses secara mudah, cepat, dan akurat dimana saja dan kapan saja. Bahkan, fitur Accurate Online juga sangat lengkap, sehingga akan memudahkan kegiatan bisnis online atau offline Anda.

Seluruh fitur tersebut bisa Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah