Onboarding Karyawan, Hal Ini yang Harus Dipahami

Sumber daya manusia adalah salah satu hal yang penting dalam mendirikan suatu perusahaan. Untuk itu, proses pencarian SDM yang baik harus bisa dilakukan oleh perusahaan, mulai dari proses onboarding karyawan, sampai proses pengembangan karyawan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan lebih fokus dalam membahas onboarding karyawan, mulai dari pengertian, hingga proses dalam melakukannya.

Pengertian Onboarding Karyawan

Ketika kandidat karyawan sudah dinyatakan lulus proses rekrutmen dan menjadi bagian perusahaan, maka perusahaan harus mempersiapkan berbagai hal agar bisa menyambut karyawan baru tersebut agar nantinya bisa bekerja secara lebih efektif, sesuai dengan tugasnya di perusahaan tersebut.

Nah, agar bisa memastikan karyawan baru telah mendapatkan sambutan dan penerimaan yang terstandarisasi, tim SDM harus melakukan proses onboarding karyawan yang sudah tersistematis secara baik.

Pada dasarnya, onboarding karyawan adalah suatu proses transisi atau penyesuaian karyawan baru atas berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Berbagai hal tersebut mencakup budaya kerja, sistem yang dijalankan oleh perusahaan, jenis pekerjaan, pengenalan karyawan baru pada karyawan lama, dan berbagai hal lainnya agar karyawan baru tersebut bisa mengerti perusahaan barunya secara lebih baik.

Baca juga: Jasa Outsourcing: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi Onboarding Karyawan

Fungsi utama dari onboarding karyawan adalah memperkenalkan karyawan pada perusahaan dan setiap orang yang ada di dalamnya.

Fungsi tersebut menjadikan proses onboarding karyawan menjadi penting agar bisa meningkatkan dan menjaga rasa antusias karyawan baru atas pekerjaannya di perusahaan tersebut dan juga meningkatkan hubungan kerja yang baik antar setiap karyawan.

Jika proses onboarding karyawan ini tidak dilakukan dengan baik, maka kemungkinan karyawan baru yang sebelumnya antusias tersebut akan kehilangan motivasi karena dirinya tidak merasa diterima dan pada akhirnya akan bisa meningkatkan angka turnover perusahaan.

Disisi lain, tingginya angka turnover karyawan bisa memberikan dampak yang negatif pada pihak perusahaan, seperti meningkatkan anggaran keuangan perusahaan dan menghabiskan waktu yang lebih banyak dalam mencari karyawan baru sebagai pengganti karyawan yang keluar.

Baca juga: Surat Pemutusan Kontrak: Pengertian dan Komponen di Dalamnya

Proses Onboarding Karyawan yang Baik

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh HR dalam melakukan proses onboarding karyawan yang baik adalah sebagai berikut:

  • Company Tour

Tahap awal dalam melakukan onboarding karyawan pada perusahaan adalah dengan mengajak karyawan untuk bisa berkeliling dan memperkenalkan setiap divisi yang terdapat di dalam perusahaan tersebut. Tujuannya adalah agar karyawan tersebut bisa mengenal lebih baik tentang perusahaan dan mengenal divisi mana saja yang akan terlibat secara langsung dengan pekerjaan mereka.

Selain itu, fungsi lain dari company tour adalah agar bisa memperkenalkan karyawan baru pada karyawan lain. tujuannya adalah agar karyawan baru tersebut bisa merasa diterima di dalam lingkungan perusahaan yang nantinya akan meningkatkan rasa nyaman dan aman di dalam hubungan pekerjaan.

  • Proses yang Interaktif

Hal lain yang harus dilakukan adalah dengan membangun komunikasi yang interaktif antara karyawan baru dan karyawan lama di perusahaan dalam setiap proses onboarding. Salah satu caranya adalah dengan membuat program workshop yang di dalamnya menjelaskan berbagai hal yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Sehingga, nantinya karyawan baru mempunyai wadah dalam mengajukan pertanyaan pada karyawan lama tentang perusahaan ketika kegiatan workshop berlangsung.

Cara lainnya adalah dengan memperkenalkan karyawan baru di dalam acara rutin yang umumnya diselenggarakan oleh perusahaan. Sehingga, karyawan lama bisa mengajukan pertanyaan secara langsung dengan pada karyawan baru dan bisa menjadi proses ice breaking, sehingga bisa melatih karyawan baru agar bisa terbiasa dalam melakukan pembicaraan dengan karyawan lama.

  • Memberikan Penjelasan Singkat Mengenai Perusahaan

Ketika proses onboarding karyawan berlangsung, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah dengan memberikan informasi dan penjelasan singkat terkait perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa meningkatkan rasa loyalitas pada karyawan baru.

Dengan mengetahui informasi terkait perusahaannya, maka karyawan baru akan merasa diikutsertakan di dalam lingkungan pekerjaan.

  • Memberikan Beban Kerja yang Ringan

Sama seperti hal baru yang lainnya, karyawan baru pun sedang berada dalam proses transisi dan memerlukan banyak pelajaran dan juga bimbingan. Untuk itu, sangat penting sekali untuk memberikan beban kerja yang tidak terlalu berat pada karyawan baru.

Tujuanya adalah agar karyawan baru tersebut bisa mengenal lebih dulu pekerjaan yang akan dirinya kerjakan, sehingga nantinya bisa terbiasa dengan pekerjaannya tersebut.

Hal tersebut juga bisa menekan angka kesalahan yang bisa saja terjadi akibat human error.

  • Ikut Sertakan Dalam Diskusi

Semakin banyak kegiatan diskusi yang dilakukan oleh karyawan baru, maka akan semakin cepat juga pembelajaran yang nantinya bisa diserap oleh karyawan baru tersebut. Untuk itu, sangat penting sekali untuk mengikutsertakan karyawan dalam berbagai diskusi yang banyak dilakukan karyawan lama.

Kegiatan ini juga nantinya bisa meningkatkan hubungan antar karyawan, sehingga karyawan baru sudah tidak lagi merasa enggan dalam bertanya atau memberikan ide segar pada perusahaan.

Baca juga: Performance Review Adalah: Ini Pengertian dan Tips Melakukannya Secara Efektif

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang onboarding karyawan. Jadi, onboarding karyawan adalah suatu proses transisi atau penyesuaian karyawan baru atas berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Kegiatan onboarding karyawan ini sangat penting agar nantinya karyawan baru bisa beradaptasi dengan baik dengan lingkungan dan budaya kerja, sehingga karyawan baru tersebut bisa memberikan performa kerja terbaiknya.

Nah, untuk bisa meningkatkan performa karyawan, sebagai pebisnis Anda bisa menyediakan tools digital seperti aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? karena di dalamnya banyak sekali fitur bisnis yang akan membantu mereka dalam bekerja, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, pembukuan, manufaktur, cost and profit center, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih bersaing dengan kompetitor Anda di pasar.

Segera gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.