Pakaian Kerja: Ini Klasifikasinya yang Bisa Perusahaan Terapkan

Klasifikasi pakaian kerja bisa disesuaikan dengan profesi ataupun kebijakan setiap perusahaan. Dalam beberapa tempat, penampilan formal akan sangat penting karena menjadi suatu simbol profesionalisme. Namun di tempat lain, ada juga yang membebaskan pakaian karyawannya karena lebih mengutamakan kenyamanan dalam bekerja.

Beberapa perusahaan juga ada yang mempunyai kebijakan untuk menggunakan pakaian formal untuk setiap karyawan, bahkan ada juga yang harus menggunakan seragam, seperti pegawai BUMN, Aparatur Sipil Negara, pegawai pabrik, dan lain sebagainya.

Pakaian formal dianggap mampu menampilkan profesionalitas dan kredibilitas karyawan. Selain itu juga akan menampilkan sikap respek dan representasi perusahaan saat karyawan sedang mengunjungi rekan perusahaan atau pelanggan.

Tapi, beberapa HR perusahaan juga ada yang memberikan kebebasan dalam berpakaian. Beberapa perusahaan ini hanya memberikan saran pada karyawan untuk berpakaian bebas namun tetap sopan. Namun, aturan di dalamnya tidak menjelaskan pakaian spesifik yang harus dikenakan.

Ada juga perusahaan yang mempunyai kebijakan di mana karyawannya bisa berpakaian kasual, biasanya perusahaan yang menerapkan kebijakan ini adalah perusahaan startup. Memberikan kebebasan kepada karyawan untuk memilih pakaian kerja dianggap mampu meningkatkan produktivitas karyawan.

Karena dengan memilih pakaian kerja sendiri, karyawan akan merasa lebih dihargai dan diberikan kebebasan dalam memilih cara nyaman dalam bekerja. Menerapkan budaya bebas tapi tetap produktif akan membuat perusahaan dan karyawan sama-sama mampu memperoleh hal yang positif. Nantinya, tidak akan ada rasa jenuh terkait pakaian yang mungkin akan berdampak pada produktivitas karyawan.

Memang kebijakan terkait pakaian kerja ini berbeda-beda, tergantung dalam bidang kerja, industri dan profesi. Nah, berikut ini adalah klasifikasi pakaian kerja dan juga contohnya yang bisa diterapkan di dalam perusahaan.

Klasifikasi Pakaian Kerja Karyawan

1. Pakaian Kerja Bisnis Profesional

Di dalam kategori ini, setiap karyawan harus bisa tampil dengan menggunakan pakaian formal. Tampilan bisnis profesional banyak digunakan ketika kunjungan bisnis atau saat menemui klien perusahaan. Selain itu, pakaian kerja bisnis profesional pun bisa diterapkan pada pekerjaan yang lebih mengedepankan kredibilitas karyawan.

Contohnya adalah pakaian yang digunakan oleh presenter berita di TV sebagai bentuk profesionalisme, kredibilitas, dan juga respek pada penonton mereka dan pembawaan berita mereka.

Untuk pria contoh pakaian yang digunakan di dalam kategori ini adalah setelan jas dengan dasi, kemeja formal, celana bahan, sepatu pantofel, blazer, dan aksesoris seperti jam.

Sedangkan untuk perempuan, contoh pakaian yang digunakan di dalam kategori ini adalah kemeja formal, setelan jas dengan rok, sepatu yang menutupi jari kaki, stocking, dan make up sewajarnya.

2. Pakaian Bebas Sopan

Jenis pakaian ini banyak digunakan saat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari di kantor. Jenis pakaian ini paling banyak digunakan pada perusahaan yang lebih mengedepankan kenyamanan karyawan. Di dalam kategori pakaian ini, setiap karyawan bebas dalam memilih warna baju yang akan dikenakannya, sehingga mereka bisa lebih bebas dalam mengekspresikan diri.

Untuk pria, contoh pakaian yang bisa digunakan adalah jaket atau sweater, dasi, kemeja, celana jeans, celana bahan, turtleneck, dan sepatu formal.

Sedangkan untuk perempuan, contoh pakaian yang bisa digunakan adalah sweater, kemeja, blus, celana atau rok bahan, dan sepatu formal.

Baca juga: Apa Itu Manajemen? Berikut Pengertian, Fungsi, Unsur, Gaya, Jenis, Dan Karakteristiknya

3. Pakaian Kasual

Pakaian kerja jenis ini adalah pakaian kerja yang tidak terlalu mengikat atau bebas. Beberapa perusahaan ada yang tidak mementingkan pakaian yang digunakan oleh karyawannya dan lebih membebaskan cara mereka dalam berpenampilan, artinya adalah pakaian bebas.

Dengan aturan bahwa pakaian kerja yang digunakan masih bisa diterima oleh rekan kerja yang lainnya. Umumnya, perusahaan yang menerapkan pakaian kerja ini adalah perusahaan perusahaan startup yang mana kebanyakan karyawannya adalah anak muda.

Jenis perusahaan ini umumnya lebih memfokuskan ide dan kreatifitas dari karyawan daripada menilai kredibilitas karyawan dari penampilannya.

Contoh pakaian untuk pria di dalam kategori ini adalah kaos berkerah, t-shirt, jaket atau sweater, dan sepatu sneakers. Sedangkan contoh pakaian untuk karyawan perempuan adalah celana jeans, t-shirt, jaket atau sweater, dan sepatu casual.

Baca juga: Manajemen Organisasi : Pengertian, Fungsi Dan Tujuannya

Penutup

Demikianlah beberapa jenis dan contoh pakaian yang bisa digunakan di beberapa perusahaan pada umumnya. Tentunya pakaian tersebut adalah untuk pekerja yang melaksanakan aktivitasnya di dalam ruangan. Akan berbeda lagi untuk mereka yang bekerja di lapangan.

Peraturan terkait pakaian kerja ini biasanya akan dibahas dalam proses rekrutmen, apakah ada pakaian tertentu ataukah tidak. Peraturan seperti ini harus bisa diperhatikan dengan baik agar nantinya tidak berdampak serius pada produktivitas karyawan.

Selain memerhatikan hal tersebut, perusahaan juga harus memerhatikan bentuk pengelolaan keuangannya agar setiap operasional kerja perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Untungnya, saat ini perusahaan bisa mengelola keuangan lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software yang dikembangkan dengan basis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur bisnis lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien, seperti fitur perpajakan, penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, cost and profit center, multi mata uang, multi cabang dan masih banyak lagi.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.