10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

oleh | Nov 28, 2023

source envato.

10 Strategi Pemasaran Produk Efektif yang Bisa Anda Coba

Strategi pemasaran produk yang efektif harus diketahui oleh semua pebisnis baik di bidang barang atau jasa.

Terutama Anda yang bekerja di bidang marketing atau pemasaran. Karena teknik inilah yang sejatinya membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan sukses.

Sayang tidak semua pebisnis dan marketer mengetahui strategi strategi pemasaran produk.

Nah, kami sudah merangkum sepuluh strategi pemasaran produk yang tepat dan bisa Anda lakukan dengan mudah di bawah ini.

Tutorial Video

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang 10 strategi pemasaran yang efektif dengan cara yang lebih mudah? Silahkan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:

pemasaran produk youtube

ilustrasi strategi marketing produk. source official Youtube Accurate Online

Bagaimana, menarik bukan? lanjut scroll ke bawah untuk penjelasan lebih dalam tentang strategi pemasaran produk yang lebih efektif.

10 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

10 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

ilustrasi strategi marketing produk. source envato

Dalam dunia bisnis yang terus berubah, strategi pemasaran produk yang efektif menjadi kunci utama untuk memenangkan hati konsumen dan memastikan kesuksesan bisnis.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh strategi pemasaran produk yang terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas, menarik perhatian pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

1. Kenali Pelanggan dengan Baik

Strategi pemasaran produk yang pertama adalah kenali pelanggan dengan detail.

Karena dialah yang menjadi target atau sasaran penjualan produk Anda. jika tidak mengenalinya, bisa jadi produk yang ditawarkan tidak akan disukai.

Nah, untuk mengenali pelanggan agar lebih mudah, silakan lakukan survey terhadapnya.

Termasuk survey terkait dengan produk apa yang dibutuhkan, bagaimana sistem pembayaran yang disukai, distribusi produk seperti apa yang diinginkan dan sebagainya.

Nah, jika hasil survey sudah didapatkan, tentu pemasaran produk menjadi lebih efektif dan mudah.

Karena Anda tinggal mencocokkan saja dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Karena alasan inilah maka survey untuk mengenali pelanggan perlu dilakukan.

Bahkan sebelum produk akan dipasarkan atau didistribusikan kepadanya. Jadi silakan lakukan survey lebih efektif .

Baca juga: 4 Langkah Melakukan Analisa Pasar yang Efektif untuk Pengembangan Bisnis

2. Melakukan Promosi yang Tepat

Strategi pemasaran produk yang efektif yang kedua adalah silakan lakukan promosi produk yang tepat. Semuanya tergantung Anda termasuk dimana promosi akan diletakkan.

Apakah melalui media cetak atau di media online seperti medsos, situs dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk promosi produk dengan konten-konten yang kreatif. Minimal bisa memicu munculnya daya tarik pembeli pada produk yang ditawarkan.

Jangan lupa pula untuk selalu mempromosikan produk dengan konsisten dan berkelanjutan.

Karena jika hanya satu dua kali promosi, hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi jika promosi yang pertama sasarannya malah pelanggan yang salah.

Maka dari itu, tetap lakukan promosi yang tepat. Artinya tepat sasaran serta lakukan promosi dengan dana seminimal mungkin. Yang penting masyarakat tertarik dengan promo itu.

3. Bangun Tempat Usaha yang Strategis

Bangun Tempat Usaha yang Strategis

ilustrasi strategi marketing produk. source envato

Strategi promosi yang berikutnya adalah silakan pilih tempat menjalankan usaha yang strategis.

Minimal area yang ramai atau di ruang yang mudah diakses publik. Tempat semacam ini berpotensi memberikan keuntungan dibandingkan di tempat yang sepi.

Untuk menemukan lokasi usaha yang strategis tentunya membutuhkan survey terlebih dahulu. Jangan langsung asal membeli tanah hanya karena harganya murah.

Tetapi pastikan terlebih dahulu, apa tempat tersebut layak menjadi tempat usaha atau tidak.

Lokasi yang nyaman dan potensional untuk berbisnis adalah di pinggir jalan protokol.

Selain itu, Anda juga bisa memilih area perkantoran atau daerah pusat administratif kota. Karena di sanalah puncak keramaian.

Memang harga tempat usaha di lokasi semacam itu sangat mahal. Tetapi itu sebanding dengan laba usaha yang didapatkan.

Maka dari itu, silakan persiapkan modal untuk membangun usaha di tempat yang strategis.

4. Membuat Anggaran Sistematis

Untuk Strategi pemasaran produk selanjutnya, mungkin Anda perlu membuat anggaran khusus untuk promosi.

Memang promosi di media sosial tidak membutuhkan biaya mahal. Bahkan membuat situs saja ada yang gratis yang artinya promosi juga gratis.

Namun, jika langkah semacam ini tetap digunakan, bisa dipastikan tidak ada progres yang jelas dari promosi yang disampaikan.

Maka dari itu, dibutuhkan sistem promo yang lebih khusus dan bagus. Tentunya butuh modal untuk menjalankannya.

Salah satu bentuk promosi berbayar adalah Google Ads atau menyewa influencer. Ini membutuhkan modal yang besar.

Maka dari itu, buat anggaran khusus pemasaran jika tidak ingin mndapatkan kerugian.

Untuk kemudahan pembuatan anggaran yang sesuai rencana, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online

Sekalipun tidak semahal membangun tempat atau gedung usaha, tetapi ini harus dijalankan secara berkelanjutan.

Maka dari itu, anggarannya harus sistematis dan ditulis dengan rapi tanpa kesalahan.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Penerapan dan Contohnya

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Strategi pemasaran produk yang selanjutnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Ini harus dilakukan, jika ingin produknya dibeli dan pemasaran berhasil. Namun, jika kepada konsumen tidak menunjukkan pelayanan terbaik, tentu mereka juga malas untuk bertransaksi.

Salah satu bentuk pelayanan yang baik adalah mengakomodasi semua saran dan kritik dari konsumen.

Yakinlah diri kalau produk yang dibuat tidak sempurna. Sehingga kritik dan saran dari pelanggan adalah nutrisi untuk menutupi ketidak sempurnaan itu.

Pelayanan terbaik yang dimaksud juga dalam bentuk pemberian hadiah atau reward untuk pelanggan. Bentuknya sesuai keinginan perusahaan.

Apakah dengan memberikan hadiah berupa produk, voucher gratis, cash back atau dengan memberikan potongan harga atau diskon tertentu.

Jika ini dilakukan, biasanya pelanggan senang karena mereka merasa dihormati dan dilayani dengan baik.

Jadi jangan heran kalau pelanggan semacam ini akan mengajak orang lain untuk ikut membeli produk di perusahaan.

6. Buatlah Toko Online Sendiri

Pada zaman sekarang membangun toko online untuk menjual lebih banyak barang yang di produksi adalah hal biasa.

Dengan membuka toko online sendiri, bisnis Anda akan dikenal siapapun di seluruh dunia tanpa batasan jarak dan waktu.

Ini adalah strategi pemasaran produk yang baik bagi Anda yang memiliki visi untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

Membuat toko online dan website sendiri memang membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit.

Namun ini bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan bagi Anda di masa depan

7. Memiliki Media Sosial Perusahaan

 Memiliki Media Sosial Perusahaan

ilustrasi strategi marketing produk. source envato

Strategi pemasaran produk yang efektif yang selanjutnya adalah Anda harus memiliki akun di media sosial. Misal akun di FB, Twitter, WA, Instagram dan lain sebagainya.

Nah, di dalam akun-akun itu, Anda bisa memasukkan produk-produk yang akan ditawarkan kepada pembeli. Jangan lupa untuk menyertakan review atau artikel terkait produk di dalamnya.

Jika produk sudah ada di dalam akun, maka tinggal share saja ke akun yang lain atau menampilkannya di beranda.

Nantinya akan banyak orang yang melihat postingan itu. Jika tertarik untuk membeli, mereka akan menghubungi Anda melalui kolom komentar atau mengunjungi situs online yang Anda miliki

Ini langkah yang bagus dan termasuk strategi pemasaran produk yang paling murah dan cepat. Maka dari itu, perusahaan harus membuka akun media sosial sekarang juga.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

8. Aktifkan Email Marketing

Dibandingkan jumlah akun media sosial, jumlah masyarakat pemilik email masih lebih banyak. Maka dari itu, mempromosikan produk via email adalah cara pemasaran yang juga efektif.

Oleh karena itu, dibutuhkan email marketing yang bisa Anda kirimkan kepada banyak pemilik Email di Indonesia maupun di dunia.

Memang terkadang ini dianggap spam oleh sistem karena mengganggu pengguna. Namun jika informasinya memang dibutuhkan biasanya pengguna tetap membukanya di laman spam.

Karena alasan inilah, banyak perusahaan yang membuat email marketing. Karena menurut mereka, strategi strategi pemasaran produk semacam ini lebih progresif dibandingkan promosi melalui media sosial yang biasa.

Maka dari itu, jika Anda pemilik usaha atau pebisnis dan ingin melakukan promosi atau pemasaran yang efektif,

Silakan lakukan strategi pemasaran produk ini. Buat email marketing lalu sebar produk Anda.

Ingin mengetahui tips terbaik seputar email marketing? Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

9. Menjalankan Bisnis Sistem Dropship

Menjalankan Bisnis Sistem Dropship

ilustrasi strategi marketing produk. source envato

Berdasarkan laman Wikipedia, dropship maksudnya adalah mengajak pelanggan untuk menjadi agen dalam arti ikut menawarkan produk  perusahaan kepada orang lain.

Namun, dia tidak harus membeli produk atau stok, melainkan hanya menawarkan saja.

Nah, jika ada yang tertarik dengan ajakannya, maka tinggal dipertemukan dengan pihak penjual saja.

Nantinya, si pelanggan yang berhasil itu akan mendapatkan komisi dari perusahaan.

Nah, semakin banyak dropship yang bergabung, tentu jangkauan promosi semakin luas.

Karena tidak mungkin pihak perusahaan atau pebisnis turun sendiri ke daerah di seluruh Indonesia kecuali dengan menggunakan strategi pemasaran produk ini.

10. Meminta Bantuan Jasa Influencer

Strategi pemasaran produk agar efektif yang terakhir adalah meminta bantuan jasa influencer. Silakan dipilih mau influencer dari kalangan ahli, artis atau orang yang memiliki viewer jutaan.

Siapapun yang dipilih berpotensi untuk mengajak orang lain membeli produk. Apalagi jika yang digunakan adalah artis. Tentu fans-nya akan ikut membeli produk yang ia tawarkan.

Memang strategi pemasaran produk ini membutuhkan biaya mahal. Tetapi jika anggarannya tepat dan ada modalnya, tidak masalah.

Karena keuntungannya masih lebih besar dibandingkan modal promosi yang dikeluarkan.

Baca juga : 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran

Penutup

Merancang strategi pemasaran produk adalah hal utama yang harus Anda perhatikan jika bisnis Anda ingin tetap menguntungkan dan bertahan.

Terlebih di zaman yang semua serba cepat dan sebaran informasi bisa Anda dapatkan kapanpun Anda mau.

Salah sedikit saja Anda dalam mengambil keputusan, maka bukan tidak mungkin bahwa bisnis Anda akan mengalami kerugian bahkan berujung kebangkrutan.

Untuk meminimalisir hal ini, Anda memerlukan proses pemantauan keuangan dan pencatatan pembukuan yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau, seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akutansi berbasis cloud yang memudahkan Anda dalam melakukan prsoses pembukuan usaha.

Tidak hanya kemudahan, dengan menggunakan Accurate Online, keamanan data bisnis Anda terjamin 100% karena kemanan pada sistem Accurate Online setara dengan sistem perbankan.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait