Pengertian Media, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian media adalah bentuk jamak dari kata medium dan bisa bertindak sebagai kata kerja tunggal ataupun jamak. Lantas, apa sebenarnya pengertian media? Apa saja jenis media yang berada di sekitar kita?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian media secara umum dan menurut para ahli, fungsi media dalam ilmu komunikasi dan informasi, serta berbagai jenis media yang berada di sekitar kita.

Pengertian Media Adalah

Secara etimologis, kata media berasal dari bahasa latin, yaitu meduus yang memiliki arti perantara, tengah, ataupun pengantar. Dalam ilmu bahasa indonesia, kata medium memiliki arti antara atau sedang.

Pengertian media umumnya merujuk pada suatu yang dijadikan sebagai alat, wadah, maupun sarana untuk melakukan komunikasi.

Jadi, pengertian media secara umum adalah suatu alat pengantar atau alat perantara yang berguna untuk menyalurkan informasi ataupun pesan dari sebuah sumber pada pihak penerima pesan.

Beberapa pihak ada yang mengatakan bahwa pengertian media adalah berbagai bentuk saluran yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan ataupun informasi. Itu artinya, media adalah sarana untuk menyampaikan suatu pesan.

Baca juga: Indexing: Ini Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Agar kita bisa memahami pengertian media dengan baik, mari kita membaca pendapat para ahli di bawah ini.

1. Syaiful Bahri Djamarah

Syaiful Bahri Djamarah berpendapat bahwa pengertian media adalah sebuah alat bantu yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan untuk mencapai suatu tujuan.

2. Arif S. Sadirman

Menurut Arif S Sadirman, media merupakan berbagai alat fisik yang mampu menyajikan pesan dan merangsang para siswa untuk bisa belajar.

3. Ahmad Rohani

Berdasarkan pendapat Ahmad Rohani, pengertian media adalah berbagai hal yang bisa ditangkap oleh indera manusia dan berguna sebagai sarana, perantara, ataupun alat untuk proses komunikasi.

4. Leslie J. Briggs

Leslie J. Briggs mengatakan bahwa media adalah sebuah alat yang memiliki fisik dan digunakan agar bisa menyampaikan materi. Media ini bisa berbentuk gambar, video, buku, televisi, dan masih banyak lagi.

5. Santoso S. Hamijaya

Menurut Santoso S. Hamijaya, pengertian media adalah berbagai wujud perantara yang digunakan oleh seseorang untuk bisa menyampaikan pesan, sehingga bisa sampai dengan baik oleh penerimanya.

Baca juga: Lead Nurturing: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya untuk Bisnis

Fungsi Media Secara Umum

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, bahwa istilah media bisa digunakan dalam berbagai bidang. Seperti media informasi, media pemasaran, media pembelajaran, dan lain sebagainya.

Secara umum, sebuah media mempunyai fungsi yang sama, yaitu:

  • Sebagai sarana informasi untuk masyarakat luas
  • Membantu masyarakat dalam mengatasi adanya keterbatasan pada ruang, waktu dan daya indera.
  • Sarana menyalurkan ide, pendapat, dan gagasan pada masyarakat.
  • Sarana dalam memperoleh relaksasi, hiburan, dan pengalih perhatian dari ketegangan sosial.
  • Sarana pendidikan untuk masyarakat umum dan untuk para siswa secara khusus.
  • Sarana untuk bisa melakukan kontrol atau pengawasan sosial pada masyarakat luas.

Baca juga: 7 Cara Membuat Infografis yang Menarik Untuk Kebutuhan Pemasaran

Jenis-Jenis Media

Setelah mengetahui pengertian media dan fungsinya secara umum, selanjutnya kita harus mengetahui berbagai jenis media. Rudy Bretz (Media Pembelajaran, 2008:52) menjelaskan bahwa media terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Media Audio

Media audio merupakan jenis media yang melibatkan indera pendengaran atau telinga yang memanipulasi kemampuan suara. Pesan yang bisa disampaikan dalam bentuk media audio adalah pesan verbal seperti bahasa lisan atau kata-kata, dan pesan non-verbal seperti vokalisasi, musik, dan berbagai bunyi lainnya.

2. Media Visual

Pengertian media visual adalah media yang melibatkan indera penglihatan atau mata. Beberapa contoh media visual adalah sebagai berikut:

  • Media visual verbal: Media visual yang di dalamnya berisi pesan verbal ataupun pesan linguistik dalam bentuk tulisan, seperti majalah, buku, surat kabar, dan lain sebagainya.
  • Media visual grafis: Media visual yang di dalamnya berisi pesan non verbal, yang mana pesannya berbentuk unsur grafis atau berbagai simbol tertentu, contohnya gambar, sketsa, foto, peta, diagram, dan lain sebagainya.
  • Media visual non-cetak: Media visual non cetak adalah media visual yang di dalamnya berisi pesan dalam wujud tiga dimensi. Beberapa contohnya adalah miniatur, diorama, mock up, model, dan juga specimen.

3. Media Audio Visual

Media audio visual adalah jenis media yang di dalamnya melibatkan indera pendengaran dan juga indera penglihatan secara bersamaan di dalam satu proses. Pesan yang disalurkan dalam jenis media ini lebih bersifat verbal dan nonverbal, contohnya adalah film dokumenter, film drama dan lain sebagainya.

Baca juga: OOH Adalah Jenis Iklan Di Luar Ruangan, Ini Pengertian dan Berbagai Jenisnya!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, bisa kita simpulkan bersama bahwa pengertian media adalah suatu saluran komunikasi yang digunakan agar bisa menyebarkan berita, informasi, hiburan, pendidikan, data atau pesan promosi iklan.

Terdapat banyak saluran penyiaran media, seperti majalah, radio, televisi, fax, bollboard, internet dan juga telepon.

Untuk media promosi iklan, Anda bisa menggunakan internet sebagai media promosi iklan terkini dan mampu menjangkau lebih banyak orang. Terlebih lagi, anggaran yang harus dipersiapkan untuk media promosi internet ini tergolong terjangkau dan bisa disesuaikan sesuka hati. Namun demikian, Anda harus tetap pencatatannya di dalam laporan keuangan bisnis Anda.

Namun bila Anda belum memiliki waktu yang cukup atau tidak sempat untuk mencatatnya di dalam laporan keuangan, tenang. Gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Bahkan Anda bisa mengakses laporan tersebut kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Penasaran? Ayo coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.