Pengertian Segmentasi Pasar, Kriteria, Contoh, dan Tujuannya bagi Bisnis

Dalam strategi pemasaran, Anda akan menemukan sebuah istilah bertajuk segmentasi pasar. Hal tersebut dapat meningkatkan pemasaran dan membuat penjualan serta keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan menjadi lebih maksimal, namun apakah Anda mengetahui pengertian segmentasi pasar secara mendalam?

Bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis, ada baiknya Anda melakukan proses ini. Lalu, apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Apa tujuan dan kriterianya? Bagaimana contoh nyatanya? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar adalah sebuah proses pengelompokan atau pembagian calon konsumen berdasarkan karakteristik yang berbeda. Hal ini bisa ditujukan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi beberapa kelompok pasar yang homogen. Setiap kelompok tersebut dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk sesuai dengan kebutuhan, lokasi, dan karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Untuk Bisnis yang Lebih Baik

Tujuan Pembagian Pasar

Setelah mengatahui pengertian segmentasi pasar, selanjutnya adalah harus mengetahui tujuannya. Tujuan dari pembagian pasar adalah untuk meningkatkan volume penjualan. Pembagian konsumen bermanfaat untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka. Tidak hanya itu, pembagian pasar juga dapat memungkinkan pelaku bisnis untuk mengembangkan produknya dengan biaya yang lebih rendah.

Hal tersebut dikarenakan pebisnis bisa mengimprovisasi produk dengan kelompok konsumen tertentu yang dituju. Manfaatnya, pemasaran dan penjualan menjadi lebih efektif dibandingkan dengan mencoba menyediakan produk dalam stok besar ke banyak kelompok.

Kriteria Segmentasi Pasar

Pembagian pasar dipraktikkan dalam ranah bisnis untuk menyederhanakan strategi pemasaran. Hal ini dilakukan dengan membagi pasar dengan basis luas ke dalam kelompok tertentu. Kemudian, metode pemasaran yang tepat dirancang untuk menarik untuk setiap kelompok.

Ada baiknya Anda memfokuskan pada sumber daya segmen pasar dengan pertumbuhan yang tinggi. Berikut beberapa kriteria pembagian pasar untuk bisnis Anda.

1. Measurable (Dapat Diukur)

Segmen pasar perlu diukur dengan dasar volume atau nilai penjualan. Hal ini membutuhkan riset pasar yang andal dan mampu mengidentifikasi ukuran segmen pasar. Dengan begitu, tingkat akurasinya masuk akal. Selanjutnya, pelaku bisnis dapat menentukan fokus mereka ke pemasaran segmen tersebut.

Baca juga : Perilaku Konsumen Untuk Pengembangan Bisnis yang Lebih Baik

2. Substantial (Substansial)

Kriteria selanjutnya adalah hal yang berkaitan dengan substansi. Pendeknya, membuang anggaran pemasaran ke dalam pasar yang tidak cukup besar tidak perlu dilakukan. Hal tersebut hanya akan membuat boros pengeluaran.

3. Accessible (Dapat Diakses)

Ketika Anda melakukan riset pada segmen pasar, ada baiknya Anda mempertimbangkan bagaimana audiens bisa mengakses informasi mengenai produk dan perusahaan Anda. kenali kekuatan dan kemampuan dari divisi pemasaran pada bisnis Anda.

4. Differentiable (Dapat Dibedakan)

Pada dasarnya, segmen pasar yang bagus dan ideal harus homogen secara internal. Artinya, semua pelanggan di dalam segmen tersebut mempunyai sifat dan preferensi yang sama. Namun, secara eksternal, segmen tersebut adalah heterogen.

Perbedaan antara segmen-segmen pasar harus Anda teliti dengan jelas. Dengan begitu, promosi produk dan alat pemasaran bisa digunakan secara efektif dan tidak tumpang tindih.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Apa itu Standar Operasional Prosedur atau SOP

5. Actionable (Dapat Ditindaklanjuti)

Kriteria segmen pasar yang selanjutnya adalah harus mempunyai nilai praktis dan harus menyediakan informasi pendukung untuk metode penjualan. Hasil dari segmentasi juga harus mudah diukur dan didefinisikan.

Contoh Pembagian Pasar

Banyak sekali contoh pembagian pasar yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah pembagian pasar smartphone Samsung Galaxy Young. Seperti namanya, ponsel pintar ini ditujukan bagi orang-orang yang berjiwa muda, seperti mahasiswa dan pelajar.

Memiliki tampilan fisik yang menarik dengan pilihan warna yang banyak, ponsel ini tidak hanya digemari oleh kalangan wanita, namun juga laki-laki. Dengan harganya yang sangat terjangkau, maka ponsel ini ditujukan untuk kelas menengah ke bawah.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis

Kesimpulan

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memahami dengan detail mengenai pengertian segmentasi pasar dan semua hal yang berhubungan dengan ini. Proses segmentasi ini bermanfaat untuk meningkatkan pemasaran produk dengan arah yang lebih jelas. Selain itu, sumber daya yang ada juga bisa digunakan dengan lebih efisien dan efektif.

accurate fokus pengembangan