Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Kategori, Fungsi, dan Manfaatnya

Manajemen adalah sebuah sistem yang sangat dibutuhkan oleh manusia ketika akan melakukan pengelolaan terhadap suatu aktivitas. Hanya dengan manajemen maka tujuan yang menjadi target dari aktivitas tersebut akan tercapai dengan baik. Karena sesuai dengan pengertian manajemen sendiri yaitu suatu proses yang dijalankan demi tercapainya tujuan-tujuan dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

Proses manajemen pasti membutuhkan informasi yang terkait dengan data-data yang akan dijadikan sebagai basis penentuan sistem manajemen yang akan digunakan. Ini yang diistilahkan dengan sistem informasi manajemen yang disingkat SIM. Pertanyaannya adalah apa pengertian sistem informasi manajemen atau SIM tersebut?

Dengan adanya sistem teknologi digital seperti saat ini maka segala macam dinamika akan terintegrasi secara sempurna dan sistematis dengan sebuah alat teknologi seperti komputer. Dengan konsep ini sejatinya sistem informasi yang sudah terintegrasi tersebut tentu memiliki kelebihan dibandingkan sistem informasi jenis yang lain.

Jika dilihat dari analisis di atas maka sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang menggunakan komputer dalam mentransformasi data menjadi informasi digital yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

Baca juga : Faktor yang Mempengaruhi Penawaran dalam Pengembangan Bisnis

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

1. Bodnar dan Hopwood

Menurut Bodnar dan Hopwood pengertian sistem informasi manajemen atau SIM merupakan kumpulan hardware serta software yang dirancang secara eksklusif untuk bisa melakukan integrasi data menjadi satu informasi digital yang valid dan berguna.

Menurut ahli ini kumpulan hardware atau perangkat keras serta software atau perangkat lunak ketika digabungkan maka tentunya merujuk pada satu perangkat teknologi yang disebut komputer. Faktanya perangkat inilah yang memang satu-satunya yang mampu melakukan transformasi data digital dengan cepat.

2. Mc Leod

Sedangkan menurut Mc Ledo pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu proses manajemen yang di dalamnya terdapat sistem dengan kemampuan serupa otak komputer yang salah satu kemampuannya adalah menjamin ketersediaan data informasi untuk pengguna dalam satu kebutuhan yang sama.

Di dalam informasi ini terdapat layanan-layanan yang menjelaskan tentang apa yang telah, sedang, serta kemungkinan yang bakal terjadi di waktu-waktu yang selanjutnya.

Di dalam konsep sistem inilah, terdapat konten-konten laporan terkait dengan laporan periodik, laporan khusus umum, serta data-data output yang menampilkan simulasi aritmatika. Yang mana nantinya sistem tersebut atau data tersebut bisa dijadikan sebagai dasar pengelolaan perusahaan di dalam melakukan aktivitas riset maupun analisis yang menjadi dasar penentu kebijakan dan keputusan.

Baca juga : Marketing adalah Kunci untuk Penjualan, Mari Ketahui Lebih Dalam

3. James A.F Stoner

Sedangkan James A.F Stoner memiliki pandangan lain terkait pengertian sistem informasi manajemen. Menurutnya sistem informasi manajemen atau SIM merupakan satu metode yang resmi yang digunakan untuk menjamin ketersediaan informasi yang tepat dan akurat serta up to date.  Agar bisa segera digunakan oleh manajemen dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan. Diharapkan dengan sistem ini akan terjadi proses manajemen di dalam sebuah perusahaan yang berjalan lebih efektif

4. Turban

Turban mendefinisikan sistem informasi manajemen dengan lebih sederhana, yang mana menurutnya sistem informasi manajemen merupakan sistem yang berfungsi untuk melakukan pengumpulan, pemrosesan, sarana penyimpanan serta penganalisis dan sarana untuk menyebarkan informasi demi tujuan-tujuan yang lebih eksklusif lagi.

Baca juga : Manajemen Konflik, Tipe, Strategi, dan Fungsinya dalam Bisnis

Kategori Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen terbagi lagi menjadi beberapa macam kategori. Yang mana fungsi kinerja dari setiap kategori SIM berbeda-beda yang otomatis pihak pelaku manajemen yang melakukannya juga berlainan. Ini dia kategori-kategori SIM yang dimaksud:

1. Eksekutif information System

Kategori SIM yang pertama adalah Executive Information System yang disingkat EIS. Kategori ini biasanya digunakan oleh pihak manajemen yang senior ketika mereka akan membuat satu kebijakan.  Yang mana kebijakan atau keputusan tersebut nantinya akan mempengaruhi seluruh organisasi. Bisa disimpulkan kategori ini adalah sebuah perangkat yang akan digunakan Jika data informasi yang dibutuhkan memiliki tingkat akurasi tinggi.

2. Marketing Information System

Kategori yang kedua adalah Marketing Information System yang disingkat MKIS. Biasanya sistem informasi manajemen ini digunakan oleh para tenaga marketing di dalam melaporkan progress kinerja. Termasuk historis progres pemasaran yang terjadi di periode tertentu. Selain itu data informasi yang dihasilkan juga dijadikan dasar penentuan kebijakan untuk tindakan pemasaran di masa yang akan datang.

3. Business Intelligence System

Bisnis Intelligence Sistem adalah kategori SIM yang digunakan untuk operasi-operasi dalam penentuan kebijakan bisnis. Dasarnya adalah pengumpulan, integrasi serta hasil dari reset data dan informasi yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Sejatinya kategori ini sama dengan EIS. Cuma yang membedakan adalah siapa yang menggunakannya. Jika EIS digunakan oleh manajemen senior sedangkan kalau Bisnis Intelligence Sistem digunakan oleh jabatan yang berada di bawahnya.

Baca juga : Mengenal Pentingnya Endorsement Dalam Pengembangan Bisnis


Dalam 3 kategori sistem informasi manajemen ini, tentu hal yang sangat dibutuhkan adalah laporan keuangan bisnis yang transparan untuk memudahkan manajemen membuat keputusan terbaik. Akan menyulitkan jika laporan keuangan dan seliruh proses pencatan keuangan berantakan.

Solusi terbaik untuk membuat laporan keuangan yang faktual dan minim kesalahan adalah Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan juga fitur yang memenuhi kebutuhan setiap anggota karyawan dan manajemen.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja yang juga memiliki fitur terlengkap seperti multi cabang, multi gudang, penghitungan komisi, penghitungan pajak, penggajian,  otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi fitur yang sangat berguna untuk pengembangan bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis melalui link ini.

Baca juga : Manajemen Proyek : Pengertian, Tujuan, Sasaran, Ruang Lingkup, dan Contohnya

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Secara garis besar semua kategori sistem informasi manajemen memiliki fungsi-fungsi tertentu. Fungsi-fungsi ini yang sejatinya harus diketahui sebelum pihak perusahaan memilih sistem informasi manajemen apa yang akan digunakan dalam pengelolaan perusahaannya. Nah agar tidak salah memilih maka di bawah ini akan dijelaskan tentang fungsi sistem informasi manajemen. Ini dia fungsi-fungsi yang dimaksud:

1. Mempermudah Pihak Manajemen Mengelola Perusahaan

Dengan adanya sistem informasi manajemen tentu pihak manajemen bisa mengelola perusahaan dengan mudah. Sebab data informasi yang berguna untuk perencanaan, controlling, pengarahan maupun action yang akan dijadikan dasar keputusan pada setiap departemen sudah lengkap dan tersedia.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Kerja

Fungsi sistem informasi manajemen yang kedua adalah membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Maksudnya hasil pekerjaan tidak menyimpang jauh dari proses manajemen yang telah dilakukan. Karena data-data yang sudah tersedia memiliki akurasi yang cukup tinggi serta bisa digunakan dengan tepat waktu.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Berbagai Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

3. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya

Jika sistem informasi berhasil dijalankan dengan baik tentunya produktivitas kerja di dalam perusahaan tersebut akan meningkat. Karena terjadinya minimalitas kesalahan yang terjadi dalam periode-periode tertentu. Efek dari progres ini tentunya juga membuat biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

4. Meningkatkan Kualitas SDM

Jika seperangkat data informasi yang sudah tersedia memiliki akurasi yang tinggi serta cepat maka otomatis sumber daya manusia sebagai pengelolanya juga harus meningkatkan sistem kerjanya. Supaya data-data informasi yang tersedia itu bisa terintegrasi dan tersistematisasi dengan baik.

Secara tidak langsung itu juga membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Tidak bisa dimungkiri dengan adanya peningkatan sumber daya manusia akibat sistem informasi yang baik berarti juga bakal meningkatkan progres perusahaan di masa-masa yang akan datang.

Baca juga : Tips Efektif Mengelola Banyak Bisnis Secara Bersamaan

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Setelah mengetahui fungsi-fungsi dari sistem manajemen informasi atau SIM, maka berikut akan dijelaskan manfaat manfaatnya. Ini dia manfaat yang dimaksud:

  1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data
  2. Agar proses manajemen perusahaan bisa dijalankan dengan lebih mudah.
  3. Agar terjadi peningkatan kualitas SDM
  4. Agar biaya operasional murah tanpa mengurangi produktivitas
  5. Menjamin kualitas dan keterampilan pelaku manajemen secara kritis
  6. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan pendukung sistem
  7. Mengantisipasi konsekuensi ekonomis dari sebuah sistem teknologi yang baru

Demikian uraian detail tentang apa itu sistem informasi manajemen. Baik yang berhubungan dengan pengertian, kategori, fungsi maupun manfaatnya bagi perusahaan. Terapkan sistem informasi manajemen untuk membuat manajemen pada bisnis Anda mempunyai perencanaan yang baik dan dapat memajukan usaha Anda.

accurate fokus pengembangan