Mengenal Pentingnya Endorsement dalam Pengembangan Bisnis

Pengertian Endorsement

Endorsement adalah bentuk iklan yang menggunakan kepribadian atau selebritas terkenal yang menuntut pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran tinggi di antara orang-orang atau target konsumen.

Orang-orang semacam itu mengiklankan produk yang meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan. Pengiklan dan klien berharap kerjasama tersebut, atau dukungan oleh seorang selebritas yang akan memengaruhi pembeli.

Misalnya, Christian Ronaldo, pemain sepakbola terkenal yang mengiklankan produk shampo untuk memengaruhi pria atau anak muda yang memandangnya sebagai panutan dan idola.

Iklan semacam itu terhubung dengan lebih banyak orang daripada yang dapat dilakukan oleh iklan biasa, karena orang akan melihat selebritas, tokoh terkenal, dan tokoh panuta yang mereka lebih percayai daripada iklan dengan metode yang biasa saja. Iklan semacam itu bekerja dengan baik untuk produk yang berhubungan dengan gaya hidup.

Endorsement dalam Sebuah Bisnis

Ketika membangun bisnis, reputasi sangat penting. Reputasi dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan pengakuan merek, dan dapat secara positif atau negatif memengaruhi keseluruhan citra siapa merek Anda.

Sebagian besar akan setuju bahwa jauh lebih baik untuk memiliki pelanggan, konsumen, dan klien yang bahagia yang mengatakan hal-hal positif daripada mereka yang tidak puas. Karena alasan ini, penting untuk menggunakan endorsement. Endorsement, baik tertulis maupun visual, dapat menjadi dorongan besar bagi bisnis Anda, dan Anda harus memikirkan siapa yang dapat mendukung Anda, saat ini.

Seperti yang kita bahas di atas, endorsemen terjadi ketika pihak lain berbicara atas nama produk Anda secara positif. yang datang dari individu, kelompok, atau bisnis yang pada dasarnya bersedia “menjamin” binis Anda. Seringkali, orang¬† keliru memamhami endorsement dengan testimonial, tetapi ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Baca juga : Analisa Lengkap Tentang Pentingnya Software Akuntansi pada Bisnis

Perbedaan Testimoni dan Endorsement

Testimonial cenderung berfokus pada pengalaman pelanggan, dan sering kali ditulis dalam format bercerita. Endorsement, meskipun dapat mencakup cerita, sebagian besar merupakan pernyataan yang menunjukkan bahwa pelanggan atau klien bersedia menempatkan reputasi mereka pada kualitas pekerjaan atau produk Anda.

Secara teknis, Anda dapat memiliki testimonial negatif, tetapi endorsement selalu bersifat positif dan selalu dapat dianggap sebagai kesaksian positif yang berakhir dengan rekomendasi yang menempatkan reputasi pendukung juga.

Tips Memilih Endorsement

Endorsement yang baik untuk bisnis Anda akan datang dari sumber yang terkenal. Dukungan potensial ini akan memiliki pengaruh dalam industri tertentu. Tidak ada gunanya memiliki dukungan dari orang asing yang tidak memiliki reputasi. Jika Anda ingin memikirkan siapa yang bisa memberi Anda dukungan, Anda harus mulai dengan klien terbesar Anda yang paling populer.

Ini mungkin terlihat klise, tetapi Anda tentu menginginkan hubungan yang baik dengan para endorser dan juga calon pelanggan Anda. Tidak ada yang lebih buruk daripada berpikir bahwa Anda memilih endorser yang pada akhirnya berdampak negatif pada produk Anda.

Siapa pun yang Anda pilih menjadi endorser And tentunya harus bangga bisa bekerja sama dengan Anda. Endorsement seharusnya terasa saling menguntungkan. Anda mendapatkan manfaat dari endorser yang hebat, dan endorser merasa bangga dapat menjalani kerja sama dengan Anda dan bisnis Anda dan mengumumkannya kepada publik.

Setelah Anda mengidentifikasi siapa endorser Anda, Anda dapat memilih di mana Anda ingin melakukan program endorsement tersebut. Program dapat berupa tulisan di situs web Anda atau bisa juga video YouTube. Jika klien cukup besar dan jika klien mau, Anda bahkan dapat memasukkan nama atau logo klien pada beberapa materi pemasaran Anda.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda, tetapi setelah program endorsement Anda selesai, Anda akan melihat hubungan bisnis Anda terbangun, dan jika program endorsement ini berhasil, bisnis Anda akan tumbuh lebih baik.

Baca juga : Mengenal Macam-macam Sistem Ekonomi Untuk Keberlangsungan Bisnis

Kesimpulan

Membangun hubungan baik antara Anda, pelanggan, dan endorser bisa menjadikan bisnis Anda jadi lebih baik. Tidak banyak orang yang ingin menyiarkan hubungan buruk mereka dengan dunia.

Saat Anda menjalin hubungan dengan bisnis atau individu, semakin manis pengalaman semakin besar cinta. Semakin besar cinta, semakin orang tidak akan berhenti membicarakannya.

Reputasi Anda sangat penting, dan Anda dapat mulai membangunnya hari ini dengan dukungan yang baik dari berbagai pihak.

Baca juga : Accurate Online Sebagai Solusi Akuntansi Manufaktur Sederhana

Untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis, Anda juga membutuhkan pembukuan yang benar dan optimal, terlebih ditengah kemajuan teknologi dan kebutuhan bisnis yang semakin meningkat. Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi, seperti Accurate Online untuk membuat pembukuan bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi pilihan Indonesia.

Memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau telah menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik buatan Indonesia. Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.