Perbedaan Sales dan Marketing dan Hubungannya dalam Pengembangan Bisnis

Dalam dunia bisnis, istilah sales marketing tidak asing lagi terdengar. Bahkan di ruang lingkup masyarakat, sales dan marketing dianggap sebagai suatu kesatuan yang sama. Pemahaman akan konsep yang sama inilah yang membuat divisi sales marketing dianggap sebagai suatu pekerjaan dengan job description yang sama, padahal terdapat perbedaan pada kegiatan sales dan marketing.

Tidak hanya kalangan masyarakat saja yang menganggapnya begitu, namun di kalangan perusahaan juga acap kali menganggap sama. Kesamaan persepsi ini seakan sudah dianggap lumrah tentang keberadaan sales dan marketing.

Namun, dilihat dari pengertian, fungsi dan hal yang mendominasi dari keduanya. Maka sales dan marketing memiliki berbagai perbedaan yang wajib diketahui dengan lebih detail.

Pengertian Sales dan Marketing

Sebelum mengetahui perbedaan dari sales dan marketing ini. Maka perlu dipahami apa pengertian dari sales dan marketing. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki beberapa spesifikasi dalam mengontrol bagian pekerjaannya. Selanjutnya melakukan berbagai macam tugas sesuai dengan alur masing-masing.

1. Sales

Mendengar kata sales, orang akan berpikir bahwa sales adalah penjual yang menawarkan barang. Pada kenyataannya sales memang identik dengan tugasnya sebagai seorang yang menawarkan barang dagangannya ke pembeli. Sales berperan aktif dalam memperkenalkan sebuah produk kepada pembeli.

Cara sales menawarkan produk kepada pembeli dengan mengutamakan keunggulan produk dan memberikan edukasi suatu produk sehingga pembeli tertarik.

Dan seorang sales tidak akan berpikir bahwa konsumen merasa puas atau tidak. Yang diutamakan yaitu produk laku dan pemenuhan target dari perusahaan bisa selesai.

Intinya seorang dikatakan sebagai sales saat menjalankan kegiatan dengan fokus untuk pergaulan produk. Dan memastikan produk atau jasa tersebut bisa terjual sesuai dengan penetapan harga dari perusahaan. Dengan fokus pada suatu produk maka bisa dikatakan sales marketing bertujuan agar penjualan produk bisa meningkat.

2. Marketing

Pada marketing sendiri kegiatan yang dilakukan lebih kompleks dari sales. Seorang marketing harus memiliki fokus pada beberapa hal berikut ini, produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hal ini merupakan unsur penting dalam menunjang pemasaran yang dilakukan. Berbeda dengan sales yang hanya fokus pada satu bagian saja, yaitu promosi.

Ciri khas seorang marketing yaitu menjaga brand image suatu produk atau jasa dari perusahaan. Selanjutnya melakukan seluruh aspek mulai dari perencanaan produk, penetapan harga produk, promosi, distribusi barang untuk kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, marketing merupakan cerminan dari sistem perusahaan menetapkan strategi yang sedang dijalankan.

Seorang marketing harus fokus pada perencanaan strategi dalam pemasaran suatu produk atau jasa perusahaan. Marketing sendiri bisa diartikan seorang yang lebih mendominasi pada proses kerjanya. Dengan mengutamakan bagaimana suatu produk atau jasa tersebut siap untuk dipasarkan ke khalayak luas. Selanjutnya eksekutor produk ditawarkan langsung yaitu tugas dari sales.

Inilah penjelasan dari pengertian sales dan marketing yang ternyata jelas mempunyai perbedaan. Pemahaman akan perbedaan tersebut bisa dilihat dari pengertiannya serta hal penting lainnya yang ada pada penjelasan perbedaan sales marketing berikut ini.

Baca juga: Konsep Marketing: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dengan Konsep Penjualan

Perbedaan Sales Dan Marketing

Setelah memahami bagaimana pengertian dari masing-masing bagian, yaitu sales serta marketing secara terpisah. Selanjutnya memahami perbedaan dari sales dan marketing dengan melihat dari berbagai sudut pandang serta tugas yang diberikan oleh perusahaan.

1. Proses Kinerja yang Tidak Sama

Dalam kaitannya pada proses kinerja, sebenarnya sales marketing ini memiliki hubungan saling ketergantungan satu dan lainnya. Saat sales akan melakukan penjualan. Maka seorang marketing harus bertugas dalam menganalisis serta mengidentifikasi kebutuhan pasar.

Sales sendiri dibatasi pada proses transaksi jual beli saja, namun untuk marketing harus tetap menjaga hubungannya dengan konsumen. Fokus marketing mulai dari sebelum transaksi hingga transaksi dan memberikan serta menjaga loyalitas kepada pelanggan.

2. Berdasarkan Ruang Lingkup Kerja

Untuk ruang lingkup kerja seorang sales pekerjaannya lebih bersifat short term. Sementara itu pada marketing lebih long term conditional.

Orang yang bekerja di bagian marketing memiliki keharusan dalam menjaga hubungan baik serta membina relasi dengan partner bisnis atau vendor terkait dengan produk yang akan dipasarkan.

Sales sendiri lebih ke hubungan publik, sementara ruang lingkup sales terbatas pada meyakinkan konsumen atau calon konsumen. Yaitu untuk menetapkan pilihan dan merasakan efek dari produk yang dijual. Serta seorang sales harus terus mendengarkan apa yang dibutuhkan konsumen.

Baca juga: Pengertian Personalia Beserta Tugas dan Fungsinya Dalam Perusahaan

3. Prioritas dan Fungsi yang Diutamakan

Dalam mengutamakan prioritas dan fungsinya maka perbedaan dari sales dan marketing ini dilihat dari target kegiatan.

Jika sales memprioritaskan akomodasi target kepada konsumen dan fungsinya untuk membantu dalam pemenuhan kebutuhan konsumen, maka prioritas pada marketing yaitu menjangkau konsumen dengan memprioritaskan hubungan baik.

Marketing juga bertujuan untuk mengajak konsumen menjadi pelanggan yang setia suatu produk atau jasa yang sudah ditawarkan sales.

4. Aktivitas Yang Dilakukan Serta Hasilnya

Pada aktivitas yang dilakukan oleh sales serta marketing ini memiliki perbedaan dalam menjamin hasil yang diperoleh.

Pada marketing lebih menekankan kinerjanya dibalik layar dalam menganalisa strategi pasar dan hal penting lainnya. Sedangkan sales akan langsung berhadapan dengan konsumen dan lebih dituntut untuk mampu beramah tamah dan menyenangkan di hadapan konsumen.

Untuk hasil yang harus diutamakan yaitu sales menghubungi konsumen dan menjaga hubungan yang baik hingga menemukan kesepakatan.

Sementara itu, marketing melakukan pengenalan dan jaminan produk atau jasa benar-benar layak dan berkualitas yang nantinya akan ditawarkan sales ke konsumen.

Dengan memahami adanya beberapa perbedaan dari sales serta marketing, maka Anda akan paham bahwa keduanya memiliki peranan yang besar dalam keberlangsungan bisnis perusahaan dengan dengan adanya hubungan yang erat antara sales dan marketing ini tentu akan membuat bisnis dan produk Anda lebih terkenal dan laku.

Baca juga: Sistem Produksi: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

perbedaan sales dan marketing 2

Hubungan Antara Sales Dan Marketing Pada Pengembangan Bisnis

Dalam perjalanan bisnis, antara sales dan marketing sangat penting perannya. Pengembangan bisnis suatu perusahaan juga ditentukan dari hubungan baik dan strategi jitu dari sales serta marketingnya. Berikut ini hal yang paling dominan mempengaruhi suatu hubungan sales marketing untuk pengembangan bisnis.

1. Sebagai Promosi Produk

Sales dan marketing sangat erat kaitannya dengan promosi produk dan akan saling berkaitan dengan strategi produk agar laku serta promosi langsung kepada konsumen. Hal ini dilakukan sales dan marketing untuk mengenalkan produk atau jasa pada konsumen.

2. Perantara Menawarkan Suatu Produk

Jika sales menjadi perantara secara langsung suatu produk atau jasa tepat di tangan konsumen. Maka marketing juga merupakan perantara bagaimana suatu produk layak untuk diperkenalkan kepada calon konsumen. Hal ini dilakukan saling melengkapi antara sales dan marketing sehingga produk perusahaan semakin dikenal dan berkembang pesat.

3. Untuk Riset dan Pengembangan

Saat seorang sales langsung menawarkan suatu produk kemudian marketing melakukan analisa dan kemudian meriset bagaimana produk tersebut berada ditangan konsumen, nantinya data yang telah diolah akan menjadi dasar bagi penawaran sales dalam menawarkan produk kembali, dan begitu seterusnya

Itulah siklus yang tercipta antara sales dan marketing, menciptakan dan menggunakan informasi produk untuk penjualan dan pengenalan produk atau layanan yang lebih baik

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

4. Terjadinya Marketing Komunikasi Pada Bisnis

Saat sales dan marketing bekerja, maka terjadinya ilmu marketing komunikasi. Apalagi pada sales yang langsung berhubungan dengan konsumen, tentu perlu memiliki komunikasi yang baik sehingga bisnis perusahaan bisa tetap berjalan dengan lancar.

Bagian marketing juga memiliki peran yang sama dalam komukasi lewat strategi dan hubungannya dengan pihak investor atau vendor.

Dengan memahami seperti apa hubungan antara sales dan marketing untuk pengembangan bisnis suatu perusahaan. Maka bisa disimpulkan bahwa sales marketing ini sangat erat hubungannya. Dan memiliki pengaruh yang besar bagi berlangsungnya penjualan suatu produk atau jasa perusahaan.

Baca juga: Apa itu Content Marketing? Mari Bahas Secara Mendalam

Kesimpulan

Keberadaan sales dan marketing sebuah perusahaan menjadi sebuah strategi jitu pengembangan bisnis yang dilakukan. Dengan melihat perbedaan sales dan marketing secara spesifik dalam menjalani perannya maka akan bisa dipahami secara menyeluruh pengertian itu sales dan marketing dalam pengembangan bisnis.

Hal yang cukup menantang disaat Anda memilki banyak sales dan marketing adalah pemantauan dan pencatatan penjualan pada produk atau layanan dalam bisnis. Untuk kemudahan dalam melakukan ini, Anda bisa menggunakan software akuntnasi yang memiliki fitur terlengkap dan telah teruji seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, temasuk fitur pencatatan komisi penjualan pertenaga penjual atau salesmen.

Tidak hanya fitur tersebut, dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa menggunakan fitur pencatatan pengeluaran dan pemasukan, rekonsiliasi transaksi otomatis, multi gudang, multi cabanga, smartlink ebanking, payroll, penghitungan aset, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3