Performance Review: Pengertian dan Tips Melakukannya Secara Efektif

Penilaian kinerja atau performance review adalah salah satu tahap yang harus dilewati setiap karyawan dalam menilai produktivitasnya. Hal tersebut juga nantinya akan sangat berkaitan dengan promosi, mutasi, atau bahkan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Untuk tim HR, melakukan kegiatan performance review adalah salah satu kewajiban. Pasalnya, salah satu tugas dari tim HR adalah memastikan bahwa setiap karyawan yang bekerja di perusahaan adalah karyawan yang produktif dan mampu memberikan hasil yang besar untuk perusahaan.

Setelah berhasil melewati proses ini, nantinya tim HR dan perusahaan akan bisa menilai performa karyawan secara lebih objektif dalam kurun waktu tertentu dan juga memutuskan rute pengembangan karir pada setiap karyawan.

Lantas, bagaimana cara melakukan performance review yang efektif agar hasilnya bisa memberikan dampak yang baik untuk kinerja perusahaan ataupun pengembangan individu dari setiap karyawan? Temukan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel tentang performance review di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Performance Review

Jika kita terjemahkan secara langsung, maka arti dari performance review adalah evaluasi kinerja karyawan. Beberapa perusahaan bahkan ada yang menggunakan istilah lain, seperti annual review, performance appraisal, atau evaluasi kinerja.

Dalam prosesnya, perusahaan akan menentukan jangka waktu pengukuran dan juga target yang nantinya akan dijadikan sebagai standar penilaian.

Untuk beberapa perusahaan, mereka ada yang melakukannya setiap kuarter, yakni setiap empat bulan sekali atau malah ada yang hanya melakukannya satu tahun sekali.

Target yang dijadikan sebagai standar biasanya sudah tertulis di dalam Key Performance Indicator atau KPI yang selanjutnya diturunkan lagi menjadi OKR atau objective and key result.

Setelah melakukan performance review, nantinya perusahaan bisa menilai karyawan mana saja yang mampu memberikan kontribusi untuk perusahaan dan siapa saja yang masih harus diberikan stimulus tambahan.

Untuk setiap karyawan yang sudah atau mampu melampaui KPR, mereka bisa mengajukan kenaikan gaji, promosi jabatan, ataupun bonus sesuai dengan ketentuan yang sudah diterapkan perusahaan.

Dengan adanya penilaian ini, tim HR pun nantinya bisa melakukan evaluasi program untuk pengembangan apa saja yang nantinya harus diberikan pada karyawan.

Baca juga: Peran SDM dalam Perusahaan dan Fungsi Penting Mereka

Cara Melakukan Performance Review Yang Efektif

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan performance review yang efektif di dalam perusahaan, yaitu:

1. Memisahkan Review Kinerja Dengan Review Kenaikan Gaji

Performance review memang bisa dijadikan sebagai salah satu komponen dalam review kenaikan gaji. Tapi, keduanya mempunyai tujuan yang jelas berbeda. Tujuan utama dari performance review adalah agar bisa memantau kemampuan profesional dari setiap karyawan, kelebihan dan kekurangan mereka.

Sedangkan tujuan dari review kenaikan gaji memiliki komponen lain yang lebih luas, seperti kondisi perusahaan itu sendiri. Jadi, bukan hanya bergantung pada kinerja karyawan saja. Selain itu, review kenaikan gaji pun umumnya akan memerlukan waktu yang lebih lama.

2. Menetapkan KPI

Pihak manajemen perusahaan tentunya tidak akan bisa melakukan evaluasi tanpa adanya target. Untuk itu, sangat penting sekali bagi setiap manajer divisi dalam menentukan KPI. Pastikanlah KPI yang dibuat adalah KPI yang sifatnya objektif dan bisa diukur.

Hal yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan angka. Contohnya adalah divisi sales, mereka harus menjual sebanyak 600 juta rupiah di setiap bulannya, atau tim marketing yang harus mampu mendatangkan leads sebanyak 2000.

Sehingga, ketika diadakan evaluasi, tidak ada yang merasa ada favoritism, karena seluruh target dan pencapaian sifatnya objektif dan juga jelas.

3. Pastikan Semua Karyawan Memahami KPI 

Hal lain yang tidak kalah penting selanjutnya adalah memastikan bahwa KPI bisa diketahui oleh seluruh karyawan di setiap divisi. Untuk itu, komunikasi adalah hal yang sangat penting.

Manajer yang sudah bisa menentukan KPI harus mampu menyampaikan ke setiap karyawan. Sehingga, karyawan pun nantinya akan merasa memiliki tujuan yang jelas, bukan hanya jalan ditempat saja.

Hal tersebut juga sangat penting untuk menyiapkan karyawan saat tiba masa penilaian. Tentunya, akan ada karyawan yang merasa tidak adil bila tidak mengetahui KPI yang harus dicapai, sedangkan dirinya dinilai kurang produktif untuk perusahaan.

4. Performance Review Yang Objektif

Performance review yang dilakukan oleh perusahaan harus berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan. Artinya, perusahaan memerlukan instrumen untuk memastikan fakta yang terdapat di laporan secara akurat.

Terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan agar bisa memastikan pelaksanaan yang objektif seperti ini. Nah, salah satu metode yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan adalah metode 360-feedback review.

Metode ini memiliki keunggulan dalam menghilangkan kemungkinan bias dari pihak manajer, karena nantinya review akan diberikan dari berbagai arah, termasuk dari sesama rekan kerja.

Baca juga: Surat Teguran: Pengertian, Contoh dan Ketentuannya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang performance review. Jadi intinya, performance review adalah evaluasi kinerja karyawan yang dilakukan perusahaan untuk menilai kontribusi karyawan terhadap perusahaan.

Nah, untuk bisa meningkatkan kontribusi karyawan atau untuk meningkatkan kinerja mereka, maka perusahaan pun harus bisa menyediakan tools digital yang mampu mempermudah karyawan dalam menyelesaikan targetnya. Salah satu rekomendasi tools digital tersebut adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang software akuntansi.

Aplikasi yang dikembangkan dengan basis cloud mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara signifikan.

Ayo buktikan sendiri dengan mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui banner di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.