PESTLE Analysis: Pengertian dan Komponen Penting Di Dalamnya

Kebingungan yang ada dalam menentukan dan juga mengatur risiko pasti dialami oleh setiap pebisnis, nah PESTLE analysis adalah solusinya. Seringkali metode ini digunakan untuk membuat suatu kerangka kerja yang strategis di dalam bisnis.

Lalu, hal apa sajakah yang dianalisis dalam metode PESTLE analysis ini? Bagaimana cara menerapkannya di dalam bisnis? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang PESTLE analysis dibawah ini hingga selesai.

Apa Itu PESTLE Analysis

PESTLE analysis adalah suatu metode manajemen risiko yang digunakan agar bisa melakukan evaluasi lingkungan eksternal perusahaan. Analisis ini dilakukan dengan cara membagi peluang dan risiko menjadi faktor di bawah ini.

1. Politic Factor (Faktor Politik)

Faktor pertama yang dievaluasi oleh PESTLE analysis adalah faktor politik. Faktor ini akan mengevaluasi sejauh mana suatu kebijakan pemerintah dan pemerintah bisa memberikan dampak pada perusahaan.

Berdasarkan laman Oxford College of Marketing, di dalamnya mencakup analisis terkait kebijakan politik dan juga stabilitas serta kebijakan perdagangan, perpajakan, dan juga fiskal.

2. Economic Factor (Faktor Ekonomi)

Smart Insight menjelaskan bahwa lingkungan ekonomi yang sesuai dengan brand bisa dinilai melalui demografis khusus sampai tingkat nasional.

Dalam hal ini, faktor ekonomi mencakup perkembangan ekonomi, nilai tukar, suku bunga, tingkat inflasi, pendapatan konsumen, dan tingkat pengangguran.

Berbagai faktor ini akan sangat mungkin memiliki dampak jangka panjang langsung ataupun tidak langsung pada perusahaan. Faktor tersebut juga akan berdampak pada daya beli pelanggan.

Lebih dari itu, adanya perubahan ekonomi juga sangat berdampak pada model penawaran ataupun permintaan produk. Akibatnya, hal tersebut juga akan berdampak pada cara Anda dalam menentukan harga layanan dan produk.

Baca juga: Koperasi Karyawan: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya Bagi Pekerja

3. Social Factor (Faktor Sosial)

Di dalam PESTLE analysis, dimensi sosial yang dimaksud adalah karakteristik norma, demografis, adat istiadat, dan juga berbagai nilai populasi tempat perusahaan bergerak.

Di dalamnya termasuk tren populasi, seperti tingkat pertumbuhan penduduk, distribusi pendapatan, usia, penekanan keselamatan, karir, kesadaran kesehatan, hingga gaya hidup dan hambatan budaya.

Faktor sosial sangat penting bila Anda ingin mengarahkan produk pada karakteristik pelanggan tertentu. Selain itu, faktor ini juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan sumber daya lokal dan kesediaannya untuk bisa bekerja dalam situasi tertentu.

4. Technological Factor (Faktor Teknologi)

Faktor ini berhubungan dengan inovasi dalam teknologi yang bisa memengaruhi operasi industri dan pasar, apakah bisa menguntungkan ataukah tidak.

Di dalamnya mengacu pada tingkat inovasi, insentif teknologi, kegiatan penelitian, otomatisasi, pengembangan, perubahan teknologi, dan jumlah kesadaran teknologi yang dimiliki oleh target pasar.

Faktor tersebut bisa memengaruhi keputusan untuk memasuki industri tertentu, meluncurkan produk tertentu atau melakukan kegiatan produksi di luar negeri.

Dengan mengetahui hal apa saja yang terjadi dalam dunia teknologi, maka Anda bisa membantu perusahaan agar lebih efektif dalam mengalokasikan dana untuk kebutuhan pengembangan teknologi yang berkaitan dengan produksi.

5. Legal Factor (Faktor Hukum)

Mungkin faktor ini mempunyai beberapa tumpang tindih dengan faktor politik, tapi, yang termasuk di dalam faktor hukum ini adalah undang-undang secara lebih spesifik.

Contohnya adalah undang-undang cipta kerja, undang-undang hak cipta dan paten, undang-undang perlindungan konsumen, dan juga undang-undang kesehatan dan keselamatan.

Anda harus mengetahui apa saja boleh dan tidak boleh dilakukan agar kegiatan penjualan dan promosi bisa dilakukan secara sukses sesuai etika.

Bila produk Anda dipasarkan secara global di mancanegara, maka hal ini akan menjadi lebih rumit, karena setiap negara tentunya mempunyai peraturannya tersendiri.

Anda juga harus mengetahui potensi perubahan undang-undang dan pengaruhnya untuk bisnis Anda di masa depan. Anda bisa mulai melakukan konsultasi pada pengacara atau penasihat hukum untuk lebih dalam memahami hal ini.

6. Environmental Factor (Faktor Lingkungan)

Baru-baru ini, faktor lingkungan baru muncul ke permukaan. Faktor ini menjadi sangat penting karena mulai meningkatnya kelangkaan bahan baku, target polusi dan target jejak karbon yang ditetapkan oleh pemerintah.

Di dalamnya termasuk aspek ekologi dan lingkungan, seperti iklim, cuaca, penyeimbangan lingkungan, dan perubahan iklim.

Lebih dari itu, meningkatkan kesadaran akan potensi dampak perubahan iklim bisa mempengaruhi cara perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasi dan penawaran produk.

Hal tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat CSR yang tepat dan lebih berkelanjutan.

Gambar di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk memahami berbagai hal yang harus dilakukan di dalam PESTLE analysis.

PESTLE Analysis: Pengertian dan Komponen Penting Di Dalamnya

Baca juga: LGD Adalah Proses yang Proses dalam Seleksi Karyawan, Pentingkah?

Penutup

Demikianlah berbagai komponen yang harus Anda ketahui tentang PESTLE analysis. Selain PESTLE analysis, terdapat metode lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat strategi manajemen risiko. Tapi, setiap manajemen pasti akan selalu berkaitan dengan keuangan, dan keuangan harus dikelola secara tepat.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing berbasis website yang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan canggih. Aplikasi ini juga sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang bisa meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.