Koperasi Karyawan: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya Bagi Pekerja

Koperasi karyawan atau biasa disebut kopkar merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pekerja. Melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pemerintah meminta setiap perusahaan di Indonesia untuk menyediakan kopkar guna memfasilitasi pekerja, khususnya dalam hal finansial.

Koperasi karyawan wajib memiliki badan hukum dan terdaftar secara legal. Tujuannya ialah untuk menjamin keamanan dan legalitas koperasi dalam menjalankan visi dan misinya.

Sama seperti koperasi pada umumnya, kopkar membawa sejumlah manfaat bagi para pekerja di suatu perusahaan. Apa saja manfaat tersebut? Artikel berikut ini akan menjawabnya sekaligus menguraikan lebih lanjut pengertian dari koperasi karyawan dan cara kerjanya.

Apa Itu Koperasi Karyawan?

Kopkar atau koperasi karyawan adalah koperasi yang dibentuk di dalam suatu perusahaan. Di mana pengurus dan anggota koperasinya adalah karyawan perusahaan itu sendiri.

Tujuan dari dibentuknya kopkar ialah untuk mengembangkan perekonomian dan membantu menyejahterakan karyawan. Sehingga, dalam kegiatannya, kopkar menerapkan asas kekeluargaan sebagaimana koperasi pada umumnya. Sifatnya pun sangat terbuka, tidak memaksa, dan semua karyawan boleh bergabung selama masih menjadi bagian perusahaan.

Kegiatan usaha kopkar dapat berupa jasa maupun penjualan barang. Koperasi jasa menawarkan layanan simpan pinjam, sementara koperasi penjualan menyediakan barang-barang kebutuhan seperti sembako.

Sekalipun berada dalam naungan perusahaan, kopkar harus berjalan secara mandiri. Ketika ada masalah terkait keuangan ataupun lainnya, kopkar harus menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan perusahaan.

Baca juga: Memahami Definisi, Fungsi, dan Peran Koperasi Simpan Pinjam

Cara Kerja Koperasi Karyawan

Pelaksanaan koperasi karyawan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan koperasi-koperasi pada umumnya. Di mana perlu memperhatikan prinsip-prinsip koperasi yang meliputi:

  • Pembagian hasil dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
  • Bersifat mandiri
  • Dikelola secara demokratis
  • Mendapatkan pendidikan perkoperasian
  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Dapat bekerja sama dengan kopkar lainnya
  • Membatasi pemberian balas jasa pada modal

Adapun dalam praktiknya, apabila kopkar mengacu pada koperasi simpan pinjam, maka cara kerja koperasinya adalah setiap anggota rutin membayar iuran dan cicilan di setiap periodenya. Namun, bisa juga berbeda sesuai dengan tujuan utama didirikannya koperasi tersebut serta berdasarkan persetujuan seluruh pihak terkait.

Baca juga: Mengenal Pengertian Manajemen Koperasi dan Prinsipnya

Manfaat Koperasi Karyawan Bagi Pekerja

Pertanyaan pertama yang muncul di benak seorang karyawan sebelum memutuskan untuk menjadi anggota koperasi adalah manfaat apa yang akan didapatkannya. Berikut ini lima manfaat yang setidaknya akan Anda dapatkan ketika menjadi anggota sebuah koperasi karyawan.

1. Menambah Pengalaman Berorganisasi

Karena kopkar diurus oleh anggota-anggota di dalamnya, maka kopkar juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar dan menambah pengalaman berorganisasi.

2. Belajar Mengelola Keuangan dengan Baik

Ketika bergabung menjadi anggota koperasi, Anda juga akan belajar untuk mengatur keuangan dengan baik. Pasalnya, tidak semua karyawan mampu mengelola keuangan secara bijak, sehingga seringkali gaji bulanan habis dalam waktu singkat.

Dari sini, Anda akan belajar merancang anggaran keuangan sebab harus menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk dimasukkan ke dalam koperasi. Begitu pun ketika kopkar di perusahaan Anda memotong gaji secara langsung untuk pembayaran iuran. Anda tetap harus mengatur keuangan Anda dari sisa gaji yang telah dipotong tersebut.

3. Saling Membantu Antar Karyawan

Saat memutuskan menyimpan dana di kopkar, Anda secara tidak langsung ikut serta dalam membangun modal koperasi. Hal tersebut tentu memudahkan anggota koperasi untuk meminjam uang ke kopkar karena keperluan tertentu.

Akan tetapi, koperasi hanya memberikan pinjaman uang pada hal yang bersifat mendesak saja. Sehingga, kopkar tidak memprioritaskan anggota yang meminjam untuk kebutuhan konsumtif semata.

4. Memperoleh Keuntungan

Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari kopkar berupa sisa hasil usaha atau SHU. Pembagian SHU ini biasanya ditetapkan dalam rapat anggota tahunan (RAT) dan besaran yang akan diterima sesuai dengan kebijakan koperasi perusahaan tersebut.

5. Sebagai Mitra Perusahaan

Perusahaan bisa mengajak pihak pengelola kopkar untuk mengelola kantin atau kebutuhan karyawan yang bekerja. Semua hal yang menunjang produktivitas karyawan, yang tidak sempat diberikan oleh perusahaan, bisa disediakan oleh kopkar. Dengan begitu, karyawan dan perusahaan sama-sama mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan.

Baca juga: Mengetahui Pengertian Koperasi Dan Peran Koperasi Di Indonesia

Kesimpulan

Koperasi karyawan atau kopkar adalah koperasi yang dibentuk oleh perusahaan dengan tujuan mengembangkan perekonomian dan membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan. Koperasi ini dikelola oleh anggota yang juga merupakan karyawan perusahaan itu sendiri.

Dalam pelaksanaannya, kopkar perlu menerapkan prinsip koperasi secara umum. Hal ini beriringan dengan manfaat didirikannya sebuah kopkar di perusahaan bagi karyawan, yakni untuk menambah pengalaman berorganisasi, menambah pengetahuan pengelolaan keuangan, membantu sesama karyawan, memperoleh keuntungan, dan bahkan sebagai mitra perusahaan.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, koperasi berjalan secara mandiri, termasuk dalam pengelolaan keuangannya. Apabila Anda merupakan anggota sekaligus pengelola koperasi, maka penting untuk mengetahui cara mengelola dan membuat laporan keuangan dengan baik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online juga telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor industri di Indonesia. Tertarik untuk menggunakannya?

Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.