Promosi Jabatan: Ini 7 pertimbangan dan Alasan Pentingnya Promosi Jabatan

Saat bekerja di perusahaan apapun, tentunya kita ingin mengalami perubahan ke arah yang lebih baik lagi dan memperoleh kesempatan untuk bisa berkembang. Setiap orang tentunya akan mengharapkan kemajuan di dalam hidupnya, termasuk dalam hal karir, yakni promosi jabatan.

Nah, kesempatan untuk bisa berkembang di dalam suatu perusahaan atau organisasi dikenal juga dengan promosi atau naik jabatan. Promosi dalam hal ini memiliki arti perpindahan dari satu jabatan sebelumnya ke jabatan baru dengan status dan juga tugas tanggung jawab yang lebih banyak.

Umumnya, promosi jabatan yang lebih tinggi ini nantinya akan diikuti dengan peningkatan upah dan berbagai fasilitas pendukungnya. Namun, terdapat juga promosi jabatan yang tidak diikuti dengan peningkatan upah, dan hal ini umumnya dikenal dengan promosi kering.

Pengertian Promosi Jabatan

Seperti yang sudah kita bahas secara singkat di atas, pengertian promosi jabatan adalah suatu proses perpindahan pada suatu jabatan ke jabatan yang lainnya dengan tanggung jawab dan status yang lebih tinggi. Hal tersebut nantinya diikuti dengan peningkatan hak, status, dan penghasilan.

Berdasarkan pengertian tersebut, bisa kita simpulkan bahwa promosi jabatan adalah suatu kegiatan yang penting untuk perusahaan dan juga seseorang yang dipromosikan dalam peningkatan jabatan tersebut. Tapi tidak hanya bisa berfokus pada gaji yang akan meningkat saja, tanggung jawab pun nantinya akan lebih banyak daripada yang sebelumnya.

Promosi jabatan tersebut juga bisa diartikan sebagai bentuk prestasi ataupun apresiasi yang sudah diberikan oleh seorang karyawan kepada perusahaan tempatnya bekerja.

Baca juga: 20 Cara Untuk Mengurangi Turnover Karyawan

Bahan Pertimbangan Perusahaan untuk Memberikan Promosi Jabatan

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan yang ingin memberikan promosi jabatan pada karyawannya:

1. Loyalitas

Loyalitas yang tinggi pada seorang karyawan ternyata memiliki peranan yang penting untuk dinilai, karena menjadi salah satu pertimbangan dalam memberikan promosi. Semakin lama dirinya mampu memberikan kontribusi, maka akan semakin tinggi juga tingkat pengetahuannya.

Promosi jabatan yang diberikan pada karyawan loyal akan membentuk regenerasi karyawan. Karyawan loyal akan memperoleh jabatan yang lebih tinggi dan akan ada sumber daya manusia baru yang nantinya akan menggantikan dirinya. Pada tahap regenerasi ini, akan ada penyegaran agar bisa memberikan angin segar pada perusahan untuk menjadi lebih baik lagi.

2. Motivasi Tinggi

Dalam sautu team work, inisiatif sangat dibutuhkan. Kenapa? karena bila ada yang kurang mempunyai inisiatif, maka pekerjaan ataupun perkembangan perusahaan pun nantinya akan terhambat. Selain itu, nantinya juga tidak akan ada berbagai hal ataupun ide baru yang dapat ditingkatkan. Untuk bisa mempunyai inisiatif, maka diperlukan self motivation pada diri seorang karyawan.

Setidaknya, karyawan tersebut mempunyai motivasi untuk dirinya sendiri agar bisa meningkatkan kinerja yang akan berdampak baik untuk perusahaan. Karyawan yang mempunyai motivasi tinggi sangat diperlukan agar pihak perusahaan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi di masa depan. 

3. Solutif

Ketika ada karyawan yang diberikan promosi jabatan, maka tentunya dirinya akan diberi tanggung jawab dan juga tugas yang lebih besar. Sehingga, permasalahan yang nantinya akan dihadapi akan lebih kompleks dan lebih rumit.

Bila karyawan tidak memiliki kemampuan untuk memberikan solusi terbaik pada setiap permasalahan yang akan muncul, maka tandanya karyawan tersebut tidak memiliki kompetensi yang baik untuk diberikan tanggung jawab yang lebih besar.

Selain solutif, karyawan juga harus mampu memberikan berbagai ide kreatif dan terbuka dengan saran dari orang lain agar nantinya bisa sama-sama berkembang membawa perusahaan ke arah yang lebih baik lagi.

4. Tingkat Pendidikan

Dalam memberikan promosi jabatan, umumnya perusahaan juga memberikan suatu syarat tingkat pendidikan khusus. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan tingkat kompetensi ataupun kemampuan yang dimiliki oleh karyawan.

Harapannya adalah agar pemikiran yang dimiliki karyawan tersebut bisa menjadi lebih baik lagi. Ketika mempunyai pemikiran yang lebih baik, maka ketika diberikan tanggung jawab yang banyak, dirinya akan bisa lebih bertanggung jawab atas pekerjaanya.

5. Komitmen Secara Profesional

Komitmen ini berhubungan dengan tingkat loyalitas yang sudah kita bahas pada poin pertama. Bila komitmen yang dimiliki karyawan tidak mampu ditampilkan dengan baik, maka pastinya tidak akan bisa atau tidak layak untuk diberikan promosi jabatan.

Pun sama halnya bila ada karyawan yang sering bolos kerja ataupun tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Jika seperti itu, ketika diberikan tanggung jawab yang tinggi, maka dikhawatirkan kedepannya tidak akan mampu memberikan kinerja yang baik. Jadi, komitmen menjadi poin yang sangat penting saat seorang karyawan yang akan diberikan promosi jabatan.

6. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik pun sangat diperlukan dan menjadi bahan pertimbangan yang penting bagi perusahaan ketika ingin diberikan promosi jabatan. Soft skill berbentuk komunikasi ini sangat penting karena tidak semua orang memilikinya.

Selain komunikasi dengan pihak internal perusahaan, karyawan juga harus mampu melakukan komunikasi yang baik dengan pihak yang berada di luar perusahaan.

7. Manajemen yang Baik

Kemampuan manajemen yang baik menjadi bahan pertimbangan yang paling penting dan utama dari keenam pertibangan di atas. Selain harus mampu mengelola performa kerja divisinya, karyawan tersebut juga harus mempunyai manajemen diri yang baik. Bila tidak, tentunya hal tersebut akan berdampak pada performanya ketika bekerja.

3 Alasan Kenapa Promosi Jabatan Sangat Penting

1. Apresiasi

Saat seorang karyawan memperoleh promosi jabatan, maka bisa dipastikan dirinya akan merasa senang, bangga dan bahagia selama bekerja, karena performanya diapresiasi dan dinilai baik oleh pemimpinnya.

2. Lebih Tertantang

Dengan adanya promosi jabatan, maka karyawan akan merasa tertantang untuk bisa melakukan perbaikan sistem, melakukan perubahan, melakukan inovasi, dan juga meningkatkan kualitas serta kinerjanya.

3. Meningkatkan Motivasi

Promosi jabatan mampu meningkatkan motivasi dalam diri karyawan dan semangatnya juga nanti akan semakin memberikan dampak yang baik untuk perusahaan.

Jadi, promosi jabatan seperti suatu hadiah yang diperoleh melalui kerja keras yang sudah dilakukan oleh karyawan. Tapi, beberapa atasan atau perusahaan ada yang melakukan penundaan promosi jabatan karyawan.

Alasannya cukup klasik dan ringan, seperti pemimpin tim divisi belum siap akan kehilangan karyawan terbaiknya, atau merasa disaingi dengan karyawannya karena nanti akan memiliki level yang sama, dan merasa karyawan tersebut belum mampu memberikan loyalitas yang tinggi untuk perusahaan.

Pemimpin atau atasan yang melakukan hal tersebut adalah pemimpin yang sudah secara sadar merampas hak karyawan untuk bisa terus berkembang.

Baca juga: Human Capital Adalah Modal Sumber Daya Manusia, Ini Berbagai Contohnya!

Kesimpulan

Memperoleh promosi jabatan tentunya adalah suatu hal yang sangat diinginkan oleh setiap karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan karena ingin lebih maju dan lebih baik lagi di masa depan. Tapi, harus digaris bawahi bahwa untuk memperoleh promosi jabatan atau memberikan jabatan, diperlukan beberapa poin penting yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Beberapa poin tersebut adalah loyalitas, motivasi tinggi, solutif, tingkat pendidikan, komitmen, komunikasi yang baik, dan manajemen yang baik. Poin yang paling utama adalah kemampuan manajemen yang baik, entah itu manajemen dalam menyelesaikan pekerjaan, dan manajemen diri sendiri.

Contohnya seperti kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi. Bila ada seorang karyawan yang tidak mampu melakukan pengelolaan ini, maka nantinya akan sulit untuk mengelola perusahaan dan nantinya akan berakibat lebih fatal.

Berbagai target perusahaan bisa jadi tidak tercapai karena tidak adanya manajemen yang baik. Salah satunya yang paling penting adalah pengelolaan manajemen keuangan perusahaan.

Tim finance harus mampu mengatur dan juga mengelola keuangan perusahaan secara transparan agar bisa berjalan dengan baik. Untuk memudahkan mereka, sebagai pebisnis Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah meraih 6 kali Top Brand Award secara berturut-turut dari tahun 2016 hingga 2021 untuk kategori software akuntansi.

Hal tersebut didapat karena Accurate Online memiliki komitmen untuk membantu pebisnis dalam menyiapkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat, tepat dan akurat.

Selain itu, komitmen Accurate Online juga ditunjukkan dengan menyediakan berbagai layanan dan fitur yang mampu membantu pebisnis di Indonesia dalam mengelola bisnisnya, seperti dengan adanya fitur penjualan, pembelian, pembukuan, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Anda berkesempatan untuk mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini. accurate1