Repeat Order: Pengertian dan Tips Ampuh Untuk Meningkatkannya

Dalam menjalankan bisnis online atau offline, setiap pebisnis pasti akan senang jika produknya dibeli oleh konsumen dan mengalami repeat order atau pembelian berulang oleh konsumen yang sama.

Itu adalah salah satu hal yang sangat dinantikan oleh pebisnis di era saat ini. kenapa? karena dengan adanya hal tersebut, Anda berhasil meyakinkan dan juga membuktikan pada konsumen Anda bahwa memang produk Anda adalah produk yang terbaik.

Nah, jika kita membicarakan tentang repeat order, maka akan ada banyak sekali berbagai faktor pendukung lain yang membuat pelanggan mampu melakukan repeat order. Selain karena kualitas produk yang Anda berikan, kemungkinan juga ada hal lain yang membuat mereka mau melakukan transaksi yang berulang itu.

Nah, untuk Anda yang masih bingung kenapa tidak juga mendapatkan repeat order, maka Anda bisa mengikuti tips berguna di bawah ini. Namun, sebelum lebih jauh kita mengenal repeat order, ada baiknya kita membahas pengertian repeat order terlebih dahulu agar lebih memahami lebih jelas tentang repeat order.

Apa itu Repeat Order?

Sederhananya, repeat order adalah suatu kondisi dimana ada seorang konsumen yang melakukan pembelian ulang atau melakukan transaksi pada produk yang sama atau pada toko yang sama. Kondisi ini pada dasarnya terjadi karena konsumen tersebut mulai menyukai produk yang diberikan oleh suatu toko.

Kondisi seperti biasanya akan sangat disukai oleh setiap pebisnis. Kenapa? karena nantinya pebisnis akan mampu menghemat lebih banyak biaya promosi. Sehingga, biaya promosi yang diperlukan akan menjadi lebih sedikit dan hemat, karena produk yang dijual sudah terkenal.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan repeat order, mempertahankan repeat order atau meningkatkan repeat order dari konsumen terhadap toko Anda? Nah berikut ini adalah tipsnya.

Baca juga: Katalog Adalah: Manfaat dan Perbedaannya dengan E-Katalog

8 Tips untuk Meningkatkan Repeat Order

Apabila saat ini Anda sedang memiliki rencana melakukan bisnis dan ingin mencapai target repeat order yang sangat banyak, maka tips dibawah ini bisa Anda jadikan masukkan untuk bisa mendapatkan pengetahuan untuk bisa meningkatkan atau mempertahankan repeat order.

Berikut ini adalah delapan tips paling ampuh untuk meningkatkan repeat order, yuk kita bahas sekarang.

1. Berikanlah Service atau Pelayanan Terbaik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan repeat order adalah menganggap konsumen Anda seolah-olah adalah konsumen lama atau teman lama Anda.

Buatlah mereka nyaman saat pertama kali mereka membeli produk Anda. kenapa? karena kesan pertama atau first impression yang Anda sajikan akan mampu menentukan apakah konsumen tersebut bersedia untuk datang kembali untuk melakukan repeat order atau tidak.

Saat konsumen Anda sudah merasa nyaman berbelanja di tempat Anda, maka kemungkinan besar mereka akan berbelanja kembali ke toko Anda suatu hari nanti. Pun begitu juga sebaliknya, jika dari awal Anda sudah tidak bisa memberikan kesan yang tidak baik, maka konsumen juga tidak akan mau berbelanja lagi di toko Anda.

Untuk itu,  berusahalah untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda agar bisa memberikan kesan yang baik pada mereka.

2. Berikan Penawaran Menarik 

Beberapa di antara Anda mungkin ada yang sama sekali tidak bisa membuat pelanggan baru langsung akrab atau dekat dengan Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa metode yang bisa ANda lakukan agar membuat konsumen terkesan dengan Anda.

  • Memberikan Diskon Kepada Pelanggan Setia

Anda bisa memberikan diskon khusus untuk pelanggan setia Anda. Anda juga bisa menyesuaikannya berdasarkan poin, tingkat member atau uang yang mereka belanjakan.  Karena pada faktanya, konsumen akan selalu tertarik dengan adanya diskon.

  • Menerapkan Metode Buy 1 Get 1

Cara ini sangat banyak sekali disukai oleh para pelanggan, dimana mereka bisa mendapatkan 1 barang secara gratis jika membeli satu barang. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan produk.

  • Sesekali Terapkan Metode Free Ongkir 

Setiap pelanggan hampir bisa dipastikan memiliki ketertarikan yang besar dengan penawaran gratis ongkos kirim. Anda hanya harus membuat pelanggan membeli produk Anda dan kirim produk tersebut tanpa memberikan beban ongkos kirim pada pelanggan, sehingga nantinya mereka bisa mendapatkan gratis ongkos kirim.

3. Buat Media atau Perantara untuk Berkomunikasi

Perlu Anda ketahui bahwa konsumen akan sangat merasa nyaman, aman dan yakin pada produk yang mereka beli jika Anda mampu memberikan pelayanan yang lebih,

Contohnya adalah seperti dengan membuat grup diskusi untuk konsumen atau memberikan kemudahan akses untuk konsumen agar mampu mempermudah mereka dalam melakukan komunikasi dengan toko yang ANda miliki.

4. Tepat Waktu dalam Durasi Pengiriman Barang

Setiap pelanggan pasti akan sangat kesal jika produk yang mereka beli dari suatu toko online telat atau lambat dalam melakukan proses pemesanan. Oleh karena itu, janji yang Anda berikan kepada konsumen sangat wajib untuk Anda tepati, termasuk dalam hal ketepatan waktu pengiriman.

Walaupun hal ini tampak sepele, namun akan membuat konsumen untuk melakukan pertimbangan untuk melakukan repeat order atau tidak. Jadi kemungkinan tidak ada konsumen yang mau melakukan repeat order jika Anda tidak bisa menepati janji kepada konsumen Anda.

5. Berilah Kemasan atau Packaging yang Menarik

Kemasan atau packaging adalah salah satu faktor yang mampu memberikan rasa kepuasan pada konsumen. Untuk itu, jika Anda membungkus suatu produk secara asal, hampir bisa dipastikan konsumen akan menilai Anda sebagai penjual yang tidak memiliki niat besar untuk berjualan.

Oleh karena itu, jika kalian memiliki toko, mulai dari sekarang berusahalah untuk memberikan kemasan yang bagus dan rapi agar memang indah untuk dipandang oleh konsumen. Hal ini juga nantinya akan menjadi penunjang hematnya suatu biaya promosi.

Kenapa? karena kemasan yang bagus akan membuat konsumen bersedia untuk membuatnya dan membagikannya di media sosial mereka.

Selain kemasan, Anda juga bisa memberikan ucapan selamat atau ucapan terima kasih karena nantinya konsumen pun akan merasa sangat senang dan tersentuh bila Anda mampu memperhatikan berbagai hal kecil seperti ini.

6. Maksimalkan User Generated Content (UGC)

Hal yang satu ini mungkin sudah sangat akrab di telinga para pebisnis. User Generated Content atau UGC adalah suatu konten atau postingan yang berasal dari pembeli atau pelanggan Anda. Konsumen yang ketika sudah membeli produk dan diminta untuk memberikan alasannya akan lebih merasa sangat dihargai.

Untuk bisa memaksimalkan UGC, Anda bisa meminta mereka yang sudah melakukan komentar pada kolom komentar yang sebelumnya sudah Anda sediakan di website Anda. Anda juga bisa meminta mereka mengupload foto atau video produk yang sudah mereka beli di sosial media dengan cara mencantumkan testimoni mereka ketika menggunakan produk Anda.

7. Manfaatkan Personalized Marketing

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan repeat order adalah dengan menggunakan personalized marketing.

Personalized marketing sendiri adalah suatu cara untuk meningkatkan repeat order dengan mengirimkan penawaran pad email konsumen berdasarkan riwayat pembelian yang sudah mereka lakukan pada toko Anda.

Isi dari email tersebut bisa terkait tentang tambahan barang yang mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi.

8. Terapkan Metode Retargeting 

Untuk bisa mewujudkan repeat order, maka diperlukan strategi atau trik untuk mewujudkannya. Salah satu caranya adalah dengan menargetkan kembali pelanggan saat mereka sudah melakukan transaksi pada toko Anda.

Anda bisa meningkatkan pelanggan untuk melakukan repeat order dengan menggunakan berbagai media, seperti media sosial halam pencarian instagram, browser atau tampilan grafis.

Baca juga: Publisitas Adalah Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Publisitas

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang repeat order. Kedelapan cara di atas sudah terbukti ampuh dan sudah diterapkan oleh banyak pebisnis sukses.

Namun, selain melakukan strategi pemasaran repeat order, tarnya ada hal lain yang membuat banyak pebisnis terkenal mampu meraih kesuksesannya, yaitu dengan mengelola manajemen keuangan secara lebih baik dan tepat.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan secara lebih tepat, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas hingga laporan laba rugi perusahaan.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah