Sales Pitch: Pengertian dan Cara Membuatnya

Sales pitch yang menarik sangat penting untuk melancarkan transaksi sebagai profesional penjualan. Banyak orang memiliki jumlah waktu yang terbatas, sehingga mampu memberikan presentasi penjualan yang efektif dan persuasif dalam hitungan menit sangat penting. Mengevaluasi contoh sales pitch dapat membantu Anda dalam melakukan penjualan atas produk atau layanan Anda.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu sales pitch, bagaimana Anda bisa membuat sales pitch yang efektif, contohnya, dan tips yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis.

Apa itu Sales Pitch?

Sales pitch adalah presentasi singkat di mana seorang profesional penjualan menjelaskan manfaat yang dapat diterima pihak lain dari bisnis mereka. Proses ini biasanya memakan waktu antara satu atau dua menit dan sering disebut sebagai elevator pitch, karena proses ini diharapkan akan diselesaikan dalam waktu yang dibutuhkan seseorang untuk menyelesaikan satu perjalanan lift.

Apa yang membuat sales pitch yang efektif?

Sales pitch yang efektif adalah yang mengakui masalah dan menawarkan solusi yang menarik dalam satu atau dua menit. Sales pitch terbaik harus secara spesifik menjawab tantangan unik dari bisnis yang Anda luncurkan.

Baca juga: Sales Order: Pengertian, Manfaat, Proses, dan Berbagai Contohnya

Cara Membuat Sales Pitch

Ikuti langkah-langkah dasar ini untuk membuat sales pitch yang menarik dan efektif:

1. Langsung dan to the point

Sales pitch adalah presentasi yang sangat singkat yang Anda sampaikan dalam satu atau dua menit. Untuk alasan ini, penting agar nada bicara langsung dan langsung ke intinya. Anda perlu mendapatkan perhatian pendengar Anda dengan cepat dan berbicara dengan jelas dan niat.

2. Jelaskan siapa yang Anda bantu

Mulailah dengan menjelaskan kepada orang-orang yang mendengarkan siapa yang saat ini membeli produk atau layanan Anda. Orang-orang yang mendengarkan sales pitch Anda ingin diyakinkan bahwa Anda memiliki pasar yang aktif saat ini. Identifikasi secara spesifik tipe orang yang bekerja dengan Anda secara teratur dan mengapa mereka tertarik dengan produk Anda.

3. Jelaskan masalahnya

Anda selanjutnya harus menunjukkan masalah yang mereka hadapi secara konsisten, rasa sakit yang ingin mereka singkirkan.

Misalnya, jika Anda berbicara dengan akuntan tentang perangkat lunak akuntansi perusahaan Anda dan ingin mendiskusikan fungsionalitas khusus yang tidak ditawarkan oleh program lain, Anda dapat mulai dengan menangani tugas khusus yang harus mereka lakukan secara manual karena tidak ada perangkat lunak yang tersedia yang dapat menanganinya. tugas.

4. Jelaskan solusi Anda

Selanjutnya, jelaskan solusi yang Anda tawarkan. Ini sering disebut sebagai proposisi nilai, nilai yang Anda janjikan untuk diberikan untuk meningkatkan kehidupan atau bisnis mereka dan mengapa mereka harus membeli dari Anda.

Jelaskan mengapa Anda adalah pilihan yang lebih baik daripada pesaing Anda. Dengan menggunakan contoh akuntansi di atas, Anda dapat menjelaskan beberapa fitur tambahan yang menjadi standar dengan produk yang memungkinkan mereka meningkatkan efisiensi.

Baca juga: Tips Untuk Sukses Melakukan Direct Sales atau Penjualan Langsung

5. Jelaskan seperti apa kesuksesan itu?

Sertakan pernyataan yang membantu mereka memahami seperti apa kehidupan mereka jika mereka menggunakan produk mereka. Untuk contoh akuntansi, Anda dapat berbicara tentang bagaimana mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk mencari calon pelanggan atau untuk bertemu dengan klien dan menjelaskan bagaimana mereka akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas kasar.

Contoh Sales Pitch

Berikut adalah beberapa contoh sales pitch yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan ide sendiri:

Contoh pertama

“Kami bekerja dengan usaha kecil dan menengah untuk membantu mereka merampingkan berbagi dokumen mereka. Mengandalkan dokumen kertas memakan waktu. Bahkan ketika bisnis memiliki sistem terbaik, dokumen masih hilang dan harus dibuat ulang.

Staf administrasi juga membuang banyak waktu untuk mencari dokumen tertentu. Dengan solusi kami, Anda dapat memindai dokumen ke cloud dari pemindai jaringan atau bahkan ponsel Anda. Dokumen tersebut kemudian dapat dicari dan diedit.

Bayangkan waktu yang akan dihemat staf Anda dengan dapat melakukan pencarian kata kunci untuk menemukan dokumen yang mereka inginkan dan dapat dengan mudah mengedit dokumen yang dipindai. Klien kami meningkatkan produktivitas mereka dengan menghemat ribuan sumber daya setiap tahun.”

Contoh kedua

“Kami bekerja dengan perusahaan penjualan untuk membantu mereka merampingkan proses komisi mereka. Banyak klien kami membuang waktu berjam-jam setiap bulan untuk menghitung komisi secara manual karena fungsionalitas yang mereka butuhkan bukanlah pilihan dalam perangkat lunak mereka.

Karena perusahaan kami telah ada sejak 2010 , kami telah mengembangkan produk yang telah terbukti dan menambahkan fungsionalitas lain yang disukai klien kami, seperti kemampuan untuk data penjualan statistik yang penting dengan cepat, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan berbagai titik data yang berbeda untuk pengambilan keputusan. Bayangkan tidak pernah harus bergantung pada spreadsheet dasar atau proses manual lagi.”

Baca juga: Sales Forecast: Pengertian, Cara Membuat, Fungsi, dan Manfaatnya

Tips Membuat Sales Pitch yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang harus Anda pertimbangkan saat membua tsales pitchuntuk bisnis Anda:

  • Menceritakan sebuah kisah: Pertimbangkan untuk menceritakan kisah yang sangat singkat tentang bagaimana seorang pelanggan menemukan kesuksesan menggunakan layanan produk Anda atau tentang perusahaan Anda secara umum. Ini dapat membantu menarik pendengar dan membuat mereka tetap terlibat.
  • Personalisasi promosi Anda: Meskipun Anda harus memiliki sales pitch umum yang dibuat sebelumnya, Anda harus selalu melakukan yang terbaik untuk mempersonalisasi promosi berdasarkan dengan siapa Anda berbicara. Ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki dampak yang lebih besar dengan mengatasi masalah yang paling penting bagi mereka. Anda juga dapat memiliki penutupan yang lebih kuat dengan berbicara tentang bagaimana kehidupan mereka akan meningkat.
  • Tambahkan fakta: Pertimbangkan untuk menyertakan referensi ke studi kasus atau statistik yang meningkatkan kredibilitas presentasi Anda, terutama yang menunjukkan besarnya dampak yang dapat ditimbulkan oleh produk atau layanan Anda.
  • Menarik emosi mereka: Cari peluang untuk memutar nada di sekitar kesamaan antara Anda dan mereka sehingga mereka akan merasakan hubungan emosional yang lebih kuat dengan Anda.
  • Mendidik pendengar Anda: Anda ingin pendengar Anda melihat Anda seolah-olah Anda adalah figur otoritas dalam industri, sumber informasi yang dapat diandalkan. Anda dapat membantu menetapkan hal ini dengan menawarkan fakta relevan yang akan menarik perhatian mereka dan menambahkan tingkat kepercayaan ke lapangan.
  • Latih promosi: Setelah membuat sales pitch, latihlah agar Anda merasa nyaman menyampaikannya di masa mendatang saat dibutuhkan.

Baca juga: Strategi Marketing Positioning: Pengertian dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap sales pitch, beserta tips dan cara membuatnya. Pastikan juga Anda menggunakan pembukuan untuk mencatat seluruh nilai dari penjualan Anda menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik seperti Accurate Online.

Accurate Online, adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan

 

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.