Tips Untuk Sukses Melakukan Direct Sales atau Penjualan Langsung

Jika Anda mencari karir yang menantang Anda untuk berbicara dengan orang baru setiap hari, pekerjaan dalam direct sales atau penjualan langsung mungkin cocok untuk Anda.

Posisi direct sales  menawarkan Anda kesempatan untuk mempromosikan produk atau layanan yang Anda sukai sambil menikmati fleksibilitas wirausaha. Mempelajari strategi bagaimana menjadi sukses dalam penjualan langsung dapat memberi Anda kepercayaan diri dalam membangun usaha Anda.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu direct sales dan membahas bagaimana menjadi sukses dalam penjualan langsung.

Apa itu Direct Sales?

Direct sales atau penjualan langsung adalah praktik menjual produk atau jasa di lingkungan non-ritel, langsung ke konsumen. Penjualan langsung berlangsung baik secara online melalui media sosial atau secara langsung di lokasi yang ditentukan seperti rumah tenaga penjual (sales) atau calon pelanggan.

13 Tips Sukses dalam Melakukan Direct Sales

Ikuti tips yang disarankan ini untuk menjadi sukses dalam proses direct sales:

1. Hanya jual apa yang benar-benar Anda gunakan dan ketahui

Menggunakan produk atau layanan yang Anda jual adalah tip utama untuk menjadi penjual langsung yang sukses. Konsumen tahu ketika seseorang benar-benar menyukai apa yang mereka jual.

Ketika Anda memiliki pengalaman pribadi dengan apa yang Anda jual, Anda dapat mengungkapkan antusiasme yang jujur ​​​​dan menawarkan kesaksian Anda sendiri, yang keduanya membantu memengaruhi keputusan pembeli.

2. Identifikasi target audiens ideal Anda

Seperti bisnis apa pun, produk atau layanan Anda kemungkinan paling cocok untuk subset populasi tertentu. Anda perlu mengidentifikasi bagian ini dan tahu persis siapa pembeli ideal Anda, sehingga Anda dapat secara khusus menargetkan mereka dengan pemasaran dan penjangkauan Anda.

Untuk mengetahui target pasar Anda, Anda perlu membuat profil konsumen, yang merupakan deskripsi rinci tentang siapa pembeli Anda. Profil konsumen dapat mencakup:

  • Umur rata-rata
  • Jenis kelamin
  • Tingkat pendapatan sekali pakai
  • Letak geografis
  • Dinamika keluarga (menikah, lajang, anak-anak, dll.)
  • Suku
  • Agama
  • Hobi/Minat
  • Pekerjaan

Mengetahui bahkan beberapa dari detail utama ini dapat membantu Anda mempersempit upaya penjualan Anda kepada konsumen yang kemungkinan besar tertarik dengan apa yang Anda katakan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Sales yang Hebat? Berikut 19 Karakteristiknya

3. Ketahui di mana pasar Anda

Sama seperti Anda perlu mengidentifikasi kepada siapa tepatnya untuk menjual, Anda perlu tahu di mana mereka menghabiskan waktu paling banyak sehingga Anda dapat menjangkau mereka secara efisien.

Saat online, pikirkan tentang situs web apa yang mereka gunakan dan platform sosial mana yang paling sering mereka gunakan. Secara langsung, pertimbangkan organisasi apa yang mungkin mereka ikuti dan bisnis atau tempat lain apa yang mungkin mereka habiskan waktu.

4. Jual dengan mendongeng

Anda perlu memahami mengapa pasar sasaran Anda membutuhkan produk/layanan Anda dan nilai apa yang diberikan penawaran Anda untuk mereka, sehingga Anda dapat mengedukasi fitur-fitur hebat dari penawaran Anda ke dalam cerita menarik yang melibatkan konsumen secara emosional.

Bercerita adalah praktik pemasaran umum yang menciptakan hubungan yang lebih pribadi antara bisnis dan pembelinya dengan berfokus pada bagaimana suatu produk dapat mengubah kehidupan sehari-hari mereka.

Keterlibatan ini tumbuh saat konsumen berbagi cerita mereka sendiri, yang membantu menyebarkan pesan dan mengundang lebih banyak calon konsumen ke dalam percakapan.

Baca juga: Sales Forecast: Pengertian, Cara Membuat, Fungsi, dan Manfaatnya

5. Bedakan diri Anda dengan branding yang unik

Penting untuk membedakan diri Anda dari orang lain yang menjalankan bisnis penjualan langsung yang sama dengan Anda untuk menarik lebih banyak pembeli potensial.

Pikirkan tentang apa yang membedakan Anda dan bisnis Anda dari orang lain di industri Anda, dan tunjukkan gaya dan nada pribadi Anda dalam pemasaran, konten media sosial, dan salinan serta desain situs web Anda.

6. Lakukan presentasi sebanyak mungkin

Tenaga direct sales yang paling sukses menampilkan produk mereka di depan sebanyak mungkin pembeli potensial. Ini membutuhkan kerja keras untuk melakukan pertemuan sebanyak mungkin.

Anda bisa melakukan presentasi di rumah, panggilan telepon, panggilan video langsung, atau webinar grup. Teknologi memberikan lebih banyak peluang untuk terhubung dengan audiens target Anda, membuatnya lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak orang dengan lebih sedikit waktu dan usaha.

7. Selalu follow up prospek

Mengembangkan sistem tindak lanjut adalah cara lain untuk lebih sukses dalam direct sales. Sering kali prospek akan mengatakan tidak untuk pertama kalinya tetapi kemudian memutuskan bahwa inilah saat yang tepat bagi mereka untuk berkomitmen setelah seorang tenaga penjualan menghubungi mereka lagi.

Terkadang dibutuhkan beberapa tindak lanjut untuk menutup penjualan. Tenaga penjual yang hebat tetap berhubungan tidak hanya dengan calon klien, tetapi juga klien saat ini

8. Berikan sampel dan ekstra gratis

Salah satu tantangan bisnis direct sales adalah meyakinkan orang untuk membeli produk yang mungkin belum pernah mereka dengar. Anda dapat mengatasi tantangan ini dengan menawarkan sampel gratis, memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba sebelum membeli.

Misalnya: Anda dapat memberikan botol ukuran sampel produk perawatan rambut atau menawarkan konsultasi gratis selama 30 menit. Sampel gratis dapat membantu membangun kepercayaan antara Anda dan konsumen dan jika berhasil, Anda dapat memperoleh manfaat dari kemungkinan rujukan dari mulut ke mulut yang akan Anda terima.

Anda juga dapat menyertakan ekstra dengan penawaran Anda seperti layanan bernilai tambah, diskon, atau beli satu gratis satu.

Baca juga: Day Sales Inventory (DSI): Pengertian dan Cara Menghitungnya

9. Manfaatkan kekuatan media sosial

Media sosial memperluas jaringan teman dan keluarga Anda ke kelompok pelanggan potensial yang lebih besar. Manfaat terbesar media sosial untuk penjualan adalah kemampuan untuk menciptakan komunitas tempat Anda dapat membangun kepercayaan sebagai otoritas di industri Anda melalui konten dan hubungan yang hebat.

Keterlibatan konsumen penting karena konsumen mempercayai konsumen lain, dan bisnis dengan hubungan dekat dengan pelanggannya dipandang sebagai bisnis yang kredibel, yang menarik lebih banyak orang.

Saat menggunakan media sosial untuk bisnis direct sales Anda, pastikan untuk meneliti platform apa yang paling banyak dihabiskan oleh audiens target Anda dan fokuskan upaya Anda di sana. Instagram melayani audiens dewasa yang lebih muda dan sangat bagus untuk menampilkan produk, layanan, dan menciptakan koneksi asli.

Facebook adalah yang terbaik untuk membangun komunitas dengan grup, acara, dan penggunaan video langsung, sementara Twitter memungkinkan bisnis untuk memposting informasi sensitif waktu seperti penjualan kilat agar pelanggan dapat bertindak dengan cepat. Pastikan Anda menyajikan semuanya dengan maksud untuk memberikan nilai dan keaslian.

10. Ciptakan kemitraan strategis

Kemitraan strategis, juga dikenal sebagai “promosi silang”, membantu Anda menjalin hubungan dengan bisnis lain yang terkait dengan industri Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Kemitraan strategis dapat mencakup mewawancarai satu sama lain untuk podcast Anda, bermitra untuk suatu acara, melakukan pertukaran blog, atau menggabungkan penawaran Anda jika mereka saling melengkapi.

Misalnya: Terkadang mentor bisnis online akan membawa pelatih tingkat tinggi lainnya untuk melakukan video langsung di komunitas media sosial mereka tentang topik tertentu, seperti cara membuat saluran penjualan yang efektif.

Kemudian kedua pelatih akan menjawab pertanyaan secara langsung untuk pemirsa dan mungkin menawarkan diskon khusus untuk program yang mereka jalankan bersama.

Cross selling juga menguntungkan bisnis direct sales dengan mengurangi biaya pemasaran dan secara alami membantu Anda membangun jaringan dan mengiklankan diri Anda sendiri.

Baca juga: Brand Personality: Jenis, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Tips Membangunnya

11. Sorot ulasan dan testimonial

Salah satu fondasi untuk bisnis penjualan langsung yang sukses adalah mengumpulkan ulasan dan testimonial positif. Ingatlah bahwa konsumen memercayai konsumen lain, jadi memberikan bukti sosial mengapa produk atau layanan Anda layak dibeli dapat membantu meningkatkan penjualan, yang menghasilkan lebih banyak ulasan dan testimoni positif.

Berikan pelanggan Anda cara mudah untuk meninggalkan ulasan, yang harus diposting di situs web dan saluran media sosial Anda. Jika Anda menerima ulasan yang luar biasa, hubungi pelanggan itu dan tanyakan apakah mereka akan memberikan kesaksian tertulis atau video untuk Anda.

12. Buat jaringan secara lokal

Meskipun media sosial adalah alat yang ampuh, jaringan tatap muka juga dapat secara efektif membantu Anda membangun hubungan untuk mengembangkan bisnis direct sales Anda.

Cari peluang berjejaring di komunitas Anda seperti acara tempat Anda dapat mendirikan stan atau acara jejaring yang telah dijadwalkan sebelumnya yang dapat Anda hadiri.

Tergantung pada apa yang Anda jual, Anda dapat mengadakan pertemuan di rumah untuk teman dan keluarga untuk memamerkan penawaran Anda. Juga, berikan informasi kontak Anda kepada orang-orang yang Anda temui dalam kehidupan sehari-hari Anda. Kartu nama adalah alat pemasaran tradisional yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

13. Bersikaplah gigih dan berkomitmen

Di atas segalanya, komponen kunci utama untuk sukses dalam penjualan langsung adalah tetap berkomitmen dan gigih dalam upaya Anda. Menumbuhkan bisnis melalui penjualan langsung membutuhkan secara konsisten muncul di platform media sosial Anda, menjangkau pelanggan potensial untuk mengatur pertemuan, menghadiri acara jejaring dan mempromosikan produk Anda.

Baca juga: Sales Pipeline, Pengertian dan Tahapan Lengkap Dalam Membuatnya

Kesimpulan

Itulah beberpa tips yang bisa Anda gunakan dalam menerapkan strategi direct sales atau penjulan langsung dalam bisnis Anda. Dengan mempelajari tips diatas, peluang Anda untuk untuk sukses melakukan direct sales akan lebih besar, dan secara bersamaan akan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh transaksi penjualan pada proses pembukuan yang baik dan sesuai standar agar Anda bisa dengan memantau dan menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan beralihlah menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis dan berpangalaman lebih dari 20 tahun.

Jadikan proses pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan pada bisnis Anda mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan